4 Hal Penting Yang Harus Dihindari Dalam Membangun Usaha Sendiri

cara membangun usaha sendiri, merintis usaha sendiri, hal yang perlu diperhatikan saat membangun usaha sendiri

4 Hal Penting Yang Harus Dihindari Dalam Membangun Usaha Sendiri

Membangun usaha merupakan impian saya dan suami sedari dulu. Saya memang selalu punya niatan suatu hari mengelola usaha sendiri meskipun saat ini saya masih aktif sebagai seorang karyawan di kantor.

Tak bisa dipungkiri, punya usaha itu memberikan kebebasan saya dalam memanajemen usaha tersebut. Siapa sih yang tidak senang punya usaha sendiri dimana yang jadi Boss adalah saya, punya aturan yang bisa dibuat sendiri, bisa kelola karyawan sendiri.

Dengan berbagai pertimbangan, Alhamdulilah akhirnya bulan Agustus tahun 2018 silam berdirilah usaha kami "Joeragan Ice Cream". Jauh sebelum Joeragan berdiri, akang suami sudah punya usaha Warnet pada tahun 2010 namun harus tutup tahun 2016.



Perlu temans ketahui untuk merintis usaha kuliner Joeragan Ice Cream ini tidaklah semudah yang saya dan akang suami bayangkan diawal perencanaan. Banyak hal ternyata diluar dugaan yang tentu saja butuh effort luar biasa agar usaha baru ini bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Dan utamanya adalah butuh keberanian yang kuat untuk memulai bisnisnya meskipun bisnis kecil yah temans. Karena memulai bisnis baru bagi pemula seperti saya tergolong sulit.

Nah kali ini saya mau kasih tips yang wajib temans ketahui untuk memulai suatu bisnis baru sesuai dengan pengalaman yang telah saya alami. 

Harapan saya sendiri dengan menceritakan pengalaman ini bisa menjadi satu manfaat buat temans yang memang punya niat membangun bisnis baru dibidang apapun.

Sebab membangun bisnis apalagi dengan modal yang lumayan seperti yang saya lakukan itu butuh sekali perencanaan yang matang. Akan sangat disayangkan apabila ternyata ada yang mau membangun usaha tetapi kurang serius dan pengetahuan bisa berujung kerugian.

Tak jarang juga ada yang memilih untuk menggunakan jasa konsultan, namun itu tidak saya lakukan berhubung modal yang saya miliki bisa dikatakan PAS.

cara membangun usaha sendiri, merintis usaha sendiri, hal yang perlu diperhatikan saat membangun usaha sendiri

4 Hal Penting Yang Harus Dihindari Dalam Membangun Usaha Sendiri


❤ Cepat Menyerah


Merupakan hal penting yang wajib temans hindari. Sangatlah berbeda menjadi karyawan dengan wiraswasta.

Di kantor saya bekerja menyesuaikan budaya kerja yang ada, namun ketika mengelola usaha saya dan akang suami putar otak agar bisa menjalankan usaha kami sesuai harapan.

Adalah mental yang kuat mesti kami miliki, saat ini sudah berjalan 6 bulan usaha ini tentu saja ada pasang surutnya terlebih lagi cuaca hujan tak terprediksi. 

Sudah 2 bulan ini kami mengalami defisit. Nah inilah yang ingin saya bagikan untuk temans yang ingin membangun usaha.

Mempunyai usaha harus siap juga dengan keadaan warung yang sepi bahkan mengalami defisit, tak selamanya menguntungkan temans. 

Jadi saran saya milikilah mental yang kuat untuk menghadapi kemungkinan terburuk ya temans. Jangan pernah menyerah meskipun usahanya masih mengalami defisit, konsumennya sepi, bahkan pengalaman terburuk saya saat harus merelakan bahan es krim terbuang begitu saja karena karyawan yang tidak efektif dalam mengadonnya.

❤ Bingung Menentukan Jenis Usaha


Kita selalu tergiur bukan dengan usaha orang lain, memang tak bisa disangkal melihat rumput tetangga itu lebih hijau membuat kita juga termotivasi ingin memiliki. 

Saran saya pilihlah usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian kita sendiri. Jangan bingung menentukan jenis usahanya apa.

Saran saya untuk menentukan usaha itu bisa coba menggali dari minat, hobi atau kesukaan temans sehingga akan jauh lebih mudah ketika membangun usaha sesuai passionnya.

Seperti usaha warnet kami dulu, jadi karena kesukaan untuk berselancar di dunia maya demi kebutuhan pekerjaan tercetuslah ide mendirikan warnet terlebih lagi zaman tahun 2010 mulai menjamur seperti game online, media sosial seperti facebook dimana orang-orang jauh lebih suka menghabiskan waktu di warnet.

Bagaimana dengan Joeragan Ice Cream, hal ini tercetus karena kesukaan kami dengan ice cream terlebih lagi cara pembuatan ice cream sendiri itu mudah sekali. 

Dengan memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian, harapannya adalah kami bisa dengan senang hati mengelola usaha ini.

Nah temans gimana?bagi yang punya hobi menjahit bisa loh buka usaha konveksi sendiri, yang suka memasak bisa buka usaha catering seperti yang dijalankan adik kelas saya meski hanya di rumah namun ia tetap produktif.

❤ Tidak Melakukan Survei Terlebih Dahulu


Setelah menentukan jenis usaha yang ingin saya dirikan, langkah selanjutnya adalah melakukan survei. Ini merupakan hal yang terkadang terlupakan begitu saja. Padahal point ini penting sekali loh temans.

Apa saja yang perlu temans survei sehubungan dengan rencana usahanya?

Ada beberapa yang saya survei bersama akang suami sebelum mendirikan Joeragan Ice Cream ini. Diantaranya adalah :

  • Lokasi Tempat Usaha
Butuh waktu yang lama nih untuk menentukan lokasi usaha, saya sendiri melihat dari sisi strategisnya. Kebetulan sekali ibu mertua memiliki tanah kosong depan jalan raya dan posisinya strategis sekali di belakang kampus Unjani dan utamanya sering dilalui oleh orang banyak.


cara membangun usaha sendiri, merintis usaha sendiri, hal yang perlu diperhatikan saat membangun usaha sendiri


Akhirnya setelah bernego cukup panjang sepakat kami mendirikan bangunan warung Joeragan Ice Cream di tanah milik mertua.

  • Tingkat Persaingan
Sewaktu memutuskan kuliner ice cream ini, saya melihat belum ada warung kuliner khusus menjajakan ice cream dengan berbagai rasa dan dipadu padankan dengan olahan makanan lain. 

Jadilah semakin bulat saya dan akang suami mendirikan usaha ice cream ini. 

Buat temans yang mau usaha please ini yang harus difikirkan yah. Saya melihat beberapa usaha seperti warung ayam krispy menjamur dan tak banyak yang bertahan hingga kini. Meskipun berbeda jenis variannya tetap saja ketatnya persaingan tidak bisa menutupi biaya produksi.


❤ Kurang Perencanaan Dalam Mengelola Modal


Merintis usaha sendiri dari nol ini cukup riskan apabila teman kurang perencanannya. Point ini paling penting temans ingat yah jangan sampai nanti tidak sesuai dengan rencana.

Saya sendiri cukup kewalahan berdua dengan suami rasanya kepala pusing banget untuk membagi modal. Untuk itu penting banget temans perhatikan dari awal sudah buat rancangan anggaran biayanya.

Adapun rancangan anggaran biaya yang saya kelola :



1. Modal Membangun Tempat Usaha

Ini bisa sesuai dengan kebutuhan yah temans, berhubung kami memilih mendesain bangunan sendiri jadi modalnya lebih banyak untuk membangun. Kurang lebih satu bulan lamanya bangunan warung Joeragan ini akhirnya bisa siap pakai.

Anggaran dalam membangun itu temans harus perhitungakan baik-baik dari biaya buruh tukang, biaya material yang dikeluarkan hingga biaya untuk listrik maupun air. 

Sebenarnya jauh lebih mudah menyewa saja akan tetapi dulu kami kesulitan mencari tempat yang strategis.


2. Modal Bahan Baku

Saya lupa tepatnya berapa persen modal yang saya sisihkan untuk bahan baku es krim. Karena kami memilih membuat es krim sendiri tentu saja modal untuk bahan baku harus saya persiapkan.


3. Modal Membeli Peralatan

Ternyata setelah saya hitung modal membeli peralatan itu juga membutuhkan banyak modal yang keluar. Terlebih lagi beberapa peralatan sepeerti Mesin Es Krim dan freezer itu tidak ada yang jual offline di Cimahi.



Saya dan akang suami sampe pusing mencarinya. Akhirnya kami memutuskan untuk membeli online. Tak disangka ternyata membeli online itu berat biaya ongkos kirimnya. Nah ini yang miss dari rancangan perhitungan anggaran modal kami. 

So, saya mau kasih saran juga nih apabila domisili temans bukan di kota besar dan kesulitan membeli peralatan untuk usahanya lebih baik temans membeli online namun jangan sembarangan memilih e-commerce yang ada.


Ingat loh maraknya kini kasus penipuan, alih-alih kita mau usaha eh kita malah kena tipu. 

 Ralali.com Solusi Penyediaan Peralatan!


Adalah RALALI.COM  merupakan e-commerce yang menyediakan layanan jual beli berbagai produk kebutuhan bisnis antara pemasok dan pelaku bisnis melalui portal website. 

cara membangun usaha sendiri, merintis usaha sendiri, hal yang perlu diperhatikan saat membangun usaha sendiri


Beberapa point penting yang perlu temans ketahui perihal Ralali.com, dinataranya yaitu :

  • Ralali.com merupakan penyedian B2B marketplace (business to business) yang bertugas menghubungkan satu bisnis dengan bsnnis lain dalam rangka memenuhi kebutuhan bisnis mereka demi tercapainya keuntungan bagi kedua belah pihak.
  • Produk-produk di Ralali.com ini diual dengan harga grosir agar dapat dijual kembali.
  • Setiap produknya juga memiliki jumlah minimum pembelian. 
  • Selain produk berharga grosir, Ralali.com juga menyediakan jasa pemenuhan produk kebutuhan bisnis yang sukar ditemukan bernama RFQ (Request for Quotation)
  • Menyediakan asa pembayaran elektronik 
  • Pendanaan bisnis melalui fitur kredit Kredivo atau Ralalicicilan
  • Memiliki slogan "business starsts here" sebagai harapan bagian solusi permasalahan setiap orang yang ingin memulai bisnis dan menjalankan bisnisnya

cara membangun usaha sendiri, merintis usaha sendiri, hal yang perlu diperhatikan saat membangun usaha sendiri


Saya sangat menyesal baru tahu tentang Ralali sekarang ini, jadi waktu itu jujur saya kesulitan banget mencari penjual mesin es krim dan freezer. Karena memang ini merupakan kebutuhan peralata utama untuk warung es krim.

Pas saya cek di Ralali.com, sekelas PT. Indotara saja sudah display berbagai jenis mesin es krim merk Tomori. Padahal sebelumnya saya sangat kesulitan banget waktu cari kontak menghubungi pihak Indotara secara langsung.

Meskipun telat tahunya tapi setidaknya kedepan Ralali bisa menjadi sahabat usaha saya untuk keberlangsungan Joeragan Ice Cream.

Karena tidak hanya menjual peralatan saja akan tetapi juga pemenuhan kebutuhan bisnis lainnya. Ralali menurut saya platform sahabat pengusaha pasalnya ketika saya buka isinya mantap betul lengkapnya.

Sebagai contoh ketika saya mencari mesin es krim lalu sekali klik tampil berbagai varian mesin es krim. Tidak hanya itu di bawahnya keluar rekomendasi merk yang populer serta produk yang terkait.


cara membangun usaha sendiri, merintis usaha sendiri, hal yang perlu diperhatikan saat membangun usaha sendiri



Mengapa harus di Ralali.com?




Dan yang saya suka adalah Ralali.com sudah banyak mengantongi penghargaan loh ini point tambahannya.





Gimana temans?yuk buruan login ke akun Ralali.com semoga usaha temans yang ingin diwujudkan tahun ini bisa terwujud yah!

Demikian sharing yang bisa saya tuliskan kali ini semoga bisa bermanfaat yah.






60 komentar

Avatar
Maya Rumi Selasa, 12 Februari, 2019

Makin dimudahkan oleh ralali kalau sekarang mau buat usaha yah teh. Point pertama nggak mudah menyerah emg paling bener deh kalau may jadi pengusaha.

Lancar terus usahanya yah teh

Reply Delete
Avatar
Wahyu Widyaningrum Rabu, 13 Februari, 2019

Hai Mbak Herva, lama nggak mampir sini dakuw. Semoga asehat ya Mbak. Salut dengan aktif ngeblognya. Aku masih senin kemis, huhuhu. Rarali memang mempermudah banget ya Mbak. Btw Mbak, salut dengan ide es krimnya. Memang menentukan mau bisnis apa itu nggak mudah ya. Aku merasakannya. Banyak naik turun di luar rencana yang sudah matang kadang nih. Makasih tips2nya ya :)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 21 Februari, 2019

aamiin makasih mba Wahyu :)

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA Rabu, 13 Februari, 2019

Semoga diberikan kemudahan membangun bisnisnya teh Herva, aamiin.

Reply Delete
Avatar
Seftina Qurniawati Rabu, 13 Februari, 2019

Menentukan usaha apa memang cukup susah ya mba .. kadang kalo temen usaha itu pengennya ikutan tapi modalnya gak bisa mencukupi hehehehe

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 21 Februari, 2019

nah iya makanya harus difikirkan mba :)

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti Kamis, 14 Februari, 2019

Teh, meuni belum2 sempet terus nih aku mampir ke Cimahi buat nyicip Joeragan Es Krim.

Iya yah, sekarang di Bandung hujan terus, sepertinya pengaruh ke penjualan es krim, semangat terus buat Teteh Herva dan Akang suami yah!

Untung sekarang ada Ralali yah, mau nyari barang apa jadi lebih gampang dan praktis. Pengen kepo lihat2 juga ah.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 21 Februari, 2019

iya teh aku menyesal waktu cari mesin es sama freezer rempongnya warbiyasah ternyata di Ralali wes ada dan gampil pisan

Reply Delete
Avatar
Susie Ncuss Jumat, 15 Februari, 2019

memang banyak banget ya teh yang perlu dipikirkan kalau mau bikin usaha.
aku jadi kembali berfikir soal bisnis yang dikerjakan saya dan suami sekarang :D

wah, baru tau nih soal ralali. semoga bisa bantu bisnis aku dan suami :D

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Jumat, 15 Februari, 2019

Aku udah punya akun di Ralali, trus mau lihat bahan untuk bikin tas. Pengen punya usaha keluarga yang rencananya menjadi pemasukan hingga bisa diwariskan oleh anak cucu

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 21 Februari, 2019

semoga lancar y mba usahanya

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul Jumat, 15 Februari, 2019

Membangun usaha masih sebatas niat saja nih mba.. belum ada keberaniaan untuk memulai usahanya hiks.. tapi memang ya banyak yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum memulai usaha.. aku baca tulisan ini semakin paham harus bagaimana.. rarali ini beneran bisa mambantu usaha kita ya mba? ceki ceki dulu ahhh siapa tahu berjodoh

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 21 Februari, 2019

yuk cek mba semoga memudahkan :)

Reply Delete
Avatar
Jiah Jumat, 15 Februari, 2019

Iyak, kalau mau usaha memang harus nyesuaiin minat kita bukan karena tergoda ikut2 tan orang lain. Survei apa pesaingnya berlokasi dekat atau gak juga perlu biar jualan pun damai dan saingan secara sehat

Reply Delete
Avatar
Yoanna Fayza Jumat, 15 Februari, 2019

Semoga joeragan es krim lancar jaya terus ya mbaaa.. diberkahi kelancaran, kemudahan. Asiknya lagi sekarang asa ralali yg makin memudahkan pelaku bisnis menembangkan usaha :)

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Jumat, 15 Februari, 2019

Harus tahan banting kalau mau jadi pengusaha sukses, ya. Jadi pengen intip Rarali. Siapa tau ada yang saya butuhkan

Reply Delete
Avatar
Lidya Jumat, 15 Februari, 2019

Harus punya mental baja ya kalau punya usaha sendiri. Namanya usaha harus berjuang kalau pantang menyerah gak maju2. hihihi ini mah sebenernya pengingat buat aku.
Ajarin gimana caranya jualan mbak? aku kok bebeapa kali jualan kok gak bisa eh belum berhasil maksdunya.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 22 Februari, 2019

yang penting memang ga nyerah mb Lid :)

Reply Delete
Avatar
Utie adnu Jumat, 15 Februari, 2019

Iya teh klo seblum bngun usaha hrs survei tempt trs lingkungan bener bnget aku dulu smp sebulan trs perhariny juga dipantau

Sdh Ada ralali y bikin mudah ini

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 22 Februari, 2019

nah iya survey jgn sampe ternyata tidak sesuai y mba

Reply Delete
Avatar
Dewi Sulistiawaty Jumat, 15 Februari, 2019

Jadi inget dulu pernah buka usaha juga. Sebulan sejak buka usaha, saya sempet mau menyerah karena masih sepi. Alhamdulillah, alm. Mama memberi semangat sehingga akhirnya bisa lumayan maju lah :)

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania Jumat, 15 Februari, 2019

Duh aku malah salfok sama es krimnya. Malem2 gini enak banget ngemil es dikasih bronis 🤣

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 22 Februari, 2019

iya itu ada menu itu di warung JOeragan hehehe

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim Sabtu, 16 Februari, 2019

Mama neynaaa dan rayi, selamat atas usahanya yak. Kece. Menu eskrimnya menggoda semua. Btw iya, ralali.com ini membantu banget para pebisnis, apa aja ada yg dibutuhkan buat bisnis insyaAllah ada di ralali ya mbk

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 22 Februari, 2019

iya betul Ralali termasuk lengkap mba cocok buat yang mau bisnis

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti Sabtu, 16 Februari, 2019

Bener banget mba jangan mudah menyerah, itu pertama yang harus kita punya dalam membuka usaha. Alhamdulillah usaha kecil-kecilanku sudah jalan, tapi pengen membesarkan lagi usaha semoga dengan beli di Ralali makin cetar aamiin

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 22 Februari, 2019

aamiin semoga makin cetar mb Nyi

Reply Delete
Avatar
Dian Radiata Sabtu, 16 Februari, 2019

Wah pas banget ini artikelnya. Kebetulan aku juga lagi mau ngerintis usaha sendiri, mbak.. Baca artikel ini serasa dapat pencerahan. Makasih yaa

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty Sabtu, 16 Februari, 2019

Waah ternyata begitu ya cerita Herva dan suami membangun bisnis joeragan icecream, mau lihat-lihat rarali juga ah kali aja kepikiran ide bisnis, sukses terus ya untuk joeragan ice cream

Reply Delete
Avatar
Nabilla DP Sabtu, 16 Februari, 2019

Manteb mba, usaha eskrim. Pasti anak2 muda demeen banget tuuh hehehhe. Aku juga kapan hari abis buka2 websitenya ralali, komplit dan murah2 ya!

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 22 Februari, 2019

iya mba waktu aku cek ralali langsung lemas karena ternyata peralatan yang aku butuhkan semua dengan mudah ada di ralali makanya buat yang mau usaha coba lgsg search di ralali aja

Reply Delete
Avatar
Nur Ainhy Sabtu, 16 Februari, 2019

kemarin aku dan temanpernah coba2 buka usaha, nah kami kurang jeli melihat tempat, asal main aja, hasilnya? sdh psti bisa ditebak . Jd skrg pengen usaha lagi dan di ralali ini mendukung banget

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 22 Februari, 2019

semangat mba Ainhy next lebih matang perencanaannya :)

Reply Delete
Avatar
Zia Sabtu, 16 Februari, 2019

Barakallah usahanya ya, Teh. Impian aku punya kedai eskrim dari dulu. Jadi kebayang apa aja yang harus dipersiapkan. Oke noted, ralali kayaknta banyak membatu buat usaha kita ya.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 22 Februari, 2019

iya teh coba cek dulu deh smeuanya lengkap soalna :)

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain Sabtu, 16 Februari, 2019

Kebetulan ada keingiman membuka usaha tp masih bingung mau usaha apa yang minim.persainhan mau baca2 dulu ah ttg ralali

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 22 Februari, 2019

ayo mba memulai dari sekarang :) intipin Ralalinya yah

Reply Delete
Avatar
Indah nuria Sabtu, 16 Februari, 2019

We really have to take care of so many things in order to start a business. One thing for sure we cannot give up easily. All the best for your business

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Sabtu, 16 Februari, 2019

Bikin bisnis kalau basicnya dari hobi atau kesukaan pastinya akan lebih menyenangkan yaaa...
Aku lagi merencanakan pengin bikin usaha craft nih mba. Boleh juga nih gabung ke Ralali.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 22 Februari, 2019

semoga lancar ya mba Uniek rencana usahanya :) yuk gabung di Ralali

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Sabtu, 16 Februari, 2019

Pingin banget makan di Joeragan Ice Cream.
Sekalian minta pendapat mengenai usaha.
Seneng banget lihat teh Herva dan suami yang kompak.

Reply Delete
Avatar
Himawan Sant Minggu, 17 Februari, 2019

Nyari kebutuhan apa-apa untuk wiraswasta ternyata di Ralali jadi termudahkan, ya ...
Coba nanti aku intip situsnya buat lohat-lihat harganya.

Sukses ya usaha Joeragan Icenya, kak Herva.
Ikut mendoakan.

Reply Delete
Avatar
Fanny F Nila Rabu, 20 Februari, 2019

sampe skr nyali utk usaha sendiri aku blm siap mba :(. pdhl papaku pengusaha bakery di Medan. adekku yg bungsu pengusaha restoran di medan juga. papa itu sbnrnya udh prnh nawarin supaya aku bisa pegang bakery di sana, apalagi udh berkembang 14 cabang. tp aku takut. takut gagal intinya. apalahi mikir kerjaan kantor skr udh terlalu nyaman dan benefitnya gede. lgs kepikiran aja kalo sampe ga sukses di bakery, ditambah semua benefit juga melayang.

duuuh, nyiapin nyali jd pengusaha itu ga gampang memang :(

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 22 Februari, 2019

nah iya mba Fan perlu nyali yang kuat, kuat dibulliy, kuat saat defisit, kuat segalanya hahhaa

Reply Delete
Avatar
Abdul Majid Kamis, 21 Februari, 2019

Sifat cepat menyerah atau putus asa sering menghinggapi para enterpreneur Bun. Artikelnya sangat bermanfaat Bun. Makasih

JADI ENTERPRENEUR YUK!

Reply Delete
Avatar
Rohyati Sofjan Jumat, 22 Februari, 2019

Semga usaha Joeragan Ice Cream-nya berjalan lancar, Teh. Tetap semangat meski pasar sedang sepi, nanti akan ada masanya tempat usaha Teteh dan Akang Suami bisa maju. Butuhbkesabaran untuk itu.
Menjual produk musiman memang berisiko, bagaimana jika nanti es krimnya juga ditambah hal lain di luares namun tetap saling melengkapi. Apakah dengan aneka kue atau camilan.
cari barang untuk mulai usaha memang berat namun semoga sepadan, kelak. Insya Allah.
Syukurnya juga ada Ralaki yang bisa jadi mitra bisnis Teteh dan Kang Suami.
Maju terus, Teh! Banyak berdoa saja semoga tokonya laris manis,

Reply Delete