Search

Cara Jalani Hidup Apa Adanya Menjadi Seorang Youtuber

Tak disangka, fenomena youtuber kini kian marak. Banyak yang tergerak menjadi seorang youtuber dari anak-anak, remaja hingga artis sekalipun memasuki dunia youtuber yang memang mudah tanpa syarat ketentuan.

Dulu mungkin youtube tak menjadi minat sama sekali, seiring dengan tayangan televisi yang kian memprihatinkan maka tak heran kawula muda khususnya berlomba-lomba menggeluti dunia youtuber ini.

Sayangnya, tak semua bisa menjadi youtuber yang apa adanya dengan menghasilkan konten berkualitas serta bermanfaat untuk seluruh lapisan masyarakat. Terkadang ada saja yang menghalalkan berbagai cara hanya demi mencapai jumlah viewer dan subscribernya banyak.

Duh pleaselah bersikap sportif dan jujur untuk lakoni profesi apapun.



Cara Jalani Hidup Apa Adanya Menjadi Seorang Youtuber

Saya sendiri tak menampik melihat antusias masyarakat Indonesia yang kian hari menggandrungi dunia youtuber. Namun tentu saja tak semudah yang saya bayangkan. Ada hal yang harus saya jaga agar murni berkarya tanpa sensasi.

Berikut cara yang bisa temans lakukan untuk bisa jalani hidup apa adanya  sebagai seorang youtuber, diantaranya yakni :

👉 Membuat Konten Jujur Dan Berkualitas

Sejujurnya saya agak risih dengan beberapa youtuber yang membuat vlog hanya mengejar viewers dan sensasi belaka.

Padahal yang seperti ini justru tidak baik karena pada akhirnya akan ditiru oleh kalangan tertentu. Adalagi konten yang hanya mengambil keuntungan dari pihak lain tanpa memikirkan imbas yang terjadi ke depannya sungguh ini sangat disayangkan sekali.

👉 Jeli Melihat Peluang Dan Berkarya

Beberapa hari lalu, saya tak sengaja melihat tayangan vlog seorang youtuber yang baru, ia membeberkan penghasilanya yang sudah mencapai belasan juta rupiah.

Padahal video youtubenya baru diunggah per bulan Agustus 2019, wow keren bukan. Dengan fenomena yang mengharuskan work from home, bisa jadi nih buat temans yang pandai berkreasi dan berkarya untuk mulai menjadikan youtube sebagai lahan penghasilan yang baru.

Mengesankannya youtuber muda ini begitu jujur bahwasanya ia memperoleh subscribernya murni karena memang para subscribernya menyukai videonya yang bertemakan "dekorasi ruang kamar kost". Tanpa ada modus atau sekedar cari sensasi. Youtuber muda ini membuktikan bahwasanya ia masih bisa berkarya dengan jujur dan apa adanya.

See, proses tak akan khianati hasil. Buah kesabarannya menghasilkan pundi-pundi uang yang menggiurkan.




Membuat konten yang berbeda dari kebanyakan, sesuatu yang briliant sih menurut saya sehinggs tak heran dalam waktu singkat subscribernya banyak.

👉  Menjadi Diri Sendiri

Kunci kesuksesan itu adalah menjadi diri sendiri yang bisa bebas mengekspresikan ide dalam bentuk karya konten berfaedah. 

Tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain yang kelak malah membuat seorang youtuber kelihatan aslinya. Bisa dibayangkan hujatan dari netizen untuk kepura-puraan karya ini.

Belakangan marak sekali yang hanya mengandalkan pencitraan palsu padahal justru dengan menjadi diri sendiri bisa tetap mudah berkarya tanpa beban.

Mengingat pencitraan palsu, saya salut sekali masih ada yang mau mengingatkan kita semua untuk bisa menjalani hidup apa adanya. Tanpa tipu-tipu atau tanpa modus sekalipun

Seperti yang saya lihat dalam tayangan youtube beberapa hari lalu :


Sebagai pengguna provider IM3 Ooredoo saya sangat terkesan sekali melihat tayangan iklan tersebut ditengah-tengah asiknya melihat beberapa konten youtube. Hal ini tentu saja menjadi tamparan untuk kita semua agar selalu tampil apa adanya.

Ngomongin IM3 Ooredoo, saya sudah setia menggunakan sejak zaman masih kuliah hingga kini. Banyak keuntungan yang saya dapatkan sebagai pengguna setia provider yang satu ini. 

Terlebih sebagai penyuka tayangan youtube dan kebutuhan untuk video call bersama keluarga saya. Saya sangat percayakan IM3 Ooredoo yang memiliki fasiltas tanpa syarat ketentuan.


Harga terjangkau dan sinyal dimanapun baik menjadikan pilihan terbaik untuk saat ini. Apalagi kini IM3 Ooredoo menghadirkan Freedom Internet.

Terlebih nih seratus persen kuota utama dapat digunakan 24 jam di semua jaringan, tanpa pembagian waktu. Di sisi lain fitur pulsa save-nya membuat internetan tetap nyaman.

Makin yakin dong dengan pilihan saya yang satu ini. 

*** 

Nah, temans demikian yang bisa saya sharing kali ini. Yuk ah bagi yang memilih untuk jadi youtuber atau siapapun agar bisa hidup apa adanya.

Semoga bisa bermanfaat yah tulisan kali ini.


85 komentar

  1. zaman sekarang yutub emang jadi incaran karena hampir semua pengguna smartphone liat yutub
    iya sih jadi diri sendiri aja malah kalo punya keunikan akan lebih dilirik ya teh
    soalnya sekarang konten kebanyakan prank dan prank hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekarang konten prank unfaedah yg banyak ya

      Hapus
  2. Sebenarnya pengen sih jadi youtuber vlog wisata gitu.
    Tapi tetap aja nggak pede bicara di depan kamera meski udah latihan berkali-kali di depan kaca. 😑

    BalasHapus
  3. Boleh tau tak sista link YouTube yang design interior kamar itu

    BalasHapus
  4. pengen konsisten bikin konten youtube tapi sulit banget deh, untuk one day one post gitu, terlebih di rumah ada anak, bocor melulu mba.

    BalasHapus
  5. Semoga para Yutuber yang akan menggeluti dunianya bisa menjadi diri sendiri apa adanya .
    Tapi semua pilihan sih, mereka mau milih yang mana, toh resiko ditanggung sendiri, hihii.

    BalasHapus
  6. hidup di dunia nyata maupun di dunia social itu harus apa adanya emang yaa, biar ga terbebani dan yang penting jadi diri sendiri biar tetap happy hihi

    BalasHapus
  7. Saya hampir sepuluh tahun menjadi youtuber
    Dulu dianggap aneh dan sinting, eh kini orang semakin berbondong bondong menjadi youtuber 😄
    Aduh jika bicara soal konten ,saya jadi malu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah semoga makin berkembang kontennya ya kang

      Hapus
  8. aku juga pake indosat ooredo mbak, soalnya saya suka Freedom Internet nya yang bikin bebas internetan tanpa mikir kuota atau pulsa

    BalasHapus
  9. Iya nih suka sebel liat ulah youtuber yang menghalalkan apa saja demi kontennya biar banyak yang lihat, pake settingan dan beli followers pula, tapi ada juga sih youtuber yang jujur dalam bikin konten dan kreatif pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak teh kalau yang jujur sayangnya ga viral aja hahaa

      Hapus
  10. Aku punya akun youtube hanya untuk tempat naroh beberapa video.
    Hidup penuh pura-pura pan berat diongkos untuk poles-poles kan ya.
    Semoga para youtuber memberikan konten kreatif yg jujur.
    Freedom internet itu modal utamanya seorang youtuber ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin dan yass freedom internet ini modal banget

      Hapus
  11. Emang zaman sekarang originalitas dicari banget yah Teh, ide dan konsep yang bener2 unik dan gak sekadar ikut2an doang. Aku juga suka risih sama beberapa youtuber sih, mana suka nongkrong di trending terus lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya yang begitu suka nongkrong di trending ya teh hahahaha

      Hapus
  12. Jadi yutuber itu berat. Biar mba aja deh:)

    BalasHapus
  13. Setuju, ngelakoni sesuatu dg apa adanya, jadi diri sendiri, rasanya juga lebih bisa mempertahankan konsistensi. Karena kn ngelakuin apa yang disuka, yang sesuai dengan diri sendiri alias nggk ngikutin orang. Dah, kalau ngikutin orang rasanya nggak tenang deh hidup ya teh.

    BalasHapus
  14. Menjadi diri sendiri itu sangat penting ya teh. Supaya memiliki branding yang sesuai dgn karakternya. Pasti cape banget untuk selalu ikutin kemauan semua orang 😥

    BalasHapus
  15. Betul kka, jadi diri sendiri, kalau nggak percaya ama diri sendiri gimana orang percaya, hmm kalau awal karir udah palsu nanti karirnya penuh dengan kepalsuan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyass makanya sabar dulu yah kalau meniti karier di dunia beginian

      Hapus
  16. aku beberapa kali bikin konten youtube tapi ya buat seneng2 aja.. hihi.. belum ke tahap "cari cuan" hehe..

    tapi memang sih youtuber sekarang kreatif2 banget dan kontennya menarik. Jadi lebih pilih nonton yutub aja deh daripada tv..

    oya, aku baru aja kemaren nonton youtube nya yg "dekorasi kamar kost" itu. keren banget dia udah bisa gajian dari yutub dan subscriber serta viewernya juga banyak bingit utk ukuran pemula. Salut sih. usaha memang tak mengkhianati hasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba keren yah pemula dan konsist menarik sih menurutku

      Hapus
  17. Yang apa adanya & gak penuh tipu-tipu selain hidup jujur buat diri sendiri juga orang lain. Anakku yang gede belajar apapun dari youtube & selama di rumah dia suka lihat youtube masak-masak ya efeknya dapur pabalatak buat uji coba :-D untung aja ada kuota youtube unlimited nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba Lid, aku juga pengen nih hahaha

      Hapus
    2. Youtubernya lagi pada di rumah jadi sering syuting dalam rumah buth kuota yang jujur ya ini buat creator maupun yang nonton

      Hapus
  18. Ari saya udah sub akun yutub Teteh blm sih? Akun eh chanelnya Teteh di yutub apa? Maaf ya kalau belum subscribe. Lupa lagi hehehe

    BalasHapus
  19. Aku sebel kalau ada Youtuber yang cuma cari sensasi, apalagi prank. Mending nyari yang kontennya berkualitas dan bermanfaat. Lumayan kan untuk cari ilmu.

    BalasHapus
  20. Iyess tetep harus jadi diri sendiri menurut aku dan punya ciri khas yang mudah dikenali oleh orang lain dan dalam membuat karya juga harus kreatif,jangan deh sampai cari sensasi aja demi konten hehe..semangat belajar terus ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba cuman aku belum berani ngomong depan layar hahha

      Hapus
  21. Kalau pas lihat video bagus di youtube tuh, kebanyakan orang memang kagum dan pengin banget bisa gitu. Padahal usaha di balik pembuatan videonya itu sampe berdarah-darah ya. Bagi anak muda yang kreatif bagus banget lah menuangkan karya-karyanya ke youtube. Yang penting jujur dan muatannya ada 'isinya'. Lucu pun tak apa, yang penting enggak bikin orang jadi salah kaprah terhadap nilai-nilai kehidupan.

    BalasHapus
  22. Waah..teteh uda mendunia dengan akun yutub nya yaa...
    Saluutt~
    Memang harus percaya diri, tapi tetap menjadi diri sendiri yang apa adanya.

    Ga perlu memory orang demi ketenaran yaa, teh..

    BalasHapus
  23. konten yang semuanya rata-rata pada ngikutin hiiihihih.
    tapi apapun itu kita semua tetap bekarya dan belajar mulai dari mengikuti contoh..
    Selama internet on terus membuat konten apapun jadi terasa mudah. yang penting jangan copy paste..

    BalasHapus
  24. Tak bisa dimungkiri fenomena youtuber saat ini, penghasilannya pun amat menjanjikan asal kreatif bikin konten

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tapi tetap harus apa adanya ga usah dibuat2 ya mba

      Hapus
  25. Jadi diri sendiri dan mampu menangkap da mengolah peluang di sekitar itu emang penting banget sih mbak..semangat ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba setuju jadikan peluanng menjadi uang hehee

      Hapus
  26. Aku tuh pengen banget jadi youtuber juga tapi kadang suka males bikin video dan ngeditnya. Memang menjadi diri sendiri itu lebih penting sih, agar lebih happy juga kita ngejalanin hidup. Yang pasti bikin konten sesuai dengan apa yang kita suka ya teh, agar kita tak berlarut menjadi orang lain.

    BalasHapus
  27. Jujur dan apa adanya itu jauh lebih baik. Miris rasanya sekarang banyak youtuber ala-ala yang menghalalkan segala cara demi mendulang views.. padahal kontennya tidak senonoh atau membodohi masyarakat. Semoga yang seperti itu segera sadar, dan lebih banyak memberi manfaat kepada penonton :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terkadang kesal juga melihat konten yang gitu amat. Tapi kok ya yang nonton bisa sampai banyak banget ya? Duh duuh.. semoga saja kebiasaan mendulang views dan jadi viral ini diimbangi dengan tanggung jawab untuk membuat konten yang bagus.

      Hapus
  28. Hidup apa adanya ini diterapkan juga sama IM3 Ooredoo dengan fasilitas seratus persen kuota utama dapat digunakan 24 jam di semua jaringan, tanpa pembagian waktu ya. Asik banget ini. Jadi kuota yang kita beli bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin ya, nggak ada yang mubazir karena cuma bisa dipakai jam atau lokasi tertentu.

    BalasHapus
  29. akan ada masanya kali ya mba, yang bertahan ya yang memang punya skill mumpuni ya.

    BalasHapus
  30. Profesional Youtuber emang kagi huts hitsnya banget yah Mbak. Tapi aku pribadi polih-pilih juga sih kalo mau yutupan hehe lihat kontennya seberapa bermanfaat dan profile Youtuber itu. Akupun sebenarnya mulai terjun ke dunia YT ini hehe

    BalasHapus
  31. Kompetisi di era digital gini memang makin berat. Banyak tuntutan dari luar dan tuntutan dari diri sendiri kadang juga ga sedikit. Supaya bisa tetep berkarya dan tetap jadi diri sendiri memang harus inovatif dan ga berjarak dngan karyanya karena ia terefleksi dari karya yang dia hasilkan.

    BalasHapus
  32. nah.. setuju mbak.. konten yuotube yang kebanyakan drama malah bikinb eneg pas nontonnya. yang menarik justru yang kehidupan sehari-hari, tampil apa adanya.

    BalasHapus
  33. Aku paling ga suka kalo udh melihat Youtubers yg isi kontennya hanya sekedar prank, pamer isi ATM, ga jelas ngomongin apaan. Padahal kesehariannya biasa aja. Eneg nonton yg begitu . To nth kenapa, justru YT yg begitu paling rame views nya yaaa :p. Ntah salah siapa. Hufft...

    BalasHapus
  34. salut buat yg bisa berkreasi jadi youtuber. kalo aku ga sanggup karena perlu ilmu tambahan dan waktu yg panjang buat bisa konsen di youtube :D
    ...ini pengakuan jujur apa adanya

    BalasHapus
  35. Kalau ga salah ini dibahas sama Reza Arab dan Deddy Corbuzier dah lama,
    jadi konten itu seharusnya isinya nieche, bukan sampah kayak... u know lah...

    BalasHapus
  36. saat sekarang konten yang paling hits dan laris manis kayaknya tuh tentang masak-masakan, DIY dan juga kegiatan yang bisa dilakukan di rumah ya Mbak. salut deh buat para Youtuber yang bisa memberikan konten yang baik dan bermanfaat bukan asal ikut-ikutan aja biar heboh seperti ngeprank atau pamer-pameran kekayaan segala padahal masih banyak yang harus rela menahan lapar, huhuhh.

    BalasHapus
  37. huwoo youtuber yang bikin mupeng itu penghasilannya keren wkwkkw
    pengen coba juga jadi youtuber, tapi belum bisa fokus heeheh
    jadi diri sendiri dan nggak pura-pura itu paling penting ya Mba.

    BalasHapus
  38. Beberapa waktu lalu sempet heboh video prank di youtube yang ga ada lucunya. Nyesel aku udah nyumbang trafik sama dia :v
    Sementara ga sedikit juga ya youtuber kreatif yang bikin aku amaze. Ku masih mikir lama buat jad youtuber karena kalau ngomong suka belepotan hahaha

    BalasHapus
  39. Aku masih belum bisa konsisten kalau bikin konten yutub, ternyata berat yaa konsisten itu. ..Apalagi algoritma yutub kan kudu rajin posting yaa. ..

    BalasHapus
  40. Ah iya saat ini dunia peryoutube-an memang tengah digandrungi tapi sayang masih ada saja content yang kerap merugikan pihak lain. Padahal untuk menjadi seorang kontent kreator alangkah lebih baik dengan apa adanya tanpa harus kepura-puraan
    Hmm..saya juga pakai IM3 Ooredoo nih suka deh sama paket freedom internet nya

    BalasHapus
  41. Youtuber skrg jadi profesi yang menggiurkan buat kaum milenial. Tapi untuk bisa mencapai menghasilkan pundi2 uang, tidak semudah itu sis bro! Butuh proses, waktu, dan konsistensi serta jadi diri apa adanya :)

    BalasHapus
  42. aku berharap YouTube banyak diisi dengan konten yang bermanfaat dan tidak tipu - tipu yaa mba..tapi ya masih banyak aja tuuuh yang suka cari sensasi doaang

    BalasHapus
  43. Sekaranf jadi youtuber memang lagi hits. Dulu juga mana kepikiran mau bikin youtube, tapi ke sini malah kepengen belajar. Kalau saya sih oengen belajar darimana mengambil kepercayaan diri untuk tampil dibdeoan kamera. Terima kasoh tipsnya mbak

    BalasHapus
  44. Akhir akhir ini, youtuber mulai membludak ya mbk. Mulai dari profesional, anak anak sampai emak emak bisa jafi youtuber. Bikin konten yang sederhana, nggak tipu tipu tapi banyak dicari, seperti bikin resep,jalan jalan,semua diabadikan.

    BalasHapus
  45. belum berminat jd youtuber, takut jadi jelek hasilnya

    BalasHapus
  46. Pengen jadi youtuber tapi sebatas aplut hasil rekaman yang saya dpt secara spontanitas, semisal ada event live, atau sedang melakukan aktifitas kerjaan terus ada peristiwa yang menarik.


    konten YT saya masih ala-ala seperti isinya.

    BalasHapus
  47. Aku juga bikin youtube Mbak. Tapi niatnya buat dokumentasi bocil aja hafalin surat-surat pas dia ngaji. Ternyata banyak juga yang nonton. Salah satu video lucu pas dia ngaji dan direkam nggak sengaja malah sampai 38 ribu yang nonton.

    BalasHapus
  48. Uhuuy yg merambah YT :D
    Setuju sekali dalam berkarya kudu jadi diri sendiri, selain karena itu artinya kita punya style sendiri dan lbh PD juga suoaya kita punya personal branding yang dikenal org sih ya :D

    BalasHapus
  49. Wah makasi tipsnya mbak Herva, aku jg baru aja nih kepikiran mau seriusin youtube. Hihihihi. maaci sharingnya maaaaak

    BalasHapus
  50. Akhir-akhir ini memang suka jengah dengan konten Youtube yg ga jelas. Apalagi yang sering ngeprank gitu, ga banget liatnya. Ayo, Mbak. Bikin konten YT yg bergizi, yook.

    BalasHapus
  51. Setuju banget mbak, kuncinya jadi diri sendiri jauh lebih membahagiakan dr pada ngejar popularitas dan kekayaan yg semu.

    BalasHapus
  52. Aku masih bingung konten yutubku masih gitu2 aja. Huhu sedih. Tapi emang kudu pede yang pertama ya. Kalau g pede yo susah. Yutub gt loh yow yow yow

    BalasHapus
  53. Prepare sikon sih baik tapi apalah itu kalo kepura-puraan mending jadi diri sendiri ya mba,,, aku sudah pake indosaat oredoo dari jaman SMA bahkan nomer hapeku yang sekarang udah 10 tahun gak ganti,,, masih setia aku tuh sama indosat

    BalasHapus
  54. Saya tuh niat bikin vlog, gagal maning haha. Belum pede nih ingin nambah jadi yutuber haha, kudu banyak berlatih biar nampak apa adanya.

    BalasHapus
  55. Zaman sekarang, ketika semua serba digital, apa pun bisa dilakukan ya Mbak,. Semoga dimudahkan mencari kehidupan. Aamiin

    BalasHapus
  56. Menjadi diri sendiri itu penting bagiku
    Karena setiap orang pasti punya sisi lebihnya tersendiri

    BalasHapus
  57. Jadi youtuber itu pandangannya enak gajiannya banyak
    tapi semuanya butuh proses dan perjuangan bikin konten ya mba
    semangat selalu yang sedang berjuang, aku juga sering bikin konten yang apa adanya aja

    BalasHapus
  58. jadi youtuber harus pinter mencari ide konten, seperti make over kamar kos ini, sekarang banyak juga yang bermunculan. idenya memang menarik dan bisa membuat aku juga pingin ngedekor seperti itu.

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun