Search

Bunda, Mengapa Harus Pake Masker?

Hai semua...*copas Raditya Dika kalau pembukaan youtubenya* bahasan covid-19 tahun 2020 ini akan terus menjadi topik yang hangat.

Setelah memasuki masa bekerja di rumah, sekolah di rumah hingga pengangguran, pemutusan hubungan kerja terjadi di mana-mana, banyak usaha yang tutup, tak sedikit perusahaan yang lumpuh menjadikan pandemi covid-19 ini beneran real enemy.

Akhirnya dibuatlah kebijakan adaptasi kebiasaan baru atau istilahnya New Normal untuk memulai kembali membangkitkan kondisi yang terjadi pada bangsa ini. Covid-19 belum berakhir namun roda kehidupan terus berjalan sehingga mau tak mau harus membiasakan diri dengan keadaan yang berbeda.

Apa saja yang berubah? bagi saya yang sudah dewasa adaptasi new normal ini ditandai dengan banyaknya kebiasaan baik yang muncul seperti menggunakan masker jika keluar rumah bahkan hingga di kantor pun sama mengenakan masker.

Dulu hand sanitizer bagi saya itu bukan barang primer dan sering terlupakan kini saya stock di tas, mobil, hingga di meja kantor.

Ada yang mulai membiasakan namun adapula yang masih ga nyampe otaknya nerima kalau saat ini tuh pandemi covid-19 masih mengintai.

Orang dewasa saja masih sedemikian susahnya menerima dan membiasakan diri apalagi anak-anak?

Terus gimana dong?

mengapa harus pake masker


Cara Mengedukasi Anak Tentang New Normal

"Bunda, kenapa sih keluar harus pake masker?" 

"Aku engap ga suka pake masker"

Begitulah rentetan keluhan dan pirtinyiin si sulung Neyna saat bundanya ini cerewet bin bawel mengharuskan dirinya jika keluar rumah menggunakan masker.

Tak mudah memang yah bagaimana mengedukasi anak-anak tentang new normal ini. Jika hanya sebatas perintah tentu saja bikin anak malah jadi malas untuk menuruti apa yang saya sampaikan.

Oleh karena itu butuh trik n trik biar Neyna bisa mengerti tentang adaptasi kebiasaan baru ini. So, ini dia yang bisa saya lakukan agar Neyna bisa menerima kebiasaan baru jalani kehidupan selama pandemi ini.

Mencarikan video animasi yang pas agar Neyna bisa mengikuti kebiasaan new normal ini. Alhamdulilah banget nih, waktu itu aku dapat job campaign gerakan untuk anak-anak dalam menghadapi new normal. Jadi sekalian aja ga cuman buat Neyna tapi juga bisa sharing buat yang lainnya.

Temans, bisa simak videonya yang sudah saya share di feed instagram. Gerakannya mudah dan bisa dengan cepat ditiru oleh anak-anak.


Ga mudah memang yah edukasi tentang kebiasaan new normal ini. Makanya agak khawatir juga kalau sekolah dibuka kembali jadi harap diirit-irit ya emak-emak sekalian stock sabarnya yang kian hari menipis dengan adanya pembelajaran jarak jauh.

Sekarang bagaimana? apakah Neyna masih bertanya kenapa keluar harus pake masker? kadang-kadang saja kalau lagi keluar rewelnya ia pasti males-malesan dan selalu bilang ga mau pake masker.

Selain siasati dengan pemberian video animasi, saya juga memberikan masker dengan motif lucu biar Neyna semangat makenya.

Alhamdulilah sih sekarang udah terbiasa bahkan udah sadar sendirinya jika pergi dia yang akan milih masker mana yang akan dikenakan. Jika habis pegang sesuatu, Neyna dengan sigap minta cuci tangan atau meminta saya menuangkan hand sanitizer.

Apabila sudah dari luar sampai di rumah, ia juga sudah biasakan cuci tangan, kaki hingga ganti baju. Semoga kebiasaan baik ini selalu dilakukan oleh Neyna.

***

Temans, itu dia cerita saya seputar edukasi new normal pada anak. Semoga bisa bermanfaat yah, adakah temans punya cara lain? yuk sharing.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun