Tips Menyiapkan Karier Masa Depan

2/25/2019
Nanti kalau sudah besar mau jadi apa?...Mau kerja dimana?

Familiar ga sih sama pertanyaan tersebut?sering banget bukan ditanyakan ga peduli kita masih duduk di bangku TK atau pas sudah lulus kuliah?

Bingung banget bukan kalau ternyata hidup kita ini mengalir begitu aja, tidak ada sama sekali goals yang ingin dicapai padahal semakin kesini makin banyak persaingan yang mana seseorang yang "unik" bakalan dapat porsi yang lebih baik untuk kariernya.

Pertanyaan tersebut setelah saya analisa dan renungkan memang bukan sekedar pertanyaan basa basi akan tetapi justru satu pertanyaan penting yang bisa dijadikan pemicu untuk mencapai satu target dalam hidup.

Ngomongin tentang karier di masa depan, menurut saya harus direncanakan sedini mungkin. 

Adalah hal wajar jika saat ini banyak yang akhirnya lulusan anak kuliahan bingung meniti kariernya sendiri. 

Sebagai tukang rekrut yang udah belasan tahun, saya sudah hafal betul nih sama fenomena begini dimana calon karyawan yang kuliahnya apa?lamar kerjanya apa?

Biasanya jawaban yang keluar  "daripada nganggur ga apalah kerja ga sesuai jurusan kuliah juga".


Suka sedih aja kalau denger jawaban seperti itu kesannya ada keterpaksaan yang bikin dia akhirnya melamar. 


tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP



Menyiapkan Karier Masa Depan


Mengapa perlu menyiapkan karier?karena ketika memasuki dunia kerja apabila kita tidak bisa menyesuaikan diri dan mengikuti industri yang dinamis bersiaplah untuk ketinggalan. Terlebih dunia kerja adalah masa dimana kita menghadapi dunia yang sesungguhnya.

Nah temans, saya mau kasih tips nih buat temans yang ingin menyiapkan karier masa depannya.

❤ Mengenali Bakat Sendiri



tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP


Saya saja yang setua ini masih mau loh menggali potensi yang saya miliki, dari mengikuti kursus hingga akhirnya saya mengikuti coaching demi mengetahui potensi dan bakat yang saya miliki.


Menyesal rasanya saya baru menemukan bakat dan potensi saya sendiri. Karena itu buat temans, saya sarankan untuk sedini mungkin menyadari potensi diri sendiri. Hal ini akan berdampak dengan beberapa langkah yang perlu disiapkan.

Ketika seseorang tidak mampu mengenali dirinya maka besar kemungkinan orang tersebut hanya akan melakukan pencapaian yang itu-itu saja sepanjang hidupnya, Ngeri bukan ga ada progress banget kalau begitu?


❤ Merencanakan Kuliah


Nggak ada kata terlalu cepat atau bahkan terlambat untuk merencanakan karier masa depan. Tidak peduli saat ini temans masih duduk di bangku SMP atau baru masuk SMU, Merencanakan karier masa depan wajib difikirkan sedini mungkin. 

Proses merancang masa depan bukanlah sesuatu yang instan loh, kita perlu persiapan matang dalam menentukan kedepannya saya ini mau jadi apa?hal ini berguna agar kita tidak salah pilih jalan hidup *berat. 

Saya masih ingat banget pengalaman dulu saya bingung mau kuliah apa, jurusan yang diambil apa?karena jujur saya tidak merencanakan dengan matang untuk masa depan saya sendiri. Beruntung saya syukuri saat ini saya berkarier di dunia HRD meskipun masihlah jauh dari ekspektasi orang tua.


Memang agak sulit itu dalam menentukan kuliah dimana?jurusan apa?kampusnya negeri atau swasta. 

Jangan khawatir untuk memilih kampus, tidak lulus kampus negeri bukanlah akhir hidup kalian. Saya saja sebagai recruiter tidak mempermasalahkan kalian berasal dari almamater swasta atau negeri yang jelas kompetensinya harus sesuai dengan kompetensi yang sedang dibutuhkan. 

Dan paling penting adalah sesuai dengan kemampuan dan passion kita.

Kuliah Di UMP Saja!



tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP

Ngomongin pemilihan kampus nih ada beberapa faktor  yang menjadi pertimbangan buat temans yang ingin merencanakan kuliah. Diantaranya adalah :

  • Akreditasi
  • Lokasi
  • Biaya Studi & Beasiswa
  • Lingkungan 
  • UKM & Organisasi Kemahasiswaan


Kelima faktor ini penting banget buat temans jadikan acuan sebagai tolok ukur dalam memilih kampus. Jangan sampai nih milih kampus karena ikut-ikutan teman atau parahnya lagi karena dipaksa oleh orang tua. Ingat ini semua demi karier masa depan!


tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP


Adalah Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang merupakan salah satu kampus dengan memiliki 5 faktor penting dalam pertimbangan temans untuk lanjut kuliah.

✒ Memiliki Akreditasi B

Akreditasi adalah sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus yang diselenggarakan oleh lembaga BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Akreditasi dibagi menjadi dua, yaitu akreditasi kampus (institusi) dan akreditasi program studi (program studi).

UMP merupakan perguruan tinggi swasta yang terakreditasi B. UMP menempati peringkat ke-2 perguruan tinggi muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah dan peringkat ke- 6 di Indonesia. 

tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP
source : FB UMP


Tak hanya akreditasi PT yang B akan tetapi untuk 11 Fakultas dengan 33 Program studi yang ada di UMP memiliki akreditasi terbilang oke A-B.

Penasaran ga sih fakultas apa saja yang ada di UMP?berikut 11 fakultas yang hadir di UMP :

✔ Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
✔ Fakultas Ekonomi
✔ Fakultas Farmasi
✔ Fakultas Agama Islam
✔ Fakultas Ilmu Kesehatan
✔ Fakultas Pertanian
✔ Fakultas Psikologi
✔ Fakultas Sastra
✔ Fakultas Tehnik
✔ Fakultas Hukum
✔ Fakultas Kedokteran

Lengkap banget bukan?saya sebagai recruiter aja demen banget sama kampus yang banyak prodinya jadi kalau sewaktu-waktu banyak loker bisa langsung dapetin calon-calon karyawan potensial dari berbagai fakultas yang ada di UMP. 

Bisa jadi cost recruitmentnya sedikit karena ragamnya prodi yang ada di UMP jadi ga perlu deh pindah kesana kemari cari calon karyawan.

✒ Lokasinya PAS

Dalam memilih kampus, bisa dibilang lokasi itu menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam pengalaman studi. Yang terpenting nih adalah kemudahan akses, sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama kuliah, tingkat keamanan hingga lokasi kampus berada ini mempengaruhi juga loh. 

Tahukah temans, jika UMP merupakan perguruan tinggi TERBESAR di JAWA TENGAH bagian barat. 

Kampus UMP sendiri ada 2 yakni :

  1. Kampus I  >> Jl. Raya Dukuh Waluh Po. Box 202 Purwokerto 53182 Telp . (0281) 636751
  2. Kampus II >> Jl. Letjen Soepardjo Roestam Km 7 Po. Box 229 Purwokerto 53181 Telp (0281) 6844252

Sudah dipastikan dong kuliah di UMP bikin bangga banget mengingat kampus terbesar di Jawa Tengah.

Sesuai dengan slogannya UMP Makin mendunia ^_^

✒ Biaya Studi Terjangkau Dan Tersedia Beasiswa

Penting banget nih dalam rangka menyiapkan masa depan gemilang adalah mengukur keuangan yang kita miliki jangan sampai karena keterbatasan biaya dan juga tidak adanya program beasiswa dalam kampus mengakibatkan cita-cita kita kandas ditengah jalan.

Tak hanya biaya studinya juga sih yang diperhitungkan akan tetapi biaya hidup selama studi. 

Bagaimana biaya studi di UMP?untuk biaya sendiri masih terjangkau bahkan yang buat saya salut dan merinding MasyaAlloh ada program kuliah gratis bagi mereka yang hafal Al-quran. Keren banget loh ini mendapatkan beasiswa kampus karena hafal Al-Quran. '


tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP
source : IG UMP

✒ Lingkungan Yang Mendukung


UMP ini memiliki kualitas tenaga pengajar berkualifikasi S2 dan S3, pegawai peofesional, perpustakaan universitas berakreditasi A, pusat teknologi informasi, jaringan internet 24 jam, pusat bahasa berstandar internasional dan memiliki laboratorium pusat unggulan penelitian modern.

Tak hanya itu saja linkungan UMP yang mendukung mahasiswanya untuk bisa menyiapkan masa depan gemilang didukung dengan adanya kerja sama internasional yang secara aktif dengan 45 perguruan tinggi ternama dunia.

Selain itu, UMP memperkuat kerja sama dalam negeri dengan 82 mitra strategis diantaranya Instansi Pemerintah, rumah sakit dan Industri terkemuka di Seluruh Indonesia.

✒ Terdapat Ragam UKM & Kegiatan Kemahasiswaan


Bukan mahasiswa namanya kalau belum gabung dengan salah satu dari sekian banyak UKM yang ditawarkan di kampus. Fungsinya selain sebagai penyalur minat dan bakat juga untuk mengasah soft skill serta mengembangkan karakter, 

Nah tenang aja nih temans, di UMP sendiri terdapat beragam UKM. Bahkan saya salut dengan kebijakan kampus memberikan pendidikan dan pelatihan selama menjadi mahasiswa. Diantaranya ada pelatihan sebagai berikut :

  • BEST ( Becoming Excelent Student Training )
  • SMART (Softskills Management And  Resolution Training )
  • SUCCES ( Spritual Up and Carrier Competencies Empowering by Sofskills )
Beberapa pelatihan seperti ini penting banget loh dalam menyiapkan mental saat memasuki dunia kerja.

tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP


Well, gimana temans?sudah mulai ada pencerahan bukan next kalau menyiapkan karier masa depan seperti apa?

Sudah ga galau yah urusan dalam kuliah?UMP menjadi pilihan untuk merencanakan kuliah. Nah satu hal lagi nih yang biasanya bikin galau adalah prodi (program studi) yang hendak diambil. 

Seperti yang sudah saya sampaikan diawal, penting banget mengetahui pasison atau bakat sendiri sehingga ini memudahkan banget menentukan prodi dalam rangka menyiapkan karier masa depan temans kelak.

Sebagai contoh nih : Apabila temans mengambil jurusan Psikologi UMP sebagai pilihan maka disini temans sudah bisa merancang kelak setelah lulus temans bisa bekerja sebagai HRD seperti saya, atau bisa jadi Psikolog apabila temans memilih untuk melanjutkan magister psikologi. 

Perencanaan seperti inilah yang menurut saya penting banget agar bisa memudahkan temans menentukan karier di masa depan.

Demikian yang bisa saya bagikan kali ini, tips mudah dalam menyiapkan karier masa depan. 

tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP


Source : https://ump.ac.id











117 komentar on "Tips Menyiapkan Karier Masa Depan"
  1. Bener ya teh, merencanakan masa depan tuh memang harus dilakukan se-dini mungkin. Kalau bisa mah dari kecil udah tau gede nya mau jadi apa dan disesuaikan dgn bakat biar menjurus gitu ya. Tapi waktu kecil mah meneketehe soal profesi, taunya cuma guru weh da orangtua saya guru :-P

    Wah adik aku ge kuliah di Muhammadiyah Bandung. Bagus sih di Muhammadiyah, terutama buat kita2 yang muslim, lingkungannya islami.


    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh aku sering nemu gagal meniti karier krn bukan PASSION-nya :(

      wah iya lingkungan islami kental ya teh, ini aja kasih beasiswa buat penghafal Quran smeoga makin banyak yang termotivasi hafal Quran biar masuk UMP

      Hapus
  2. Wah.. UMP peringkat ke-6 di Jateng bareng kampus-kampus negeri yaa.. terjamin nih mutunya.
    Btw emang lulusan universitas swasta juga enggak kalah berkualitas kok sama universitas negeri. Jadi inget tahun 2009 lalu salah satu temen peraih Supersemar Award juga dari UMP. Jadi dari 11 awardee se-Indonesia ada 2 yang dari univ Muhammadiyah. Yeyy... *curcol

    BalasHapus
  3. Saya tadinya termasuk yang gak tau mau pilih apa. Makanya, sekarang saya gak pengen anak-anak kayak gitu. Saya selalu mengingatkan untuk mencari passionnya supaya tau masa depan mau jadi apa

    BalasHapus
  4. Cuuung..saya dulu begitu. Dari pada nggak kuliah, yang penting kuliah di mana aja. Alhamdulillah sekarang bersyukur memilih jadi guru. Meski awal kuliah nggak ada niat buat jadi guru sd. Dulu niatnya yang penting kuliah dan ilmu di sekolah guru pasti bermanfaat saat punya anak. Makasih sharingnya

    BalasHapus
  5. wah ini di Purwokerto kampung halaman saya teh. Bagus ya, fakultasnya juga lengkap di sana nanti saya rekomendasikan ke saudara di sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh kampus bernuansa islami dengan prodi yang lengkap :)

      Hapus
  6. Anakku yang pertama, dari SMP udah merencanakan mau kuliah di mana, ambil jurusan apa, nanti kerja di bidang apa. Dan dia fokus mengasah skillnya. Mudah2an adik2nya juga bisa nih fokus seperti kakaknya merencanakan masa depannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah keren banget mba anaknya semoga nular ke adiknya

      Hapus
  7. iya dulu aku ga terlalu ngerumusin tujuan hidup, dan jadinya kayak yang agak "menyesal" hehehe. makanya aku berazzam anak2 harus diarahin banget biar tau bakatnya dan berpotensi kerja sebagai apa nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga nanti anak-anak terbebas dari kotak ortunya dan bisa temukan potensinya ya mba

      Hapus
  8. purwokerto ini merupakan salah satu daerah di jawa tengah yang kelihatannya nyaman banget sih buat belajar..
    kotanya tidak terlalu hectic, rapi, dan kalau orangtua prefer karena biaya hidup di sana relatif murah di bandingkan kota2 lainnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul selain biaya studi terjangkau biaya hidupnya murah makanya aku rekomen nih buat yang mau kuliah di UMP

      Hapus
  9. Saya nih yang dulu termasuk tak pernah merencanakan karir untuk masa depan. Jaman dulu disuruh sekolah ke sana sini sama ortu ya ngikut aja, nggak berani mbantah walau sebenarnya pengen sekolah di tempat lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga tidak memberlakukan ke anak-anak ya mba hehehe biarkan anak merancang kariernya

      Hapus
  10. sepenting itu ya ternyata mengenali bakat sendiri dan merencanakan kuliah. Saat SMA saya sudah punya rencana kuliah dimana dan jurusan apa, ternyata gagal snmptn dan akhirnya putar haluan tempat kuliah dan jurusan, akhirnya tidak menjalani sesuai keinganan, saat bekerja jadi ya gitu gitu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya teh kalau ga sesuai dengan yang kita suka ya ada istilahnya gitu-gitu aja teh :)

      Hapus
  11. ANak jaman dulu dan sekarang ada bedanya sedikit sih ya kalau ditanya nanti mau kerja di mana. Nah anakku yg besar katanya gak mau kerja, emaknya udah mau ngomel aja. Eh ternyata dia mau buka kerjaan sendiri biar orang2 bisa kerja sama dia katanya hihihi Insya Allah didoakan lancar, Aamiin.

    Kalau jawabannya daripada nganggur menurut mata HRD kira-kira kompeten gak untuk kerja di sana mbak? Kalau menurut aku kok jaya gak punya kepercayaan diri ya. Nah, bener banget dari masih sekolah dan kuliah sudah menyiapkan diri untuk masa depan supaya gak kerja asal aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba paling ga suka aku sama jawaban yah daripada nganggur kesannya gimana gitu wkwkwkkw

      Hapus
  12. Aku belum kepikiran karir anak-anakku kedepannya gimana, belajar dari pengalaman sendiri, jaman sekolah belum ada profesi blogger, vlogger, dll. Jadi nanti pas jaman anakku bakal ada profesi yang sekarang belum kebayang sama sekali hehee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi dari sekarang mulai jeli melihat potensinya mba jadi enak mengarahkan dan tidak menjadi ortu pendikte hahaha *eaaa sotoy banget nasehatin :p

      Hapus
  13. Subhanallah... program kuliah gratis bagi mereka yang hafal Al-quran!

    Ini solusi banget untuk anak anak penghafal Al-Qur'an. Keren banget, dapat beasiswa kampus karena hafal Al-Quran. Bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya keren ya mba jadi penyemangat buat anak-anak lain yang minim dana bisa jadi penghafal Quran dan bisa kuliah di UMP

      Hapus
  14. Setuju. Hidup itu perlu banget bikin target, mulai jangka pendek maupun panjang, dan pastinya orientasi akhirnya adalah kehidupan akhirat. Btw, sekarang makin keren aja UMP ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi punya tolok ukur y mba dan bisa evaluasi 5WH mengapa target tak tercapai :)

      semakin keren mba

      Hapus
  15. huaaaa perjalanan masih panjang sampai ke bangku kuliah tapi biayanya kudu dipikirin sejak sekarang. Memilih tempat kuliah banyak pertimbangan, yang penting enggak memaksakan impian orang tua ke anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mak Sid jangan sampe anak menjadi bayangan ortunya

      Hapus
  16. Keren ah UMP , fakultasnya lengkap, biaya terjangkau dengan fasilitas dan pilihan kegiatan kemahasiswaan beragam.
    Bisa jadi pilihan untuk melanjutkan jenjang Perguruan Tinggi bagi yang sedang merencanakan kuliah nanti:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba :) cocok buat yang mau lanjut kuliah apalagi biaya hidup di sana juga terjangkau

      Hapus
  17. waaaahhhhh kuliah gratis kalo bisa hapal alquran??? aku punya anak asuh yg skr ini sdg aku sekolahin di mesir mba. masih smu sih. dan dia hapal alquran 30juz. sbnrnya udh planning , selesai sekolahnya nanti, mnding balik ke Indonesia, dan kuliah di sini. walopun anaknya kayaknya sih lbh pgn di sana utk bljr agama islam. Tp mungkin aja kalo aku ksh tau ttg ini, dia mau berubah pikiran :). makasiih infonya mba ;).

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaAlloh mba Fan emang idolaque :) punya anak asuh di Mesir mupeng banget

      Hapus
  18. Saya dong, sampai usia 30 plus plus baru ngeh kalau saya sukanya menulis, psikolog dan sejarah hahah.

    Dulu naksir sekolah dokter, tapi jadinya sekolah tehnik.
    Saya suka sih kerja di bidang tehnik.
    Tapi entah mengapa, sulit memahami apa yang saya kerjakan.
    kayaknya saya ga bakat di tehnik hahaha

    btw UMP itu keren juga ya :)

    BalasHapus
  19. Suka banget niih...lingkungannya islami.
    Dan lulusannya bisa langsung (siap) kerja.
    Karena memang sekarang kompetensi yang dibutuhkan lebih ke skill yaa..bukan hanya nilai IPK.

    BalasHapus
  20. makasih sharingnya, kadanag suak di luar rencana ya, tp kalau dinikmati akhirnya menjadi profesional juga

    BalasHapus
  21. Saya dulu kerja duluan baru kuliah. Bersyukur kerjanya sesuai cita-cita Saya. Trus kuliahnya di prodi yang mendukung kerja Saya. Nah..
    Untuk anak-anak Saya penginnya mereka kuliah lalu mendapatkan kerja yang sesuai passion mereka. Semoga..
    Makasih sharing tipsnya, mba..

    BalasHapus
  22. Aku di Jawa Tengah tapi punten baru tahu di Purwokerto ada UMP juga. Mungkin bisa dipertimbangkan ya adek-adek yang pengen kuliah berkualitas buat kuliah di UMP juga.

    BalasHapus
  23. Keren yaa ada kampus yg kasi fasilitas buat beasiswa hafiz quran...duh seneng rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba keren yah memotivasi buat yang hafal apalagi yang minim dana bisa lanjut pendidikan di UMP

      Hapus
  24. UMP dekeet nih dengan tempat tinggalku. Dan memang cukup ngehits di sini, mbak. Banyak pilihan jurusan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga juga makin hits di daerah lain ya mba :)

      Hapus
  25. Inget banget waktu masih SMA sering banget sapete pertanyaan itu bahkan ditanya mau kuliah dan nikah kapan mom hahah. Cita-cita banget deh aku kuliah di UMT (Tangerang sini mom) tapi belum dapet ijin suami padahal banyak program bagus dan islami. Semoga segera deh dijinin buat lanjut master Aamiin

    BalasHapus
  26. Waahh suka nih kalau Ibu HRD yang ngomong lrn berpengalaman :D
    Aku dulu pas kuliah kerja duluan jg alhamdulillah :D
    Cuma pas jd emak2 ya ginilah hahaha :P #diketawain Mbak Herva.
    Aku pengennya anak2 lbh baik dr aku dengan bener masuk jurusan yg mereka suka dan menimati setiap prosesnya jd punya karir atau aktivitas yg bagus di masa mendatang TFS buuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mba April potensi banjet nih menulis uda keren bangets jadi Bloher :)

      Hapus
  27. Banyak juga ya ada 11 jurusan di UMP ada dan sudah terakreditasi B. Jadi yg mau kuliah di UMP saja

    BalasHapus
  28. Kecee ya mbaak UMP, makasih sharingnyaa jd tau banyaak skrng ttg UMP. Bisa jd tempat belajar dan mengembangkan skill serta potensi yg dimiliki karena banyaak jenis ukm dan kegiatan kemahasiswaan yang tersedia. Pun banyak beasiswa jugaa. Suksess selaluu yaa mbak bellaa ~

    BalasHapus
  29. Noted nih, kadang mengenal bakat sendiri saja ku susah teh hhahahha, palingnya yaa bakat na bakat kubutuh haha

    BalasHapus
  30. Menyiapkan karir dimasa depan juga harus dipersiapkan dari masa kuliah juga ya mbak. Jangan kayak aku nih, kuliahnya ekonomi moneter lalu kerjanya di media. Tapi semua itu menyenangkan sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAlloh dengan menyiapkan masa depan akan ada evaluasi setiap langkah yang kita lakukan y mba

      Hapus
  31. Persiapan karir memang harus dimulai sejak awal. Seperti di SMP untuk materi bimbingan dan konseling selalu ada pembahasan tentang kesiapan karir ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren banget nih SMPnya udah mulai siapkan materi kesiapan karir

      Hapus
  32. Dulu, aku sekolah sampe kuliah seneng banget dengan pelajaran akuntansi. Udah ngebet banget pengin masuk jurusan akuntansi. Kok ya ndilalah tidak keterima di mana-mana meskipun nilai pelajaran akuntansi bagus hihiii.. Keterimanya malah di jurusan lain. Walhasil patah hati dan kuliah setengah hati. Jadi deh akhirnya bekerja pun sudah asal saja.

    Ini lagi mengawal anak sulungku yang sebentar lagi masuk jenjang SMA, mulai menggali potensinya agar nantinya bisa menyiapkan masa depan sesuai passion yang dimiliki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa mengarahkan ya mba tanpa mendikte semangat

      Hapus
  33. Keren kampus UMP bisa masuk 10 besar kampus terbaik di Jateng ya mbak.
    Suamiku juga lulusan Purwokerto tapi di sekolah telkomnya hihihi. Tetanggan kali sama UPMP ini ya :D

    BalasHapus
  34. Adikku kuliah juga di Universitas Muhammadiyah tapi di Ciputat. Secara biaya memang masih terjangkau walaupun swasta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes biayanya terjangkau fakultasnya juga lengkap y mba

      Hapus
  35. Aku sangat mengamini mbak, muhammadiyah itu memang sektor pendidikannya enggak kalah dengan kampus-kampus swasta lain. Mbak herva, tulisan ini jadi mengingatkanku tentang Purwokerto, ahahaha

    BalasHapus
  36. paling gemess juga tuh Mbak kalau adik-adik diarahkan kuliah atau lanjut pilihan A tapi dianya malah gak peduli, terkesan lebih mengikuti kakak-kakak sebelumnya atau ikut temannya karena pilih ini jadi ikutan juga. isshh padahal diberi masukan yang berarti buatnya lho. duuh duh duuh..

    MasyaAllah yaaa, karena hafal Al Quran itu bisa dapat beasiswa. pahala dapat, ilmu dapat, beasiswa juga dapat. kereenn banget deh.. salut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makanya biarkan dari kecil disiapkan mba :)
      keren yah aku merinding ada program beasiswa penghafal Al-quran

      Hapus
  37. Keren ya program kulianya UMP, jadi terbantu anak-anak penghapal Al Quran yang ingin kuliah tapi nggak punya biaya besar. Salut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mak In memacu adik-adik yang hendak kuliah nanti

      Hapus
  38. Wuih mantaff mba, saya baru tau UMP lhooo

    BalasHapus
  39. Wah kece nih ump, ada beasiswa juga buat penghapal alquran. Belum lagi peringkatnya se-Indonesia dan akreditasinya yg kece. Recomended pokoknya ya teh kuliah di sini

    BalasHapus
  40. Nah bener nih mengenali bakat sendiri ya mba untuk menyiapkan karier di masa depan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba semoga tidak ada yg ragu lagi nentuin masa depan :p

      Hapus
  41. Wah, recomend nih. Makasih infonya ya, aku dah sering sounding ke anak-anak klo mereka ngaji sungguh-sungguh, hapalan sungguh-sungguh, bisa kuliah gratis. Soalnya anak temenku ada yang gratis kuliah karena hafal Alquran, Masyaallag

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba aku juga mau anak2 pada hafal Quran siapa tahu beasiswa juga dapet :)

      Hapus
  42. Penting banget mba punya goals di usia dini. Diarahkan dari usia dini agar ke depan nya walau kadang suka meleset sih tapi paling tidak sudah memiliki gambaran masa dpn nya akan menjadi apa.
    Btw dirimu tinggal di Purwokerto mba?

    BalasHapus
  43. Bener banget mbak, anak-anak itu harus diarahkan, mereka belum paham tentang goals hidupnya. Aku dulu dari kecil pingin jadi dokter. Terus pas sma pingin langsung kerja aja, dan alhamdulillah cita2 kecilku tercapai

    BalasHapus
  44. Di keluargaku, aku dan adik2 dari SMP udah ditanyain nanti ke depan mau kuliah dimana dan jadi apa. Abis ditanyain trus diarahin. Alhamdulillah aku dan dua adikku yg gede2 bekerja sesuai passion.

    BalasHapus
  45. kadang passion itu sering ditemukan saat sudah memilih jutrusan dan kamous, jadi kaya berasa gak cocoknya yuh belakangan hihihi

    BalasHapus
  46. Iya menentukan kuliah itu memang tak mudah, bun. Dan memang pilihan kuliah yang menentukan itu juga akan mempengaruhi pekerjaan. Keren nih tulisannya Bunda lengkap dan bikin jadi pengen kuliah di UMP ;)

    BalasHapus
  47. Baca artikelmu jadiinget jaman kuliah Mbak. Memang masa depan nggak bisa main2 ya. Musti dipikirin dan dimenej dari sekarang, biar nggak nyesel di kemudian hari. Makasih tipsnya mbak. Dan aku suka banget dengan gambar2nya. Kreatif Mbak Herva nih :)

    BalasHapus
  48. Univ. Muhammadiah nih ada dimana2 toh. Selama ini taunya cuma di jakarta, sumut, jogja. Baru tau ada di Purwokerto.

    Memang bakat dan skill harus dicari sejak dini. Ini Abang sudah saya arahkan kemana dia kelak sesuai dengan apa yg disukai dia. Jadi dr skrg kita dah terplanning Abang mau sekolah dimana. Jangan telat macam umminya. Huhuhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga abang ntar bisa kuliah di UMP dpt beasiswa ya ummi

      Hapus
  49. Pas kecil mau cpt besar..hihii
    Cita2 juga berubah2 teh Bella..
    Bakat minat anak2 perlu kejelian ya teh. Menghafal Quran, moga bisa punya anak hafidz quran 😍

    BalasHapus
  50. Kalo boleh tau dulu teh Herva kuliah jurusan apakah ? Sesuai sama kerjaannya kah ?
    Sempat merasakan hal ini, bekerja tak sesuai bidangnya itu rasanya kaya ngga semangat dan nggak enak banget. Bawaannya pengen segera resign.
    Dulu gara-gara kepepet dan desakan orangtua yang anaknya pengen segera kerja. Namanya cari kerja yang sesuai bidang study juga susah. Butuh waktu, jadi waktu itu berhubung diterima di Perusahaan X, saya IYAkan saja. Setelah dijalani rasanya tekanan bantin. Setelah pengalaman itu, cari kerja selanjutnya saya bener-bener cari sesuai bidang study. Dan rasanya memang beda, lebih menyenangkan dan banyak dapet bekal ilmu. Jadi curhat ya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ambil psikologi mba sesuai sekali sama pekerjaan dan posisi saat ini bagian HRD utamanya Recruitment n Assessment :)

      nah semoga anak-anak kita tidak terbayangi keinginan ortunya

      Hapus
  51. cocok nih buat bekel anak2 kelak.. jangan sampai ego orangtua mengalahkan kemauan anak hehehe.. jadi utamanya emang harus tau bakat anak kemana ya mbak..

    BalasHapus
  52. cocok nih buat bekel anak2 kelak.. jangan sampai ego orangtua mengalahkan kemauan anak hehehe.. jadi utamanya emang harus tau bakat anak kemana ya mbak..

    BalasHapus
  53. It's in reality ɑ nice and helpful piece of info.
    I'm glad tһаt you shnared this helpful informɑtion with սs.
    Please keep uѕ informed liке thіs. Tһanks for sharing.

    BalasHapus
  54. It's aweѕߋme in favor of me to have a web site, which is
    beneficial in fɑvor of my experience. tthanks admin

    BalasHapus
  55. heʏ there and thаnk you for yⲟuг information – I hae certainly picked up ѕomething neᴡ from riɡht here.

    I did however expertise a few tecgnical points uѕing this website, as I experіеnced to reloɑd the site a lot of
    times previous to I could get it to load properly. I һad been wondering if your web һoksting is ⲞK?
    Not that I'm complaining, but slow loading instances times will very fгequently affect your
    placement in google and couⅼd damaցe your quality score іif ads and marketing with Adwords.
    Anyway I am aԁding this RSS to my email and coսld looik out for mսch
    mⲟre of your respective fascinatіng content. Ensure that you
    update this again very soon.

    BalasHapus
  56. bener ya mba, harus mengetahui bakat sedari dini. tapi masalahnya kadang kita juga bingung bakat dan minat anak itu apa? kadang seiring berjalannya waktu, berubah lagi minat nya apa.

    kayak aku dulu, waktu masih kecil kepingin jadi guru, gedean dikit mau jadi wartawan, terus mau jadi penulis. jaman kuliah mau jadi peneliti. susah kan jadinya? hehe..
    Tapi Alhamdulillah kesampean jadi guru, jadi peneliti pernah, kalo penulis di blog aja.. hehehe..

    BalasHapus
  57. dulu ambil jurusan kuliah karena kereen aja, eh ga taunya skrng kerja in line sama jurusan kuliah. memang udah rejeki kali yaaa. alhamdulillah

    BalasHapus
  58. Aku pas SMA sudah tau mau kuliah di mana, dan Alhamdulillah sudah sesuai mimpi. Tapi kerjaan sekarang memang gak linier dengan cita-cita hehe

    BalasHapus
  59. Aku begitu lho teh, karena dulu enggak ada niatan kuliah awalnya. Sekolah juga ke SMK. Gak tahu mau milih jurusan apa. Pas ada senior ngenalin soal kampusnya ku tertarik tapi gagal tesnya sampai dua kali. Akhirnya nurut sama kampus pilihan mama dan jurusan yang aku sebenarnya kurang ingin tapi orang-orang terdekat kayak yakin aja aku bakal cocok sama jurusan itu karena masih nyambung sama jurusan di SMK. Akhirnya pas lulus dan ngerasain sebentar kerja di yang sesuai jurusan aku, aku malah merasa tertekan gitu ... Keluarlah aku dan gak berapa lama merasa cocok pas dapet kerjaan yang berhubungan sama administrasi di kantor... Dan sekarang ku masih berjuang untuk bisa mendapatkan yang senyaman itu lagi ...

    Dan ku setuju banget sama poin-poin yang teteh jabarkan di atas. Kalau mau kuliah harus direncanakan sejak dini supaya enggak tersesat dan tiada penyesalan huhuhu

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun