Search

Cara Mengembangkan Brand Bisnis Online Bersama AVANA Social Commerce

Cara Mengembangkan Brand Bisnis Online Bersama Avana Social Commerce, Saya sering menceritakan dalam tulisan blog saya ini, bahwasanya kelak saya ingin menjadi womenpreneur sukses selain menggeluti profesi saya sebagai HRD karena dikemudian hari saya akan meninggalkan profesi HRD yang sudah lama saya geluti.

Dari bisnis reseller hingga membuka kedai Es Krim telah saya lakoni dan ujungnya bernasip sama tak terurus dan mengalami kerugian yang sangat besar. Kegagalan demi kegagalan yang saya alami tak lantas membuat saya mengurungkan niat untuk tetap mencoba buka bisnis yang baru.
 
Entah mengapa saya selalu yakin apa yang saya alami dari kegagalan ini justru akan memberikan pembelajaran baik dikemudian hari saat saya membuka bisnis dengan brand sendiri.

review AVANA social commerce


Menjamurnya Bisnis Online di Era Digital

Memasuki era digital dengan teknologi makin berkembang, tentu saja bisnis yang harus saya fikirkan mengikuti perkembangan teknologi. Maka Bisnis Online menjadi target bisnis yang hendak saya kelola.

Ada beberapa pertimbangan yang juga saya fikirkan mengapa saya tertarik membuka usaha online, diantaranya adalah :

💛  Minim Modal

Waktu saya mendirikan kedai Joeragan Ice Cream, saya harus kucurkan dana yang tidak sedikit bahkan hingga ratusan juta saya harus keluarkan demi bisnis ini. 

Modal ini digunakan untuk : Bangun kedai alias ada fisik tokonya, membeli peralatan penunjang seperti mesin es krim, kulkas, freezer hingga perintilan kedai, belum lagi saya harus keluarkan modal untuk hire karyawan. 

Berkaca dari pengalaman sebelumnya yang harus menggelontorkan modal yang besar, maka saya lebih prefer untuk membuka bisnis online yang tidak perlu modal yang banyak. 

💛  Minim Resiko

Saya sendiri sudah punya gambaran jika saya membuka bisnis online karena memang sebelumnya saya sudah punya pengalaman jualan online. Jadi resikonya tidak sebesar ketika saya berbisnis offline.

💛  Menjangkau Customer Secara Luas

Waktu buka Kedai Joeragan Ice Cream, banyak teman yang di luar Cimahi ingin mencicipi produk Es Krim buatan saya sendiri namun sayang karena memang toko offline dengan produk makanan tak tahan lama sehingga membuat teman-teman ngiler aja liatin foto es krimnya hahaha.

Akan sangat berbeda jika fokus bisnis saya online dengan produk yang tahan lama, tentu saja bisa menjangkau siapapun yang suka dengan produk yang saya jual.

3 pertimbangan membuka bisnis online ini, menguatkan saya untuk jeli melihat peluang dan kreatif dalam berinovasi demi memenuhi kebutuhan pelanggan.
 
Dan Bisnis Fashion Muslimah menjadi incaran saya dalam memulai bisnis online. Saya banyak belajar dari beberapa womenpreneur yang telah sukses menggaungkan Brand Bisnis Online menjadi Brand Fashion yang jadi incaran hijaber. 

Hal ini menginspirasi saya untuk membuka bisnis serupa dengan membuat brand sendiri yang siap bersaing secara sehat dalam dunia bisnis.

Mengembangkan Brand Bisnis Online Bersama AVANA Social Commerce Indonesia

Tak mudah untuk memasarkan bisnis online dengan brand sendiri yang juga masih berada dalam tahapan merintis. Tentu saja menjadi tantangan bagi saya bagaimana membuat Business Plan sehingga brand baru yang akan saya jual perlahan dikenal dan merangkak naik di pasaran.

Ada banyak cara untuk mengenalkan brand bisnis sendiri. Dari yang strategi bisnis dengan modal besar hingga modal minim. Apabila minim modal untuk melakukan marektingnya maka biasanya yang saya tahu dengan berjualan melalui marketplace.

Belakangan banyak bermunculan marketplace yang menjadi wadah bagi para pebisnis online.  Namun sayangnya, menurut saya berjualan di marketplace memiliki sisi kurang menguntungkan bagi pengusaha. Diantaranya :

👉  Persaingan sesama penjual di marketplace yang gila-gilaan, bayangkan saja 1 barang dengan merk dan kualitas sama terkadang dijual dengan harga yang berbeda-beda bahkan ada seller yang banting harga dengan serendah-rendahnya di bawah harga pasaran.

Saya ga habis fikir kalau lama kelamaan jualan di marketplace dengan sistem begini membuat lapak yang tidak bisa berikan harga baik untuk customer alami kerugian. Karena saya juga memikirkan cost untuk modal dan operasional juga ga mungkin saya bakar uang terus demi menarik simpati pelanggan.

👉  Tidak bisa menggaungkan brand bisnis sendiri menjadi besar, karena yang dikenal oleh masyarakat adalah marketplace-nya sendiri.
Konon katanya dalam mengembangkan bisnis utamanya bisnis online, Brand merupakan salah satu dari sekian banyak yang bisa mempengaruhi pertumbuhan bisnis. So, saya sangat mempertimbangkan kembali untuk mencoba jualan di marketplace.

Huhuhu...jujur ini bikin saya dilema. Padahal keinginan pribadi saya sebagai pengusaha itu adalah brand yang saya miliki bisa dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat.

Namun kini, kekhawatiran saya sirna karena muncul Social Commerce. Salah satu brand social commerce yang saat ini terpercaya dan banyak digunakan adalah AVANA Indonesia.

Yuk Berkenalan Dengan AVANA...

Tahukah temans tentang AVANA? jadi AVANA adalah Social Commerce platform yang memudahkan pengusaha, pelaku UMKM, pelaku UKM untuk berjualan online dengan mudah. Caranya dengan mengoptimalisasi sosial media seperti Facebook, Messenger dan Instagram.

Tujuannya adalah memudahkan pelanggan untuk bisa melakukan transaksi pembelian hingga pembayaran dengan mudah cukup di media sosial saja.

AVANA sendiri mengoptimalkan 3 toko online utama, yakni :

👍  Webstore

Webstore merupakan toko online dalam bentuk website dimana berbeda dengan website yang biasa kita temui. Website dari AVANA memiliki tampilan yang berbeda dari mulai price, product category hingga proses chechout.

Untuk tampilannya sendiri, AVANA memberikan dua jenis tema yang nantinya bisa kita pilih. Ada tampilan yang biasa dan tampilan landing page.

Untuk gambaran saja, berikut ini contoh webstore merchant AVANA :

AVANA Webstore Tampilan Biasa

review AVANA social commerce


AVANA Webstore Tampilan Landing Page 

review AVANA social commerce





👍 Facebook Store

Facebook store merupakan toko online yang memanfaatkan facebook page. Konsepnya sendiri sama seperti facebook store namun sudah terintegrasi ke webstore. Yang menjadi keunikannya adalah konsep pembayarannya bisa langsung disini. Untuk temanya sendiri tidak seperti webstore. 

Untuk gambaran saja, berikut ini contoh facebook store AVANA :


review AVANA social commerce



👍  Messenger Store



Messenger store dari AVANA sendiri yakni memiliki konsep chatting untuk berjualan. Jadi jika temans biasnya menggunakan aplikasi messenger hanya untuk broadcast pesan atau sekedar melakukan percakapan tapi kini melalui AVANA fitur messenger bisa dijadikan katalog bisnis online.

Untuk gambaran saja, berikut ini tampilan messenger store AVANA :


review AVANA social commerce


Jangan khawatir untuk semua pembelian yang terjadi di ketiga toko online ini bisa dimonitoring serta proses cukup di satu dasbor AVANA loh!

Dasbor ini juga yang berfungsi untuk mengelola toko-toko online itu, mulai dari upload barang, ganti tema, buat promosi, rekap penjualan dan pembelian. 

Ketika temans nantinya upload barang di dasbor maka secara otomatis akan muncul di tiga toko tersebut. Bahkan juga update dari ketersediaan barang, kategori produk serta deskripsi produk akan muncul.

Pastinya akan ada pertanyaan, kalau misal ada buyer yang beli di webstore terus gimana update stocknya? nah ini yang istimewa yang bisa temans dapatkan ga perlu update manual karena stock barangnya akan update sendiri dimasing-masing baik facebook store maupun messenger!

Gimana? sudah mulai tergambarkan yah tentang AVANA? 

Buat temans yang mau coba bisa melakukan FREE TRIAL di AVANA cukup dengan login saja lalu temans bisa pelajari dasbor AVANA sendirinya. Saya sudah pelajari sendiri namun sayangnya saya belum punya produk yang hendak saya sale

Bagi saya, AVANA menjawab solusi agar bisa mengembangkan brand bisnis online sendiri. Saya sangat optimis jika kelak pengusaha dengan brand berkualitas bisa berkembang bersama AVANA.

***
Well, temans sekalian demikian impian dan strategi saya kelak jika ingin membuka bisnis online bersama AVANA. Bersama AVANA ubah media sosial jadi toko online berkualitas.

Nah, saya juga mau mengajak temans sekalian berpartisipasi untuk ikut Lomba Blog AVANA yang berhadiah jutaan rupiah! yuk ikutan yuk sampai 5 April 2020! Syaratnya mudah banget dan hadiahnya muantab tenan!









 

33 komentar

  1. Jujur baru dengar, mungkin sudah populer di kalangan emak2 yah. Semoga jg bisa membantu pelaku umkm meningkatkan pendapatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ga kok populer si semua bang, untung yess main ke sini hahaha jadi tahu AVANA

      Hapus
  2. asik banget niiih, aku seneng baget ketemu avana nih, soalnya jadi lebih pratis nih udah bisa langsung di monitor beberapa media socialnya hihih

    BalasHapus
  3. wah di Avana kita bisa bikin brand sendiri ya teh, aku blom pernah coba, sepertinya mau coba liat2 nih :) lumayan buat pemasukan tambahan

    BalasHapus
  4. wah bisa juga saya ikutan daftar ni, kebetulan lagi merintis soal bisnis sama adek, bisa kolaborasi dan daftar di Avana dong ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuy mba cobain ada free trialnya selama 14 hari jadi bisa jajal dulu nih :)

      Hapus
  5. Aku suka fitudnya yg bisa one upload for all. Dl jualan online tuh paling segen upload 2x di platform berbeda. Time consuming bangettt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah setuju wasting time ya mba kalau update satu satu, nah di AVANA ga one for all :)

      Hapus
  6. Senang sekali ya berbisnis zaman sekarang, peluangnya banyaak.. ada banyak kemudahan pula salah sayunya dibantu Avana ini.. Yang penting kudu ulet ya dalam menjalankan bisnisnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba ulet dan terus kreatif kembangin bisnisnya

      Hapus
  7. Mulai kepikiran buat cari uang tambahan kayaknya perlu coba gabung dengan Avana ini nih. Lumayan banget.

    BalasHapus
  8. Keren banget ya AVANA ini. Gak kayak toko online atau marketplace biasa. Bikin penjual gak ribet kudu apdet di mana-mana, dan bikin pembeli bias beli tak hanya di webstore. Aku jadi kepengen nyoba belanja di sana deh.

    BalasHapus
  9. Awalnya aku kurang paham dengan Avana ini bun. Teryata banyak manfaatnya Avana ini bagi para penjual online ya mbun :)

    BalasHapus
  10. Aku udah nyobain sendiri nih mba sistem yang berjalan di AVANA. Mudah banget pokoknya, tinggal upload produk, udah tau beres aja habis itu.

    BalasHapus
  11. aku jadi kepikiran pengen punya website buat jualan gitu.. duh pengenan banget dah aku ini :)

    BalasHapus
  12. lewat avana jadi bisa termonitoring semuanya ya mba. cocok banget untuk para pelaku usahaa

    BalasHapus
  13. Fiturnya keren ya kak bisa one upload for all kayak gini, jadi hemat waktu banget

    BalasHapus
  14. Bisa bukan produknya sendiri yang dijual kan...teh?
    Jadi kita orang kesekian dan ingin menjualnya kembali.

    Bagi customer, tentu yang terbaik adalah kualitas barang sama dengan foto aslinya.

    BalasHapus
  15. Bisa bukan produknya sendiri yang dijual kan...teh?
    Jadi kita orang kesekian dan ingin menjualnya kembali.

    Bagi customer, tentu yang terbaik adalah kualitas barang sama dengan foto aslinya.

    BalasHapus
  16. Zaman skrg udah yang paling tepat deh ya pokoknya bisnis online

    BalasHapus
  17. Nah..nah.. jualan tuh emang butuh waktu dan kefokusan kita, ga bisa disambil. Akuoun sampe sekarang belom sanggup buat jualan onlen, padahal tiap hari ngurusin toko onlen Batur,huahha.

    Tapi emang bener Avana Ngebantu banget dr sisi lain , socal Commerce yang mempermudah utk para UMKM untuk memasarkan produkny.

    BalasHapus
  18. Avana ini membuka peluang buat para IRT ya bun, aku pun ingin mulai berkarya dan dijual online

    BalasHapus
  19. Minim modal & minim resiko yan kalau bisnis online dibandingkan bisnis offline yang harus menyiapkan segala hal dari toko, dan lain-lain. Enak nih jualan pakai AVANA bisa terintegrasi ke sosial media. Wah ternyata pernah punya kedai es krim ya, kok aku baru tau

    BalasHapus
  20. Banyak yang bilang kalau pebisnis tangguh memang jalannya justru seringkali gak mulus. Meskipun berkali-kali jatuh, tetapi akan terus berusaha bangkit.


    Saya juga pernah berusaha jualan online. Trus, gak jalan lagi. Merasa AVANA sepertinya bisa jadi peluang baru untuk saya

    BalasHapus
  21. Cocok nih kalau mau bisnis online. Semuanya tersistem apalagi bisa ke sosial media juga. Catet deh dan nanti dikasih tahu ke teman yang punya bisnis juga

    BalasHapus
  22. Social commerce ini konsepnya apik/bagus bgt ya. Kudu lebih dipopulerkan lagi! Thanks God ada AVANA. Jadinya para online shop/seller bisa banget berdagang dgn lebih gampiiillll!

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun