Search

Gemasnya Menghadapi Orang Sok Tahu

Pernah tidak dalam satu momen harus bertemu dan menghadapi "orang sok tahu"? iya orang yang dirinya itu merasa paling wah maha tahu dengan semua komennya yang kadang bikin gemas.

Ga hanya dalam dunia kerja bahkan sedari sekolah pasti ada saja teman yang orangnya SOK TAHU padahal nothing, hayo siapa yang sering begitu?

Selain gemas, saya pribadi cukup risih bila bertemu dalam satu momen dengan orang-orang sok tahu. Rasanya tuh pengen angkat tangan sambil bilang "TALK TO MY HAND" 😂.

Tapi tentu saja itu hanya sebatas dalam fikiran, nyatanya saat bertemu mereka-mereka yang sok tahu, pilihannya adalah saya harus tetap pasang muka friendly demi mendengarkan ocehan orang sok tahu yang merasa bahwa saya ini adalah wong uedan g*blok titttttttttt.....😂

Kesel? pastinya...meskipun sebenarnya saya mengetahui hal itu lebih banyak darinya namun sebagai ibu dua anak dengan segala pencitraannya ini saya bersikap santai saja. Kok diam aja sih?

Jadi saya pernah menghadapi orang sok tahu, dimana ketika saya meluruskan argumennya ke jalan yang benar ia malah NGOTOT..iyah ngotot dengan opini maha tahunya dan mengingkari segala kebenaran. Mmmm..sungguh ini perkara sulit dari perkara emak-emak pake motor belok kanan sein kiri.

Cara Hadapi Orang Sok Tahu

Cara Menghadapi Orang Sok Tahu


Konon katanya orang sok tahu itu sebenarnya dari sisi psikologi mereka itu sedang mencari perhatian pada lawan bicaranya.

Sepertinya memang iya sih bagi saya mereka itu menarik perhatian lawan bicara hingga bisa mengacak-acak emosi saking kesalnya mendengarkan opini mereka yang terkadang asbun alias asal bunyi ga pake data hanya sebatas pemikiran sok tahunya.

Lalu gimana sih biar santuy hadapi orang sok tahu? berikut cara menghadapi orang sok tahu ala saya.

💀 Diamkan Saja

Sebagaimana yang saya sampaikan sebelumnya, jika saya meluruskan maka yang ada bisa terjadi tawuran kan ga lucu yah apalagi kalau momennya adalah momen baru dimana saya jumpa dengan relasi baru.

Menurut saya cara ini memang paling efektif banget buat hadapi mereka yang sok tahu. Daripada capek buang energi mendingan diamin saja.

💀 Memberikan Fakta by Data

Pastinya gemas tak terhingga saat ada orang menyampaikan sesuatu yang salah, nah bagi saya pribadi kalau saya sudah ga tahan pengen menyanggah maklumlah saya ini doyan merepet maka cara yang ampuh hadapi mereka itu dengan memberikan fakta by data.

Baca yang ini juga :

Mati kutulah orang-orang sok tahu ini, jangan lupa data dan sumbernya juga disampaikan biar berhenti mengoceh deh.

💀 Tinggalkan

Jika dua cara sebelumnya sudah bikin ga betah, cara saya menghindari mereka yang sok tahu adalah meninggalkannya. Izin ke toilet atau berpura-pura nelepon adalah cara paling ampuh meninggalkan forum bersama si sok tahu.

Pentingnya Mengosongkan Isi Gelas


Fenomena orang sok tahu kerap kali muncul bukan? padahal saat berada dalam momen berkumpul apalagi sharing ilmu ada baiknya adalah menerapkan istilah Mengosongkan Isi Gelas mengapa demikian?

Coba saja temans praktekkan gelas yang sudah terisi penuh air lalu di tempat lain ternyata ingin menambah lagi mengisi, apakah bisa? tentu saja tidak bisa bukan? yang ada malah luber dari isi air sebelumnya. Tumpah kemana-mana...

Hal ini juga berlaku bagi kita seumpama kita berada dalam satu tempat dan momen sebaiknya terlebih dahulu mengosongkan isi gelas agar kita bisa siap menerima ilmu dan sharing baru dari orang-orang yang kita jumpai.

Mengosongkan isi bukan berarti kita menyerap semua informasi yang diterima karena tentu saja kita masing-masing punya jangkar pemikiran untuk memilah mana yang bermanfaat ataupun tidak.

Jangan pernah juga menganggap rendah orang lain, petiklah ilmu padi semakin berisi semakin merunduk.

Perlu diketahui juga apabila kita bersikap sombong dan merasa sok tahu apalagi sok pintar justru membuat kita seperti Gelas yang tertutup rapat menolak ilmu maupun fakta yang benar dari orang yang ahlinya.

Dari momen ini juga kita bisa belajar untuk selalu rendah diri menerima ilmu yang kelak bisa berguna bagi diri kita.

***

Well, temans demikian sekelumit kisah saya menghadapi orang sok tahu. Menurut temans gimana? setujukah dengan 'Mengosongkan Isi Gelas'? semoga postingan kali ini bisa bermanfaat yah. Ada yang mau sharing? yuk kita sharing..

5 komentar

  1. Setujuuuu.. ada yg bilang semakin banyak pengetahuan orang tsb, semakin banyak juga dia ga tau ttg hal2 lain :). Itu kalo mau pake prinsip ngosongin gelas ya.. Krn ilmu toh ga habis2..

    Aku paling sebel Ama org sok tahu.seriiiing banget nemuin org begini, apalagi pas msh ngantor. Kalo nasabah, aku msh bisa sopan sambil baik2 ngasih tau dia, walo dlm hati pgn nabok.

    Tp kalo org lain di luar konteks nasabah, biasanya aku tinggalin org begitu. Males ngomong , yg ada juga banyakan emosinya ntr :D. Pernah jg ada temenku yg sdg debat Ama temen yg lain.aku sendiri wkt itu ada di kamar. Tp ga sengaja dengerin apa yg mereka perdebatkan. Aku sendiri wkt itu sebel Ama topiknya,Krn bakalan ga nemu kalo bahas politik. Yg ada Krn males ikut campur, aku sengaja aja nyetel spotifyku kenceng2 biar apa yg mereka debatin aku ga ush denger :D. Segitu malesnya kalo ketemu org sok tau ..

    BalasHapus
  2. Buahahhaha,...kok judulnya sangar mba hervaaa >____<

    Aku transfer pukpuk onlain ajaaaahh xixix
    Aku kalau menghadapi orang sok tehuk aka sok iyesss, biasanya takcuekin juga kayak mba herv, walaupun mungkin dalam hati mbededeg pisan :D

    Tapi kalau kata katanya uda keterlaluan ya takslepet sekalian sik hahhaha

    BalasHapus
  3. bener nih pepatah ilmu padi, aku sendiri juga berusaha kalau bisa tetep down to earth
    kalau ketemu orang yang model begini, aku senyumin, kalau durasinya udah kelamaan, aku potong pembicaraannya bikin alasan ke toilet atau buru buru
    dalam lingkungan sehari-hari pasti ada orang yang kayak gini

    BalasHapus
  4. Susah sih kalo debat sama orang yang sok tahu, capek sendiri mbak :(

    BalasHapus
  5. Aku kadang kalau ada orang sok tahu, aku biarin aja bun mau ngomong apa. Capek soalnya urusan ama orang yang sok tau padahal nggak tahu apa apa. Iyain aja deh :D

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun