Search

Semangat Berkurban Ditengah Pandemi 2021

Apa kabar temans? semoga senantiasa sehat yah..Alhamdulilah hari ini umat muslim kembali merayakan hari raya Idul Adha 1442 H meski ditengah pandemi seperti ini namun tidak menyurutkan semangat untuk berkurban bukan?

Berbeda dengan tahun 2020, tahun 2021 ini sepertinya menjadi tahun puncak-puncaknya pandemi covid 19 yang mana banyak yang terpapar dan juga meninggal dunia.

Hal ini saya rasakan sekali dalam circle keluarga, tempat tinggal hingga tempat bekerja, yang terus menerus mendapat kabar duka.

Minggu lalu dimulai dari tante, uwa, sepupu hingga akhirnya 4 hari lalu uwa yang sudah saya anggap papah sendiri juga meninggal. Rasanya sedih dan sakit sekali namun life must go on bukan? 

Bangkit dan melanjutkan kembali yang ada...

semangat-idul-adha-2021

Berkurban Ditengah Pandemi? Emang Bisa?

Sedih yah hantaman pandemi ini, dimana perekonomian semakin merosot termasuk juga perekomian dalam keluarga kecil saya. Tahun lalu akang suami ga bekerja karena kebijakan PSBB dan tahun ini PPKM yang mana tahun lalu hanya menerima 25% dan tahun ini entahlah...

Bersyukurnya saya masih aktif bekerja di kantor meski ada pemberlakuan working from home selama PPKM berlangsung ini. 

Hantaman pandemi yang berdampak pada finansial sepertinya berlaku buat semua orang tanpa kecuali. Lalu bagaimana bisa ditengah pandemi gini saya dan keluarga berkurban?

Akan saya ceritakan, jadi berawal dari ajakan rekan di grup OJOW, yass dulu saya pernah berbagi cerita saya mengikuti Grup Membaca Al-quran OJOW, dimana mengajak teman-teman dalam grup untuk menabung Kurban.

Harapannya dengan menabung tahun sebelumnya jadi bisa membeli hewan kurban di tahun selanjutnya. 

MasyaAllah...

Bagaimana mekanismenya untuk tabungan kurban ini? jadi setiap bulannya saya akan setor sejumlah uang yang telah disepakati diawal lalu pada jatuh temponya uangnya akan diberikan tanpa potongan.

Alhamdulilah tahun lalu karena ekonomi tak terduga belum bisa kurban, dengan metode menabung pada pihak ketiga seperti ini alhamdulilah bisa konsisten dan akhirnya Idul Adha 2021 kami bisa membeli hewan kurban 😇.

Baca yang ini lagi :

Tips Menabung Untuk Kurban

Nah temans ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menabung kurban sehingga insyaAllah bisa konsisten terus berkurban.

Buat temans yang mau coba bisa dengan cara sebagai berikut :

💓 Menabung di Pihak Ketiga

Sama seperti yang saya lakukan insyaAllah saya akan lakukan juga untuk kurban tahun selanjutnya. 

Namun perlu diperhatikan yah temans pihak ketiganya harus amanah, alhamdulilah sekali rekan di grup One Juz One Week amanah dan membantu saya terus konsisten menabung.

 
💓 Menabung Sendiri 

Sejujurnya saya pernah menabung sendiri hanya saja seringkali tercoceng sehingga ga optimal saat hari H tiba jadi hanya bisa membeli hewan kurban yang kecil.

Namun bisa temans bisa nabung sendiri sebaiknya nabung menggunakan rekening yang berbeda yah biar tidak mudah tercampur dengan kebutuhan lain.


💓 Manfaatkan THR

Jika tidak menabung setiap bulan, saya juga suka memanfaatkan uang THR agar digunakan untuk kurban. terlebih lagi selang waktunya juga tidak terlalu lama oleh karena itu dana THR bisa juga dimanfaatkan agar bisa berkurban.

Sebenarnya selain menabung ada tips paling penting menurut saya yakni NIAT, jika niat sudah bulat insyaAllah selalu ada jalanNya memudahkan untuk bisa berkurban.

Idul Adha di Rumah Saja

Sama seperti Idul Fitri, kami hanya bisa di rumah saja. Melaksaakan solat ied yang diimami akang suami lalu menghubungi orangtua dan saudara via video call dan makan deh.

Untuk proses penyembelihan hewan kurbannya sendiri sudah dititipkan kepada Pihak Musola.  

Kegiatan selama Idul Adha sudah tayang juga di akun yutub akang suami nih 👇 jangan lupa subscribe dan komen ya temans :)


 ***

Demikian temans yang bisa saya bagikan kali ini, semoga Allah memberikan ketabahan, keikhlasan dan kesehatan untuk kita semua.

Selamat hari raya Idul Adha 1442 H.. 

12 komentar

  1. Dulu pas aku msh kerja, ada tuh mba yg mengkoordinasi tabungan kurban gini. Tapi sjk resign, aku LBH milih beli kurbannya pake uang THR suami :D. JD memang disisihin dari situ. Tahun inipun begitu. Tapi udh beberapa tahun uangnya lgs aku serahin ke papaku di Medan utk papa aja yg beliin kurbannya. Sekalian kurban ke kampung aja. Aku memang LBH suka ngasih kurban utk daerah2 terpencil apalagi yg ga terlalu banyak kaum muslimnya, kayak di kampung papa. Kalo di JKT kan msh rame :D. Yg manapun, yg terpenting ikutan kurban yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab mba alhamdulilah bisa kurban di daerah yah semoga rezekinya diluaskan terus

      Hapus
  2. Semoga tahun 2022 aku bisa ikut berkurban, aamin ya Allah.

    BalasHapus
  3. semoga taun depan kesampaian kurban, sebelum sebelumnya banyak "lolosnya" :D
    jadi, ibuku kemarin nawarin untuk nyimpen duitnya di tabungan kurban begini mbak, cuman aku takutnya ga konsist tiap bulannya. jadi biar kalau ada rejeki lebih aku tabung sendiri

    BalasHapus
  4. Menarik juga nih idenya..bikin tabungan kurban yang dikoordinir oleh satu orang. Tau2 dananya terkumpul dan bisa berkurban. Soalnya kalo ditabung sendiri kadang ya itu suka takut kecoceng hehe

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah semoga ibadah kurbannya menjadi pahala kebaikan di sisi Allah SWT ya.

    Kalau bicara tabungan kurban, di saya juga ada arisan kurban ya semacam tabungan juga setiap bulan setor uang sejumlah tertentu sesuai target kurban nantinya. Nah, saya sendiri memanfaatkan moment ini dengan ternak kurbannya. Kerjasama dengan para peternak lokal. Insya allah sama-sama berkah.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah ya Mbak bisa tetep berkurban meskipun kondisi ekonomi sedang lesu karena pandemi. Tipsnya mantul juga, kalo saya memanfaatkan uang tunjangan yang Alhamdulillah cair di bulan ini.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah mbak masih bisa berkurban di masa sekarang. Semoga saya juga bisa menyusul. Pernah jg dl pakai pihak ketiga dan Alhamdulillah lancar

    BalasHapus
  8. memang kalau mau kurban itu bagusnya nabung dulu ya, mbak biar nggak berasa berat pas ngeluarinnya. semoga aja di tahun depan aku juga bisa nabung kurban nih

    BalasHapus
  9. MashaAllah~
    Alhamdulillah, berkurban memang memerlukan sebuah perencanaan keuangan yang baik. Sehingga setiap tahun bisa mengikuti sunnah muakkadah yang diperintahkan Allah bagi yang mampu.

    Semoga tips teh Herva ini bisa menjadi contoh bagi yang ingin berkurban di tahun-tahun berikutnya dengan niat lillahi ta'ala.

    Barakallahu fiik~

    BalasHapus
  10. Tahun ini saya dan adik-adik juga berkurban. Di kantorku juga diadakan arisan kurban untuk semua ASN. Enak kalo pakai sistim arisan karena gak kerasa tau-tau uangnya udah terkumpul

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah tahun ini masih diberi rezeki berkurban mbak
    Sebab sudah menyediakan celengan kurban untuk setiap bulannya
    Nabungnya selama setahun, hehe
    Namanya juga usaha. Biar tetap bisa berkurban

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun