Search

Berat Badan Anak Stuck? Gimana Dong?

"Anaknya kok kurus banget sih?"

"Anaknya masih TK yah? badannya kecil"

Begitulah beberapa komentar dari detergen netizen yang sudah kehabisan topik lalu incer body shaming anaknya karena kalau emaknya yang dikomen sudah pasti perang mahabrata yudha sampe episodenya ngalahin sinetron Tersanjung.

Baiklah...😌

Kali ini memang saya mau menceritakan bagaimana cara saya untuk bisa meningkatkan berat badan anak. Yap Neyna putri sulung saya yang cantik jelita ini memiliki kondisi tubuh kecil sehingga bisa dibilang kurus.

STOP belum saya suruh komentar yah..

Saya lanjutkan kembali ceritanya, sebagai bunda yang baik jelas saya tidak bisa berdiam diri melihat berat badan anak yang stuck. Khawatir sekali memang dengan tumbuh kembangnya Neyna apalagi ditambah dengan komennya orang lain yang malah bikin saya gundah, galau, gulana. Saya berusaha sekuat tenaga bahkan Qerja Qeras bagai Quda demi meningkatkan berat badan Neyna.

 

cara meningkatkan berat badan anak

Cara Meningkatkan Berat Badan Anak

Apa saja yang sudah saya lakukan untuk meningkatkan berat badan anak?

✅ Mengatur Pola Makan & Porsi Makan

Hal pertama yang saya lakukan dalam upaya peningkatan berat badan yakni dengan mengatur pola makannya Neyna agar lebih teratur. Dari membiasakan sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam bahkan untuk makan cemilan pun saya upayakan tersedia.

✅ Menyediakan Buah & Susu

Untuk menu buah saya memang selalu stock di rumah bahkan susu juga sejak Neyna lepas ASI sudah saya kenalkan dan sambung dengan susu UHT bahkan saya pernah mencoba salah satu merk susu yang harganya lumayan konon katanya bisa mendongkrak berat badan anak tapi sayang ga NGARUH dong ke Neyna padahal saya tuh udah menaruh harapan besar dengan merk susu yang ini.

So, misi ini failed...

 ✅ Memberikan Suplemen Penambah Nafsu Makan

Selain itu saya coba ikhtiar yang lain, saya beli madu yang merk xxx lumayan ada perubahan nafsu makan Neyna bertambah sayangnya berat badan tetap setia.

Akhirnya ganti dengan multivitamin tetap juga stuck sampe saya belikan obat cacing takutnya cacingan karena makannya banyak tapi ga ningkat berat badannya.

Saya lelah...sampai akhirnya saya coba konsultasi dengan dokter. Berhubung pandemi covid-19 akhirnya saya coba konsultasi melalui aplikasi halodoc di bulan juli kemarin.

 

konsultasi dengan halodoc

Nah akhirnya dengan bertanya kepada ahlinya kasih insight kepada saya. Ada beberapa catatan penting nih yang menjadi masukan untuk saya mengenai berat badan ini diantaranya itu tentang catatan berat badan anak saat lahir, riwayat penyakit juga mempengaruhi dengan berat badan.

Dari sini akhirnya saya mengerti mengapa berat badan Neyna stuck karena dulu Neyna pernah punya riwayat pneumonia. huhuhu sedihnya saya..

Baca yang ini juga : 

Dari konsultasi ini saya coba kembali apa yang dokter sarankan tak hanya fokus untuk meningkatkan berat badan akan tetapi juga saya berusaha meningkatkan kekebalan tubuh untuk Neyna biar ga gampang sakit. 

Karena Neyna kalau udah sakit tuh ya nafsu makan berkurang alhasil berat badannya juga langsung deh turun juga.
 
Pemberian vitamin, susu sudah rutin saya lakukan hingga sekarang saya mencoba untuk berikan asupan lain. Dapat info coba berikan asupan dari daun pepaya. Karena manfaat daun pepaya ternyata banyak tak hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga bisa sebagai anti bakteri.

Namanya juga ibu pasti terus berusaha untuk memberikan yang paling baik untuk anaknya. Semoga dengan ikhtiar ini berat badan Neyna makin meningkat.

***

Temans, demikian yang bisa saya share kali ini. Gimana temans punya cara lain ga nih? yuk kita saling komen.

3 komentar

  1. Nambah suplemen makanan ini menurutku emang bisa jadi pilihans ih bun. Dan slalu sediakan buah dayur juga buat anak :)

    BalasHapus
  2. Teteh..i feel you, huhu..
    Apdet kalo cara terakhir berhasil ya🤭
    Salam kenal 🙏

    BalasHapus
  3. Sama kitaaa mba :D. Lah ini si kakak aja sampe skr msh dikira umur 4 THN, pdhl udh 7, dan berat bdn msh 19 kg , gimana ga mau nangis akuuu.. yg aku lakuin skr, makannya dlm porsi kecil tp sering. Sarapan, makan siang dan malam wajib. Aku tambahin ada waktunya cemilan, juga makan sore. Susu tetep jalan, vitamin ga stop. Sisanya doa aja :D.

    Abisnya dibilang keturunan bisa jd. Krn bdnku pas kecil juga kurus dan di bawah rata2 mba. Gara2 pandemi aja nih jd naik, makan trus :D. Makanya skr ini, aku LBH mentingin sehat dulu lah. Masalah BB nya udh ga terlalu dipikirin

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun