Kamis, 22 Maret 2018

Biaya Pemeriksaan Kehamilan Dokter Vs Bidan di Cimahi

Halo semuanya apa kabar?semoga senantiasa sehat yah. Kali ini saya mau berbagi info mengenai biaya pemeriksaan kehamilan di Cimahi. 

Sekedar informasi buat temans yang sedang atau ingin merencanakan kehamilan sehingga ada gambaran berapa budget yang harus dipersiapkan meskipun kita tahu Alloh sudah jamin rezeki setiap makhluknya betul yah?

Jika temans yang memiliki BPJS tentunya biaya periksa kehamilan tercover namun ada beberapa catatannya. Begini pengalaman saya selama memeriksakan kehamilan di Cimahi.

💝 Periksa Kehamilan ke Dokter Kandungan

Kali pertama memeriksakan kandungan saya memilih mendatangi Rumah Sakit Cahya Kawaluyan Kota Baru Parahyangan, setelah pencarian kesana kemari dokter kandungan perempuan alhamdulilah berjodoh kembali dengan Dr. Irnawati Muhadji, Spog yang sebelumnya menangani saat saya hamil dan melahirkan Neyna.

Saya periksakan kandungan pada hari sabtu sebelumnya saya contact customer service pihak RSCK untuk mengetahui jadwal praktek Dr. Irna. Bersyukur sekali sabtu pukul 10.00 -13.00 wib beliau praktek. Jadi bisa diantar akang suami dan Neyna.


Pasien yang hendak periksa cukup banyak bahkan saya harus menunggu lama ketika memeriksakan pertama kali. Untuk biaya periksa kehamilan di RSCK terhitung tahun 2018 ini sebagai berikut :

1. Pemeriksaan Klinik Obgyn - Ginekologi      Rp 177.000
2. Pemeriksaan USG Nemio/Philips                  Rp   37.500
Total                                                                      Rp 214.500

Untuk tahun 2017 sendiri biasanya saya cukup membayarkan Rp 152.000 namun sejak tahun 2018 naik untuk biaya dokternya. 
Emang ga dikasih resep lainnya kah?dikasih juga vitamin maupun obat tergantung keluhan yang kita rasakan. Biasanya Dr. Irna meresepkan Folamil Genio untuk vitamin sebanyak 30 butir untuk masa waktu 1 bulan. Sisanya obat penguat kandungan jika masih trimester 1. 

Total yang harus saya keluarkan saat pertama kali periksa di tahun 2017 itu Rp 800.000-an. 

Kalau resepnya tidak ditebus bisa?bisa..itu sering saya lakukan jadi yang saya berikan ke kasir hanya secarik kertas bukti pemeriksaan saja untuk kertas resepnya saya copot. Jika memang ada keluhan biasanya saya memilih tebus di Apotek luar harganya lebih mursida. Eaaaa *tetap mencari yang murah.

Untuk vitamin sendiri saya biasa konsumsi selain Folamil Genio, saya konsumsi Omega Squash padu padan sama Klorofil dari K-Link juga susu Prenagen.

1. Folamil Genio  Rp 144.000
2. Omega Squash Rp 142.000 (harga member)
3. Klorofil             Rp  120.000-an (harga member)
4. Susu Prenagen Rp   72.000
Total                      Rp 478.000

Nah biasanya kalau saya males ke agen K-Link saya konsumsi Folamil Genio saja, ga disatuin semuanya. Untuk susu juga kadang 2 minggu sekali beli karena banyak minum susu selama hamil ini.

Ada lagi kah biaya yang harus dikeluarkan jika periksa kehamilan di dokter?ada..biasanya suruh cek darah. Terakhir periksa 2 minggu lalu saya diminta untuk cek darah, soalnya saya memberikan hasil Medical Check Up yang rutin dilakukan di kantor setiap tahunnya.

Hasilnya HB saya jauh diambang normal, makanya Dr. Irna meminta saya cek kembali darahnya.

Adapun rincian untuk tes darahnya sebagai berikut :

1. Tes Gol. darah & RH Faktor (rhesus + atau rhesus -)    Rp 33.500
2. Glukosa                                                                                Rp 35.000
3. HBSAG                                                                                Rp 115.500
4. Anti HIV Rapid                                                                  Rp 139.500
Total                                                                                         Rp 323.500

Jadi temans untuk biaya periksa kehamilan plus lain-lainnya kalau ke dokter kandungan minimal temans siapkan budget Rp 500.000-an setiap bulannya.


 ðŸ’ Periksa Kehamilan Ke Bidan 

Sebagai peserta BPJS maka saya pun banyak disarankan oleh teman-teman lainnya untuk memanfaatkan fasilitas BPJS dalam memeriksakan kehamilan maupun melahirkan.  

Yang saya lakukan adalah mengunjungi faskes 1 yang hanya klinik umum lalu saya dirujuk ke bidan yang menjadi rekanan faskes 1. Faskes 1 saya, klinik di daerah Cibeber.

Sebagai informasi nih temans, periksa kehamilan dengan BPJS itu tidak rutin setiap bulannya akan tetapi maksimal 4 kali (ini yang tercover oleh BPJS). Rincian waktunya adalah :
  • 1 kali di trimester pertama
  • 1 kali di trimester kedua
  • 2x di trimeseter ketiga
Diluar waktu yang telah ditetapkan kita harus bayar temans. Ceritanya saya belum tahu nih periksa kehamilan di bidan pake BPJS itu ada waktunya. Karena sudah 2 minggu sx check upnya di trimester 2 saya datang 2x akhirnya saya harus merogoh kocek deh.

Namun jangan khawatir berbeda dengan dokter kandungan, biaya yang dikenakan hanya Rp 35.000 saja sudah termasuk vitamin dan biaya periksa. 

Uniknya periksa di bidan hanya di tensi, ditekan-tekan secara manual untuk menentukan posisi kepala dan menggunakan Doppler untuk mendengarkan denyut jantung.

Di bidan nanti temans bisa mendapatkan buku pink ini sebagai catatan riwayat kehamilan, kalau di dokter riwayatnya diarsip sama suster kalau waktu saya periksa di Hermina Pasteur sih dapat buku hijau riwayat kehamilan saya. Untuk RSCK tidak diberikan.


Jangan lupa jika periksa ke bidan membawa fotocopy KTP dan Kartu BPJS-nya konon kata bidan yang periksa saya gunanya adalah untuk klaim.

Jadi temans untuk biaya periksa kehamilan ke bidan dihitung tiap bulan diluar BPJS hanya merogoh kocek Rp 175.000 selama 9 bulan kehamilan. Jauh lebih murah yah.

***

Demikian yang bisa saya ulas kali ini, mau ke dokter atau bidan tergantung dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing yah temans. 

Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat yah 💋, temans ada yang mau sharing berapa biaya periksa kehamilannya ditempat tinggalnya?monggo ditulis di kolom komen 😂.

Doakan juga untuk saya maupun ibu-ibu yang sedang hamil semoga sehat selalu dan lancar proses kehamilannya.


50 komentar:

  1. Pas ke obgyn pertama kali, saya juga ga tebus obat tapi pas kesananya beli obat sekalian, iya di bidan lebih murah semoga klaim nya cepet cair buat buibu bidan... Sehat terus mbaaa😊😳😂

    BalasHapus
  2. Zaman hamil Akmal 6 tahun lalu harga Folamil Genio masih 90rb. 2,5 tahun kemudian jadi 110rb. Hehehe. Wajar sih kalau naik ya Teh. Vitamin dll biasanya sama juga saya tebus di luar. Soalnya emang biasanya lebih mahal kalau ditebus di dalam 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh biasanya mursida kalau tebus diluar hehhe

      Hapus
  3. Waaaaahaha, pantesan sampe 800.000, termasuk produk K-Link berupa Omega Squa dan Klorofil ternyata. Aku udah kaget kok mahal amat. hehe.

    Kalau aku, di bidan Purwanti di Utama sekali periksa 80.000, terus USGnya di dokter Reza klinik di Jalan Permana Citeureup bayar 75.000 per USG.

    BalasHapus
    Balasan
    1. murah ya teh :) baru tau dokter Reze :)

      Hapus
  4. Dulu aku periksa kehamilan ke dokter obgyn kadang juga ke bidan. Melahirkan anak pertama ke RS, dengan dr obgyn, eh anaknya mau lahir aja dokter baru nongol.
    Sehat-sehat ya. Semoga dimudahkan proses melahirkan si adek.

    BalasHapus
  5. Sehat - sehat ya ibu hamil dan dedek bayi

    BalasHapus
  6. Tth campur aja ke dokter sama bidan... Pengalaman sih melahirkan sama bidan n dokter enak bidan lebih sabar hehe... Dokter kebanyakan irit ngomong, ga mau ngejelasin panjang lebar.

    Pernah ke dokter paling twrkenal di bdg, suamiku nanya2 dikit aneh aja.. Nyuruh sklh spesialis kandungan dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kok dokternya gitu amat teh hahaha emang sih kalau sama dokter cepet banget dan irit ngomomng kecuali kita yang inisiatif

      Hapus
  7. Kehamilan pertama ke bidan sampe lahirannya. Kayaknya nanti klo program lagi aku bakal ke bidan lagi deh. Semoga ga ada masalah apa-apa sama kehamilan. Aamiin. Hehehehe

    Btw, teh Herva makasih kalkulasinya ya bisa jadi gambaran aku. 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami2 teh Zia mugi enggal dipasihan deui aamiin :)

      Hapus
  8. wuih detail banget, bisa jadi bahan pertimbangan klo aku hamil lagi, aamiiiiin hahaha ngarep

    BalasHapus
  9. Buku pink itu jangan sampai hilang mba, katanya itu berfungsi buat daftar TK dan SD hehehe.

    Lumayan ya biayanya ke dokter kandungan.
    Saya taun kemaren Alhamdulillah ketemu ama dokter kandungan yang murmer, setiap periksa hanya habis 300an ribu sudah termasuk vitamin.

    Kalau ke bidan saya faskesnya di puskesmas, eh tapi kalau di puskesmas periksa kehamilan tiap bulan bisa kok pakai BPJS, test darahpun di puskesmas pakai BPJS gratis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba Rey baru tau bukunya harus disimpen :)

      Hapus
  10. Teh, di Cibeber sebelah mana klinik kesehatannya sih? Aku kok gatau ya. Da jarang sakit sih kalo pas disana. Tapi sakit hati mah sering.

    Komen macam apah ini...

    😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk eta nu deket Alfamart UNJANI kakah :p

      Hapus
  11. soal biaya yg jng terlalu dipikirkan sudah kewajiban suami, :) yg penting harus tetap periksa entah itu ke Bidan Atau Dokter :)

    BalasHapus
  12. Ya Allah aku lupa berapa biaya kehamilan soalnya hampir sepuluh tahun lalu trus nggak niat buat hamil lagi, Bun. Hahhaa. Aamin doanya, bunda semoga dimudahkan kehamilannya dan lancar hingga melahirkan ya dan lancar juga rejekinya. Aamin

    BalasHapus
  13. Berarti meski kita bawa kartu bojs bukan berarti murni gak bayar ya?

    BalasHapus
  14. Saya periksa di Puskesmas pake BPJS dapat juga buku pink. Memang vitaminnya standar (tambah darah, kalsium ,Vit C) beruntung sebagai blogger dapat asupan vitamin Black***s 😀

    BalasHapus
  15. Aku tiap hamil mesti ke bidan sama ke dokter. Ke dokter kalo USG aja, hehehe.. soalnya lebih murah ke bidan dan bidannya sabar banyak ngasih masukan pula.
    Btw semoga sehat selalu ya bumil, lancar pula proses persalinannya :)

    BalasHapus
  16. Saya Di bidan tanpa bpjs cuma 25ribu. Dan USG di tempat praktek dokter kandungan 100rb, tebus obat 300ribuan tapi Saya ambil separo aja, terakhir periksa malah ga saya tebus. Emang lebih murah beli sendiri di luar ya mbak :)

    BalasHapus
  17. Saya waktu hamil kemarin periksa ke dokter sama bidan juga, mbak. Alhamdulillah kehamilannya tidak bermasalah jadi yang diminum cuma folamil genio aja. Di sini kalau periksa ke dokter biayanya sekitar 150 ribu sudah sama usg tapi tergantung dokternya juga sih pilih yang mana

    BalasHapus
  18. Mahal banget ya. Di negara tempat saya tinggal murah banget lho biayanya. Kemarin teman saya periksa Obgyn dan USG di sini, biayanya hanya 30 RMB alias 60 ribu rupiah, itu pun sudah termasuk biaya konsultasi dokter.

    BalasHapus
  19. Sudah terbebas dari cekup hamil, dan sekarang tiap bulan nyiapin biaya buat vaksi dedek yang lumayan pisan hahahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya euy next biaya teh vaksin nyak mih

      Hapus
  20. Hai mba.. Saat hamil anak pertama dan kedua aku konsumsi Folamil Genio juga dikasih sama dokternya. Kebetulan anak pertama & kedua dokter SPoG nya sama, bedanya yang pertama nggak dapat buku pink itu, jadi anak pertama nggak punya deh *hiiks
    Kalau anak kedua langsung dapat buku pink itu.
    Di Bali juga rata-rata segitu bayar dokter dan bidan, mba. Di bidan ataupun SPoG sama aja ya mba, pilih sesuai kemampuan aja dan yg paling penting anak sama ibunya sehat, iya nggak siih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mba makasi sharingnya mba :)

      Hapus
  21. Iya bener Mba mahal klo k dokter, tahun 2016 aja wkt priksa hamil Erysha abis beratus ratus ribu juga. Klo nanti hamil anak k 2. Msh bingung, tpi klo lahiran kyaknya psti pk dokter soalnya lahiran Erysha aq sesar

    BalasHapus
  22. Untuk pemeriksaan ke bidan aku lebih suka karena lebih murah mbak. Misalnya periksa yang simple2 buat diri sendiri. Kebetulan ada samping Rumah hehhe

    BalasHapus
  23. Whaat? Periksa kehanilan sampai 800ribuan?!
    Kalau saya periksa ke dokter kandungan untuk USG dan diberi vitamin itu bisa 200rban di praktek obgyn pribadi atau di klinik swasta. Tapi kalau di bidan pustu (puskesmas terdekat di desa) gratisss. Dapat buka KIA juga, setiap periksa atau jika ada keluhan harus dibawa. Saat USG ke obgyn pun ditanyain buku KIA pink itu :)

    BalasHapus
  24. Setuju nih, ibu hamil harus memeriksakan kondisi kandungannya secara rutin minimal 1 kali dalam sebulan supaya bisa terdeteksi bila ada kondisi yang membahayakan dsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya bisa lihat perkembangan y mba :)

      Hapus
  25. Sangat informatif. Waktu hamil kemarin sudah niat nulis perbandingan harga klinik,rumkit, dan puskesmas berikur fasilitasnya. Eh, niat tinggal niat. Hehehe...

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design