Search

Tips Membeli Tanaman Hias Yang Aman Secara Online

Sejak pandemi ada banyak kegiatan positif yang lahir di rumah saya. Dari hobi bersepeda hingga sejak beberapa bulan lalu di rumah jadi rindang karena akang suami kini hobi bercocok tanam.

Kok bisa?

Jadi awal mulanya waktu itu akang suami pengen beli pohon mangga, saat itu kami sengaja mampir ke toko tanaman hias yang ada di Cimahi tepatnya di arah Pemkot Cimahi.

Baca yang ini juga : Tips Bersepeda Bareng Keluarga

Di sana memang banyak toko tanaman hias berjajar, kami memutuskan membeli pada salah satu toko tanaman yang letaknya berdekatan dengan penjual ikan. Yas berhubung bawa duo krucil jadi biar betah dan ga ajak pulang cepat saya putuskan untuk menawarkan membeli ikan hias dulu buat mereka.

Pada toko tersebut, banyak jenis tanaman hias bervariasi dari harga murah hingga mahal. Berhubung tujuan utama kami adalah mencari pohon mangga maka kami memutusan langsung menanyakan pohon mangga yang ada di sana.

Akang suami langsung tertarik pada salah satu pohon mangga yang sudah ada buahnya. Adalah Kiojay nama mangganya, mangga asal Thailand yang konon jika sudah layak petik satu buah mangga kisarannya bisa mencapai 1-2 kilogram beratnya.

Tanpa berlama-lama, akang suami langsung tawar menawar dan jadilah pohon mangga Kiojay kami beli. Saat akang suami memilih yang lain, saya melihat pohon lucu seperti pohon Palm bagus bentuknya yang ternyata bernama Sikas.

Akang suami pun tertarik dan langsung juga menawar harga padahal harga Sikas lumayan loh waktu itu akhirnya jatuh pada harga Rp 800.000,- dari harga penawaran Abah penjual sekitar Rp 1.100.000,- huah nangis kata suami mumpung lagi ada jadi mending langsung beli.

Wes bungkussss...

tips-beli-tanaman-online

Beli Tanaman Hias Online Lebih Murah

Dengan bentuk yang unik serta perawatan yang khusus agar tidak terserang hama putih, akang suami banyak belajar dari youtube dan akhirnya akang suami tertarik ke jenis tanaman lainnya.

Maka satu demi satu uang tabungan dibelikan tanaman hias lainnya seperti Monstera, Alocasia dan lain sebagainya temans bisa tengok akun IG tanaman kami @nameera_plantycoon monggo difollow yah *aih tetep ye..

Saya pun akhirnya menyukai tanaman hias tersebut, rumah kami yang tadinya gersang menjadi lumayan hijau sejak ada tanaman-tanaman tersebut.

Ada yang menarik nih temans, jadi hampir 80% tanaman hias di rumah itu merupakan hasil dari beli online loh!

Alasannya lebih milih online karena HARGA yang ditawarkan jauh lebih MURAH dong! berbeda dengan pembelian offline. Waktu itu sempat beli jenis Alocasia di pasar Antri harganya lumayan, dan sempat mampir ke toko tanaman hias di sekitar Baros harganya lumayan banget cuy!

Akhirnya coba beli tanaman hias secara online, namun temans ada tips nih biar beli tanaman hias yang aman secara online. 

Tips Membeli Tanaman Hias Yang Aman Secara Online 

Pertanyaannya apakah membeli tanaman hias secara online itu aman atau tidak? tenang temans seperti yang sudah saya sampaikan jika pengalaman saya dan akang suami hampir 80% tanaman di rumah belinya ONLINE..

So, berikut tips yang bisa temans bisa ikuti yah jika ingin beli tanaman secara online :

1. Kenali Tanaman Yang Akan Dibeli

Tujuannya adalah agar temans bisa mengenal bagian tanamannya sehingga bisa tahu daya tahan kekuatan tanamannya yah temans. Karena beli online pastinya menempuh jarak terlebih dahulu. Gimana cari tahunya? temans bisa dapatkan referensi dari google maupun youtube.

2. Pilih Online Shop Terpercaya

Demi keamanan, saya sarankan beli online dengan menggunakan marketplace karena dana akan disimpan dan baru diteruskan jika barang yang diterima dalam kondisi yang sesuai. 

Kejadian sama akang suami dimana sempat ditipu juga, beli tanaman apa yang dikirim tanaman murah *jahat* bersyukur sekali marketplace sebagai penghubung sehingga dananya bisa balik ke kantong deh.

3. Pilih Ekpedisi Pengiriman 

Dengan mengetahui daya tahan tanamannya, temans bisa pilih masa pengirimannya jadi bisa tahu estimasi tibanya. Jangan sampai nanti berhari-hari sampe akhirnya membuat tanaman stress dan mati uhuuhu...

Rugi banget dah kalau kayak gini, sebaiknya sih cari proses pengiriman yang estimasi tiba hanya dalam berapa jam sehingga pastinya membeli tanaman yang di dalam kota.

Lebih lengkapnya temans bisa tengok juga nih review langsung dari akang suami seputar tips aman membeli tanaman hias secara online yang sudah tayang di youtube :



Jangan lupa like, komen dan subscribe yah :p

***

Well, sekian yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bisa bermanfaat yah cerita seputar pengalaman membeli tanaman hias secara online.

Adakah temans punya pengalaman membeli tanaman online? kuy bisa saling cerita yah!

12 komentar

  1. Teman saya sering beli tanaman-tanaman hias lewat online. Seringnya kaktus sih. Dan emang dia belinya di marketplace. Karena agak khawatir juga. Namanya juga taneman. Ye kan.

    BalasHapus
  2. Saya beli tanaman online itu bisa diitung jari siy mbak itu juga pilih yang tahan air semacam sekulen gitu, biar lebih aman aku pastiin dulu pengiriman aman apa enggak, paling pertama kali kulihat siy testi orang² yang udah pernah beli gitu

    BalasHapus
  3. Wahhh jadi kepingin ngurusin tanaman lagi kayak waktu awal pandemi. Dan iya rata-rata tanaman yang saya beli dari online dan emang gambling sih. Harus pinter-pinter pilih sellernya.

    BalasHapus
  4. Kalo aku lebih suka beli tanaman online dari toko yang deket-deket aja.
    Ongkir gapapa agak mahal dikit pake gosend/grab, tapi tanaman lebih aman dan ga takut bakal layu di jalan.

    BalasHapus
  5. saya sempat kepincut juga nih untuk beli tanaman secara online, tapi ngebayangin keamanan pengiriman jadi urung lagi dah. Terus lahan juga sempit sih, jadi we nggak jadi. haha *alesan

    Emang harga olshop yang lebih ndlosor tu bikin kita ketagihan malah untuk beli beli lagi ya.

    BalasHapus
  6. Kegiatan menanam tanaman itu memang menyenangkan ya mba. Trus kalo mau beli tanaman secara online harus memilih penjual yang recommended pastinya. Termasuk soal packing harus paripurna, supaya tanaman bisa sampai dengan selamat tanpa kurang suatu apapun :)

    BalasHapus
  7. Beli tanaman hias via online memang harus diperhatikan bener-bener. Apalagi jenis tanamannya, ya. Jangan sampai, beli tanaman yang riskan, terus pas dikirim rusak. Nangislaaah...

    BalasHapus
  8. Saya belum pernah sih beli tanaman online soalnya nggak bakat berkebun. Tapi ada teman di kantor yang juga suka tanaman hias dia bahkan sampai ikut lelang segala buat dapat tanaman hias

    BalasHapus
  9. sekarang semuanya bisa dibeli secara online ya mbak
    Termasuk beli tanaman hias pun bisa dilakukan secara online
    Asalkan pilih penjual dan jasa pengiriman yang terpercaya ya mbak

    BalasHapus
  10. Amazing...
    Aku belum pernah beli tanaman hias via online. Soalnya selama ini ada Pak Kebun yang bantu di rumah dan kalau buuth apa-apa, tinggal minta tolong.

    Tapi taneman dirumah kami gak ada yang aneh euuii..
    Kan pengen punya tanaman unik dan sayur-sayur yang menghasilkan.
    **aku liat video teteh yang lagi panen sayur.
    Kereeenn bangettt..

    BalasHapus
  11. paling aman kalo beli tanaman di olshop kayaknya cuma kaktus ya mba, sebabnya takut ada overload pengiriman

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun