Kebiasaan Dalam Menyambut Lebaran

selamat idul fitri 1440 H, menyambut lebaran

Kebiasaan Dalam Menyambut Lebaran

Alhamdulilah sidang isbat sudah memutuskan jika LEBARAN jatuh tanggal 05 Juni 2019. Jadi masih ada 1 hari lagi nih temans buat menyambut lebaran.

Kiranya apa saja sih kebiasaan yang temans lakukan dalam menyambut lebaran?

Karena saya yakin, dimanapun berada punya kebiasaan unik dalam menyambut lebaran.




Kebiasaan Dalam Menyambut Lebaran

Dalam keluarga saya, ada kebiasaan yang biasanya rutin kami lakukan dalam menyambut lebaran.

Adapun kebiasannya adalah :

  • Potong Ayam Kampung

Entah siapa yang memulai, jadi kebiasaan kalau lebaran kami selalu santap opor ayam kampung. Meski harganya saat menjelang lebaran begini mahal tetap saja dibeli.

Tahun lalu, saya membeli ayam jago sedang harganya hampir 200ribu duh tuh ayam dikasih makan emas kali yak LOL.

Sementara tahun ini, alhamdulilah saya dikasih ayam kampung sama bapak mertua. Jadi sudah lama bapak mertua miara ayam kampung. 

Padahal untuk mengolahnya lebih lama dari ayam negeri tapi tetep aja yes kalau udah kebiasaan pasti dilakonin.


  • Mudik

Tahun lalu, saya absen ga mudik karena pasca melahirkan. Jadi sanak saudara yang berbondong-bondong datang ke rumah. 

Tahun ini, insyaAlloh mau mudik ketemu bapak. Yah namanya jauh dari orang tua pastinya lebaran tanpa mudik seperti ambulance tanpa ngiung-ngiung *ya salam ini becandaan tahun kapan sist? LOL

Mudik saya sih ga jauh-jauh, kalau ga ke Bekasi, Serang paling jauh ke Majalengka udah. Soalnya mertua juga satu daerah sama saya.

Kalau ke mertua tinggal salto juga nyampe jadi ga berasa mudiknya kalau ke mertua.

Biasanya sih kalau mudik ke Bekasi atau Serang menggunakan kereta api. Tahun ini pake kendaraan sendiri saja.

Temans, yang sudah mudik atau mau mudik semoga sehat-sehat selalu dan dilancarkanNya aamiin selamat sampai tujuan.


  • Bagi THR

Salah satu kebiasaan menyambut lebaran itu selain menanti turunnya THR juga ada kebiasaan yang bikin tangan gemetar wkwkwk..yass bagi-bagi THR ke saudara.

Untuk nominalnya sih ga terlalu banyak yang jelas bisa bagi-bagi itu sudah alhamdulilah bukan?

Kebiasaan dikeluarga kami itu, bagi-bagi THR menggunakan amplop yang lucu-lucu tapi isinya ga selucu amplonya wkwkwk..

Kalau temans gitu juga ga? kebiasaan menyambut lebaran dengan persiapan bagi THR?



  • Beli Kue Kering

Diantara keluarga akang suami, cuman saya doang yang ga bikin kue kering. Saya #TIMNOREVOT jadi beli aja deh.


Biasanya saya beli kue nastar sama keju, sayangnya yang makan saya doang kalau di rumah. Tapi semenjak mengenal kuker Nenasz yang putri salju, anak-anak doyan jadi beli nanti kue nenasz ini.

Kalau temans suka merk kue kering apa? 


  • Beli Peralatan Rumah Tangga

Biasanya kalau mau lebaran itu saya suka beli peralatan rumah tangga dari ganti sarung bantal kursi, sarung galon, ganti sendok, ganti magic com pokoknya perintilan peralatan rumah tangga.

Alasannya kok pas lebaran? lah iya apanan ada THR hohoho jadi bisa beli ini dan itu.

Namun untuk tahun ini, berhubung sedang membangun rumah untuk lantai 2 jadi saya irit no beli kue sampe no ganti peralatan.

Temans, gimana? biasa beli juga peralatan rumah tangga ga?

***

Well, temans itu dia beberapa kebiasaan saya dalam menyambut lebaran. Akhirnya tantangan menulis 30 hari selama Ramadan berakhir dalam tulisan ini.

Izinkan pula saya memohon maaf apabila ada kata, ataupun kalimat yang tidak berkenan. Semoga bisa kembali mengikuti tantangan selanjutnya dalam keadaan sehat.

Akhir kata "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H"...

56 komentar

Avatar
Vicky Cahyagi Senin, 10 Juni, 2019

Kebiasaan yang diwarisi disebut tradisi, asal positif & sesuai kemampuan juga harus dilestarikan, jangan malah main petasan yang jadi tradisi hehe.. Oh ya saya follower baru blog ini, blogwalking sebagai sarana silaturahim di dunia blogging & semoga dimudahkan rezeki. Mohon maaf lahir batin & Taqobbalallahu minna waminkum. Terima kasih

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

sama-sama maaf lahir batin juga

Reply Delete
Avatar
Indra Permana Rabu, 12 Juni, 2019

semuanya bener nih, keluargaku juga termasuk yang nggak mau repot alias beli aja kalo urusan kue-kue-an mah

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya mending beli kalau ga mau cape

Reply Delete
Avatar
Mak Irits Kamis, 13 Juni, 2019

Kalo masak opor ayam kampung biasanya kuserahkan pada tuan rumah alias neneknya anak2 xixixi, paling kasih duit aja buat beli ayam.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

wkwkwk iya taun lalu gitu juga

Reply Delete
Avatar
Ana Ike Kamis, 13 Juni, 2019

Samaa, Mbak. Aku pun tim no revot revot club, haha. Gak pernah bikin kuker karena emang nggak bisa. Jadilah beli terus. Paling pun masak ya palingan goreng kacang bawang ama rengginang, hihihi. Beda ama bumer yang hobi masak banget

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya aku beneran ga mau lelah wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian Kamis, 13 Juni, 2019

nyiapin amplop amplop buat thr ponakan adalah salah satu persiapan sebelum lebaran. Berasa seru dan membahagiakan ya bisa bagi bagi sedikit rezeki untuk para ponakan.. hihihi

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

alhamdulilah ini juga ya mba

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Kamis, 13 Juni, 2019

Selamat Idul Fitri juga ya Maaak, maaf lahir batin
Aku sebenernya tahun ini mupeng bgt mau uprek dan praktik resep kue kering
Tapi karena keburu mudik, ya batal deh :D
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya aku juga mudik jadi ya malas hahaha

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara Kamis, 13 Juni, 2019

Mudik dan sampai rumah potong ayam kampung peliharaan ortu hehe...
wah sampai beli peralatan rumah tangga baru juga ya pas lebaran, kalau saya belum pernah yang ini

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya kalau aku gitu mba nungguin lebaran baru beli ini itu hahaha

Reply Delete
Avatar
Wian Kamis, 13 Juni, 2019

Yaasss #TIMNOREVOT 🤣🤣🤣. Klo aku mah mana bisa bikin kuker. Beli udah yang paling bener atau nunggu parcel. Hahaha

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya betul suka puyeng apalagi anak-anak masih cimit hahaha

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan Kamis, 13 Juni, 2019

Wah ada kebiasaan ganti perabot rumah tangga juga ya Mbak. Gede sonk budgettingnya ya. Kalo di kampung saya, paling potong ayam saja, ama kue kering.

Mohon maaf lahir batin ya Mak.

Reply Delete
Avatar
widyanti yuliandari Kamis, 13 Juni, 2019

Duhh...ayam kampung emang asoy banget sik ya. Kalau di sini, walau lagi banyak demandnya, tetep murah harganya. Di bawah 100 ribu dapet.

Reply Delete
Avatar
Yeni Sovia Kamis, 13 Juni, 2019

Teteh maafkan kalau aku ada salah ya teh 🙏. Aku pas momen lebaran makan ayam kampung juga di kampung atau di rumat uyutnya Erysha yang memang di kampung hihihi. Tapi nggak beli soalnya uyutnta Erysha emang melihara ayam teh. Klo aku mudik juga teh ke garut tempat suami dibesarin hihihi

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

sama-sama mba Yen maaf lahir batin

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Kamis, 13 Juni, 2019

Rata-rata sama ya kebiasan menyambut lebaran, yang penting tentu juga melihat kondisi keuangan juga. Itu lah makanya aku suka nabung khusus untuk lebaran yang aku namakan THR

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya mba hahhaah keuangan juga mesti ditengokin

Reply Delete
Avatar
Ayaa cahayatheprinces Jumat, 14 Juni, 2019

Habis lahiran energinya kesedot ke anak ya Mbak. Ini lebaran pertama Rayi berarti ya. Jadinya kemarin mudik kemana? Bekasi, Serang, Majalengka? Kapan2 kalau ke Solo mampir Mbakyu

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

ke Majalengka mba hahhaa

Reply Delete
Avatar
Efi Fitriyyah Jumat, 14 Juni, 2019

Hiks, aku ga mudik, Va. Jagain Bandung, biar ga ada yang 'ngagiwing' hahaha.... Ritual lain yang ga aku jalanin adalah beli perabotan. Udah banyak teuing barang dan malah pengen milah-milah mana yang udah ga kepake

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

hahahaha kebanyakan ya teh

Reply Delete
Avatar
Eni Rahayu Jumat, 14 Juni, 2019

Kecuali beli peralatan, semuanya adalah kebiasaan saya juga menjelang lebaran, dan satu lagi bersih-bersih rumah (hahaha, ketahuan deh kalau bersih-bersihnya setahun sekali doang)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

wkwkwk maklumlah ya mba anaknnya masih kecil

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari Jumat, 14 Juni, 2019

Wahaha.. Sama semua nih mba sm aku. Tapi tahun ini gak ada acara potong ayam. Beli semuaa.. Eh, ada sih pas hari raya ke tiga.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

hahaha tim beli ga mau repot y mba

Reply Delete
Avatar
bundayati.com Sabtu, 15 Juni, 2019

Sebagai yg tertua dan dan dituakan, bunda tiap tahun selalu minta anak2 bunda menykarkan uang kertas baru utk dan bunda selaku pula menyiapkan amplop2 utk dibagikan kpd anak2 yang berlebaran ke bunda, cucu2 dan mereka tg patut menerimanta. Itu kebiasaan tahunan selain makanan wajib lebaran.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya yah bunda wajib bagi2 uang baru hahaha

Reply Delete
Avatar
Nova Violita Sabtu, 15 Juni, 2019

Gak tau kenapa ya.., kalo mudik n baju lebaran ...emang pas ..dilakukan saat lebaran. Tapi kenapa borong alat rumah tangga juga lebaran...hehehhe,

Udah kebiasaan kalo lebaran pengen serba baru.. sampai keset dan sapu juga baru ..wwkwkkw

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa Sabtu, 15 Juni, 2019

Beli peralatan rumah tangga iya banget kayak udah tradisi gitu ya teh, karena kemarin sebelum lebaran aku beli hordeng wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

wkwkwk demi tampilan baru kakah

Reply Delete
Avatar
Khoirur Rohmah Sabtu, 15 Juni, 2019

Walau belum nikah, aku jga punya kebiasaan di rumah menjelang hari raya juga nyiapin cem angpau buat ponakan, sodara, dll, sama beli kue lebaran mbak hehheee
Kalau beli peralatan rumah tangga buat emak, nggak juga.
Yang sering beli cat sama ganti taplak meja itu heheee

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

hahaha aku juga sampe beli taplak wkwkkw

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss Sabtu, 15 Juni, 2019

Dulu waktu kecil, potong ayam kampung adalah moment yang paling aku tunggu menjelang lebaran, hampir satu kampung serentak potong ayam kampung,

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

rezeki banget buat yang jual ayam kampung nih y mba

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Sabtu, 15 Juni, 2019

Aku paling demen bagian THR dan kue kering karena seru, apalagi kalau didaerah banyak jajanan yang gak kita jumpai saat di Jakarta.

Reply Delete
Avatar
Sara Neyrhiza Sabtu, 15 Juni, 2019

Kalau di rumah mama dulu, mau lebaran hebring banget bikin roti, masak besar. Sekarang karena saya dan suami sama2 nggak terlalu uforia lebaran, kami paling cuma beres2 rumah

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya yah paling enak kalau rumahnya beres y mba

Reply Delete
Avatar
Desy Yusnita Sabtu, 15 Juni, 2019

Bagi THR dan bikin KUker deh kayanya yang harus disiapkan. Kalau masakan lauk dan sayur urusan mamaku aja hahahaha

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya Minggu, 16 Juni, 2019

Yg repot masak kuker, opor, rendang dll tiap Lebaran itu adik cewekku paling gede. Dia masih lajang tapi demen banget masak. Aku bagian ngeliatin aja soale udah rempong sama pekerjaan domestik di rumah sendiri.

Kue nenazs ini bisa order nyampe Jakarta ?

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

bisa dong Bu Aya yuk order

Reply Delete
Avatar
Mbak Nyi Minggu, 16 Juni, 2019

Maap lahir batin ya BUnd
aku dulu suka banget lebaran pasti dapet angpao THR dari saudara2
sekarang gantian ngasihnya ahahaa

Reply Delete
Avatar
Fanny F Nila Minggu, 16 Juni, 2019

aku tuh yg namanya kuker pasti beli kalo lebaran. pdahal yaa bisa dibilang kami sekeluarga psti kabur ke hotel mana tiap lebaran, jd ga mungkin jg ada tamu yg dtg. tetep aja sih, aku slalu beli. malah kdg suka kalap. ujung2nya dibagi2in. tp memang kalo lebaran ga beli kuker, berasa banget ada yg kurang.

thr juga pastinyaaaa. apalagi ponakanku banyaaaak hahahaha. ya wajib disiapin utk mereka :). kalo mudij aku maksain. krn tau banget tiket mahal. palingan naik mobil tp udh dr 2016 ga prnh mudik sejak si adek bungsu lahir. dia gampang sakitan anaknya.makanyanya aku tahan dulu sampe dia lbh kuat dikit mba.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya ya mba kemarin lagi sakit adenya sehat2 selalu mb Fan Sekeluarga

Reply Delete