Tuesday, January 17, 2017

Caraku Mewujudkan Liburan Impian Ke Negeri Beijing China

Travelling merupakan salah satu kegiatan yang menurut saya menyenangkan, tak hanya bisa mengenal satu tempat akan tetapi lebih dari itu saya bisa mengenal budaya, makanan khas hingga ciri khas yang ditawarkan dari berbagai tempat yang saya kunjungi.

Kesempatan saya untuk travelling sebenarnya karena Dinas Luar Kota yang diberikan kantor kepada saya. Saya bisa keliling kota-kota yang ada di Indonesia sambil kerja. Adapun kota yang pernah saya kunjungi selama Dinas Luar Kota yakni Malang, Semarang, Medan, Surabaya, Lampung, Manado, Solo dan Bali. Semuanya saya syukuri karena saya bisa mengunjungi semua kota secara gratis bahkan dapat uang saku.

Namun dari semua kesempatan travelling yang pernah saya dapatkan. Yang paling berkesan adalah ketika saya berkesempatan ke Luar Negeri yaitu Kuala Lumpur karena memenangkan lomba menulis review buku. Sedari dulu saya bercita-cita bisa ke Luar Negeri dan Alhamdulilah terealisasi di akhir tahun 2016 kemarin.

Bagi saya travelling ke luar negeri itu punya tantangan tersendiri. Kok bisa?iya bisa karena budget yang harus dikeluarkan itu lebih besar ketibang travelling di dalam negeri. Travelling dalam negeri saya ga perlu nyiapin pasport dan perintil-perintil lain yang perlu disiapkan kalalu ke Luar negeri. Selain itu travelling ke Luar Negeri bisa mengenal belahan bumi Alloh yang lain dengan perbedaan bahasa, makanan, budaya dan sebagainya. Hal ini bikin saya ketagihan untuk bisa menginjakkan kaki ini bersama keluarga kecil saya ke Luar Negeri. Tentu bukanlah hal mudah bagi saya dan keluarga kecil untuk mewujudkan impian saya tersebut. Karena kami mesti banting tulang, banting daging untuk dapetin ekstra income.



Ngomongin travelling ke Luar Negeri, sebenarnya sudah lama saya punya keinginan bisa pergi ke Negeri China. Hal ini termotivasi karena akang suami sudah duluan kesana saat ia Dinas dari kantornya 6 tahun lalu. Akang suami jarang Dinas Luar Kota kek saya tapi sekalinya dikasih dinas ga tanggung-tanggung ke luar negeri dengan jangka waktu yang lama.

Namun sayangnya hanya mengunjungi beberapa spot saja dikarenakan tugasnya di daerah Shanghai. Hanya mengunjungi Pagoda Legenda Ular Putih, Kota Modern Shanghai, Apple Tower dan beberapa tempat yang namanya susah banget diinget oleh saya. Sayang banget suami ga bisa datengin Tembok China juga Forbidden City di Beijing. Karena jatah liburan yang singkat sementara pekerjaan memburunya untuk diselesaikan.


Suamiku di Shanghai : Doc Pribadi
Berbekal pengalaman dan cerita suami akan keindahan Negeri Tirai Bambu tersebut, saya pun semakin terpacu untuk bisa mengunjunginya. Terlebih saya ingin jalan-jalan di sepanjang tembok China dan melihat Forbidden City, maka tertulislah dalam target untuk bisa mengunjungi kesana.

Kata orang jangan suka mimpi ketinggian kalau bangun dan jatuh itu sakit tapi bagi saya mimpi itu bisa jadi cita-cita yang akan selalu bisa dikejar dengan usaha yang maksimal dan positif. Sama seperti keinginan saya ke China ini tentu banyak yang menyinyir ih sok banget orang Contong yang daerahnya aja kadang ada kadang khilaf dimasukin di peta mau gaya-gayaan ke China.

Akan selalu ada anggapan seperti itu bahkan dari orang terdekat yang selalu ingin menjatuhkan, membuyarkan cita-cita saya. Akan tetapi saya selalu berprinsip "Orang lain boleh mematahkan mimpi saya akan tetapi sayalah yang menjadi pilot untuk bisa merealisasikan mimpi saya sendiri" _Herva_.

Nah, sepenggal kisah dan pengalaman suami serta keinginan yang kuat untuk bisa travelling ke China, berikut cara yang saya lakukan agar bisa mewujudkan liburan impian saya ke China :

1. Tekadkan Niat 

Sesuatu itu selalu dimulai dari niat maka adalah hal utama bagi saya untuk menetapkan niat saya sebelum melakukan travelling ini. Sebenernya apa yang saya cari untuk bisa travelling ke China?apakah hanya sekedar memuaskan hasrat untuk bepergian atau keinginan agar bisa pamer ke orang lain atau lebih dari itu?

Bagi saya niat travelling seperti yang sudah saya bahas sebelumnya yaitu bisa menambah rasa syukur saya untuk bisa melihat keindahan bumi Alloh yang lainnya. Karenanya selain saya bisa mempelajari bahasa, budaya, geografis bahkan makanan khas yang ada di China, saya berharap selalu menjadi pribadi yang bersyukur serta selalu menambah ketaatan saya atas nikmat yang sudah diberikan lewat rencana travelling ke China.

Sebagaimana dalam Al-Quran yang menyebutkan seperti ini :



Jika niat positif sudah tertanam saya percaya akan kerjaNya untuk bisa membantu saya mewujudkan mimpi saya ini. Tentunya hal ini dibarengi dengan usaha saya, tak mungkin bisa terealisasi begitu saja mustahil tanpa sedikit usahapun. 

Meski akan ada cibiran dengan tekad dan niat yang dibulatkan tentu tidak akan menyurutkan bahkan mematahkan keinginan saya. 

2. Menetapkan Waktu 

Niat sudah ada, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan waktu perjalanan. Mengapa hal ini perlu agar saya bisa menetapkan anggaran biaya sedini mungkin. Tidak ada yang terjadi apabila kita hanya menanti saja tanpa usaha bukan?

Memastikan waktu untuk bepergian itu menjadi langkah paling penting, hal ini didasarkan selain tadi untuk mempersiapkan biaya juga mempersiapkan apa saja yang perlu dipersiapkan sedini mungkin. Karena saya memilih travelling ke Beijing China. Maka ada pasport yang harus saya urus untuk suami dan anak.

Karena mengurus administrasi seperti itu membutuhkan waktu yang banyak sementara kondisinya saya dan suami bekerja yang kadang disibukkan dengan pekerjaan masing-masing. Maka ketika waktu sudah ditetapkan tahun ini atau 2 tahun lagi maka saya sudah punya planning kapan untuk memulai menyiapkan pasport, mengetahui kondisi musim disana yang artinya jika kami pergi pada musim dingin maka kami persiapkan baju-baju hangat.

Dan yang utama adalah dengan menetapkan waktu pergi maka kami bisa estimasi biaya untuk menabung. 

3. Mengatur Keuangan

Tak mudah bagi saya untuk komitmen dalam menyisihkan sedikit uang. Ada saja yang perlu keluar untuk hal-hal terduga. Karenanya ketika saya sudah bertekad maka komitmen diri untuk menabung selalu ada. Caranya saya membuat rekening terpisah, saat ini saya punya rekening tabungan tanpa atm dan juga hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini tentu saya manfaatkan agar komitmen menyisihkan uang untuk biaya travelling nanti. Tidak perlu banyak yang penting bisa rutin. Jika 1 bulan saya bisa sisihkan Rp 300.000 maka dalam 1 tahun sudah terkumpul Rp 3.600.000. Maka perlu hitung-hitungan dan menetapkan waktu untuk travellingnya jika ingin bepergian dalam 1 tahun maka dalam 1 bulan tentu tidak bisa menyisihkan Rp 300.000 akan tetapi lebih.

Dengan komitmen menabung serta menetapkan rencana waktu maka saya sudah punya bayangan berapa biaya yang hendak dikeluarkan selama kurun waktu liburan tersebut.

4. Menggunakan Tour Travel Halal 

Karena liburan jauh ke Luar Negeri tentunya bagi saya yang awam sangatlah riskan jika mengandalkan modal nekat ke Beijing China. Pun menurut suami selama pengalamannya di Shanghai dia selalu mengekor atasannya yang notabene adalah orang Shanghai. Jadi suami pun aman meski tinggal di Shanghai hingga 3 bulan.

Berangkat dari hal tersebut akhirnya suami memberikan saya saran untuk menggunakan jasa tour travel ke Beijing China terlebih pengalaman suami juga bukan di Beijing-nya tetapi di Shanghai. Kata orang backpackeran bisa ngehemat. Iya siy hemat tapi kita ga pernah tahu kondisinya terlebih negeri orang. Kendala bahasa dan ketidaktahuan bisa jadi masalah berat untuk kami.

Saya pun mulai mencari tahu tour travel yang sesuai dengan harapan kami. Alhamdulilah ternyata ada yang sesuai dengan harapan. Yak saya menemukan "Cheria Wisata Halal Terlengkap Di Indonesia".


Profil "Cheria Travel"

Dari sekian banyak tour travel yang berseliweran di internet, kenapa akhirnya saya menjatuhkan pilihan ke "Cheria Travel"?apa siy "Cheria Travel" itu? jadi Cheria wisata adalah Agen travel yang menyediakan layanan jasa untuk tour wisata halal maupun tour wisata muslim, tidak hanya lingkup dalam negeri akan tetapi juga luar negeri, tidak hanya layanan tour wisata saja tetapi juga andalan dari "Cheria Travel" adalah layanan Umroh dan Haji.

"Cheria Travel" sendiri sudah berdiri sejak 2012 dan melayani ribuan wisatawan. Dengan pelayanan yang keren dan harga yang bersaing, Cheria Wisata berkomitmen memberikan kepuasan kepada customer. Layanan Cheria juga menyediakan tiket, hotel, visa dan kebutuhan perjalanan lainnya baik untuk kebutuhan individu maupun group.

Untuk alamatnya sendiri kantor pusatnya ada di Jakarta :
Alamat:
Gedung Twink Lt. 3,Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan,
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

Telepon : 021 - 7900 201 / 021-700 216 (Hunting)
Fax : 021-7918 2408
Email : info@cheria-travel.com
Web: www.cheria-travel.com








Alasan Memilih Cheria Travel
 
Mengapa harus dengan "Cheria Travel"? kan ada tour travel lainnya?oke karena saya senang berbagi maka saya akan coba ulas alasan mengapa harus dengan  "Cheria Travel" :

a. Menyediakan Tour Halal

Kata suami yang sudah ke Shanghai kalau ga hati-hati kesana bisa kejebak makanan non halal. Seperti yang dialami oleh suami. Ia yang lugu ditipu oleh atasannya sehingga makan daging ga halal *astagfirullah* makanya suami selalu wanti-wanti ke saya agar memilih agen travelnya yang halal jika hendak ke Beijing.

Karena itu saya menemukan kondisi yang pas dengan layanan yang diberikan oleh Cheria Travel dimana Cheria travel memperhatikan menu makanan halal serta memperhatikan waktu sholat dalam setiap program perjalanannya. Hal ini memberikan angin segar bagi saya dan suami yang ingin travelling.

Masa sudah diberi kenikmatan bisa pergi travelling kita lalai menunaikan kewajiban begitulah pesan suami. Karenanya suami mengharapkan agen travel wisata yang halal. 





b. Menyediakan Itenary Perjalanan Sesuai Keinginan

Seperti yang saya sampaikan bahwa saya menginginkan ke China yakni Beijing. Dan Cheria Travel menjawab persis keinginan saya lewat Itenary yang ditawarkan. Semakin saja saya semangat untuk segera menabung dan terbang bersama Cheria Travel. Ada Paket Tour Wisata Halal China. Dimana ada kunjungan ke Tembok China, Forbidden City hingga bisa naikin Rickshaw Ride sesuai banget sama yang saya mau.





c. Travel Amanah

Sebagai agen travel, Cheria Travel sudah memiliki kredibilitas yang baik. Hal ini bisa saya lihat dari berbagai pengalaman maupun testimoni banyak orang setelah menggunakan Cheria Travel. Bahkan Neng Pevita Pearce kembaran saya *muntah seember* juga menggunakan jasa Cheria Travel. Hal ini menambah poin plus bagi saya yang lugu dalam dunia travelling.

Saat ini memang marak bertebaran agen travel perjalanan namun sayangnya kita mesti pintar-pintar memilih mana yang amanah mana yang bodong. Singkat cerita saya pernah dengar cerita ada yang sudah menabung lama kemudian salah menggunakan jasa travel akhirnya uang hilang travelling ga jadi. 

Marak sekali penipuan seperti itu sehingga saya ga berani coba-coba. Bahkan untuk menambah keyakinan saya tentang Cheria Travel ini ternyata Cheria Travel sudah memiliki Legalitas yang jelas yakni mengantongi :
  • TDP 36/2014 Tanggal 7 Januari 2013 Dinas Pariwisata DKI Jakarta 
  • Member International Air Transport Association (IATA) dengan Nomor 15314132 
  • Izin Penyelenggara Ibadah Haji Khusus Madinah Iman Wisata Nomor 118 Tahun 2015
  • Izin Umroh Madinah Iman Wisata Nomor D/70/2015  
  • Cabang Resmi Madinah Iman Jakarta  
Testimoni dari yang sudah mengikuti jalan-jalan lewat Cheria Travel :

d. Harganya Pas

Berbicara biaya sendiri harga yang ditawarkan oleh Cheria Travel menurut saya pas banget. Pas dengan itenary yang ditawarkan, pas dengan kredibilitas yang dimiliki, pas banget sama kantong saya ini yang penting.

Harga tempat lain jauh lebih murah loh Va?hellow ente mau terbang ke Beijing Berangkat nek Pesawat pulang berenang?" ih saya mah ogah dah. Harga pasti berbanding lurus sama kualitas, mau travelling kok ga mau modal. Hare gini gitu loh.

Oiya di Cheria Travel yang saya baca itu menawarkan beberapa paket pilihan, diantaranya :
Paket FIT (Free Independent Travelers)
Paket Grup

Paket Private

Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing apakah kondisinya ingin yang cuman berdua atau berkelompok saja. Sehingga ini menambah lagi poin bagi saya yang awam untuk memilih Cheria Travel.

Nah gimana udah kebayang kan tentang Cheria Travel?itulah 4 alasan utama yang bikin saya kepincut milih Cheria Travel sebagai agen yang bisa mengatur perjalanan kami kelak. Yuk langsung aja contact Cheria Travel jika sesuai dengan keinginan.

5. Banyak Berdoa 

Niat sudah ada, waktu sudah disiapkan, tabungan sudah dipisahkan, agen travel sudah milih "Cheria Wisata" maka sebagai langkah terakhir agar saya bisa mewujudkan impian liburan saya ini ke Beijing,  adalah banyakin doa. Saya jadi teringat pesan guru ngaji "Va kalau mau apa-apa tinggal bilang sama yang Punya, minta terus-terusan jangan ragu insyaAlloh doa kita dikabul mungkin ga sekarang langsung kekabul tapi kelak Alloh pasti wujudin impian kamu" begitulah kira-kira pesen guru ngaji saya.

Saya selalu berpositif thinking akan doa-doa yang saya panjatkan jika memang tidak tahun ini saya bisa ke Beijing mungkin kelak disuatu hari hal ini bisa terwujud seiring dengan kayuhan usaha saya. Ga tercapai bulan depan ke Beijing mungkin Alloh masih seneng dengerin doa saya, bulan depannya lagi Alloh belum juga kabulin mungkin Alloh kasih saya trip yang deket-deket dulu kayak ke "Derawan" lewat jalan lain seperti memenangkan lomba tulisan. "who knows" sambil berdoa lagi.

Akan selalu ada kejutan manis yang Alloh siapin bagi saya jadi terus berbaik sangka dan sabar menjalaninya.

****
Demikian cerita saya sekelumit cara yang ingin saya bagikan untuk bisa merealisasikan impian liburan saya ke Beijing China. Gimana gaes?punya rencana liburan kek saya?jangan lupa pilih "Cheria Travel" sebagai agen wisata yang ngatur perjalanan kalian tanpa perlu repot-repot atur ini itu. Semoga bermanfaat yah..Sampai Ketemu di Tembok China ya gaes bye..bye...


Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

58 comments:

  1. Semoga nyampe ke Derawan ya Mbak Herva. Derawan cantiiiik sekali, indah, apalagi kalau keliling pulaunya saya udah sering ke sana. 😊.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi y mba membantu doa semoga ada harapan mba yang terkabul juga krn bantu doa aku xixixixi

      Delete
  2. Wah ke Beijing memang jadi pilihan utama ya mba. Tempatnya bagus bagus pula. Sukses mba biar bisa ngikutin jejak Papa Neyna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi mba Lid, iya pengen bgt kesana semoga dicatet olehNya :)

      Delete
  3. Semoga terwujud impiannya,Mba. Saya udah beberapa kali ke Beijing, tapi ya itu, malah belum kesampaian ke tembok besarnya.😁😁

    Setelah melihat negara sana, yakin deh,kita akan lebih bangga dan bersyukur dilahirkan menjadi orang Indonesia.Hal ini yang saya suka dari travelling. Selain melihat keindahan bumi Alloh lainnya,kita juga akan semakin cinta dan melihat lebih banyak keindahan tanah kelahiran.

    Good Luck, ya Mba. 😍😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi banyak mba :*
      keren banget mba uda berkali-kali hahaha

      Delete
  4. kita samaan Mbaa, mengunjungi kota-kota di Indonesia karena perjadin dari kantor :)

    semoga cita-citanya kesampaian yaa Mbaa, amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mba kerja sambil main :p
      aamiin makasi mba Ira

      Delete
  5. sukses ngontesnya ya..beijing..aamiin..

    ReplyDelete
  6. Mbaaa bener banget, banting tulang banting daging.. hihihi :D Asiik mba bisa ada ksempatan dinas luar dari kantor jd bisa dimanfaatkan buat jln2 jg.. Iya ya skrg makin butuh wisata halal gitu kan jd adanya tour kayak gitu ngebantu bgt kan.. Gudlaaaak Mba Herva :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya mba klo ga banting tulang banting diri mah sakit :p

      Iya agen tour travel sangat membantu :) makasi y mba

      Delete
  7. ihik si eneng ikutan juga.. dulu harusnya ngintil aja sama suami ke cina, masuk koper hahahah XD Good luck semoga menang & semoga bisa halan2 ka Cina

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk detik2 terakhir mamih jadi ikutan
      aamiin semoga bisa fotoin tulisan pabaliut tea di Forbidden City hahaha

      Delete
  8. Aamiin... Moga kesampaian pergi ke Beijing ya, Mbak. Kalo aku pingin banget ke Jepang, Inggris, sama Turki. Cuma ya gitu ya, Mbak. Memang traveling ke luar negeri nggak cukup cuma mikirin ongkos. Bahasa dan kekurangtahuan akan negeri orang juga bisa jadi kendala. Jadi kudu bener2 siapin diri. Salah satu langkah aku menuju ke sana ya di antaranya kursus Bahasa Inggris, heuheu. Biar lancar ngomongnya. Minimal ini bahasa internasional yang orang banyak ngerti. Dan memang lebih asyik lagi pake jasa travel, ya. Karena itinerary dah jelas dari mereka. Kapan mau ke mananya jelas. Sementara kalo sendiri kan khawatirnya try and error. Yang ada waktu jadi nggak efektif. Blom kalo nyasar dsb dll, huehehe... Btw moga menang, ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba khawatir blah bleh bloh klo ga pake tour travel :)
      makasi mba ^^ aamiin-kan dulu

      Delete
  9. Amien, ya Rabb. Saya jadi inget koin 2 Yuan dari murid plus doa yang bikin saya terharu :) Wadawww deadline besok ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi someday kesana bareng y miss bareng nyusun rencananya hahaha
      hayuuuuu masih ada waktu miss ^^

      Delete
  10. Itu kenapa kita di himbau menuntut ilmu sampai ke negeri Cina ya, mbak.
    Pasti ada banyak kebaikan di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mba :) tuntutlah ilmu sampe ke neegri China, tuntutlah suami biar bisa travelling ke China wkwkwk

      Delete
  11. Amin, moga bisa ke Beijing Mbak. Cheria travel memang udah komplit banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi mba :)
      iya Cheria travel memberikan keceriaan untuk saya

      Delete
  12. Keliling Indonesia, keliling dunia, hahahaha, mimpinya muluuuk. Tapi mending punya mimpi kan ya?
    Semoga tercapai ya mba menuju liburan impian

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ga punya mimpi ga punya arah tujuan abahaha berattt..
      aamiin makasi mba

      Delete
  13. Wah kalau jadi ke China nggak usah khawatir lagi ya Teh soal makanan dan lain-lain, pan bisa ke sana dengan Cheria Travel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mba Rani tenang ga ribet dan ga watir :)

      Delete
  14. Nabung ini nih, yang masih bener-bener harus diniatin lagi. Soalnya emang harus dipaksain banget. Semoga menang yaa Teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba emang susah tapi mesti komit hahaha kalau ga ya ga jalan2 deh :p
      aamiin makasi mba Ipeh

      Delete
  15. Semoga ke Chinanya segera terwujud sekaligus dapet jalan-jalan ke Derawan ya Mbak Herva. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin nuhun mba doanya :) semoga terkabul dibantu doa dr mba ^^

      Delete
  16. Tulisanmuh selaluh keceh vah, hihi,, bauh2 menangh nihh :p
    Aamiin

    ReplyDelete
  17. Wah kudu hati hati ya kalau ke luar negri yang non muslim, jangan sampai kita mengkonsumsi makanan non halal atau kesulitan menunaikan ibadah sholat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang mesti hati2 dan cari tiur travel amanah serta halal kek Cheria Wisata

      Delete
  18. Semoga impiannya terwujud. goodluck yaaa

    ReplyDelete
  19. Semoga liburan impiannya tercapai ya mba

    ReplyDelete
  20. Iya nih bener, yang pasti yang halal dulu... Ke khawatiran pertama setiap kali keluar negeri itu ya makanan, halal apa nggak. semoga pengalaman suaminya nggak terulang yaa mba :D
    Good luck!

    ReplyDelete
  21. Sampai ketemu di tembok cina mbak, **efek punya impian yang sama, hehe**

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes bye sampe ketemu ya jangan lupa sapa aku klo dah nyampe :D

      Delete
  22. Semoga tercapai ya impian ke China-nyaaaa.. Aku malah penasaran sama Shanghainyaaa,hihi.

    ReplyDelete
  23. semoga bisa terwujud ya mba ke beijing bersama keluarga :D

    ReplyDelete
  24. Nggak muntah seember kok mbaa hahaha...
    Sama2 geulis etaaa^^
    Kudu ya klo ke negeri cina pake halal tour seperti cheria ini...:)
    Moga bisa ke sana yaa mba, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha haturnuhun mba
      Aamiin sudah bantu didoakan ^^

      Delete
  25. Travelling itu memang sangat asyik apalagi ada wisata halal ya mbak,kita gak perlu repot mikirin makanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba :) makanya perlu travel yang menjamin travelling kita nyaman, aman, halal dan utamanya Barokah buat semua ^^

      Delete
  26. Wah impiannya keren mbak,semoga segera terwujud ya. Apalagi yg nemenin nanti cheria wisata..pasti akan seceria namanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi mba semoga dicatat olehNya mba sampe ketemu di tembok China :D

      Delete
  27. selnajutnya, dirimu mbk yg pergi ke sana, sm pak suami jg sm neyna, amin amin amin

    ReplyDelete
  28. Mbak hayukk kita main k cina bareng.. Tapi ngumpulon duit berapa lama yhaa wkwkwkw

    Makasi informasinya mbak 😊😘😘😘

    ReplyDelete
  29. semoga menang ya,kalo dah ada niat dan usaha sih InsyaAllah terwujud.dulu waktu SMA ngayal,pingin banget ntar kalo dah punya anak tinggal di luar negeri.eh ternyata alhamdulillah terwujud walau cuma tinggal beberapa tahun saja.

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design