.......... --> Aneka Jajanan Anak Sekolah Masa Now Vs Masa Dulu | Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger

Aneka Jajanan Anak Sekolah Masa Now Vs Masa Dulu

Jajanan anak sekolah zaman now dan zaman dulu sudah jauh berbeda. Belakangan dilihat jika variatif jajanan masa kini bisa dikatakan jauh lebih bersih

Sejak pindah sekolah, Neyna berkenalan dengan lingkungan sekolah yang tidak hanya ada kantin namun juga letak sekolahnya persis di depan salah satu taman cukup femes di Cimahi.

Baca yang ini deh : 

Jika di sekolah dulu hanya ada catering khusus dari sekolah maka saat ada kantin dan aneka jajanan menjadi hal baru untuk si sulung Neyna. Meski setiap hari Neyna membawa bekal masakan saya namun juga saya bekali sedikit uang barang kali mau cicip jajanan yang ada di sekolahnya.

Tak hanya Neyna yang gembira kalau saya bolehkan jajan, Rayi kalau sudah diajak pergi ke sekolah Neyna maka ia menjadi yang paling semangat. Pasalnya tak hanya ada aneka jajanan saja namun juga tersedia play ground serta aneka mainan.

Biasanya saya mengajak Rayi ke sekolah Neyna jika ada latihan menari atau seperti kemarin harus ambil rapot.

Namun yang jadi perhatian saya, takkala saya mengunjungi sekolah Neyna adalah aneka jajanan masa kini yang sungguh berbeda dengan zaman dulu. 

jajanan-anak-sekolah-zaman-now

Jajanan Anak Sekolah Masa Kini

Semakin berbeda zaman tentu saja sajian aneka jajanan anak sekolah ternyata sungguh berbeda seperti dulu saya sekolah.

Barulah saya tahu jajanan anak sekolah zaman now itutuh kok uenak-enak pantes aja ada beberapa wali murid meresahkan perihal uang saku anaknya.

Wong jajanannya aja kok macam-macam jenisnya, berikut aneka jajanan sekolah masa kini yang saya temui di sekolah Neyna.

🍡 Sate Seafood

Ya ampun kaget bener dah, jajanan anak sekolah adanya sate seafood dibandrol dengan harga per tusuk Rp 2000,- saja. 

Satenya nanti digoreng lalu hasil akhirnya diberikan sentuhan saos dan mayonaise. Untuk rasanya bisa dikatakan enak. Tapi buat saya ga bisa tuh cuma makan 1 tusuk minimal 5 tusuk wkwkwk.

jajanan-anak-zaman-kekinian

 

🍡 Sosis Bakar

Wow sekali jajanan anak sekulah lainnya adalah sosis bakar. Berbeda dengan sate seafood, sosis bakar ini dibandrol dengan harga Rp 5.000,- per tusuk. 

Memang sih ukurannya juga jauh lebih besar dibandingkan sate seafood. Menu ini adalah favoritnya Rayi. Kalau ga direm bisa 3x bolak balik makan ini sosis.

🍡 Takoyaki

Saya kenal takoyaki pas kuliah, ternyata sekarang dijajakan buat anak SD. Untuk harganya sendiri Rp 1000,- sebulat. Dan Neyna biasa beli 5 butir.

 

jajanan-anak-sekolah-zaman-now

 

🍡 Aneka Aci

Jajanan dari per-acian memang tak lekang oleh waktu. Namun jajanan dari aci kini ditampilkan dengan bentuk beda seperti cilor dan cilung. Harganya juga murah Rp 1000,- saja per tusuk.

🍨 Aneka Minuman Kekinian

Nah ini jajanan lainnya minuman kekinian, dari minuman milkshake, jelly, yakult + syrup disajikan dalam 1 cup dibandrol dengan harga Rp 5.000,-.

Untuk rasanya juga enak semua wkwk.

Jajanan Anak Sekolah Zaman Dulu 

Berbeda dengan zaman saya sekolah tahun 90-an, dimana duluu juga ada kantin dan ada abang-abang jualan juga.

Berikut jajanan anak sekolah tempo dulu yang masih saya ingat :

🍧 Es Kepal Jadul

Kalau kini es kepal milo disajikan dalam wadah, jika dulu saat saya sekolah es kepal jadul ini dimana es batu diserut manual dimana tempat serutnya sudah berwana coklat kehitaman.

Lalu tangan abangnya dengan lihai maju mundur hingga serutan es terkumpul lalu dikepalkan dengan sekuat tenaga barulah disiram dengan sirup.

Ah kalau ingat sekarang rasanya pengen ngakak kok bisa dulu favorit banget suka es beginian wkwkwk. 

Masalah Hygiene nomer sekian nyang penting JAJAN :p 

🍬 Permen Gulali

Siapa nih penggemar jajanan ini? masih ingatkan jika yang request bentuk balon maka si gula panas ini akan ditiup langsung dari mulut abangnya?

Ah...zaman dulu saya tidak pernah berfikir jika jigong si abang tentu saja menempel pada si permen tapi Qadarullah saya sehat walafiat ges! 

🍧 Es Kue

Dulu saya nyebutnya engkue wkwk, harganya masih Rp 25,- dan favorit saya sejak kelas 1 SD.

Rasanyay tuh enak banget entah dimana kalau sekarang masih ada yang jual ga yah?

☕ Cilok

Dari zaman saya kecil, cilok sudah ada. Zaman saya kecil ciloknya dibandrol dengan harga Rp 100,- sudah free es jeruk.

Es jeruknya dimasukkan dalam tong biru dan rasanya sueger banget apalagi kalau pas udah kelar TPA beuh adem bingits.

🍫 Gonjing

Ini adalah jajanan khas di daerah saya sewaktu saya kecil. Gonjing namanya kalau sekarang saya temui dinamakan bandros.

Namun dulu gonjing yang saya tahu itu dibuat menggunakan kayu bakar lalu disiram dengan bumbu terasi. Maknyos sekali disajikan panas-panas.

Rp 100,- apa Rp 50,- gitu yah harga 1 gonjing, yang jelas sungguh enak dan murah. Dulu penjajanya adalah Lelaki tua yang sering saya panggil Aki. Mungkin sekarang sudah tiada karena zaman itu saja beliau udah sepuh banget.

Nah itu dia perbandingan jajanan anak sekolah kini dan anak sekolah zaman dulu. Kalau sekarang saya lihat dari sisi kebersihan juga bisa dijamin berbeda zaman saya dulu wkwk.

Tapi ya itu bersyukurnya meski kebersihannya diragukan alhamdulilah saya baik-baik saja.

Jangan lupa temans untuk mengajarkan anak juga berhemat dan menabung, alhamdulilah untuk Neyna sendiri masih bisa hemat dalam jajan. Apalagi kalau bekalnya sesuai request maka bisa dipastikan tak jajan.

Di rumah memang saya menyediakan aneka jajanan sehingga anak-anak tidak perlu keluar rumah tapi di sekolah sekarang Neyna saya bebaskan asalkan jajanan yang bersih.

***

Demikian temans yang bisa saya bagikan kali ini, adakah temans yang juga punya kenangan jajanan sekolah zaman dulu?

Boleh dong disharing :)

 


COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. Banyak yg aku belum pernah cobain jajanan mba herva yg dulu. Kayak Bandros, es kue 😄. Penasaran ih.

    Kalo aku Krn dulu lamanya di Aceh, jadi yg paling diinget, gulali, rujak jumblang 😄, atau es krim pake roti yg mirip es Singapura 1 dolar itu.

    Kalo skr, anak2ku untungnya ga suka jajan yg diluaran itu. Apalagi si adek gampang bgt sakit. Makanya aku prefer beliin mereka jajanan yg aku tahu udh bersih dan mereka bisa nikmatin di rumah mba

    BalasHapus
Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Nama

#Minion (Mommy Opinion),2,Advertorial,35,Assessment Center,3,Beauty,24,Blog Competition,71,Book Review,29,BPNChallenge,75,Breastfeeding,17,Featured,10,Food And Beverages,27,Giveaway,9,Healthy,47,Life Story,9,Lifestyle,91,Movie Review,17,My Experience,114,My Job,35,My Opini,50,Parenting,63,Pengetahuanku,10,PostTematik,41,Pribadiku,18,Product Review,92,Reportase,34,Seputar Psikologi,16,Travelling,38,Wifi Cepat & Internet Menyatukan Indonesia,1,
ltr
item
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger: Aneka Jajanan Anak Sekolah Masa Now Vs Masa Dulu
Aneka Jajanan Anak Sekolah Masa Now Vs Masa Dulu
Jajanan anak sekolah zaman now dan zaman dulu sudah jauh berbeda. Belakangan dilihat jika variatif jajanan masa kini bisa dikatakan jauh lebih bersih
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQBGYSS1Ey8Ohr1ePfnIp28LfuvSciYQiVPZkMXQG-bVb0l7ixmeAB0V-3HNtOed2oJIxEzulU91lfZIFlWUqE1B4o6W6EIZVkFekxdraPEA2_-3bim9Ab7hKLqcxpp4pcHsGaA3JPTARU144iSLSnK45OIHu8ORVFgeVMsMAAZ7htGqLX62FW9WC9/w640-h454/aneka%20jajanan%20anak%20sekolah%20zaman%20now(1).png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQBGYSS1Ey8Ohr1ePfnIp28LfuvSciYQiVPZkMXQG-bVb0l7ixmeAB0V-3HNtOed2oJIxEzulU91lfZIFlWUqE1B4o6W6EIZVkFekxdraPEA2_-3bim9Ab7hKLqcxpp4pcHsGaA3JPTARU144iSLSnK45OIHu8ORVFgeVMsMAAZ7htGqLX62FW9WC9/s72-w640-c-h454/aneka%20jajanan%20anak%20sekolah%20zaman%20now(1).png
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger
https://www.bundanameera.com/2022/12/jajanan-anak-sekolah-zaman-now-vs-dulu.html
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/2022/12/jajanan-anak-sekolah-zaman-now-vs-dulu.html
true
8935268786364384205
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content