Search

Pandemi Corona : Melatih Empati Kepada Sesama

Cara membantu sesama saat pandemi Corona, Belakangan banyak sekali berita positif seputar masyarakat Indonesia dari seluruh lapisan berbondong-bondong, bergotong royong saling bantu, saling berbagi penuhi kebutuhan sesamanya yang terkena imbas pandemi corona ini.

Kalangan artis, selebgram semuanya terketuk menggalang dana yang ga tanggung-tanggung bahkan salah satu selebram Rachelvenya berhasil menyerukan followernya hingga terkumpul 5 Miliar dalam waktu 3 hari. Ruarrr biasa..

Tak hanya mereka yang bergelimang harta terketuk untuk berdonasi tapi yang kekurangan juga menyisihkan sedikit uang untuk donasi.

Hal ini saya ketahui saat saya melihat video Najwa Shihab dengan suara gemetar menahan tangis membacakan testimoni yang ikut berdonasi meski hanya Rp 10.000 tapi sungguh ini membuat saya terharu.

Mereka yang kesulitan masih bisa untuk ikut sumbangsih meski dengan nominal yang sedikit. MasyaAlloh..bikin berlinang air mata mengetahui hal tersebut.

turut berdonasi, beli produk teman,

Pandemi Corona : Melatih Empati Kepada Sesama


Kondisi wabah corona ini tak hanya berdampak dari sisi ekonomi namun juga memberikan positif juga yakni melatih empati kepada sesama.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu sesama saat pandemi corona ini? berikut beberapa hal yang saya lakukan :

💓 Tidak Menyebarkan Berita Hoax


Salah satu yang saya jaga dan saya hindari adalah menyebarkan berita seputar pandemi corona apalagi yang terbukti hoax.

Mengapa? 

Saya tidak pernah tahu keadaan teman-temans, rekan-rekan yang menerima berita atau informasi hoax itu apakah dalam keadaan sehat, riang gembira atau sebaliknya.

Jujur saya sendiri menerima asupan berita corona terus menerus membuat saya psikosomatis. Oleh karena itu cukup saya tahan untuk tidak meneruskannya kepada orang lain. Dan ini adalah salah satu bentuk empati saya untuk bantu sesama.

💓 Support Jualan Teman

Tidak semuanya yang berada dalam lingkaran saya memiliki pekerjaan tetap serta penghasilan yang cukup. Kesehariannya saja bisa jadi susah apalagi dihantam dengan kondisi corona ini.

Cara yang bisa saya lakukan dengan support jualan punya teman, jika produknya saya butuhkan maka akan saya beli serta bantu share promosikan produk mereka.

💓  Ikut Gabung Berdonasi

Mungkin tak banyak yang bisa saya sharing namun setidaknya bisa turut membantu sesama yang membutuhkan. Biasanya saya ikut gabung udunan donasinya.

Tak perlu sungkan untuk turut serta karena belakangan banyak juga yang turut hadir untuk mengumpulkan baik dana maupun sembako yang akan dibagikan untuk sesama. 

 💓  Sharing JOB Blogger

Dalam situasi ini, mungkin banyak yang tak menentu keuangannya. Sejujurnya saya pun selalu mengharapkan job untuk blogger hehehe. Akan tetapi jika dirasa blogger lain yang lebih membutuhkan maka akan saya share jobnya kepada mereka.

Saya selalu percaya rezeki sudah diatur Gusti Alloh yang nanti ganti lagi. aamiin..

 💓  Memberikan Support 

Adakalanya bukan materi saja yang dibutuhkan akan tetapi wujud dukungan support juga bisa membantu sesama dalam kondisi seperti ini.
Hal ini saya pribadi rasakan sebagai yang menerima support dari teman-teman lain. Di awal pandemi ini, saya alami anxiety berlebihan hingga fikiran saya terus kemana-mana. 

Berkat dukungan, support dan mantra "all is well" dari soba sobi alhamdulilah ini bisa menguatkan saya secara pribadi. Bersyukur sekali masih ada yang mau support.

Maka takkala orang lain berkeluh kesah bisa jadi support adalah obat terbaik untuknya. Tak sekedar materi tapi afirmasi positif dari orang lain juga sangat membantu.

*** 

Nah temans demikian beberapa hal yang saya lakukan untuk membantu sesama di tengah kondisi corona ini. Saya rasa semua pasti setuju jika kondisi pandemi corona ini bisa melatih empati semua orang kepada sesama.

Well, temans ada yang mau sharing juga seputar cara apa yang bisa temans lakukan untuk bantu sesama? yuk tuliskan di kolom komentar.
 


2 komentar

  1. Saling dukung support menguatkan mental bisa melalui semua kesulitan itulah yang saat ini paling banyak dinantikan orang ...
    Banyak orang yang down mentalnya karena efek corona sangat besar.

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun