Search

Mengenang Lagu-Lagu Lawas Angkatan Babeh Gue!

Mengenang Lagu-Lagu Kenangan Tempo Dulu, Siapa yang masih suka mendengarkan tembang kenangan zaman masih diputar pakai kaset pita?

Adalah masa kecil saya yang tumbuh dengan lagu-lagu era Bapak dan Ibu masih muda. Kok bisa? iyah Bapak dan mendiang ibu sangat suka menyetel kaset yang isinya lagu lawas semua. Jadi inget iklan ketik Reg spasi lawas...πŸ˜‚

Maka saat ada salah satu stasiun TV yang punya acara tembang kenangan. Bapak dan ibu menjadi penonton setianya. TV dikuasai oleh mereka, anak-anak diminta duduk manis mendengarkan mereka bernyanyi mengikuti lantunan lagu yang dibawakan meski suaranya mohon maaf fals gaes! πŸ˜‚

Demi mengenang lagu-lagu lawas favorit mereka, maka kebiasaan bapak dulu mengumpulkan kaset yang berisi lagu lawas era tahun 80-90an. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Pance, Koes Plus, Nia Daniaty, Panbers, Endang, Diana Nasution, Betaria Sonata dan lagu-lagu yang merupakan ciptaan dari Rinto Harahap.

Saya masih ingat sekali jika kasetnya rusak, maka Bapak akan beli lagi dan lagi kasetnya. Bagaimana tidak rusak coba? hampir setiap pagi atau saat libur kerja diputar terus seharian.

Maka tugas saya kala itu suka diminta untuk membalikkan kasetnya, cung yang dulu merasakan bolak-balik kaset side A & Side B hahaha. Kenangan manis banget ini saat saya ingat sekarang πŸ˜‚.

Tak heran, hingga kini saya masih mengingat lirik-lirik lagu kenangan tempo dulu.


Lagu kenangan tahun 80-90an, cover lagu lawas Vanny Vabiola, lirik lagu zaman dulu

Lagu Kenangan Zaman Dulu Yang Enak Didengar



Berulang kali aku mencoba selalu untuk mengalah
Demi keutuhan kita berdua walau kadang sakit
Lihatlah tanda merah di pipi
Bekas gambar tanganmu
Sering kau lakukan bila kau marah
Menutupi salahmu...

Tebak lirik lagu apa ini?

Yass..ini merupakan sepenggal lirik lagu Hati Yang Terluka ciptaan Rinto Harahap yang dinyanyikan oleh Betaria Sonata.

Lagu ini konon sukses merajai belantika permusikan Indonesia. Saking penasarannya, saya coba googling kapan lagu ini beredar. Ternyata sama dengan tahun kelahiran saya LOL.


Lagu lawas lainnya yang saya suka diantaranya adalah :

Gelas-gelas kaca by Nia Daniaty, bagi saya lagu Nia juga memiliki magis sendiri sedih banget dah liriknya, jenis suaranya juga pas banget bawain lagu sendu begini.

Sejujurnya menurut saya lagu zaman dulu memiliki lirik yang bermakna dalam dan sangat menyentuh.

Berbeda dengan lirik-lirik lagu zaman now yang begitulah liriknya. Banyaknya penggunaan kiasan jadi liriknya makin menyentuh.

Coba zaman now, lirik lagunya terkesan ya ngasal gitu seperti lagu yang sedang booming kin Culametan...met..met by Risa wkwkwk...Agak gimana gitu ya? meskipun enak didengerin tapi saya rasa banyak bergeser keindahannya dibanding lagu zaman dulu bukannya ga bagus cuman kesannya ga ada effort aja buat nyiptain syair lagu yang indah gicuh :p.

Yang membedakan dengan lagu zaman now juga itu para penyanyinya kalau zaman dulu saya suka perhatikan jenis suaranya itu yang melengking tapi indah.

Kayak mba Rita Butar-butar dengan lagu Seandainya Aku Punya Sayap, eh gilak ini bagus banget. Kini range vocalnya jarang sih yang cem penyanyi zaman dulu.

Saya kira penyanyi dengan range vocal yang dimiliki penyanyi zaman dulu udah ga bisa ditemukan, ternyata saya salah.

Ada loh di youtube, penyanyi yang cover lagu-lagu jadul dan suaranya khas pisan.

Ceritanya pas saya lagi beredar di aplikasi TikTok ada lagu lawas yang mengiringi video tiktok judulnya Ada Rindu Untukmu. Berhubung saya penasaran maka saya search siapa penyanyinya kok suaranya khas penyanyi tempo doeloe.

Setelah search keluarlah nama Vanny Vabiola Decky Ryan, perempuan berjilbab cantik ini sukses bikin saya betah dengerin cover lagu-lagu tempo dulu.

Suaranya beliau bener-bener khas banget, melengking tapi nyaman didengerin. Nih saya kasih link youtubenya.

Mantab deh ternyata viewnya sampe jutaan juga yang lihat video mba Vanny cover lagu-lagu jadul.


***

Nah, temans adakah lagu jadul dan penyanyi favorit temans yang masih diingat lirik lagunya sampe sekarang? sharing yuk..

Mengenang masa kecil saya ya salah satunya begini, jadi teringat mendiang ibu yang suka banget sama lagu-lagu mellow :) mungkin nanti saat anak-anak lagu-lagu Sheila On 7 atau lagu Raisa yang bakalan jadi lagu kenangan ecieeh...

28 komentar

  1. İnteresting post 😊 thanks for your sharing 😊

    BalasHapus
  2. Aku syukaaakk banget lagu2 jadul, Maaakk
    Makanya sekarang aku rajin pantengin akun Youtube-nya Ardhito Pramono, karena doi hobi meng-coover lagu2 jadul, kayak punya Sam Saimun, Vina Panduwinata dkk

    BalasHapus
  3. Emang ya mbak lagu lawas itu enak banget di dengerin ya... Aku juga suka dengerin lagu lawas gitu

    BalasHapus
  4. buset. nyaris ga tau semua lagunya haha

    BalasHapus
  5. Aku dan suami kalau lagi di rumah sering nyetel lagu-lagu lawas mbak. Gelas-gelas kaca, hati yang luka, dsb pokoknya udah kayak pasangan seumuran bapak ibu kami deh. 😝 Bahkan kadang kami dengerin keroncong yang dinyayikan Hetty Koes Endang, Gesang, dan Soendari Soekotjo soalnya lagu-lagunya tuh syahdu banget dan tetap enak di denger.

    BalasHapus
  6. Nah iyaa, lagu sekarang tu kaya apaa gitu, ga ada kiasannya, eksplisit banget dan monmaap, koq kaya ngasal. Biasanya lagu dangdut yang penyanyi nya new comer (soalnya suka ga sengaja dengar).

    Keluargaku ga suka musik nih btw, jadi ga tau banyak judul-judulnya. Cuman, setuju banget klo lagu zaman dulu itu lebih kuat pesannya, liriknya, musiknya, jadi berkesan banget

    BalasHapus
  7. kalau ajman ortu aku sih masih ada di piringan hitam

    BalasHapus
  8. Mbaaak ... lagu0lagu beliau-beliau ini:

    Pance, Koes Plus, Nia Daniaty, Panbers, Endang, Diana Nasution, Betaria Sonata dan lagu-lagu yang merupakan ciptaan dari Rinto Harahap.

    Zaman saya SD jadi lagu hafalan saya dan teman2 (tahun 1980 saya SD). Soalnya miskin lagu dan hiburan anak-anak. Waktu itu hanya TVRI saja tontonan kami :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul yah lagu anak sih pas eranya 90an penciptany PAPA T. Bob itu

      Hapus
  9. lagu lawas emang liriknya tuh kece kece, puitis bangeeeet.. lagu jaman sekarang, liriknya nggak banyak yg sekece lagu lawas.. tapi kl untuk pilihan jenis musik, aku lebih suka jaman sekarang sih, lebih beragam pilihan musiknyaaa.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yang sekarang mah agakgimana gitu hahhaa

      Hapus
  10. Sekarang mungkin lebih banyak jenis musik untuk didengar...

    Banyak juga..pencipta yg nyiptain lagu bagus..seperti Melly guslow dll..

    Kebetulan yg seliweran di telinga..yg nggak banget...culameta n..

    BalasHapus
  11. Aku inget jaman kecilku dihiasi dengan lagu-lagunya Endang S Taurina, Ratih Purwasih, Obi Mesakh, Dedi Dores dan kawan-kawan hehe..

    BalasHapus
  12. Temen aku ada mak yang kelahiran 1998 tapi suka ngedengerin lagu lawas 80an gitu. Bener2 nggak cocok banget sama umurnya kalo dipikir pikir ahahahaha. Tapi ternyata dia dapet influence dari bapaknya jadi yaaa bisa dimengerti :D

    BalasHapus
  13. Kalau lawas paling eranya band- band 90an mbak diriku masih hapal. Kaya eranya tik band, element, dewa, padi, so7 dan lain-lain.. Masih sering muter lagunya di Spotify juga nih

    BalasHapus
  14. Sepertinya aku angkatan orang tua Mba Herva ini.
    Soalnya semua penyanyinya aku familiar.
    Paling suka dulu lagu Iis Sugianto, Jangan Sakiti Hatinya, Dingin Hetty Koes Endang, Benci Tapi Rindu, Diana Nasution.
    Duh, banyak bingit, hihihi

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun