Search

Tentang Kegalauan Memilih DOT Bayi

Halo temans, beberapa kali dalam blog ini saya bercerita mengenai pengalaman saya selama menyusui. Dari perjuangan memerah ASI saat Dinas Luar Kota, tidak adanya ruang pumping khusus.

Namun itu semua tak jadi rintangan berarti bagaimana kerasnya hati saya untuk senantiasa memberikan ASI kepada anak-anak meskipun saya sebagai ibu bekerja.


Karena saya tahu bahwa ASI memiliki segudang manfaat. Sehingga saya berkeras hati untuk menyusui hingga 2 tahun.

Sejak melahirkan anak pertama tahun 2013, saya berusaha untuk bisa memberikan ASI apapun kondisinya. Dan kini setelah dikaruniai anak kedua-pun saya tetap bertekad memberikan ASI.

Mengapa bersikukuh ASI? jadi awal bulan september ini, Rayi si baby Bo ini terkena demam. Banyak yang bilang tidak perlu memberikan obat cukup dengan menyusui demamnya pasti turun.

Saya pun mengikuti anjurannya terus menyusui semaunya, alhamdulilah Rayi jadi banyak pup selama seharian itu. Alhamdulilah esok harinya Rayi reda demamnya. Manjur yes menyusui dengan ASI.

Bagi anak-anak saya, ASI tak hanya memberikan nutrisi tapi juga memberikan asupan untuk tumbuh kembang mereka. Apalagi Rayi badannya bisa dibilang gempal sekali padahal belum MPASI.

Percayakah temans jika badan saya yang katanya kurus lagi itu disebabkan juga karena menyusui. Alhamdulilah kini berat badan saya kembali lagi meskipun masih lebih 3 kg dari BB semula. Berbeda dengan pasca melahirkan anak pertama dimana BB saya kembali setelah 2 minggu melahirkan.

Jadi temans jangan khawatir yah saya sudah membuktikan sendiri bagaimana menyusui menjadi salah satu diet alami buat saya.

Adakah tantangan yang dihadapi selama menyusui? tentu saja ada. Drama yang baru saja saya alami adalah kegalauan dalam memilih media untuk pemberian ASIP kepada Rayi pasca saya kembali bekerja.

nuby-comfort-bottle, pertimbangan memilih dot bayi, dot yang aman, dot nyaman untuk bayi


"Bun, gimana Rayi kalau sudah masuk kerja nanti?minum ASI pake DOT? nanti bingung puting loh"
Pertanyaan sekaligus ancaman banget buat saya. Iyah jadi sebelum melahirkan memang saya ini sudah mempersiapkan langkah apa saja yang harus saya siapkan dari penggunaan pospak vs clodi, perintilan yang detail, DOT atau cup feeder macam-macamlah.

Sempat juga dijejali informasi untuk tidak memberikan DOT nanti bisa bingung puting. Ini sukses banget bikin dilema berkepanjangan. Pasalnya kalau ga dikasih DOT hanya pake sendok atau cup feeder banyak ASI yang bisa terbuang. Duh owe rugi bandar kalau ASIP kebuang-buang gituh!

Padahal memerahnya butuh usaha yang luar biasa. Belum lagi pengasuhnya bakalan kerepotan jika saya terlalu idealis memaksakan tidak menggunakan DOT. Yakali saya idealis stimulasi ke anak mesti sesuai teori padahal tergantung dengan keadaan.

Meski sudah ada pengalaman anak pertama, entah mengapa saya tetap saja merasa galau. Ada rasa cemas yang menghantui saya.

Takut nanti saya tinggal selama bekerja, Rayi nangis terus dan ga minum ASIP. Takut nanti berat badannya stuck sementara kecukupan nutrisinya baru dari ASI saja. Huah sukses banget hal itu bikin saya galau selama ini. 

Berhubung pengalaman waktu anak pertama dimana terjadi drama kumbara pas pemberian DOT mendekati waktu masuk kerja. Jadi saya mesti belajar dong dari pengalaman tersebut.

Waktu anak pertama itu saya sampai beli beberapa botol dot biar apa? biar tahu mana botol yang cocok. Hal ini ga efektif karena banyak cost yang keluar sementara dot-nya ada yang tidak terpakai sama sekali. Pemborosan banget ini namanya.

Dan saya juga waktu itu minim informasi hal ini juga dikarenakan saya masih baru menjadi seorang ibu, lingkungan sekitarpun tak cukup andil memberikan informasi penting terkait DOT yang cocok untuk bayi.

Saya merasa putus asa dan ada keinginan untuk keluar kerja. Kasihan dengan si sulung yang menangis hanya ingin menyusu langsung ke PD ibunya.

Lewat pengalaman yang ga enak tersebut, untuk anak kedua ini, akhirnya sedari hamil saya sudah kumpulkan informasi mengenai pemberian ASIP menggunakan DOT.

Pertimbangan Memilih DOT Bayi 

Sebelum memutuskan membeli DOT, ada beberapa hal yang saya pertimbangkan. Sebenarnya penggunaan dot sendiri ini dilakukan selama saya bekerja saja selebihnya saya lebih suka menyusui langsung. Atau saat kondisi seperti saya sakit nah penggunaan dot ini juga membantu loh.

So, inilah beberapa hal yang saya pertimbangkan sebelum beli DOT yakni :

☑ Harga Dot

Sebagai emak-emak memang harga menjadi pertimbangan pertama. Tak ingin mengulangi kejadian dulu membeli yang mahal belum tentu cocok dengan anak maka ini menjadi pertimbangan saya dalam memutuskan membeli DOT merk apa.

Pokoknya saya mau yang harganya PAS kantong saya.

☑ Bentuknya Yang Menyerupai Nipple


Pengalaman anak pertama yang susah banget pake DOT bentuk biasa, so buat Rayi saya mau beli DOT yang bentuknya mirip sekali dengan puting ibu jadi ga akan ada masalah dikemudian hari kalau anak kicil ini bingung puting.

Cerita teman jika anaknya bingung puting karena diberikan dot duh mungkin salah kasih dot-nya kali yah maka mesti berhati-hati milih dot.

☑ Bahan DOT


Dot bayi biasanya terbuat dari lateks atau silikon. Nah konon katanya kalau dari bahan lateks tidak bertahan lama. Sedangkan dot dari bahan silikon lebih kuat dan lebih tahan lama.


☑ Mudah Didapatkan



Paling ga suka kalau kebutuhan anak itu susah didapatkan mau kualitasnya bagus tapi susah saya dapetin mah ya percuma. Makanya saya pilih dot yang bisa dijual dimana aja.

NUBY COMFORT Silicone Atasi Galau Memilih DOT

Dari beberapa pertimbangan tersebut akhirnya saya menetapkan pilihan NUBY. Temans pernah denger ga tentang NUBY?

Sekilas Tentang NUBY

Nuby merupakan brand dari USA ( Amerika ) dan sudah ada sejak tahun 1972. Nuby merupakan perusahaan pertama kali di dunia yang menciptakan baby bottles, pacifier dan cups. Nuby terkenal dengan fitur No Spill Cups yang dilengkapi dengan katup penutup dan sudah dipatenkan. Nuby sudah banyak mendapatkan penghargaan loh karena menjadi pioneer produk yang melarang penggunaan PVC dan BPA.

Keren bangets bukan?sudah terpercaya bukan?

nuby-awardsnuby-comfort-bottle, pertimbangan memilih dot bayi, dot yang aman, dot nyaman untuk bayi


Dengan melihat beberapa pertimbangan milih dot ala saya ternyata semuanya itu ada di Nuby Comfort loh temans. 


Yang Saya Suka Dari Nuby Comfort Bottle Silicone

nuby -comfort -bottle -straw -360nuby-comfort-bottle, pertimbangan memilih dot bayi, dot yang aman, dot nyaman untuk bayi

✔ Anti Kolik, Tahukah temans, salah satu penyebab kolik itu adalah tidak lancarnya aliran udara yang masuk ke saluran pencernaan bayi. So udara terperangkap sehingga membuat anak sakit perut dan menangis berjam-jam.

Kebayang dong anak nangis mulu bikin panik, ini pernah terjadi sama si sulung. Jadi Nuby comfort bottle ini sangat mengerti akan kebutuhan saya, dilengkapi katup anti kolik dan 3 lubang udara di atas dotnya.

teats-nuby-comfort-straw-250


Tak hanya itu saja untuk mencegah masuknya udara yang berlebihan, Nuby comfort juga dilengkapi dengan 8 lubang udara di sekeliling dotnya.

✔ Mudah Dibersihkan, Karena bentuknya yang lebar jadi mudah banget dibersihkan loh. Gimana cara bersihkannya? mudah sekali. Saya cuci botolnya pertama kali sebelum digunakan dengan sabun pembersih khusus. Lalu sterilisasi.

Ada yang masih suka rebus botolnya?sebaiknya jika masih merebus botol tidak boleh lebih dari 30 detik yah temans.

✔ Teats terbuat dari softlex sesuai dengan bentuk nipple, ini yang saya butuhkan biar mencegah Rayi bingung puting.

✔ Teats tidak mudah sobek, pengalaman tidak enak itu jika teats mudah sobek jadinya bikin anak tersedak karena aliran susunya deras tumpah-tumpah. Makanya saya pilih Nuby.


nuby straw 360


✔ Botolnya disertai dengan tutup, membuat botol jadi lebih higienis

✔ Memiliki handle/gagang easy grip, mempermudah Rayi untuk bisa pegang botolnya sendiri.

✔ Memiliki banyak varian, ada ukuran 150 ml, 250 ml & 360 derajat straw. Untuk baby rayi saya pilih yang botol dengan straw sehingga memudahkan jika nanti minum dengan tegak (upright feeding). Strawnya ini mempunyai pemberat sehingga mengikuti posisi cairan jadi bisa diminum dengan berbagai posisi (360 derajat). Keren yow!

posisi 360 nuby bottle comfortnuby-comfort-bottle, pertimbangan memilih dot bayi, dot yang aman, dot nyaman untuk bayi
Rayi with NUBY

Nah itulah beberapa hal yang saya suka dari botol Nuby Comfort ini sesuai banget sama namanya comfort ga hanya comfort buat bayi tapi juga buat saya karena harganya terjangkau dan tersedia di Goods Baby Store terdekat.

Gimana temans? masih galau juga? saya sudah tidak galau lagi dalam memilih botol dot. Buat temans yang mau coba produk ini bisa temans beli di Goods Baby Store yang ada di kota temans masing-masing. Diantaranya ada di :

Mothercare, Bebelove, Audrey Baby Shop Central, Kasih Ibu, Suzanna, Ranch Market, Chandra, Indokids, Lavie Baby House, Yogya Junction, Chico Baby & Kids Shop  


Buat temans yang pengen tahu banget lebih mengenai info nuby ini bisa temans follow dan stalking IG nuby @nubyindo.


***

Demikian temans yang bisa saya sharing kali ini, udah ga lagi deh galau karena memilih botol DOT, Nuby bottle Comfort straw 360 menjawab semua kegalauan saya.

Doakan yah semoga baby Rayi sehat selalu aamiin, jangan lupa gunakan dot yang tepat yah buat si kecil jangan sembarangan. Semoga bermanfaat sharing kali ini.





Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun