Search

Beberapa Persiapan Memasuki Fase Menyapih

Persiapan Memasuki Fase Menyapih, Tak terasa Rayi sudah mau 2 tahun bulan depan. Maka saya sedang masa galau, gundah gulana karena nanti ga ada yang nge-gantel sepanjang hari, ga ada lagi yang tiap saya pulang kerja minta "nyenyen".

Kok jadi mellow? iyah mellow sendiri hanya ibu yang tahu bagaimana rasanya galau karena akan menyapih.

Sejak Rayi usia 20 bulan, saya sudah stop pumping di kantor karena Rayi lebih suka minum juice buah dan ngemil saat saya bekerja dibandingkan nyedot ASIP. So, stock ASIP yang melimpah akhirnya saya donorkan kepada yang membutuhkan.
Melihat tanda-tanda ini, saya merasa Rayi sedikitnya sudah membiasakan diri untuk mengganti ASI dengan makanan lain. Terkadang juga Rayi minum susu UHT punya kakaknya tapi ga doyan, lebih suka juice buah saja.

Cerita menyapih anak pertama dan kedua, review nuby meadow drying rack, mempersiapkan fase menyapih, weaning with love

Cerita Menyapih Anak Pertama


Cerita menyapih sebenarnya sudah ada sejak Neyna, dulu Neyna mengalami drama kumbara selama 1 minggu.

Hari pertama disapih, Neyna menangis dari siang untungnya dulu Neyna udah suka sama UHT Ultra Mimi jadi masih terobati.

Dan dramanya terjadi saat terbangun ditengah malam, yang biasanya tinggal nyusu ini sudah tidak nyusu alhasil Neyna ngamuk bikin saya dan akang suami sampe ga bisa tidur.

Setelah 1 minggu dengan pola jeritan tengah malam, akhirnya Neyna mulai terbiasa dan selesailah fase menyapih untuk Neyna.

Sayangnya dulu saya ga nerapin Weaning With Love hahaha..

Persiapan Memasuki Fase Menyapih Anak Kedua


Bagaimana dengan sekarang? saya ga ingin ada drama yang bikin heboh satu rumah apalagi Rayi kalau udah nangis suaranya kayak pake sound system 😂😂.

So, berbekal dengan drama menyapih Neyna. Saya mulai mempersiapkan beberapa hal agar nanti memasuki babak menyapih dengan senyuman manis.

Beberapa Persiapan Memasuki Fase Menyapih


Adapun yang saya persiapkan diantaranya adalah :

💙 Sounding Tidak Menyusu

Sejak usia Rayi 21 bulan, tepatnya awal tahun 2020 saya sudah sounding ke Rayi agar tidak nyenyen lagi. Saya selalu bilang "Aa aja ga nyenyen". Sounding ini juga dibantu oleh Neyna. Sebagai kakak yang baik Neyna selalu bilang "Rayi kan sudah gede ga nenen ke bunda yah".

Ah senangnya Neyna turut mendukung adiknya ga nenen lagi. Pernah juga Neyna beritahu saya, kalau Rayi itu takut dengan lipstick warna merah.

Satu hari saya cobain olesin lipstick ke payudara, itu Rayi sampe lari-lari dan bilang ga mau nenen. Berhubung belum waktunya dan saya jadi mellow akhirnya saya hapus karena saya masih mengingkan ada yang nemplok bak Koala sepanjang malam hahaha.

💙 Mempersiapkan Kamar Tidur Terpisah

Salah satu hal yang saya siapkan untuk fase menyapih Rayi adalah kamar tidur terpisah. Alhamdulilah lantai 2 di rumah sudah rampung.

Saya sudah membuat 2 kamar untuk Neyna dan Rayi. Namun sayangnya Neyan penakut sekali dan meminta saya agar selepas Rayi disapih Rayi tidur dulu di kamar Neyna.

Kalau sudah berani maka Rayi tidur di kamarnya sendiri. Memang tidak boleh kan anak laki dan perempuan kelamaan sekamar mencegah incest. 

💙 Menyediakan Susu Pengganti ASI

Zamannya Neyna, saya siapkan susu UHT Ultra mimi. Untuk Rayi sendiri dia ga terlalu suka sama susu UHT tapi sudah saya kenalkan juga sama susu bubuk.

Berhubung Neyna suka sekali susu makanya perlahan saya kenalin susu buat Rayi. Sayangnya minumnya masih sedikit-sedikit.
Untuk wadah minumnya sendiri saya prepare botol dot hingga botol minum sendiri. Di rumah saya pake merk Nuby.

Bersyukur banget deh ada Nuby yang keluarin produk-produk MPASI hingga botol dot yang nyaman dan sesuai kebutuhan anak dan memudahkan juga buat ibunya.

Cerita menyapih anak pertama dan kedua, review nuby meadow drying rack, mempersiapkan fase menyapih, weaning with love

Seperti produk Nuby Meadow Drying Rack yang membantu saya keringin botol minum dan alat makan yang sudah dicuci agar tetap steril.

Bentuknya lucu banget kayak rumput sintetis berwarna hijau dengan bahan BPA Free. Bilahnya sendiri kokoh disertai dengan wadah bawaan untuk menjaga bagian atas tetap kering.

Cerita menyapih anak pertama dan kedua, review nuby meadow drying rack, mempersiapkan fase menyapih, weaning with love

Ternyata Nuby Meadow Drying Rack ini merupakan tipe pengering favorit loh di USA dan pasar international.

Bagaimana untuk cara merawatnya? gampil banget temans cukup bersihkan dengan air hangat dan detergen anti bacterial food grade atau dapat direndam dengan air hangat matang setelah dibersihkan.

Saya suka banget nih, biasanya bingung naruh botol minum dan peralatan makan Rayi yang sudah dicuci. Kini Nuby Meadow Drying Rack menghempaskan kebingungan saya.

Ada yang sudah punya di rumah? kalau belum yuk beli biar samaan kayak saya xixixi.

***

Well, temans demikian sharing saya untuk mempersiapkan fase menyapih Rayi semoga bulan depan tak ada drama dan saya juga ga mellow lagi.

Doakan yah semoga menyapihnya lancar, duh mak deg-degan kayak nungguin kelulusan hahaha..

21 komentar

  1. Istriku lg persiapan menyapih nih. Tks tips2 nya mba

    BalasHapus
  2. Unik banget drying racknya. Btw kalau aku mulai sounding pas 24 bukannya. Masih sayang wkwkwk.

    BalasHapus
  3. Semoga dilancarkan ya, Mbak. Fase menyapih memang gak hanya bikin anaknya yang sedih. Malah kayaknya ibunya yang suka lebih baper hihihi

    BalasHapus
  4. Aku jadi inget nyapih anak pertama ia pake drama juga 😂 karena aku orangnya gak tegaan dan ibu ku juga gak suka teriakan anak nangis (masih ikut mamah dulu) jadi gak berhasil nyapih bahkan hampir 3 tahun haha... akhirnya berhasil pas si sulung ikut ayahnya liburan di luar kota (puas ujian bapaknya yg menangani anak nyapih 😂) pulang2 2 minggu itu udh lupa sama nyenyen. Oia sesekali aku olesi minyak kayu putih wkwkw berhasil

    BalasHapus
  5. Selalu ada cerita di balik menyapih anak, ya, Teteh. Aku juga awal-awal merasakan drama kumbara itu. Hihi ... Moga dilancarkan prosesnya. Salam buat Teteh cantik sama ade ganteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi jd ingat gimana saya jg pakai adegan tangis2an kayak nonton sinetron padahal kan menyapih demi kebaikan anak jg. ah masa itu...rindu

      Hapus
  6. Wuih, putranya kak Herva pinter bergaya, ya .. 😁

    Maaf ya ikutan komen di artikel menyapih 🤭

    BalasHapus
  7. Ternyata mengurus anak itu nggak semudah yang kupikirkan.
    Tapi kalo semua dipersiapkan dengan baik, kayaknya bisa lebih memudahkan.

    BalasHapus
  8. fase menyapih ini memang harus dipersiapkan betul ya teh, agar tentram damai dan tidak begitu heboh drama kumbaranya haha. Noted banget nih untuk sounding dan kalo tidurnya harus dipisah, hmm rasanya berat tapi akan dicoba soon

    BalasHapus
  9. Ya ampuun ini unyu banget ya nuby meadow drying rack...
    Semoga proses nyapihnya lancar ya, Bunda dan Rayi sama-sama semangat hingga sukses nyapihnya!

    BalasHapus
  10. Makasih sharing nya mba, noted buat persiapan menyapih nanti. Anak masih staun sih tp harus selalu siap jika harus menyapih sebelum 2 th

    BalasHapus
  11. Lucu ya mbak Nuby Meadow Drying Rack ini, kadang emang susah banget ngeringin peralatan makan anak karena kalau sembarangan takutnya sakit. maklum sistem pencernaan mereka kan belum terlalu kuat. BTw semoga fase menyapihnya sukses tanpa drama ya mbak.

    BalasHapus
  12. Wiwin @ pratiwanggini.netSabtu, 21 Maret, 2020

    Wow.. baru tahu saya kalo ternyata ada rak khusus untuk alat makan/minum anak-anak.. Cakep warnanya, segerrr :)

    BalasHapus
  13. Aku masih lama sih mau menyapih anak kedua, mbak, tapi udah deg2an aja nih haha soalnya pas nyapih anak pertama agak dramaa..

    BalasHapus
  14. pastinay butuh usaha yang keras ya

    BalasHapus
  15. Peralatan bayi sekarang makin banyak macemnya dan unik-unik ya Teh, kadang aku sampe bingung ini buat apa itu buat apa, ditambah kalo bentuknya unik-unik juga, hehe. Tapi kayaknya emang semuanya bakalan bermanfaat banget sih ya..

    BalasHapus
  16. Wah samaan sama si twins nih waktunya di sapih. Kadang masih ada perasaan ngga rela gitu ya, cepet amat udah disapih. Mangats mama Rayi.
    Baru tahu Nuby punya drying rack gini, praktis dibawa kemana mana ya.

    BalasHapus
  17. Fase menyapih memang kadang penuh drama..
    Anak2ku baru menyapih rata2 saat berumur 3,5 th..
    Hehe...

    BalasHapus
  18. Salah satu yang bikin anakku gampang menyapih dirinya sendiri karena terbiasa minum dengan Nuby 360 cup itu loh. Perlengkapan dari Nuby memang kece

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah bentar lagi menyapih yaa. Memang butuh perjuangan tuh apalagi kalo masa nenennya lama wkwk. Semangat Mom.

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun