POSTS SLIDER

I'm writing about...

7 Hal Penting Yang Wajib Ditanyakan Sebelum Sewa Apartemen

Sekarang ini pilihan sewa apartemen semakin menarik karena menawarkan fasilitas oke dengan harga yang bersaing jika dibandingkan dengan sewa kost eksklusif. Apalagi, di kota-kota besar yang punya banyak pilihan dengan range harga sewa apartemen yang bervariasi. 

Jika tertarik untuk sewa apartemen, ada banyak situs property yang bisa gunakan untuk mencarinya. Contohnya saja www.99.co/id yang memungkinkan menyewa apartemen dimana saja baik secara harian, bulanan, ataupun tahunan.

Tapi, sudahkah tahu hal-hal apa saja yang perlu ditanyakan pada pemilik sebelum setuju untuk sewa apartemen itu? Agar tak ada kesalahpahaman di kemudian hari, simak 7 hal penting yang wajib ditanyakan sedari awal ini, ya!

Kiat memilih apartemen, tips memilih apartemen, hal yang perlu dipertimbangkan sebelum sewa apartemen, bolehkah membawa kucin ke apartemen?


7 Hal Penting Yang Wajib Ditanyakan Sebelum Sewa Apartemen

     1.   Apa boleh mendekorasi apartemen yang disewa?

Berbeda dengan kost, sewa apartemen biasanya memiliki peraturan yang lebih ketat untuk masalah dekorasi ruangan. Itulah mengapa hal ini menjadi penting untuk ditanyakan ketika kamu ingin sewa apartemen. Apalagi, jika kamu punya jiwa seni yang tinggi dan hobi dengan desain interior.

Ada beberapa kemungkinan jawaban jika menanyakan hal ini. Yang pertama, boleh mengubah atau mendekorasi ruangan apartemen, namun semua harus kembali sesuai aslinya saat kontrak sewa apartemen selesai.

Kedua, tidak boleh sama sekali melakukan perubahan pada ruangan apartemen. Dan yang ketiga, diperbolehkan mendekorasi selama ada persetujuan terlebih dahulu dari pemilik apartemen. Itulah mengapa klausa ini harus jelas ditanyakan sebelum kamu sewa apartemen.

Jangan sampai, terkena penalty, didenda, atau kehilangan deposit jika mendekorasi ruangan dan menyalahi aturan sewa apartemen yang berlaku.

 

     2.   Apa boleh membawa hewan peliharaan?

Pertanyaan yang paling umum ditanyakan sebelum sewa apartemen yang kedua adalah soal binatang peliharaan. Meskipun gedung apartemen tidak memiliki peraturan khusus mengenai hewan peliharaan, bisa jadi pemilik unit apartemen yang kamu sewa punya aturan tersendiri.

Jadi, lebih baik jika sedari awal bertanya soal boleh tidaknya membawa hewan peliharaan. Jika memang boleh, tanyakan juga apakah ada pengecualian tertentu atau syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi.

Misalnya, beberapa aturan hewan peliharaan di apartemen yang memperbolehkan hewan peliharaan dengan ukuran kecil seperti kucing dan anjing-anjing jenis tertentu.


Kiat memilih apartemen, tips memilih apartemen, hal yang perlu dipertimbangkan sebelum sewa apartemen, bolehkah membawa kucin ke apartemen?

 
3.   Apakah lahan parkir apartemen tersedia?

Persoalan parkir juga tidak kalah penting untuk ditanyakan. Apalagi, untuk yang punya kendaraan pribadi. Bahkan, lebih baik untuk langsung menuju lokasi untuk mellihat lahan parkir apartemen ini. Pastikan juga mengeceknya ketika malam hari, karena saat siang hari, tentu saja parkir akan terlihat lebih kosong.

Bisa jadi kontrak sewa apartemen ini juga termasuk spot parkir yang terjamin untuk penghuni, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat parkir saat malam hari. Meski terdengar remeh, pastikan menanyakan hal ini, ya! 

4.   Bagaimana jika fasilitas sewa apartemen rusak?


Ini juga sangat penting untuk ditanyakan sebelum sewa apartemen. Karena status sebagai penyewa, harus jelas bagaimana aturan yang berlaku jika nanti ada fasilitas apartemen yang rusak. Meskipun semua fasilitas baik-baik saja saat awal sewa apartemen, banyak hal yang bisa terjadi di kemudian hari.

Jika ada kerusakan yang sifatnya bukan human error, siapa yang harus menanggung perbaikannya? Apakah kamu sendiri? Atau full ditanggung oleh pemilik apartemen? Atau akan ada pembagian biaya? Semua ini perlu jelas tertulis dalam kontrak sewa apartemen agar tidak menimbulkan permasalahan nantinya.

Kiat memilih apartemen, tips memilih apartemen, hal yang perlu dipertimbangkan sebelum sewa apartemen, bolehkah membawa kucin ke apartemen?

     5.   Biaya sewa apartemen termasuk apa saja?

Masih berhubungan dengan masalah uang, hal ini juga penting untuk kamu tanyakan sebelum sewa apartemen. Harus jelas apa saja yang termasuk kedalam biaya sewa yang kamu bayarkan. Terkadang, pemilik menyodorkan harga sewa yang sudah mencakup semuanya dari listrik, air, parkir, dan lain-lain.

Namun, ada juga harga sewa apartemen yang belum termasuk apa-apa kecuali harga sewa unit. Jika seperti ini, kamu jadi bisa mengira-ngira lagi berapa total biaya sewa yang harus keluarkan setiap bulannya setelah ditambah biaya operasional yang lain. 


     6.   Apakah harga sewa apartemen akan terus naik?

Berbeda dengan sewa kost, kemungkinan harga sewa apartemen naik lebih besar. Dalam banyak kasus, ketika akan memperbaharui kontrak sewa apartemen atau memperpanjangnya, harga sewa akan naik. 

Ini penting ditanyakan sebelum pembuatan kontrak sewa untuk menghindari kesalahpahaman atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. Jangan sampai, harus angkat kaki dari apartemen karena merasa harga sewanya naik terlalu tinggi.

Biasanya,harga sewa apartemen sendiri kenaikannya sebesar 5-10%. Pastikan tahu soal aturan kenaikan harga ini sedari awal agar tidak kaget, ya!

      7.   Bagaimana tentang biaya deposit sewa apartemen?

Sewa apartemen umumnya memerlukan deposit. Penting untuk mengetahui dengan jelas perihal ini sebelum membuat kontrak sewa. Besaran deposit yang dibutuhkan juga bermacam-macam. Biasanya, deposit yang dibutuhkan sebesar harga sewa satu bulan.

Selain perihal nominal, tanyakan juga aturan mengenai deposit sewa apartemen ini. Misalnya, keadaan apa saja yang membuat kamu akan kehilangan deposit? Misalnya, apakah deposit akan hilang jika ada kerusakan fasilitas apartemen yang disebabkan kesalahan penghuni?

Kerusakan apa saja yang membuat deposit hangus? Apa yang tidak termasuk kategori kerusakan fasilitas? Masih banyak pertanyaan mengenai deposit ini yang bisa kamu gali dan pahami sebelum menyewa apartemen.

Jangan sampai, menyesal di kemudian hari karena merasa ditipu. Mau sekecil apapun nominal deposit yang diserahkan, jika ternyata deposit itu hilang karena hal-hal yang tidak jelas, akan kesal, bukan?
***
Itu dia beberapa pertanyaan penting yang harus temans telusuri sebelum sewa apartemen. Semoga artikel ini membantu temans menemukan apartemen yang paling sesuai, ya!



Komentar

  1. Thanks for your sharing 😊

    BalasHapus
  2. bener teh jaman kayak gini, deposit kecil juga kalau hilang tu nyesek rasanya :(

    BalasHapus
  3. Makasih loh kak infonya sangat membantu, soalnya suatu saat kalau ingin sewa bisa tau apa aja yang wajib ditanyakan soalnya kan nggak pernah nyewa sebelumnya jadi nggak berpengalaman deh

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya Mbak, jadi lebih tau tentang apartemen dan mana tau ntar kerja di kota besar, bisa jadi panduan nih saat mau nyewa apartemen.

    BalasHapus
  5. Kalau mau sewa apa saja yg biasa saya tanyakan ya harga segitu tuh udah termasuk apa saja?
    Pertanyaan standar sih hehehe...
    Tapi memang lebih baik banyak tanya sebelum deal. Biar gak nyesel kemudian kalau misal ada masalah

    BalasHapus
  6. Iya banget 7 hal itu penting ditanyakan, dan kulakukan waktu sewa apartemen buat kantor, khusus naro orang2 dari jakarta.
    Meski hanya 5 bulan, tapi tetep kudu jelas banget. Alhamdulillah puas karena emang buat office jadinya ga neko2.

    BalasHapus
  7. Sewa apartemen tentu lebih saklek drpd ngontrak rumah ya.

    Betul banget itu poin nomor 1 dan 2 wajib diketahui dan disepakati bersama.

    Pernah dulu tetangga di rumah kontrakan didenda gara-gara anaknya nyoret-nyoret tembok rumah.

    Itu di rumah kontrakan aja gt, apalagi di apartemen ya.

    BalasHapus
  8. Setuju harus banyak tanya. Saya pernah batal sewa karena dendanya gede aja kalau sampai ada kerusakan. Masalahnya saat itu mau aja keponakan untuk menginap. Tetapi, keponakan saya ini memang lumayan lincah anaknya. Jadi akhirnya saya gak mau ambil risiko

    BalasHapus
  9. Sebelum menyewa sesuatu, perlu cari tahu dulu banyak hal, ya. Perlu kritis supaya nggak menyesal di kemudian hari.

    BalasHapus
  10. Aku gak tau, ternyata kalau mau menyewa apartemen banyak juga detil yang mesti ditanyain ya. Maklum belum pernah nyewa nyewa apartemen gitu. Btw makasih infonya ya Mbaa :)

    BalasHapus
  11. Harus disimpen nih tipsnya. Meskipun belum ada kesempatn buat nyewa apartment tapi ntar mungkin aja anak-anak

    BalasHapus
  12. Info yang menarik sekali, karena saya belum punya pengalaman menyewa apartemen. Bisa dijadikan acuan jika suatu hari mau menyewa apartemen

    BalasHapus
  13. Rata-rata kalau sewa apartemen tidak membolehkan ya punya peliharaan. Tapi aku pernah diceritain temanku yang tinggal di apt Rasuna, dia punya kucing. Cuma ya tak pernah keluar apt gitu, di rumah aja ngendon males-malesan. :))

    BalasHapus
  14. Belum pernah sewa buat tinggal sih tapi kalau buat liburan pernah, jd kyknya gak sampai mindahin perabot, cuma mastiin aja bahwa tempatnya bersih dan kompor sama mesin cucinya nyala hehe :D

    BalasHapus
  15. Apartemen beda nggak sih sama rumah, soalnya aku kontrak juga di Kendal itu kalau rusak delalah dibenerin oleh yang punya rumah. Enak kalo gini ya Mba. Makasih tips pentingnya sebelum sewa apartemen Bund

    BalasHapus
  16. Nah ini juga jadi pertanyaan saya banget. Siapa tahu suatu saat punya apartemen haha. Amiiin.

    BalasHapus
  17. wah manfaat banget infonya nih kak. kadang ada beberapa hal yang skip diperhatikan saat ingin sewa apartemen. makasih yaa sharingnya.

    BalasHapus
  18. Dibandingkan dengan kosan, sewa apartemen memang memiliki aturan yang lebih ketat, tapi enaknya, kalau apartemen biasanya lebih homy,

    BalasHapus
  19. Dulu jaman kerja pertama kali nanya lahan parkir kalau mau sewa apartemen mbak. Di samping itu, soal harga menjadi penting karena seperti kosan yang akan naik setiap tahunnya.

    BalasHapus
  20. Iya,
    temenku tinggal di apartemen dekat Cihampelas. Emm, tempat parkirnya ga enakeun. Dia juag sudah bolak-balik bilang kalau mobil yang tinggal di apartemen harus diutamakan. Tapi ya masih gitu deeh...
    Harus teliti sebelum kontrak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun