Beberapa Hal Yang Saya Lakukan Sambil Memompa ASI Di Kantor!

Kamis, 19 Juli 2018
Masuk kerja setelah 3 bulan cuti melahirkan itu awalnya bikin baper, drama bangetlah pokoknya. Namun sekarang saya sudah mulai menemukan ritme kembali dalam mengatur kegiatan baik di kantor maupun di rumah.

Sebagai ibu menyusui, saya ingin selalu bahagia biar apa?biar ASIP yang saya pompa selama jam kerja itu banyak. Sudah banyak diketahui ya temans selama menyusui memang tidak hanya asupan biologis yang dipenuhi akan tetapi dari sisi psikologisnya pun perlu di jaga.

Sudah hampir 4 minggu saya masuk bekerja, pembagian waktu antara mengerjakan rutinitas dengan pumping selalu saya usahakan. Saya tidak ingin gara-gara fokus sama kerjaan saya abaikan kegiatan pumping dimana si bungsu masih butuh banget asupan ASI Esklusif hingga 6 bulan kedepan. Harapannya sampe 2 tahun sama seperti Neyna.

Berbeda ketika 4 tahun lalu dimana dulu tidak ada ruangan buat pumping sampe-sampe saya harus pumping di pantry haha *kenangan ga enak*. Kini ada ruangan buat pumping jadi saya lebih enak saat pumping.

Ternyata dengan adanya ruangan khusus tersebut bikin saya kok jadi parno hahaha. Emang dasarnya penakut kali yah, bawaanya saya tuh takut dibelakang ada yang liatin dan ujungnya bikin ga tenang pumpingnya. PD belum kosong pengen buru-buru selesai aja.

Di kantor sih selain saya ada juga rekan kerja lain yang pumping namun kini tersisa 3 Pejuang ASIP lagi termasuk saya. Yang satu memilih pumping diruangan secara ruangannya tertutup dan pake apron. So, yang menggunakan ruangan pumping cuman berdua doang.

Paranormal experience di kantor sih selama ini belum *jangan sampe deh* tapi suka denger aja cerita-cerita bahkan pernah ada kejadian yang kesurupan. Makin parnolah saya kalau pumping sendiri hahaha.

Agar pumping tidak bosan



Kegiatan Yang Dilakukan Sambil Pumping 

Singkat cerita untuk meminimalisir rasa takut saya plus biar ga jenuh juga melakukan pumping. Saya selalu niatkan untuk melakukan kegiatan. 

1. Chat di Whatsapp

Biar ga kesepian biasanya saya bawa HP dan chat dengan teman-teman. Lumayan ini meminimalisir juga hawa horor yang melanda serta membunuh rasa jenuh sambil memerah ASI. Juga sebagai ASI Booster buat saya sih chat sama teman itu.

Cukup membuat saya berasa ditemenin apalagi kalau group sobat yang ngomongin segala sesuatu dari harga pasar yang naik, tentang prepare meet up, drama korea sampe atasin rorombeheun juga ada dibahas :D

Selain dengan teman yah dengan siapa saja sih kalau saya yang penting ada kegiatan yang ga memfokuskan saya cuman pumping bikin gemes merinding gitu rasanya hahaha

Apalagi kalau ada group kerjaan kan seru tuh sambil pumping sambil baca progress teman-teman yang complain tentang brief, yang report, yang rupa-rupa bikin saya kadang ngakak sendiri bacanya.

2. Stalking IG

Kalau whatsapp sepi, medsos yang saya buka adalah Instagram yeay. Sambil IG Walking sambil juga cuci mata liat yang seger-seger kayak foto makanan atau view atau instastory sambil saya sahutin satu-satu.

stalking-instagram


Ini juga lumayan ga bikin saya merasa sepi apalagi kalau pumping kan lumayan lama karena saya pake breastpump manual. 

3. Youtube-an

Bosan dengan Instagram kalau sinyalnya oke saya suka buka youtube. Saat ini saya lagi kecanduan liat youtubenya Ust. Khalid Basalamah tentang sirah sahabat. Bikin saya mengharu biru dengerin kisah-kisah sahabat Rasullah SAW. 

youtube-sirah-nabawiyah


Ini juga salah satu yang bikin saya ga terasa jika dot sudah terisi penuh dengan ASI. Lumayan menghibur saya banget buka youtube ini (alhamdulilah).

4. Window Shopping

Sebagai mamak dengan dua anak ternyata window shopping juga jadi ASI Booster banget padahal ga beli baru rencana doang udah bikin hepi plus bikin pumping itu cepet banget *halah*.

shopee-baju-anak


Yang bikin mata melotot betah pantengin baju-baju anak sama peralatan rumah tangga. Happy banget dah kalau uda scroll kebutuhan anak dan peralatan rumah tangga.

5. Mengobrol 

Dari ke-4 hal diatas yang paling saya suka itu kalau pumping ada temen sesama pejuang ASI jadi kita bisa ngobrol dan ketawa barengan. Kadang-kadang saya dan rekan kerja saya bisa barengan. Tapi banyakan ga bareng.

Jadwal saya pumping seharian itu hanya 2x yaitu jam 11.00 dan jam 15.45 wib pokoknya setelah solat Ashar. 

Topiknya pun beragam dari yang ngobrolin seputar anak, asip sampe gosip-gosip di lingkungan kantor. Nah ini bikin saya rileks banget saat pumping, rasa horor pun hilang bahkan kalau ada temen diruangan pumping hasil ASIPnya lumayan bertambah beberapa ml hahaha. Ketauan banget saya doyan ngomong.

***
Demikian yang bisa saya sharing kali ini, sapa tau juga nanti ada temans yang mati gaya pas pumping terus merana sendirian bisa dicobain hal-hal yang sudah saya lakukan. Kalau semuanya sudah dicoba dan masih merasa sepi juga hasil ASIP sedikit cobain deh buka foto atau video anak kita semoga itu menjadi ASI booster buat temans.

Ada yang mau sharing juga tentang ini?yuk ah cuss komen :) salam semangat buat semua busui!
52 komentar on "Beberapa Hal Yang Saya Lakukan Sambil Memompa ASI Di Kantor!"
  1. Yaa!! Apapun pekerjaannya bukan alasan tidak memberi ASI kepada anak, karena biar bagaimana sudah kewajiban seorang ibu tentunya...😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali smeoga selalu dukung istrinya ya kang kelak :p

      Hapus
  2. Atasan rorombeheun itu apa nyak ? Hahhahha
    Serem aje, ada yg cerita kesurupan

    Btw slamat uda ada ruag laktasinya mb
    Window shopping kadang bikin stress tapi, streess karena nyecrolin mulu ga mencet pompaannya ahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengatasi kaki pecah2 mba nit wkwkwk

      Hapus
  3. Tetap berkonsentrasi dengan baik saat pumping ASI ya, kak Herva ...
    Meski udah banyak pilihan kegiatan dan hiburan .. hehehe

    BalasHapus
  4. temen saya di kantor jg perlengkapannya byk bgt buat pumping ASI. repot ya jadi ibu apalagi sambil kerja. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. repot tapi menyenangkan sist hahaha

      Hapus
  5. Wah sama banget sama saya, mbak. Kalau pumping pasti sambil pegang hape biar nggak bosan. Hihi

    BalasHapus
  6. Aku di rumah dulu klo pumping pun stalking ig terus mbak... Lumayan g kerasa, tau 2 banyak dan sampe over gara2 konsen stalking ig hihihi...

    BalasHapus
  7. Subhanallah youtube nya buka channel Khalid Bassalamah :') kalau pusing nya sambil merem alias tidur bisa ga yaaa hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba lagi suka sirah sahabat diyoitube cuman channelnya ust Khalid hehee

      Hapus
  8. boleh dicoba nih biar ga bosan ya mba selama pumping

    BalasHapus
  9. Pumping sambil pandangin foto or video anak bisa bikin asi makin banyak lho..

    BalasHapus
  10. Kalo aku dulu sempet ASI walopun cm bentar. Tapi kalo sedang pumping, ya aku lbh seneng di kamar :D sambil nonton film hihihi. Bisa ga berasa. Pas udh masuk kantor sayangnya ga ngasih aSI lg. Tapi kdg liatin temen2 yg ngelakuin, mereka seringnya mompa di ruangan wastafel. Sayangnya kantor cabangku di manggadua ini blm ada ruangan nursery.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh aku juga pernah di wastafel cape juga berdiri hehehe

      Hapus
  11. Semua itu memang bisa dilakukan sibun pun ya, Teh..he
    Terlebih nonton youtube yang bermanfaat seperti ceramah. Manfaatnya dapet juga..

    BalasHapus
  12. wah banyak juga yg bisa dilakukan ya

    BalasHapus
  13. haiii busui pujaan, udah masuk kantor belom? Sekarang aku mah kl sambil mompa kerjaannya tiduuur hahahahah asli pelor pisan, tunduh euy ternyata punya 2 anak teh, cape lahir batin #curcol plus ditemenin sama lagu2, tambah nyenyak lah tidur na hahaha, bangun2 botol pompa dah penuh, badan lebih segeer :D

    BalasHapus
  14. Jadi cara mengatasi rorombeheunnya gimana teh? Lha aku kepo.

    Maaf ini komennya OOT ihihi

    BalasHapus
  15. Itu yang online shopping apsti bikin lupa waktu dan lupa ama kekhawatiran ada yang liatin di belakang kali ya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener sampe lupa uda kelamaan pumping mba :D

      Hapus
  16. Samaan kitaaa, suka nonton youtubenya Ustadz Khalid Basalamah hihih tapi bedanya saya mah ga sambil pumping wkwwk.

    BalasHapus
  17. Dulu aku kalau pumping sambil ngobrol sama teman atau nonton youtube. Duh jadi kangen masa-masa mompa asi dulu dikantor dan selalu senang kalau bawa pulang asi buat si kecil.

    BalasHapus
  18. Selalu salut sama ibu bekerja yang semangat pumping. Karena aku merasakan pumping itu butuh perjuangan ekstra. Semangat terus mengASIhi yaa

    BalasHapus
  19. Wah, idenya boleh juga nih mba. Jadi nggak mati gaya kalau ada hal lain yang dikerjakan apalagi window shopping. Bisa bikin seger mata.

    BalasHapus
  20. Enak ya jaman sekarang, pumping sambil searching medsos. Aku dulu pumping di tempat kerja ruh sendiri. Dan berasa sepi karena gak ada hiburan juga. Eh ada sih, sambil baca majalah atau novel, hahahaa

    BalasHapus
  21. Kayanya nonton yutub sirah sahabat itu lebih nyenengin ketimbang window shopping.soalnya kadang window shopping bisa khilaf bablas belanja. Hahaha.. Teknis banget ya

    BalasHapus
  22. Salut banget sempat pumping di tempat kerja. Sewaktu dulu, saya nggak bisa pumping karena nggak ada ruangan khusus atau ruangan kosong di kanyor buat pumping.

    Btw, saya juga sering nonton youtubenya Ustadz Khalid Basalamah loh. Udah nyandu banget malah. 😍

    BalasHapus
  23. Hohoho baguslah tetap produktif saat memompa asi hihihi..

    BalasHapus
  24. Aku pernah mba masuk ke ruangan khusus menyusui tapi gak jadi karena suasananya horor.

    BalasHapus
  25. Waktu pompa ASI gitu ternyata bisa banyak yang dilakuin ya, Mba. Hahahaha. Sampe bisa nyekrol-nyekrol buat belanja online pula :D. Yang penting gimana biar hati senang ya, kan? Jadi ASI nya lancar :).

    BalasHapus
  26. aku dulu pake alat pumpingnya yang manual, jadimkudu digenjot gak bisa di sambi main gadget hahahaha.....

    BalasHapus
  27. Beda beda sih setiap orang ya Mak. Kalo saya lebih suka sendirian kalo lagi merah ASI.

    BalasHapus
  28. Noted nih, biar pumping enggak ngalamun.eh, tapi yang no 4 itu bisa bikin kalap..hehe

    BalasHapus
  29. Wuih, multitasking pisaaaan. Hebat deh ih. Saya jadi gak mau kalah deh. Masa busui dan kerja kantoran aja bisa multitasking, ari saya yang full di rumah gak bisa? Siaplah, besok-besok saya mau nambah kerjaan dengan main Tiktok. :))))

    BalasHapus
  30. Bener banget ni tipsnya, busui happy, hasil perah melimpah..

    BalasHapus
  31. Aku hampir selalu nyusuin langsung Mbak. Dulu pernah pumping dapet 15 plastik gabag trus lemari esnya mati habis itu pundung ga pumping lagi. Yaudah, sejak itu direct breasfeed aja. Mangats pumping yaks :*. Btw, aku juga suka nonton video ust. Basalamah, ngademin.

    BalasHapus
  32. Yah mirip-mirip sih, kadang juga sambil liatin poto anak yang lucu jadi ASI makin lancar. Hehhee

    BalasHapus
  33. Mompa ASI zaman sekarang mah enak ya, bisa disambi-sambi :)
    Bikin jadi lancar pumping dan nggak stress ya.

    BalasHapus
  34. Aku juga suka sirah sahabatnya ust Khalid Basalamah tambah ustd Budi Ashari.

    BalasHapus
  35. Bagian mengobrol apalagi sesama pejuang ASI di kantor itu kyknya seru banget ya mbak? Bisa saling curhat sekaligus saling support :D

    BalasHapus
  36. Hmmm dulu pernah pumping asi walopun asinya gak sakses diminum mada, karena doi sukanya nyedot langsung dari pabriknya 😂.

    Dulu aku pumping sambil nonton sinetron wkwkwkwk karena klo udah pegang laptop/henfon, udah males aja nonton tipi

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Auto Post Signature

Auto Post  Signature