Search

Cara Mudah Bikin Masker Kain Tanpa Dijahit

Kehidupan sehari-hari pasca Indonesia dihantam dengan kasus pandemi corona membuat banyak perubahan serta aturan bagi warganya untuk bisa menjaga diri agar terhindar dari virus corona ini.

Salah satu anjuran yang dibuat agar mengurangi angka penularan yakni dengan mengharuskan setiap orang yang keluar rumah MENGENAKAN MASKER.


Belakangan masker menjadi barang langka, bahkan menjadi ladang untuk mencari rezeki tidak halal. Kerap kali saya jumpai pedagan nakal yang menjual masker dengan harga selangit namun ternyata hanya penipuan.

Tak tanggung-tanggung mereka oknum penjual jadi-jadian memberikan harga jual diatas rata-rata namun ada saja masyarakat yang tergiur untuk membelinya.

Masker N-95 yang merupakan masker medispun diburu oleh khalayak padahal bukan sebagai tenaga kesehatan.

Kejadian di salah satu grup WAG ada yang menawarkan masker N-95, tak perlu basa basi saya langsung menegurnya.

Ayolah kita semua ga hanya kalangan A, B atau C tapi semuanya juga terkena dampaknya tak perlulah mengais rezeki dengan cara tidak terpuji demikian.


mudahnya membuat masker kain



Cara Mudah Bikin Masker Kain Tanpa Dijahit


Jangan khawatir karena meski kita ga beli masker N-95, justru saat ini masker kain yang reusable dan harganya murah menjadi alternatif yang bisa kita gunakan dalam situasi pandemi corona ini.

Untuk temans yang minim budget, tenang bisa bikin masker kain di rumah sendiri tanpa perlu juga menggunakan mesin jahit. Berikut cara bikin masker kain tanpa dijahit :

Saya dapatkan tutorial ini dari instagram Sophia Latjuba nih bisa temans cek video berikut :


Jadi bahan yang diperlukan hanya kain panjang dan karet gelang saja ini cara mudah bukan? di rumah pasti punya kain panjang seperti ini so, tinggal bikin seperti video Sophia Latjuba jadi deh untuk masker tanpa jahitnya.

Langkah-langkahnya yakni :
1. Lipat kain panjang menjadi 2 bagian
2. Pasangkan karet gelang dinatara kedua sisinya
 Selesai deh gampang bukan?

Selain cara ini, saya pernah lihat video di tiktok yakni menggunakan celana pendek atau bekas stocking jadi bener-benar mengunakan bahan yang tersedia di rumah. Lebih praktis tanpa perlu banyak biaya juga tanpa harus repot menjahit.

Dalam situasi seperti ini memang sangatlah penting untuk bisa berfikir kreatif untuk bertahan hidup. Dan tidak memaksakan diri untuk membeli yang tidak ada budgetnya.

Namun jika temans memang malas dan pengen praktis, saya sarankan BELILAH Masker kain pada teman sendiri. Hal ini tentu saja sebagai wujud membantu usaha teman kita yang lain.

*** 

Well, temans demikian yang bisa saya share kali ini. Adakah cara lain untuk bisa membuat masker tanpa dijahit? yuk sharing agar temans lain yang membaca ini juga bisa praktek di rumahnya masing-masing.


25 komentar

  1. Aku akhirnya bikin masker buat anak. Gara-gara masker yang kupunya gak pas buat dia, jadi males pakai. Cuma ya masih jahit pakai tangan dan ribet, sih. Kalau tutorial ini bahan dan caranya mudah, juga bisa pas buat yang pakai.

    BalasHapus
  2. Ini mudah banget dan jadi solusi buat perburuan masker yang semakin susah hari hari gini.
    Kita sebisa mungkin untuk tetap #dirumahaja, hanya saja kalo uda super duper kepepet, scarf segi empat pun bisa jadi solusi yaa.

    Sehat sehat, Bundaaaa.

    BalasHapus
  3. Udah ga ada alasan lagi buat ga pake masker, ya. Wong bikinnya gampil gini

    BalasHapus
  4. AKu malas bikin masker sendiri hihiihi :D Alhamdulillaah ada yang buatin dan kasih free sebanyak 4 pcs masker batik. Masker kain lainnya juga kubeli dari teman. Teryata mudah ya bikin sendiri ga perlu dijahit pula. Anakku mau bikin kayaknya nih soalnya gampang :D

    BalasHapus
  5. Gampang emang yaaa buat masker kain sendiri dari scarf. Masalahnya saya nggak punya tuh scraf2 pendek gitu... hahahaha.. dan saya baca blog ini malah galfok ama pakaian Shopia Latjuba. hadeeeeuuh..

    BalasHapus
  6. Sama dengan ini cara saya, Mbak. Saya punya scarf yang saya jadikan masker ketika mau keluar masker aslinya sedang gak bisa dipergunakan.

    BalasHapus
  7. Wah, bermanfaat banget infonya Teteeeh,
    Aku udah beli beberapa masker kain tapi polos dan gak ada motif karena waktu itu belinya buru-buru, yang penting punya dulu deh hehehe

    Kayaknya nanti pengen nyoba bikin sendiri pake motif kain yang lucu-lucu deh, buat anak-anak hehe

    BalasHapus
  8. Aku sempat nyobain juga nih bikin masker tanpa jahit, secara aku gak bisa jahit masker. Nah karena waktu itu kita belum punya masker kain dan penasaran dengan masker tanpa jahit ini.

    BalasHapus
  9. Simpeel banget,hehe.. Nggak kepikiran kayak gitu. Malah ada juga ya di luar negeri, nggak pakai masker malah lepas celana dalam ya ampun, wkwkw.. Pada kreatif memang kita kalau lagi kepepet. Jadinya nggak butuh mesin jahit juga.

    BalasHapus
  10. Praktis ya. Cara laij scraft diikat aja ke belakang heheh klo darurat

    BalasHapus
  11. Di rumah aja bikin orang-orang makin kreatif, ya. Tapi aku belum coba-coba bikin masker, malah maunya lebih mengeksplor kelas-kelas online selama ini

    BalasHapus
  12. Yang lagi viral di tiktok tipsnya juga kyk gini ya mbak :D
    Alhamdulillah skrng masalah masker udah teratasi ya mbak, udah banyak yang bisa DIY masker, trus juga makin banyak yg jual masker kain. Tinggal yg nimbun masker yg gigit jari hehe

    BalasHapus
  13. Aslinya simple banget ya. Tapi saya golongan orang malas, jadi lebih baik beli. Hahaha. Aslinya ini bisa jadi buat prakarya dan mengisi kegiatan stay at home daripada youtube an seharian mending bikin masker

    BalasHapus
  14. Ditengah hal yang mendesak kerap kali memunculkan kreatifitas tak terduga. Bisa jadi alternatif nih, caranya juga simpel

    BalasHapus
  15. Praktis banget nih tutorial bikin maskernya. Ga ribet megang jarum dan benang. Buatku yang jahit jelujur aja miring hahahaha

    BalasHapus
  16. Terpana aku melihat kaka Sophia Latjuba yang stay-young.
    Cantik banget yaah...pake masker penuh gaya kalo gini mah...
    Bisa ganti-ganti sesuai warna baju, yeeaay~

    BalasHapus
  17. Memang gampaaang bangeet ya mba dan bisa kita buat langsuung. Jangn pernahlupa untuk pakai masker kalau terpaksa harus keluaaar rumah

    BalasHapus
  18. Simpel ya, kemarin saya liat yang versinya si cinta, bu atalia...

    BalasHapus
  19. Boleh juga tuh idenya mba Sophie, tapi kurang cocok ya untuk yang pakai hijab, kan talinya harus melingkar gitu di seluruh kepala. Kalau cuma yang di kuping gitu aja susah pakenya untuk yang berhijab.
    tapi okelah dijadikan ide kreatif untuk orang-orang yang sedang susah membeli masker, bisa banget dicobain nih

    BalasHapus
  20. Buatnya simpel jadi misalkan stock masker habis tinggal jahit tapi aku tipe mager dan males. Kalo rusak tinggal beli deh hahaha

    BalasHapus
  21. Praktis banget ya dan mudah dilakukan, kita jadi lebih asyik mencoba membuat inovasi membuat masker sendiri ya. Aku juga mau mencoba ah.

    BalasHapus
  22. Uwaahhhh gampang yaaa :D. Aku mau coba ah ntr pas giliran masuk kantor lagi :D. Selama ini kebanyakan beli masker kain mba, apalagi temen2 di kantor ada banyak yg jual hasil bikinan sendiri. Yo wis akupun bantu ikutan beli kadang :D.

    Cm kalo bisa dari bandana2 gini, enakan gini , jd bisa LBH macem2 lagi motif maskerku :D.

    BalasHapus
  23. Wah menarik nih buat orang kek aku yang skil menjahitnya terbatas banget mak ahahahah

    BalasHapus
  24. Apapun bisa jadi ya Mbak hahaha, kreatif itu emang butuh tekanan ya kadang mengingat pandemi ini
    semuanya jadi mahal barang-barang yang dibuth. Dengan tips mudah ni bisa jadi semaunya.

    BalasHapus
  25. Jadi ga alasan lagi untuk ga maskeran ketika keluar rumah ya mba. Pengen praktekin bikin maskernya

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun