Search

Orangtua, Lakukan Hal Ini Agar Anak Lolos SBMPTN

Masuk perguruan tinggi negeri adalah impian semua orang, termasuk saya kala itu. Beberapa waktu lalu saya melihat banyak status dari teman-teman di media sosial yang mengumumkan jika anaknya berhasil lolos masuk PTN. 

Saya yang melihatnya merasa senang sekali bahkan bercita-cita juga semoga anak-anak saya bisa diterima disalah satu PTN yang ada di Bandung aamiin. Saya sendiri dulu mengalami nasib kurang baik karena tidak bisa lolos PTN padahal saya udah usaha ekstra agar masuk PTN sayangnya belum beruntung dan akhirnya menjadi lulusan swasta.

Padahal dulu saat kelas 3 SMA, saya rajin sekali ikutan bimbingan belajar bahkan hingga pulang malam pukul 21.00 wib begitu saja terus kegiatannya. Belum lagi hari libur juga saya isi dengan bimbingan belajar di tempat lain. Dan akhirnya saya juga tumbang karena kesehatan tidak diperdulikan.

Mengingat masa-masa itu rasanya saya tidak akan mengulangi kembali apa yang telah saya lakukan kepada anak-anak kelak.

tips-agar-anak-lolos-perguruan-tinggi-negeri

Tips Untuk Orangtua Agar Anak Lolos SBMPTN

Orangtua mana yang tidak menginginkan anaknya bisa lolos SBMPTN, saya termasuk orangtua yang berharap nanti baik Neyna dan Rayi bisa masuk di PTN yang ada di Bandung. Ga mau jauh-jauh karena saya ga bisa jauhan sama mereka hahaha.

Berkaca dari pengalaman saya yang gagal masuk SBMPTN, maka dari itu saya ingin bagikan nih tips semoga anaknya kelak bisa masuk SBMPTN. Diantaranya adalah :

❤ Memberikan Arahan Untuk Memilih Jurusan 

Jujur sekali dulu saya ga dapat arahan yang detail tentang jurusan kuliah dari orangtua sehingga saya masuk PTN karena kemauan sendiri yang dikompori teman-teman seperjuangan akhirnya ngawur ga bisa liat kemampuan secara akademis serta kemampuan finansial orangtua.

Wajar sih menurut saya mengapa saya gagal wkwkwk..karena yah seperti khayalan pengen masuk PTN dengan jurusan berat dan ikut-ikutan teman. Sayangnya saya tidak diberikan arahan juga oleh orangtua sehingga saya seperti mengejar sesuatu yang ga jelas.

Peranan orangtua di sini sangatlah penting sehingga mampu mengarahkan sesuai minat dan bakat anak saat memilih jurusan di kampus. Untuk itu sejak dini, saya berusaha mengenalkan apapun ke Neyna dengan harapan kelak ia bisa kenali kemampuannya dan bisa mengejar jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuannya.

❤ Memberikan Support

Tak hanya arahan dalam memilih jurusan, support baik materi maupun moril memberikan impact yang besar kepada anak utamanya prestasi belajarnya. 

Sedih rasanya jika tidak dapat support dari orangtua seperti makan tanpa nasi lemas bray :p untuk itu saya belajar juga menjadi orangtua yang selalu support anaknya semoga kelak bisa memotivasi anak-anak dalam belajar.

❤ Memberikan Pilihan Tempat Belajar

Biasanya belajar di tempat yang nyaman akan membuat proses belajarnya semakin mudah dan ga bikin bosan. Tentu saja di rumah ataupun di luar rumah menjadi pilihan asalkan tetap dalam pengawasan orangtua.

Bila belajar di rumah, bisa sediakan juga tempat yang tidak terganggu. Kerasa banget sama saya jika Neyna zoom di ruang tamu maka Rayi akan mengganggu tentu saja ini bikin ga nyaman apalagi nanti ada target Neyna bisa lolos SBMPTN.

Ih kan Neyna masih kelas 3 SD? yah justru itu saya mempersiapkan dari sekarang hahaha namanya mamak visioner :p untuk itu selain menyediakan tempat belajar, saya juga mengincar bimbingan belajar Brain Academy  untuk Neyna. 

Dan Brain Academy sendiri juga tersedia untuk tingkatan mulai kelas 3 SD loh!


brain-academy


Yang membuat saya tertarik itu banyak sekali fiturnya, diantaranya adalah :

✔ Ada kelas Live Interaktif dengan STAR Master Teacher 

Hal ini dilakukan secara terjadwal langsung via aplikasi dan dekstop

✔ Ada Klinik PR

Jadi ada sesi dimana bisa bertanya untuk menyelesaikan tugas sekolah bersama Master teacher melalui video call dalam grup kecil

✔ Ada Modul Belajar

Full modul belajar dikirimkan ke rumah apalagi masa PPKM begini tentunya layanan ini sangat memudahkan bukan?

✔ Ada Konseling Pendidikan

Hal ini dilakukan secara privat dengan guru wali secara video call untuk memantau perkembangan prestasi anak.

✔ Ada Kelas Pengembangan Diri

Ga hanya belajar aja yang menjadi fokus tapi juga ada kelas pengembangan diri yakni pemberian tips seperti sukses masuk PTN, prospek karir maupun public speaking

✔ Ada Komunitas Diskusi Soal

Di sini bisa share berbagai latihan soal yang nantinya bisa dijawab oleh tutor maupun teman dari seluruh Indonesia.

✔ Ada Klub Hobi

Bertemu dengan teman dari seluruh Indonesia.

✔ Ada Tryout Ujian 

Memudahkan untuk try out soal ujian minimal 20 kali per-tahunnya.

Gimana temans lengkap bukan? yang berminat bisa coba nih karena lagi ada diskon 50% loh! buruan daftar yuk apalagi sudah masuk tahun ajaran baru nih!.

brain-academy

***

Demikian temans yang bisa saya share kali ini semoga bisa bermanfaat dan bisa kasih solusi buat anaknya yang udah mau siap-siap masuk Perguruan Tinggi.

Ada yang sudah coba belajar di Brain Academy? coba dong share juga!

22 komentar

  1. Inget banget dulu yg mengarahkan aku tu tentor di bimbel mbak. Dia selalu bilang belajar sungguh2 cari tau bakat dan minatmu dimana..pilihan pertama adalah fakultas impianmu tapi yg pilihan kedua adalah realita, maksudnya lihat kemampuan dirimu. Klo misal impian di UI tapi kemamluan di bawah itu ya jangan daftar UI semua..pilihan kedua adalah piliham logis jd kalo pilihan pertama kamu gagal masih bisa tembus pilihan kedua. Alhamdulillah dulu tembus pilihan kedua. Makasih tipsnya mbak insyaallah nanti aku terapkan ke anak2. Memang seneng klo diarahkan gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah mba lulus, aku sama sekali blank ga ada arahan hehehe

      Hapus
  2. Wah cocok banget nih anak-anak belajar di Brain Academy, bisa untuk persiapan juga masuk PTN idaman, meskipun masih SD ya. Makin lama dipersiapkan bakal makin antap hasilnya.
    Fitur2 di Brain Academy ini komplit sekali!

    BalasHapus
  3. kalau diperlukan memang kelas ini bisa membantu banget ya mba.. apalagi dengan PJJ seperti sekarang di mana anak - anak perlu dibantu yaaa

    BalasHapus
  4. Namanya ikhtiar ya...pasti segalanya dilakukan secara maksimal... Termasuk ikut bimbingan secara online.. biar terlatih dalam mengerjakan soal ujian masuk PTN...

    BalasHapus
  5. Terbaiiikk Brain Academy ini
    Apalagi d bawah manajemen RuangGuru
    Jadi makin kredibel ye kan
    Semogaaaa anak² semangaatt belajar

    BalasHapus
  6. Senang bacanya. Mbak Herva belajar dari pengalaman. Meski anak masih kelas 3 SD, gapapa mulai dipraktikkan prinsip2nya bagaimana dukungan orang tua. Memang besar banget dukungan orang tua buat anak.
    Saya belum lama, berlangganan setahun untuk putri kedua yang in syaa Allah lulus SMP tahun depan. Kami sudah ngobrol2 dan sepertinya sepakat dengan SMA yang mau disasar. Senangnya, dia menikmati belajar di Ruangbelajar. Bisa bikin rencana belajar sendiri dan dia nyimak materi2 soft skill dari Ruangguru. Senang banget saya liat dia tertarik menyimak materi sopft skill. Salah satu hal yang saya perhatikan untuk anak2 itu juga soalnya, supaya mereka mau meningkatkan soft skill.

    BalasHapus
  7. Agar anak bisa lolos SBMPTN itu nggak hanya sekadar bisa mengerjakan soal soal saja ya mbak
    Tapi juga dengan cara kemampuan berpikit logis dan sistematis
    soft skill juga sangat mendukung mama

    BalasHapus
  8. Kalau mau masuk ke perguruan tinggi favorit memang usahanya harus ekstra ya, mbak. Apalagi kalau jurusan yng dipilih persaingannya juga nggak main-main

    BalasHapus
  9. Paling susah memang menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuan...
    Brain academy membantu banget ya...

    BalasHapus
  10. Informasi yang bagus sekali ini, teh...terutama untuk anak SMA kelas 3 yang akan menempuh ujian SBMPTN.
    ZAma pandemi begini apalagi...tambahan belajar kudu ikut les belajar online dengan aplikasi terbaik seperti Brain Academy ini yaa..
    Banyak banget fitur yang membantu anak belajar dan meningkatkan skills.

    BalasHapus
  11. brain academy ini aku setuju deh enak diikutin buat yg kelas atas biar pas mau ujian bisa ada yang dampingin juga. karena fasilitas yg didapat mayan banyak dan oke banget

    BalasHapus
  12. iya mbak, bran academy emang bagus tapi enaknya itu ada konsultasinya ya. jadi anak dapat gambaran apa yang diambilnya nanti waktu kuliah.

    BalasHapus
  13. Dulu saya juga maunya masuk PTN, tapi apalah daya gak ada yang masuk pendafataranku. Walau begitu ikhlaskaa saja. Apalagi dulu mau les itu mahal banget, sekarang enak ya Mba ada Brain Academy. Les bisa dilakukan online. Apalagi Brain Academy punya fitur-fitur yang keren, sampai ada klinik PR segala.

    BalasHapus
  14. Iya nih kebetulan anakku waktu kelas 12 smk kemarin ikutan les di ruangguru, meskipun akhirnya lulus lewat jalur snmptn tapi banyak banget fitur di ruangbelajar yang bantu anak-anak belajar jelang tes sbmptn

    BalasHapus
  15. Tahun depan nih anakku udah mau masuk kuliah, sangat berharap dia bisa tembus SBMPTN, syukur2 bisa dapet kuota SNMPTN. Harus belajar ekstra yaa... ikutan brain academy ini pilihan yang bagus banget untuk memperbanyak latihan jelang kelulusan.

    BalasHapus
  16. Brain Academy udah jadi incaran saya juga nih Teh supaya si Kakak sulung nanti bisa kuliah di PTN harus belajar dari awal dengan didampingi Brain Academy.

    BalasHapus
  17. Kmbimbel online sekarang emang jadi pihan banget ya mak untuk anak sekolah di jaman pandemi gini. Wuih kece nih ruang guru makin kreatif metode belajarnya yaaa

    BalasHapus
  18. Kebanyakan memang emaknya yang nggak bisa jauhan sama anak-anak ya mbak... Sebenernya aku belum mikir sejauh itu, sampe PTN, karena anak masih balita, tapi mendukung semua yang dia senangi mungkin awal dari ikhtiar biar anak pinter dan bisa masuk PTN :D. Meski lulusan Swasta Mbak Herva tetep hebat, dari pada saya nggak pernah kuliah kan hahaha

    BalasHapus
  19. Kelas pengembangan diri ini yang jarang sekali diadakan oleh sekolah-sekolah loh mba. Anak-anak dijejali dengan pengetahuan yang akademisi melulu. Bagus deh brain academi memfasilitasi kelas ini.

    BalasHapus
  20. Setuju teh semua poin nya. Salah satunya memang support apapun pilihan anak selama itu baik bagi masa depannya ya. Tidak memaksakan. Dan membantu mengoptimalkan dirinya dengan memfasilitasi kegiatan belajar secara online saat ini. Udah denger juga brain akademi ini beberapa kali dan kayaknya bagus buat mendampingi anak2 belajar yaa

    BalasHapus
  21. Semoga nanti Neyna dan Rayi kelak bisa di terima di PTN, khususnya di Bandung ya Mak. Dipersiapkan sejak awal, salah satunya dengan belajar di brain academy

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun