Balada Rambut Panjang Si Sulung

cara merawat rambut panjang anak, hati-hati merawat rambut anak

Balada Rambut Panjang Si Sulung

Aku ga mau rambutnya dipotong!
Rambut panjang itu bagus biar bisa diuntun kayak Elsa

Jadi anak ciwi di rumah sudah bisa protes dan sudah punya keinginan terkait penampilan dirinya. Neyna yang dulu masih cimit kalau diajak potong rambut, modelnya suka-suka mamaknya manut saja kini ia marah dam berontak.

Tarik nafas...

Sejujurnya rambut Neyna itu tipis banget, jadi kalau rambut panjang ya riwag riwig gitu apalagi kalau ga mau dikuncir. Pantesan adenya suka jambakin juga LOL


Seiring bertambahnya usia serta masuk TK B setahun lalu, Neyna kekeuh ingin memanjangkan rambutnya.

cara merawat rambut panjang anak, hati-hati merawat rambut anak



Menurutnya rambut panjang itu cantik seperti princess dalam cerita dongeng. Apalagi teman sepermainannya di sekolah juga memiliki rambut panjang.

Fixlah keinginan Neyna memanjangkan rambutnya itu bertambah kuat.

Anak kecil punya rambut panjang itu menurut saya sih ribet bin rempong, belum bisa ngurusnya kan? kalau pagi harus dikuncirin kalau ga poni semuanya keluar dari jilbabnya.

Makanya saya lebih suka Neyna punya rambut pendek biar ga ribet gitu.

Karena keinginannya yang kuat maka dari itu saya mengabulkan permintaannya untuk tidak potong rambut terhitung sejak Januari 2018.

Sebagai ibunya tentu saja hal ini menjadi pertimbangan untuk saya yang awalnya kurang setuju jadi harus support keinginannya.

Cara Merawat Rambut Panjang Anak


Dulu waktu kecil dari TK hingga SD kelas 1, rambut saya juga pendek model Melisa penyanyi semut-semut kecil.


Setelah itu oleh mendiang ibu dibiarkan panjang, saya masih ingat sekali model kunciran rambutnya kalau ga dikepang Bangkok pasti kuncir kuda atau kuncir miring.

Hal ini juga yang akhirnya saya lakukan ke Neyna. Menguncir ala Elsa atau kuncir kuda.

Selain itu bentuk support saya dalam merawat rambut panjang Neyna yakni dengan cara :


  • Membelikan Sampo Khusus Anak

Saya biasa membeli sampo switzal kids yang gambarnya princess, melembutkan rambut Neyna plus wanginya enak banget. 

  • Rajin Menyisir

Kebiasan jelek Neyna itu suka lupa habis mandi sisiran, kalau ga rajin sisiran biasanya rambutnya bakalan jembet berujung rontok dan patah-patah.

Oleh karena itu saya suka sisirin rambutnya setiap habis mandi sambil menata rambutnya. Meski Neyna keluar rumah atau ke sekolah mengenakan jilbab tapi saya membiasakan agar rambutnya rapih.

  • Membiasakan Rajin Keramas

Anak kecil seaktif Neyna kalau ga rajin keramas suka bau amis. Makanya saya selalu bawel meminta Neyna untuk keramas. Agar rambut panjang impiannya bisa terawat.




Begitulah saya mensupport keinginan Neyna dalam merawat rambut panjangnya terhitung 1,5 tahun ini.

Namun siapa sangka ada kejadian terkonyol yang mengakibatkan mahkota kepalanya Neyna terpaksa dipangkas juga.

Slime Dan Kepala Pitak


Libur lebaran kemarin, saya kedatangan ponakan tercintah dari Bekasi. Seperti biasa ponakan saya itu doyan mainan.

Maka selepas mudik, mampirlah kami di salah satu Mall Bandung. Btw pas ke Mall ini ketemu Rizky Febian sama pacarnya *ciyeh-ciyeh dan saya tetap jadi mamak cool artis doang makannya juga sama kok :D

Oke back to topic...

Singkat cerita, keponakan saya sebut saja Kaka membeli slime pun demikian dengan Neyna. Anak ciwi ini emang lagi suka banget imitasi siapapun hahaha.

Sepulangnya dari Mall, sore itu sudah pada mandi semuanya. Tiba-tiba TRAGEDI terjadi..

Entah apa itu motivasinya bisa-bisanya slime yang lengket itu dia KERAMASIN ke tengah rambutnya. 

Berhubung saya riweh sama Rayi, maka Ayahnya yang melihat ini kadung panik jadilah rambut yang udah tergulung-gulung seperti gulali sama slime akhirnya digunting.

Posisinya slime itu nempel sampe kulit kepala, bayangin slime lengket gitu teruwel-uwel sama rambutnya.

Neyna menangis histeris rambutnya yang ia sayang terpaksa digunting dengan cara tidak menyenangkan.

Sedih juga sih pas lihat model rambutnya seperti Hakim Roda Mas. Masih pada inget ga sih sama Hakim Roda Mas ini? nah biar pada inget lagi sama Hakim Roda Mas ini sengaja saya tampilin search di google taraaaa....beginilah penampakannya bedanya sama Neyna kepala tengahnya Neyna ga sepelontos itu sih :D

hakim roda mas
source google

Sisa slime yang menempel dibersihkan dengan air dingin alias air es. Nah ini juga salah satu cara yang saya dapat lewat youtube. Cara membersihkan slime yang menempel pada rambut itu dibersihkan dengan air es.

Nasi sudah jadi bubur..

Kepanikan malah bikin logika ga jalan wkwkwk padahal rambutnya masih bisa selamat jika saya tidak terlambat searching cara ini di youtube.

Well, dari kejadian ini juga jadi pelajaran meski anak-anak udah gede juga tetep yah perlu pengawasan jangan sampai hal cem begini terjadi.


***

Baiklah temans, demikian cerita balada rambut panjang si sulung yang berujung tragis. Alhamdulilah kini rambutnya sudah mulai tumbuh deh.

Namun ada drama lainnya...nantikan cerita selanjutnya yang tidak kalah dramanya hahaha..

Sekian curhatan mamak, adakah yang anaknya punya rambut panjang dan kekeuh ga mau dipotong? yuk sharing gimana cara merawat dan membujuk agar mau dipotong.


38 komentar

Avatar
Azka Kamil Selasa, 25 Juni, 2019

kereen kak artikelnya... mampir2 ke blog ana juga yaa kak

Reply Delete
Avatar
Rohyati Sofjan Selasa, 25 Juni, 2019

Ah, Neyna. Perkara rambut memang harus bikin mamah sabar. Drama yang terjadi merupakan tanggung jawab kita karena anak tetap anak dan butuh pengawasan dari orang tua.
Switzal sampo bagis, kok, bikin rambut lembut. Palung pernah coba kala mandi bareng di rumah astri anak sahabat saya. Yah, masih bocah keneh dan sekarang malu jika mandi bareng. Keramas pakai sampo itu bikin rambut Palung jadi harum dan lembut, Jadi terpikir untuk belikan sampo Switzal untuk Palung jika ke pasar kecamatan soalnya di sini tidak ada.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 28 Juni, 2019

iya harum mba cobain yang gambar boboboy hahhaa

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Rabu, 26 Juni, 2019

lagi anak kecil, aku selalu gunting pendek, amsalahnya aku pagi selalu buru2 jadi malas buat ikat rambutnya, kl pendek tinggal pakai jepit

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 28 Juni, 2019

iya Bu pengennya ibunya pendek tapi anaknya mau panjang huhuhu

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Rabu, 26 Juni, 2019

Hihihi.. Kalau anak perempuan emang aku biarin jika pingin rambut panjang. Tentunya dengan tanggung jawab ngerawat sendiri ya.
Yang ribet nih anak cowo paling kecil yg ga mau potong padahal rambut udah melambai-lambai sejak bayi blm pernah digunting. Alhamdulillah kemarin lebaran mau dipotong tapi cuma sama aku. Dan hasilnya? Pitak! Huhuhu...

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 28 Juni, 2019

wkwkwkw duh denger pitak :(

Reply Delete
Avatar
YSalma Rabu, 26 Juni, 2019

puk-puk,, Neyna. Yang sabar ya nak, kalau rajin nerapin tips dari bunda cara merawat rambut, ntar rambut panjang impiannya akan kembali dengan seiringnya waktu.
Lain kali, main slimenya jangan ke kepala atuh.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 28 Juni, 2019

wkwkwk iya aya-aya wae ;p

Reply Delete
Avatar
Maya Rumi Rabu, 26 Juni, 2019

hihihi, ternyata anak cewe hampir semuanya suka rambut panjang, ponakan ku pun begitu, rambutnya panjang dan halus banget, rempong kalo dia lagi minta mandiin terus shampoan, yang paling rempong itu pas nyisir rambutnya yang panjang harus hati2 banget biar dia gak kesakitan

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 28 Juni, 2019

iya nyisirnya harus hati-hati hahaha

Reply Delete
Avatar
Helena Rabu, 26 Juni, 2019

Ya Allah, itu slime memang menggemaskan. Untungnya SID ga kepikiran nempelin slime ke rambut. Terakhir cuma dia dudukin trus sebagian nempel di bajunya dan susah hilang. Err...

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 28 Juni, 2019

wkwkwk iya gemas Mak Sid :p

Reply Delete
Avatar
Nefertite Rabu, 26 Juni, 2019

Cewek kebanyakan suka kalau rambutnya dipanjangin ya, sudah sadar cantikya rrambut panjang sejak dini, hehehe. Wah ain sli mesti hati-hati tuh, jadi keingetan kaya permen karet ya

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani Rabu, 26 Juni, 2019

Ada drama selanjutnya? Duh, ada apa lagi ya? Hihihi
Anak susah diajak potong rambut, juga saya alami,kok! Sekarang anak cowok saya paling rewel disuruh potong rambut. Padahal udah jabrig :(

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 28 Juni, 2019

nantikan kelanjutannya wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Rabu, 26 Juni, 2019

Kebayang slime yang super lengket itu nempel di rambut mbaaa. Tapi insya Allah rambut akan tumbuh lagi kaaan

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya mba Ind udah juwet banget di rambut wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania Rabu, 26 Juni, 2019

Ya ampun ini bener banget deh. Anak perempuanku juga suka pumya rambut panjamg tp ga mau ngurusnya. Udahlah rambutnya keriting ,jadi butuh perawatan ekstra. Mamanya kelimpungan tiap pagi gara2 rambut anaknya 🤣

Duh itu horor banget slime awul2an di rambut panjang. Soalnya kmaren si anak cewekku ini gak sengaja kenain slime ke rambut masnya. Duh itu aja pusing bersihinnya, mana lagi di jalan mau pergi. Akhirnya aku bersihkan pakai tisu basah seadanya. Sampai lokasi, anaknya aku suruh berenang dulu di kolam dingin biar ilang slimenya, eh bener ilang 🤣

Ternyata air es bisa beneran ilangin yaa..

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

wkwkwk iya mba Cin udah juwet banget :D makanya dipotong tapi emang iya air es bantu melepaskan slime :D

Reply Delete
Avatar
Ida Kamis, 27 Juni, 2019

Saya jg nih si bungsu sdh ga bs diatur lagi nih.. pengen panjang to rambutnya tipis..huhu..

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya yah sedih tipis malah liatnya riwag riwig :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Kamis, 27 Juni, 2019

Hahhahaa ya ampun Neyna. Antara mau sedih ama rambutnya dan ada ketawa karna tingkahnya ada aja. Hahhaa. Aih itu Ayyas juga pengen panjangin rambut tapi aku tolak. Soalnya gerah bener liat rambutnya panjang. Trus bagian depan rambutnya skarang agak ikal. Padahal dlu panjan g rapi lurus loh

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya Ummi aku ya sedih campur ngakak hahaha

Reply Delete
Avatar
Anne Adzkia Kamis, 27 Juni, 2019

Baca istilah riwag-riwig bikin ngikik...pasti satu bangsa saka dakuh, bangsa nyunda, wkwkwk. Ini sih masalahku juga...samaaa banget punya anak yg gak mau potong rambut. Harus dirayu sejuta topan baday baru mau diajak ke salon.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

yass mba urang sunda hahhaha...

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Kamis, 27 Juni, 2019

Ya ampuun kasian banget si kakak. Udah kebayang kayak apa rambut ditempeli slime. Smoga cepat panjang lagi ya rambutnya

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Kamis, 27 Juni, 2019

Ya Allah,
Naha ada Hakim Roda Emas segalaaa...?
Bhuaahhaha...

Sesungguhnya,
Aku sangat merindu tulisan teh Herva yang cem begini.
Seriuuss iih...
Hiburan pissan.

Neynaa...
Jangan kecewa yaa, kak...In syaa Allah nanti tumbuhnya jauuuh lebih cantik.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

hahaha hiburan ya teh :p

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist Kamis, 27 Juni, 2019

Anakku juga main slime
Kalau yang lengket dirambutnya bukan slime tapi playdough yang bikin saya kudu potong juga rambut panjangnya

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

aduh 11-12 yah playdough wkwkwk bahaya

Reply Delete
Avatar
cifer Kamis, 27 Juni, 2019

Ya ampun kasian amat gara2 slime xD Aku baru tau ternyata bersihin slime yang menempel itu dengan air es, ku kira dengan minyak makan atau minyak kelapa, hehe.. Semoga rambut panjangnya segera tumbuh kembali yaa ;)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 Juli, 2019

iya mba pake air es jadi gampang

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen Kamis, 27 Juni, 2019

Wah sayangnya ya rambut panjang kakak terpaksa dipotong karena slime. Mudahan setelah ini bisa dipanjangkan lagi rambutnya biar kayak Elsa.

Reply Delete