Search

Yakin Sudah Konsisten Mendidik Anak?

Halo temans, yakin ga sih selama ini sudah konsisten dalam menerapkan aturan di rumah buat anak-anak? hayo jujur...

Kali ini saya mau bahas tentang ketidakkonsistenan dalam mendidik anak. Sebagai orang tua nyatanya tydacklah mudah dalam mendidik anak. Beneran mesti bercucuran keringat dan air mata loh buat didik mereka, yekan?

Dan orang tua sendiri adalah ROLE MODEL buat anak-anaknya. Makanya butuh konsisten di dalamnya agar anak-anak tidak bingung dalam hal aturan maupun tanggung jawab mereka. 

Kalau bukan kita siapa lagi dong yang jadi role model mereka? ya ga? iya dong..


Namun teori just teori pada prakteknya sendiri, saya belum sepenuhnya konsisten dalam menerapkan aturan kepada anak-anak.

Ekspektasi A yang terjadi bisa B, harapan tinggal harapan sih namun seiring berjalannya waktu saya yakin ke-konsistenan ini bakalan tumbuh seirama, senada dengan perkembangan usia mereka *insyaAlloh.

Konsisten Dalam Mendidik Anak?, beberapa ketidakkonsistenan mendidik anak, inkonsisten menerapkan aturan kepada anak




Beberapa Hal Ketidakkonsistenan Dalam Mendidik Anak Di Rumah

Ada beberapa hal yang bikin suasana di rumah itu selalu berwarna dengan suara sopran saya dan Neyna karena apa?karena emaknya sendiri kurang konsisten dalam menerapkan aturan alias diri sendiri masih suka melanggar.

Berikut hal-hal ketidakkonsistenan yag terjadi :

1. Pegang HP antara anak vs mamak

"Tetehhhh...main HP wae nyak belajar geh..."
"Bundaaaa, NYOO wae HP henteu main jeung anakna?teteh mah sabarrrrrrr"

Kalimat di atas sungguh sering terdengar di rumah, iya saya terkadang tak bisa lepas dari namanya HP apalagi sebagai bloher pemburu hantu job mesti pantengin HP terus biar ga dengki liat bloher lain dapat job wkwkwk...

Padahal sudah seharian bekerja, di kantor juga masih liat HP terus eh di rumah masih juga main HP sungguh terlalu kamu tuh *marahin diri sendiri.

Giliran Neyna yang main HP wah merepet terus yang jadi emaknya padahal Neyna juga seharian sekolah dan baru pegang HP kalau saya pulang kerja :D 

Temans ada yang sama begitu juga gak?kita menuntut untuk anak ga pegang HP tapi nyatanya kita sendiri malah keterusan pegang. 

Kalau ga urgent banget sih biasanya saya taruh hp bahkan saya silent kalau di rumah. Bahkan kalau malam saya biasakan matiin HP ini versi saya sedang lurus.

Sebaliknya kalau saya ikutan list BW atau ada revisi tulisan HP ga bisa jauh-jauh ini yang bikin Neyna suka marah sambil bilang "teteh mah sabarrrr jadi anak" LOL anak 5 tahun udah begini kritisnya gimana nanti gede. 

So, saya berusaha untuk pegang HP kalau anak-anak udah pules aja.

2. Urusan Cari Barang

N : Bunda, kemana buku yang Khadijah? teteh ga nemu ini sambil merenyeng
B : Carinya pake mata bukan pake bibir, hayohhh

Adalah hal paling gemesin di rumah itu kalau pada cari sesuatu sambil ngomong bae dan ini sering banget Neyna lakuin. 

Dan saya itu membiasakan agar Neyna mandiri dengan berusaha dulu sendiri sebelum menyerah. Makanya respon saya agak pedas >> Carinya pake mata bukan pake bibir LOL.

Namun ternyata hal ini malah ketulah sendiri, ternyata buah emang ga pernah jauh-jauh dah jatuhnya dari pohon wkwkwk. Tapi dibalik itu semua, saya punya alasan lain mengapa cari barangnya susah :p

Sebenarnya yang memicu saya suka nyari barang pake banyak ngomong karena kalau di rumah biasanya saya lepas kacamata berhubung Rayi si bungsu yang demen banget bikin kacamata mamaknya ini patah, dan kini 3 bangkai kacamata tergelepak menggenaskan.

Kalau sudah mamaknya tereak-tereak nyari barang, then Neyna sambil bawain barang yang saya mau dengan entengnya bilang "Bunda ini carinya pake mata bukan pake bibir". 

Untunglah anak kalau bukan tak cucup palanya :D


3. Minum Sambil Berdiri

Sejak lama saya sudah mengajarkan agar minum itu sambil duduk terlebih lagi semenjak Neyna masuk RA, di sekolahnya juga diajarin Al-Mahfudzot salah satunya adalah "Janganlah Minum Sambil Berdiri".

Lagian emang ga baik juga kalau minum sambil berdiri kan ada teorinya tuh nanti bakalan bla..bla..bla..*sok cari tahu sendiri

Nah, sejak diajarin al-mahfudzot ini jadi mau ga mau Neyna juga harus minum minimal jongkok dan bakalan saya kultum-in kalau dia udah mulai minum sambil berdiri.

Faktanya, saya juga terkadang khilaf karena suka susah sambil duduk pas lagi gendong Rayi akhirnya wes minum sambil berdiri LOL.

Nanti ada yang ngikutin deh sambil nyengir wong emaknya aja suka khilaf :D. 

4. Geletakin Sampah Sembarangan


Inilah habit yang selalu saya terapkan agar Neyna buang sampah pada tempatnya, bakalan ngomel pake banget kalau liat sekulit kuaci aja bercecer di lantai. 

Alasannya selain kebersihan juga menghindari dari pungutan Rayi yang sekarang lagi masuk masa-masa cicip anything yang ada di lantai even tai cicak juga dicolek huhuhu.

Makanya saya bawel sama Neyna ga boleh jorok, nyatanya saya pun suka lupa sendiri apalagi kalau udah posisi uenak sambil nyusuin Rayi maka bekas plastik cemilan cul saya taro di meja samping kasur :D 

Ada yang begini juga ga sih? *cari pembenaran :p

5. Melipat Mukena Bekas Solat

Jujur saja dulu sebelum adenya Neyna lahir saya paling anti untuk geletak begitu saja mukena, maka dari itu saya masih konsisten buat nerapin habit ke Neyna biar bekas solat itu mukena sama sajadah dilipat.

Lain dulu lain sekarang, semenjak ada bayik kecil solat juga udah uyuhan karena buru-buru banget. Rayi nangis udah kayak ditampolin kalau ditinggal emaknya solat wkwkwk. So, saya suka lupa buat lipat mukena.

Hal ini akhirnya diliriklah sama Neyna oh emaknya juga bekas solat kagak lipet pada akhirnya mamaknya koar-koar deh :D

"Ih kenapa sih teteh wae nu ngalipetnaa??teteh mah sabarrrrrrr"


***

Nah itu dia beberapa hal yang masih inkonsisten saya lakukan dan terapkan di rumah, ga tau nih ntar yang bujang kalau dah gede cemana reaksinya.

Menjadi orang tua memang harus terus belajar dan tidaklah mudah menjadi yang terbaik bahkan sempurna dalam mendidik anak.

Resolusi saya kedepannya ketidakkonsistenan ini akan cepat berlalu terutama yang pegang HP hahaha..sungguh sangat berat kalau ga pegang HP bentaran :p

Demikian yang bisa saya sharing untuk tema #modyarhood kali ini..ada yang mau sharing ga?yuk ah sharing juja..

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun