Tips Mendekorasi Kamar Tidur untuk Pengalaman Istirahat Berkualitas

Tips Mendekorasi Kamar Tidur, tips tidur berkualitas

Tips Mendekorasi Kamar Tidur untuk Pengalaman Istirahat Berkualitas

Halo temans, pernah ga sih memikirkan tentang korelasi istirahat yang maksimal dengan suasana kamar tidur?

Tidak semua orang loh selalu dapat beristirahat secara maksimal untuk melepas lelahnya aktivitas di siang hari seperti saya ini. 

Ternyata ada banyak faktor yang mempengaruhinya loh temans. Tidak hanya datang dari diri sendiri, sulitnya orang untuk beristirahat juga dapat dipengaruhi faktor eksternal, nuansa kamar tidur misalnya.

Kamar tidur merupakan salah satu ruang terpenting yang mempengaruhi kehidupan para pemukim dalam hunian yang mereka miliki. Bagaimana tidak yah, rata-rata orang menghabiskan waktu hampir setengah hari (12 jam) di kamar tidur mereka. Saya pun demikian, kalau temans gimana?

Pengaruh dari nuansa kamar tidur yang membuat pemukimnya sulit beristirahat paling terjadi untuk untuk para pemukim yang baru membeli rumah dijual dengan kondisi baru. Apakah temans juga pernah merasakannya? Jika badan tidak terlalu lelah, temans pasti memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan kamar tidur baru.

Sebenarnya sangat mudah untuk menjawab permasalahan ini. Yang dibutuhkan hanya segelintir aktivitas dekorasi pada kamar tidur. Namun, dekorasi seperti apa sih yang dibutuhkan?

Dilansir dari Freshome nih, ada beberapa ide dekorasi kamar tidur yang dapat diadaptasi untuk menimbulkan pengalaman istirahat berkualitas saat menempati rumah dijual baru. 

Bagi temas yang saat ini sedang terlibat dalam pencaharian rumah dijual baru, Temans bisa langsung mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk mendukung ide-ide tersebut dan langsung mengaplikasikannya saat bermukim disana.


Tips Mendekorasi Kamar Tidur, tips tidur berkualitas


Pilih Tempat Tidur Berkualitas

Aspek kenyamanan di kamar tidur memang pada dasarnya berkenaan dengan tempat tidur yang dimiliki. Tidak hanya kasur, beberapa elemen lain seperti seprei dan bedcover juga harus dipertimbangkan loh.

Sangat disayangkan jika hanya berpikir kasur itu hanya untuk melakukan aktivitas tidur sepanjang malam. Kasur yang baik diketahui juga harus membuat kenyamanan untuk melakukan aktivitas lain seperti belajar, bekerja, atau sekadar menonton film di kamar tidur.


Tips Mendekorasi Kamar Tidur, tips tidur berkualitas


Untuk itu, sama seperti memilih rumah dijual, memilih kasur juga harus sangat detail. Tidak harus kasur dengan brand bagus dengan harga mahal. Poin yang paling penting adalah tingkat 'keempukan' kasur saat ditiduri atau diduduki. Ini semua tergantung subjektivitas, terkadang badan dapat merespon negatif dari kesalahan tingkat keempukan kasur yang anda pilih.

Buat Nuansa Gelap

Membuat nuansa gelap gulita untuk kualitas tidur terbaik tidak berarti juga harus menggelapkan seluruh pencahayaan dalam kamar tidur. 

Tidak semua orang bisa diperlakukan seperti itu. Ada beberapa orang yang merasa dirinya terancam dan sesak ketika berada dalam keadaan tersebut. Salah satunya adalah saya sesak kalau gelap gulita banget.

Jika memiliki phobia gelap, nuansa gelap yang menenangkan dapat hadir tanpa perlu untuk membuatnya gelap gulita. Misalnya dengan mengadopsi kolaborasi penataan tirai ganda berwarna gelap dan lampu kamar tidur dengan cahaya kuning selayaknya hotel. Tirai ganda yang salah satunya berwarna gelap dirancang untuk memastikan sinar matahari tidak mengganggu waktu beristirahat setiap harinya atau beristirahat panjang di akhir pekan.

Pilih Warna Cat yang Tepat

Memang, privasi dari kamar tidur dapat memberikan keleluasaan pribadi untuk dapat menambahkan elemen-elemen sesuka hati kita. Namun, jangan melupakan hakikat nuansa nyaman dan berkualitas. 

Salah satunya adalah dalam pewarnaan dinding. Setidaknya, bedakan warna cat kamar tidur sesaat setelah membeli rumah dijual tersebut.

Warna netral (putih & abu-abu,) atau tone warna dingin (biru, ungu, hijau) adalah pilihan yang terbaik ketika mencoba untuk menciptakan kamar tidur dengan nuansa yang syarat ketenangan dan kenyamanan. 

Warna ini harus mendominasi keseluruhan area pada kamar tidur. Baiknya digunakan sebagai warna dinding kamar tidur.

Jika diperlukan untuk memasukkan tone warna yang Anda sukai, anda dapat memasukkan tone warna tersebut ke dalam elemen-elemen terkecil seperti beberapa aksesoris atau furnitur.

***


Nah, gimana temans kebayang dong kualitas istirahat kita kalau kita menerapkan tips-tips itu. Saya sendiri jadi pengen merubah cat yang memberikan ketenangan.

Demikian yang bisa saya bagikan kali ini, ada yang mau menambahkan seputar tips mendekorasi kamar tidur agar bisa mendapatkan istirahat yang berkualitas?yuk sharing di kolom komen.  

20 komentar

Avatar
TIAN LUSTIANA Jumat, 26 April, 2019

ku paling suka warna cat yang pudar gitu kalau buat kamar, biar kerasa adem

Reply Delete
Avatar
Positive Mom Jumat, 26 April, 2019

Walau saya sudah menikah, saya tetap punya pojok yang personal lho di kamar tidur. Alhamdulillah suami mengizinkan. Biar cm pojok kecil, tapi bisa saya dekor sesuai keinginan dan sebagian besar waktu saya di kamar dihabiskan di pojok ini. Menurut saya penting banget punya spot semacam ini... :)

Reply Delete
Avatar
Maya Rumi Jumat, 26 April, 2019

duh jadi inget kamar yang beberapa bulan ini lebih mirip gudang karena tumpukan baju setrikaan dimana-mana. hihihi. aq paling suka kamar warna pastel, adem gitu rasanya

Reply Delete
Avatar
Fanny Fristhika Nila Jumat, 26 April, 2019

untuk kamar aku jg pilih warna cat yg gelap, dan lampunya ga terlalu terang. krn memang utk tidur doang.soalnya aku termasuk yg ga bisa tidur kalo msh ada cahaya mba :D. pasti gelisah dan bakal lamaaaa bgt lelapnya

Reply Delete
Avatar
Maria G Soemitro Jumat, 26 April, 2019

iya banget, dekorasi kamar terlebih warna catnya sangat mempengaruhi kualitas tidur

dan tidur ngga nyenyak efeknya jadi pusing dan marah-marah ngga karuan :D :D

Reply Delete
Avatar
Gita sarrah Jumat, 26 April, 2019

Kayaknya kalo di kamar dipasang wall paper bisa bikin jadi tambah adem. One of my wish list pasang wall paper di kamar hehe

Reply Delete
Avatar
Nia Haryanto Sabtu, 27 April, 2019

Iya banget, buat istirahat yang berkualitas, suasana yang lebih gelap itu paling bagus. Bangun tidur, badan langsung seger. Kalo buat nyaman untuk dipake belajar, sebaliknya. Lebih terang.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Sabtu, 27 April, 2019

Pemilihan tempat tidur ini memang rada tricky yaa...
Pas di toko, perasaan enak, tapi pas di rumah, malah enakan di hotel.
hahhaa...

Dulu pas pengantin baru, kita beli tempat tidur yang memang ga empuk banget.
Ternyata,
Dipake sekali, aku langsung bisa kasih testimoni ke suami.
"Enak ternyata yaa...Bi, cape-capenya jadi ilang.."

Heran...
Perasaan selama ini tidurnya gemanaaa??
Hahhaha~

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa Sabtu, 27 April, 2019

Jadi kepikiran ganti suasana kamar, cuma di kamar aku udah rudet banyak pisan barang teh.

Pengen ganti ke nuansa agak lebih gelap gitu biar tenang, enak tidur, sekaligus bisa meditasi ala-ala pakai diffuser gitu 😅

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Minggu, 28 April, 2019

kalau aku butuh tempat tiudr yang besar agar kalau anak2 lg ada bisa untel2an berempat

Reply Delete
Avatar
Armita Minggu, 28 April, 2019

Aku suka kamar dengan cat terang dan kasur yang empuk, tidur jadi lebih enak. Apalagi kalau sambil kruntelan sama anak-anak.

Reply Delete
Avatar
Netter id Minggu, 28 April, 2019

Sepertinya boleh dicoba nih tips nya, agar aku bisa merasakan kamar tidur yg nyaman.

Reply Delete
Avatar
HAYARDIN Minggu, 28 April, 2019

Kalau warna dinding kamar tidur saya putih jadi meskipun kamar semppit jadi terasa sangat luas, namun sayang Kamar tidak pernah Rapi karena ada anak yang setiap hari selalu bongkar barang maupun mainan di kamar

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty Senin, 29 April, 2019

Dulu aku juga takut gelap, kalau tidur lampu mesti nyala, parahnya kqlau tiba-tiba mati lampu saat malam berasa sesak, deh, lalu baca artikel kalau tidur baiknya lampu redup, lalu latihan tidur lampu redup, awalnya nggak bisa tidur, alhamdulillah sekarang sudah terbiasa, pilih kasur empuk bener banget jaminan tidur lelap hehe

Reply Delete
Avatar
Evi Sri Rezeki Senin, 29 April, 2019

Setelah baca ini jadi pengin ganti warna dinding kamar jadi hijau :D

Reply Delete
Avatar
t h y a Selasa, 30 April, 2019

kalo aku yang penting adem, rapi dan bersih.. pasti nyaman banget deh di dalam kamar. hehe

Reply Delete
Avatar
Sandra Hamidah Selasa, 30 April, 2019

Aku lagi belajar fengshui juga terutama untuk kamar tidur mba heheu makasih tipsnya ya

Reply Delete
Avatar
Lucky Caesar Selasa, 30 April, 2019

Pemilihan kasur yg tepat mempengaruhi banget kualitas tidur mbaaak, sama dekorasi kamaar jugaaa. Biar bangun" lebihh seger gtuuu 😁😁

Reply Delete
Avatar
Himawan Sant Selasa, 07 Mei, 2019

Mungkin tipsku ini kedengeran agak nyleneh buat sebagian orang 😁 .., buat tidur nyaman di sekelilingku ku kasi bantal.
Intinya banyak bantal gitulah.

Terus, sudut2 ruangan kamar kuberi kopi bubuk dalam toples dan malam harinya kubuka .., aroma kopi buatku jadi kerasa nyaman tidur.

Reply Delete