POSTS SLIDER

I'm writing about...

FUNancial : Cara Asyik Belajar Finansial Membangun Bisnis!

Sudah tahu mau bisnis apa? sudah dong..
Sudah tahu financial goals untuk bisnisnya? mmm...apa yah?
Sudah tahu bagaimana kelola keuangan bisnisnya? waduh..apalagi itu?
Sudah tahu faktor penyebab kerugian bisnisnya? astagfirullah...ga mikirin itu Bambang!

Pertanyaan-pertanyaan itu pastinya kerap muncul ketika kita akan mulai berbisnis. Saya sendiri waktu bangun bisnis yah itu jawaban saya!  Saya sama sekali ga mengerti ini dan itu. Bagi saya yang awam ini fikirannya itu yah udah GIMANA NANTI!

Nah...itu semua SALAH gaes! Bisnis saya akhirnya merugi ga tanggung-tanggung uang yang sudah dikeluarkannya ga sedikit tapi banyak. Sedih dan nyesek karena saya ga pernah belajar finansial secara mendalam.


Beruntung sekali Indonesian Female Blogger (IFB) memilih saya untuk menghadiri satu event pada tanggal 07 Desember 2019 yang bertemakan "Financial Tips For Turning Your Hobby Into a Business". Acara talkshow ini merupakan persembahan Home Credit Indonesia. 



Talkshow Funancial #YangKamuMau


Acara ini bertempatkan di Paberik Coffee Upnormal Cihampelas Bandung, selain saya dan teman-teman dari komunitas IFB. Saya turut mengajak sahabat saya untuk mengikuti takshow gratis ini. Kapan lagi bisa datang ke event keren bareng sahabat yang sibuknya luar biasa.

Pagi itu saya tiba pukul 09.00 wib, 30 menit lebih awal dari waktu yang ditentukan. Berhubung saya dari Cimahi maka tak salah jua saya datang lebih pagi, untungnya jadi dapat parkiran mobil jadi ga susah deh.

Memasuki Paberik Coffee Upnormal, saya bergegas menuju kepada lokasi talkshownya. Ternyata acaranya berlangsung di lantai 3. Suasananya masih sepi. Baru beberapa saja yang hadir namun saya sudah melihat Kak Uchiet Pohan selaku moderator acara sedang briefing.

Sambil menunggu saya memanfaatkan untuk foto di booth dengan celengan ayam sayangnya saya ga foto di booth bawah. 

credit Teh Uwien

Setelah menunggu lama akhirnya acara yang dinanti pun mulai, ruangan sudah penuh dengan peserta. Ga nyangka pesertanya banyak juga.

Kemeriahan acara bertambah karena dimulai dengan bagi-bagi hadiah. Waw banget deh belum apa-apa udah bagi-bagi hadiah dong!

Sayangnya saya ga cukup percaya diri untuk mengikuti beberapa kali games yang diadakan hahaha.

Sebelum narsum utamanya hadir, ada perwakilan dari Home Credit Indonesia yakni Mba Freya yang menyampaikan tujuan dari acara finansial hari itu.



Menarik banget apa yang disampaikan oleh Mba Freya, bahwa tujuan Home Credit Indonesia mensupport acara ini dikarenakan ingin membantu masyarakat Indonesia agar bisa memanage keuangan dengan lebih baik.

Terlebih Mba Freya menyampaikan jika data OJK menyebutkan masyarakat Indonesia masih kurang memahami dalam mengatur keuangan. Beuh saya langsung tertampar mendengar pernyataan ini karena saya memang minim ilmu keuangannya.

Btw, sudah tahukan tentang Home Credit Indonesia? Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan yang menyediakan layanan baik online maupun offline dimana pembiayaan yang ditawarkan dari smartphone, furnitur, gadget, hingga aksesoris mobil.






Next...

Narsum yang saya nantikan tiba juga, yakni ada Dipa dari Haha Corp dan juga Takdis pendiri whatravel.

Sejujurnya saya pengen nangis pas tahu usia Takdis yang belum genap 30 tahun tapi sudah mencapai kesuksesan meskipun ia mengakui sempat menjadi mahasiswa DO dan minat untuk kuliahnya hampir ga ada.

Ini bisa dicontoh meski gagal dalam pendidikan namun ia mau mengembangkan hobinya hingga memiliki usaha travel sendiri.

Lain Takdis dengan kesuksesan bangun bisnisnya, narasumber lainnya yakni Dipa memberikan banyak sekali ilmu mengenai pengelolaan finansial.

Ini yang saya nantikan..

Sebagai Narsum, Dipa cukup interaktif dengan peserta talkshow. Salah satunya adalah pertanyaan yang masih terngiang dalam kepala saya "Apa Financial Goalnya?" nah loh bingung pan? bingung karena kebanyakan mimpi sih hahaha.

Menurut Dipa, financial goal itu bisa berupa perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang. Jadi usahakan saja memiliki financial goal biar lebih terarah pengaturan keuangannya.

Dipa juga menjelaskan seputar tehnik dalam pencatatan keuangan hingga kendala dalam pengelolaan keuangan salah satunya LATTE Faktor.

Penjelasan mengenai latte faktor ini menarik sekali bagi saya, jangan-jangan usaha saya rugi karena banyaknya latte faktor yang ga penting namun menjadi pengeluaran tak terduga huhuhu.

latte faktor itu merupakan Pengeluaran yang terlihat keicl namun tanpa disadari hal tersebut dilakukan berkali-kali.

Contohnya kayak jajan, parkiran yang kecil tapi kalau dikumpulin bisa kali buat biaya lain yang lebih prioritas.

Pesan Dipa yang saya ingat adalah Jangan sampe pengeluaran impulsif! Plus juga Dipa menyampaikan dalam bisnis itu ga bolehloh pake kata Gimana nanti? tapi seharusnya Nanti gimana? karena dengan perencanaan yang baik tentu saja kelola keuangannya baik pula.

"Too many people spend money they haven't earned, to buy the things they don't want, to impress people they don't like" Will Smith

Ga kerasa acaranya selama 3 jam harus berakhir, padahal seru banget apalagi ada games menarik juga ditengah penjelasan finansial ini.

Sesuai banget sama temanya belajar finansial lebih FUN ga sama sekali bosenin. Saya jadi mulai percaya diri lagi nih buat buka usaha yang baru lagi nantinya hehehe. Utamanya bisa belajar kelola keuangan pribadi dulu deh!

***


Acara talkshow inipun ditutup dengan foto bersama, aih seru abis loh. Peserta talkshow ga cuman dikasih ilmu tapi juga goodie bag, sertifikat dan makan siang ulalala happy banget deh padahal acara ini FREE loh gimana ga antusias sampe full pesertanya. Sahabat saya yang satu lagi juga sampe ga bisa masuk karena sudah full. 

Terima kasih Indonesian Female Blogger x Home Credit Indonesia ditunggu yah untuk talkshow lainnya yang lebih menarik lagi.

Well, temans demikian nih yang bisa saya share tentang keseruan acara yang sudah saya hadiri pada hari sabtu tanggal 07 desember 2019 silam. Semoga bisa bermanfaat yah dan bila ada di kota lainnya temans wajib ikut yah!

Komentar

  1. Oh teteh mah langsung ke atas ya, pas lagi sepi-sepinya. Aku mah di bawah we lama, haha. Pas dateng ke atas udah rame banyak orang. Untung masih ada bangku kosong di depan.

    BalasHapus
  2. sumpah mas takdis menginspirasi banget dia masih muda tapi sukses banget bisa beli apapun impiannya salut

    BalasHapus
  3. Ini banget huhu. Beberapa kali berbisnis ujungnya merugi juga. Keuntungan gak jelas kemana, tau-tau hilang aja. Harus banyak belajar finansial nih biar gak merugi. Beruntung banget kemarin ikutan acara funancial. Pengen ikutan juga tapi telat tau infonya. Huhh

    BalasHapus
  4. Aku pengen bisa ke acara seperti ini mba. Sekalian menjabarkan dosa-dosa aku saat kelola keuangan keluarga. Hahahaa

    BalasHapus
  5. Acara2 kayak gini nih mba bagus banget, sangat mengedukasi bngt, apalagi masalah finansial ini sangat krusial di negara kita, kudu sering2 diadakan kayaknya

    BalasHapus
  6. Sepertinya keuanganku juga banyak bocor halusnya karena latte factor ini. Sering beli barang yang harganya kecil, huhuhu

    BalasHapus
  7. Bener banget. Perencanaan harus matang kalau mau bisnis. Hitung-hitungan harus detail

    BalasHapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun