Search

Kisah Toilet Training : Berhasil Dalam 4 Hari Saja!

"Bunda, Rayi kenapa masih pake popok terus?" tanya Neyna pada saya satu waktu. 

Difikir-fikir iya juga Rayi udah 3 tahun lebih belum lepas popok. Duh apa kata dunia persilatan kalau ketemu mamak maha true pastinya saya udah dibully kali yah membiarkan si bungsu masih belum lepas popok sekali pakainya. 

Untungnya sih ga ketemu hahaha...

Sejujurnya sejak usia 2 tahun sudah pernah saya coba untuk toilet training, jadi lepas menyusui juga kepengennya lepas popok. Tapi apa daya kok yah susah banget sampe ngompol everywhere di rumah bikin saya ngomel bae.

Jika dibandingkan dengan Neyna, rasanya dulu kakaknya ini dengan mudah lepas tapi emang sih ada drama ngompolnya pas malam hari bikin saya malam-malam buta kudu bersihin, keringin ompol di kasur dan ganti sprei hahahaha.

Memang perkembangan anak berbeda yah ges, makanya ga bisa disamain padahal sekandung. Jadi kudu sabar sajo..

toilet-training

Pandemi & Minim Budget Popok

Selama pandemi ini sejak tahun lalu, memang ga cuma keluarga saya yang harus kencangkan ikat pinggang ya tapi hampir semuanya kudu irit-irit.

Ternyata hikmah pandemi, saya jadi ngitung banget pengeluaran bulanan dan salah satunya pengeluaran popok sekali pakai untuk Rayi itu budgetnya GEDE maksimal huhuhu...

Apalagi udah gede begini makin sering makan macam-macam dan BAB makin sering ahhhh Tydackkk boros deh popoknya. Bikin mules kalau udah liat stock popok Rayi kian hari kian tipis :p

Dirasa Rayi sudah menginjak usia 3 tahun dan memang sudah semestinya lepas popok maka tahun 2021 saya bertekad dengan membuat planning toilet training untuk Rayi.

Bismillah...berhasil lepas dong

Target saya dulu itu rencananya ajarkan lepas popok saat libur lebaran karena memang lumayan kan yah 5 hari di rumah jadi saya fikir bisa mengajarkan Rayi buat BAK dan BAB hanya di Toilet.

Plan 1 : Toilet Training Saat Lebaran

Merasa Rayi sudah mampu merasakan dan bilang kalau BAK dan setiap BAB selalu minta cepet dibersihkan maka sayapun dengan penuh PERCAYA DIRI merasa jika inilah waktu yang tepat buat Rayi melepas popoknya.

Adalah hari ke-2 lebaran, saya coba dengan ilmu toilet training yang pernah diterapkan ke Neyna. 

Yass..setiap jam disuruh BAK..apakah berhasil? berhasillll ges tapi pas siangan dikit lagi enak-enaknya nonton tiba-tiba Rayi diam dan kakinya mainin air pipisnya wkwkwk..

Jangan tanya saya gimana? yang jelas merah padam menahan marah karena Rayi malah ga bilang pas pipis :p

Kirain cuma siang itu aja ngompolnya ealah akhirnya keterusan dan wess saya nyerah apalagi Bibi lagi libur ga mungkin saya terus nyuci celananya Rayi.

Well...plan 1 toilet training pas lebaran is FAILED wkwk...

 Plan 2 : Toilet Training Saat WFH

Berhubung ada PPKM dan lonjakan covid 19 makin buanyak, maka di kantor akhirnya berlaku lagi WFH.

Baca yang ini juga : Dear Karyawan WFH itu Bukan Libur!

Oleh karena itu, saya ambil jadwal WFH hari kamis-jumat jadi ada jeda waktu sampe minggu 4 hari lumayan buat ajarin Rayi toilet training...

Saya yakin jika pas WFH ini saya bisa membuat Rayi lepas popok. Sayangnya minggu pertama saya WFH ealah masih sama gejalanya ges udah pipis dan BAB dicelana baru bilang wkwkwk..

Apakah saya menyerah? tentu tidak Redondo..

Minggu ini selepas idul adha, saya ambil lagi jadwal WFH hari kamis-jumat jadi jeda waktunya lama.

Hari pertama, 22 juli 2021, sejak pagi Rayi sudah cakep dan tidak saya pakaikan popok. Hasilnya? masih ges ngompol sampe 3x namun dari sore hingga malam alhamdulilah Rayi sudah bisa pipis di toilet. Bahkan malam pertama tanpa popok BERHASIL yeay!

Hari kedua, 23 juli 2021..masih ada gejala ngompol di celana namun sudah tidak banyak seperti hari pertama alasannya adalah CELANA DALAM DAN CELANA PENDEKNYA dicuci wkwkwk..untungnya dari sore ke malam ia sudah bisa pipis sendiri.

Hari ketiga, 24 juli 2021..sudah bisa pipis di toilet namun ada cerita lucu jadi siang itu Rayi bilang "bunda sakit perut hayu anterin" Rayi bergegas buka celana di kasur sementara saya lagi di dapur jadi ga sempat anterin.

Rayi sudah di kamar mandi, dan saya tanya "udah  ee-nya?" Rayi bilang ga EE dan baru saya bantu bersihkan. Memang saat ini Rayi kadang suka bohong bilang mau pipis eh malah ga..makanya fikir saya siang itu Rayi bohong lagi.

Kejadian lucu terjadi, siang itu saya, Rayi dan Neyna lagi main games bergantian di kasur. Datanglah Akang suami yang mau ikutan juga, namun saat Akang suami mau rebahan di kasur, ia memegang t*i katanya kok ini t*i siapa? di kasur? si cimi kucing apa Rayi yang Ee? teriak suami yang langsung ke toilet cuci tangan :p

Saya sampe ngakak kenceng banget, padahal tadi saya pas bersihin emang Rayi merasa ga Ee sampe akhirnya Rayi nangis karena merasa tertuduh. Padahal emang iya dia tadi sakit perut ga ketahan..untung aja ee-nya cuman dikit kecil :D

Wes kejadian siang itu ditutup dengan ganti sprei..

Hari keempat, 25 juli 2021 alhamdulilah sampe dengan saya ngetik tulisan ini Rayi sudah tertib dari BAK dan BAB semuanya di toilet..so toilet training dinyatakan BERHASIL yeay...

Begitu deh temans ceritanya, memang toilet training itu butuh KESABARAN utamanya. Awal-awal pasti kebelet baik BAK dan BAB namun akhirnya bisa juga.

***

Demikian cerita toilet training Rayi, alhamdulilah yah budget buat beli popok kini bisa dimanfaatkan untuk yang lainnya.

Buat temans yang mau toilet training, coba temukan cara sendiri dan jangan mematok pada teori pada umumnya karena kesiapan fisik dan emosi anak berbeda-beda.

Adakah cerita lucu temans saat anaknya toilet training? yuk bisa sharing...

10 komentar

  1. Wahhhh aku juga ngalamin banget tuh yang plan #1 pas nonton tv rebahan, terus ponakan ada diatas menimpaku.. Lalu seperti ada yang janggal, tiba-tiba punggung terasa hangat wkwkwkw dan ternyata si dede pipiss, omg langsung dia dia diem sambil ketawa kecil gitu.. Wahh nakalnyaaa, gak sopan banget nih pipis di badan orang.

    Setelah dikasih tau akhirnya ngomong setelah bak atau bab, mirip-mirip seperti plan 2 dan berhasil hhi

    BalasHapus
  2. Mantaap.. perlu saya terapkan nih nantinya. Semoga saya kuat mental kalau harus bolak balik bersihin rumah yang kena pipis, atau ee anak. Ha, gregetan emang kalau ada Ee yang tertinggal di kasur. Wkwkwkwkw.

    Alhamdulillah, sekarang Rayi sudah berhasil toilet training, anak pintar dan soleh nih. Hanya 4 hari saja bisa berhasil toilet training.

    Pandemi memang bikin kita semakin ngirit ya. Karena apa-apa dibatasi, ya mau gak mau, budget beli popok pun harus dikurangi. Hihihi.

    BalasHapus
  3. Astaga, dek Rayi. You are doing great, dek. Meski ayahmu kudu kena apes pegang kotoranmu. Hahahaha...

    Nggak papa ayahnya Rayi. Yang penting Rayi udah pinter sekarang. Anggap saja rejeki dari anak sholeh. Hehehehe

    BalasHapus
  4. Emang ya Mba, masa toilet training tiap anak itu beda beda. Perlu kesiapan anak dan orangtua juga. Keren nih Rayi bisa kelar dalam 4 hari. Aku kemarin hampir 6 bulan dan masih on going di sesi pipis tengah malam.

    Lumayan hemat pospak ya Mba.

    BalasHapus
  5. Ini Alisha udah lepas popok tapi BAB nya masih belum mau di toilet, jadi dia minta bab di popok 🤣🤣🤣
    Pun, kalau malam rasanya dia kadang masih males buat pipis ke kamar mandi kalau tidak dari kata hatinya sendiri.

    BalasHapus
  6. Wah selamat ya Rayi udah lulus toilet training sekarang, yey.

    Malam pertama tanpa popok itu udah kaya nonton film thriller aja sensasinya. Dikit-dikit ngecek, bentar-bentar was-was, padahal dianya pules 🤣

    BalasHapus
  7. Masa2 toilet training gini emang selalu seru. Ada aja cerita lucunya. Kadang antara tega gak tega sih ya ngelepas pospak. Tapi ya memang harus dilatih

    Pas udah berhasil pun kadang masih ada aja masanya kebobolan dan ngompol. Semangat Rayi, kamu pasti bisa

    BalasHapus
  8. Masa2 toilet training gini emang selalu seru. Ada aja cerita lucunya. Kadang antara tega gak tega sih ya ngelepas pospak. Tapi ya memang harus dilatih

    Pas udah berhasil pun kadang masih ada aja masanya kebobolan dan ngompol. Semangat Rayi, kamu pasti bisa

    BalasHapus
  9. Perkara toilet training emang penuh drama, ya. Dari 3 anak saya, yg paling gampang dan cepet toilet trainingnya si anak tengah. Dari umur 9bulan dia udah bisa merangkak, udah mulai bisa lepas pospak, paling malam aja msh saya pakein. Sampai akhirnya umur setahun udah lepas pospak sama sekali. Beda bgt sama kakak dan adiknya yg sampe umur 4tahun msh pake pospak😁

    BalasHapus
  10. setuju baangeet Mbak, toilet training itu kesiapan fisik dan emosi anak (juga emaknya dong :D)
    dulu Si Kakak dan Adek toilet trainingnya juga gak lama tapi ya itu drama ngacir ke toilet dengan alasan BAK mulu, padahal alasan pengen main air ajaa dooong.
    Duuuh, saya masih ada PR nih Mbak tuk TT Si Dedek yang udah 2+ juga sama PR nyapih juga sih :D

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun