POSTS SLIDER

I'm writing about...

Pengen Jadi Karyawan Alfamart? Yuk Kepoin Caranya!

Kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya bekerja di salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia yakni Alfamart. Beberapa kali saya menceritakan seputar kegagalan saya dalam mengikuti tes kerja di beberapa perusahaan. 

Dari PDAM, MNC hingga EL-Corps bahkan masih banyak lagi yang saya sendiri lupa. Namanya ikhtiar dalam mencari kerja dan menjemput rezeki bukan? oleh karena itu dulu sekali dari Bekasi, Jakarta, Cikarang, Tangerang saya kelilingi.

Hasilnya? Allah menunda dan belum mengarahkan saya untuk bekerja di tempat-tempat tersebut. Apakah saya merasakan stress? tentu tidak, karena saya yakin Alloh akan menuntun saya untuk bekerja di tempat yang terbaik.

Akhirnya daripada tiduran mulu di rumah jadi pengangguran, saya memutuskan untuk mengisi waktu dengan kursus komputer dan bahasa inggris. Namun tetap saya berikhtiar ke warnet untuk apply di situs-situs penyedia lowongan kerja seperti karir.com.

Tak lama setelah lulus kursus komputer, saya menerima panggilan atas lamaran yang saya apply melalui karir.com. Panggilan kerja untuk mengikuti tes di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sebagai recruiter.

Tes-kerja-di-Alfamart-Pengen-Jadi-Karyawan-Alfamart

Pengalaman Mengikuti Tes Kerja Sebagai Staff Office di Alfamart

2 hari sebelum tes, saya sempat ragu karena letak kantornya yang jauh pake banget dari Bekasi yakni di Cileungsi arah mau ke Bogor. Namun Alloh memang menuntun saya untuk tetap mengikuti tes di sana.

Maka setelah salat subuh, saya berangkat sendirian ke Cileungsi. Biasanya saya dianterin kakak, akan tetapi pagi itu saya bertekad sendirian berikhtiar mendapatkan kerja.

Bekasi meskipun masih pagi tetap saja sudah ramai jadi ga terlalu khawatirlah, dari terminal Bekasi saya banyak bertanya dan akhirnya menggunakan bus ke arah Bogor.

Perjalanan yang jauh saya tempuh tanpa tidur karena inilah perjalanan pertama menuju Cileungsi. Setelah itu saya sampai di kawasan Industri dan itu masih harus menggunakan ojek lagi.

Akhirnya setelah melewati lembah dan mendaki gunung, tiba di Office Alfamart. Sebelum tes dimulai, saya diminta menunggu di lobby terelebih dahulu.

Lalu recruiternya yang dikemudian hari menjadi partner saya mengarahkan ke ruangan tes. Dalam ruangan sudah banyak sekali pelamar lain yang akan mengikuti tes.

Tahapan Tes di Alfamart

Jadi sebelum saya dihire oleh pihak Alfamart sebagai recruiter, terlebih dahulu saya mengikuti rangkaian tahapan tes kerjanya.

Saya sangat bersyukur karena hari itu, saya melewati tes secara lengkap ga perlu bolak-balik lagi. Alhamdulilah, begitulah Alloh mantapkan dan mengarahkan saya mengikuti tes kerja di sini.

Nah, beberapa tahapan tes yang saya ikuti diantaranya adalah :

👉 Psikotes


Sama seperti pada umumnya, tes kerja di Alfamart diawali dengan Psikotes. Beberapa ala tes-nya ada yang sudah lama tidak saya ikuti jadi dulu sempat lupa-lupa ingat.
Dari pukul 08.30 wib hingga pukul 12.00 wib, psikotesnya berlangsung. Dan uniknya di Alfamart ini,  dalam tahapan psikotesnya langsung diberikan keputusan lolos dan tidaknya mengikuti tahapan selanjutnya.

Jujur saat saya berada di posisi pelamar waktu itu sempat deg-degan takut ga lolos :D. Alhamdulilah siang itu nama saya lanjut ke tahapan berikutnya.

👉 Technikal Test

Sebelum lanjut interview dengan recruiter, terlebih dahulu melewati technikal tes dimana saya dikasih tes berupa tes tulis yang isinya pertanyaan seputar alat tes dan juga analisa hasil tes.

Jujur saya lupa lagi dan mengandalkan mbah google untuk mengisinya hahaha..

👉 Interview Recruiter

Waktunya sudah menunjukkan pukul 12.00wib, recruiter mempersilahkan saya untuk makan siang dan solat dzuhur terlebih dahulu sebelum mengikuti interview dengannya.

Waktu itu yang interview saya adalah Mba A yang merupakan recruiter senior. Layaknya interview yah ditanya seputar keluarga, pengalaman kerja dll.


👉 Interview Atasan


Biasanya, setelah interview recruiter itu, terhentilah proses tes kerjanya karena untuk melanjutkan interview dengan atasan langsung harus menyamakan jadwal dengan user alias atasan yang membutuhkan calon karyawan. Namun tidak demikian untuk saya.

Hari itu, saya diminta untuk menunggu dan melanjutkan interview dengan Manager-nya. Hallo Mba "A", terima kasih telah merekomendasikan saya lanjut ke tahapan berikutnya ini.

Setelah menunggu lama sekali hingga saya izin solat ashar, barulah saya bertemu dengan Manager HR-nya Ibu E.

Intevriewnya lama sampe saya harus juga mepraktekkan salah satu intruksi alat tes. Alhamdulilah saya masih menghafalnya dengan baik jadi tidak ada kendala.

Saya kira prosesnya hanya sampai sini, tapi Ibu "E" lalu mengajak saya bertemu dengan atasan beliau yakni GM HR.

👉 Interview GM

Saya tak menyangka, sore itu saya bertemu dengan GM bapak "S". Saya masih ingat sekali beliau hanya bertanya seputar pengalaman saya saat menjadi observer untuk psikotes Anggota DPR RI Partai Demokrat Tahun 2009.

Berhubung pengalaman mengesankan, saya ceritakan dari awal hingga pada akhirnya saya juga terlibat dalam laporan hasil psikotesnya. Sehingga saya tahu siapa anggota DPR yang berada pada urutan pertama saat itu.

Tahapan Akhir Seleksi di Alfamart

👉 Nego Gaji

Beres interview dengan GM, saya langsung dipertemukan dengan Bapak "A" selaku GM lain untuk bernego gaji dan menyesuaikan grade posisi serta tanggal bergabung.

Alhamdulilah saya deal dengan nominal XXX dan memulai karir di Grade 8 untuk staff yang artinya butuh 1 grade untuk menjadi level sekelas supervisor.

Tanggal 18 oktober 20xx, saya resmi menjadi karyawan back office Alfamart sebagai RECRUITER.

***

Semua tahapan tersebut saya lewati hanya 1 hari saja temans, saya merasa beruntung sekali karena pada akhirnya ketika saya tahu tahapan tesnya itu biasanya final maksimal 2 minggu lamanya.

Dan hari itu pula, saya sampai rumah jam 11 malam duh demi ya dapat kerja wkwkwk...

Nah, temans demikian pengalaman saya mengikuti tes kerja di Alfamart sebagai Recruiter. Buat temans yang masih menjadi jobseeker jangan pantang menyerah. Saya pernah ada diposisi tersebut, namun yang jelas kencengin ikhtiar dan doanya.

Alloh maha tahu yang terbaik untuk kita jadi tetap bersabar dan gunakan waktu luang untuk terus up grade sehingga tidak mentok kemampuannya.

Semoga bermanfaat yah cerita saya ini..

FYI, Alfamart officenya kini sudah pindah di Alam Sutera baik yang Head Office di Cikokol. Saya beruntung pernah menjadi bagian di sana. Banyak teman dan juga pengalaman yang saya dapatkan. 




Komentar

  1. Sekarang dari bekasi ke cileungsi mendingan naek gojek ya, teh. Ehe ehe. Lah atulah kalo naek angkot udah ngga nahan muternya sama macetnya. Tapi, tulisan ini bikin keingetan pas pertama kerja di daerah Cibitung. HRDnya sempet bilang, "yaudah, besok jemputannya jam 7 udah ada tol barat, ya." Karena aku nda ngerti maksudnya apa, akhirnya diem aja ngga jawab. Eh beliau ketawa terus jelasin kalo aku diterima kerja bla bla bla. Ternyata akuh :D

    BalasHapus
  2. wah kalau kayak aku lansia mana diterima ya, makasih akan aku berikan info ini buat relawan aku

    BalasHapus
  3. Wahhhh ak juga kemaren barusan liat iklannya di tipi, jadi tertarik nih.. Daripada nganggur dikosan hhehe

    BalasHapus
  4. Masya Allah, berangkat habis subuh, nyampe rumah jam 11 malam? Wow. Gak pake nunggu selama berhari-hari langsung gool. Kerena, masya Allah pengalamannya, Mbak. Ini karena sebelum-sebelumnya sudah ada pengalaman yang berkesan dan mampu menjalani semua tes dengan baik ya.Baarakallahu fiik.

    BalasHapus
  5. Wooow...satu hari dan langsung diterima??

    Luar biasa masya Alloh.

    Kalau memang sudah rezeki, ga akan lepas, ya, mbak.

    BalasHapus
  6. Tanggalnya pas dengan ultah saya Teh hahaha.....
    Terus kalau soal pekerjaan nya detail gimana tuh...

    BalasHapus
  7. Wah mbaknya berarti sekarang jadi recruiter di Alfa dong mba? Memang biasanya perusahaan besar itu punya serangkaian proses recruitment yang panjang. Cuma enaknya itu kalo info lolos atau gaknya tuh diinfoin transparan jadi yang ngelamar juga gak harap-harap cemas ya

    BalasHapus
  8. Kalau lowongannya memang sesuai kapasitas kita insyaa Allah ya Mbak ada peluang yang lebih besar.

    BalasHapus
  9. Sampe skarang masih kerja di alfa? Lumayan juga testnya bertahap dan banyak hehe

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah bunda akuuu pengalaman kerja banyak banget bun.Pantesan kliatan banget udah senior bun

    BalasHapus
  11. Bekasi mah m au subuh atau tengah malam tetep ramai ya hehehe. AKu inget dulu kalau akhir bulan closing nunggu data sampai rumah juga tengah malam.
    Jaman itu banyak yg kursus komputer ya buat nambah keahlian, sekarang masih ada gak sih?

    BalasHapus
  12. Pengalaman kerja seperti ini dan sharing dalam tulisan, InshaAllah akan bermanfaat bagi orang lain ya.. apalagi bagi mereka yang hendak mencoba karir di alfamart, bisa membaca tulisan ini untuk lebih memantapkan diri lagi untuk bergabung dengan alfamart

    BalasHapus
  13. Keren nih pengalaman kerjanya. Aku pernah kerja beberaa kali Karena rekomendasi dosen ke perusahaan, jadi malu

    BalasHapus
  14. Wah menarik sekali Mbak pengalaman melamar kerjanya. Dan emang usaha gak mengkhianati hasil, ya. Udah jauh, lama pula tesnya. Tapi sehari langsung kelar dengan hasil memuaskan yaa.. :)

    BalasHapus
  15. Yup enaknya kalau daftar kerja begitu ya Mbak, bisa langsung tuntas dalam sehari saja jadi nggak perlu bolak-balik lagi. Btw saya belum pernah punya pengalaman cari kerjaan kayak gini,hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun