Menu MPASI Praktis Buat Working Mom

Kamis, 18 Oktober 2018
Tak terasa Rayi sudah memasuki usia 6 bulan sejak 2 minggu lalu, artinya adalah ekstra time buat saya yang bekerja agar menyiapkan MPASI di pagi hari sebelum kerja.

Nambah lagi deh serentetan tugas saya sebagai mamak-mamak yang bekerja. Remvong ga sih?oh tentu saja!jangan ditanya betapa ribetnya hidup ananda Herva kalau sudah memasuki waktu subuh bagian Contong.

Tapi saya selalu memberikan sugesti positif bahwa saya mampu melewati serangkaian drama kumbara yang akan terjadi dipagi hari walau pada kenyataannya saya lalui selalu dengan suara nada tinggi, teriak-teriak kalahin toa mesjid, lari-lari bulak balik dapur - kamar kayaknya kalau balap sama Dik Zohri ya sebelas lima belaslah :D

menu-mpasi-praktis


Selain masak untuk bekal akang suami, buat bekal saya, (ciyeh sekarang mah bekel euy #2018 anak 2 mamak harus irits!), makan siang Neyna. Nambah lagi jobdesc saya sebagai mamak super buatin MPASI Rayi.

Waktu mau memasuki masa 6 bulan, saya sempat gelisah gimana ya nanti bisa apa ga komit untuk homemade MPASI dan mengulang kembali kesuksesan ((sukses bo!)) dalam menyediakan homemade MPASI buat Neyna.

Bersyukur banget sekarang informasi bertebaran dan sudah banyak juga yang aware dengan homemade MPASI meski jadi ibu bekerja.

Tapi ga semua info yang saya terima langsung saya praktekin yah, milih-milih juga sesuai kemampuan dan ketersediaan bahan serta alat yang ada dirumah.


Persiapan Untuk MPASI 6 bulan




Untuk membuat MPASI Rayi, berikut beberapa hal yang saya siapkan :

  • Peralatan MPASI

Saya masih simpan Slow Cooker merk Takahi bekas MPASI Neyna jadi ga perlu lagi deh beli untuk MPASI Rayi. Sementara untuk food processor saya ga punya, saat ini saya hanya mengandalkan saringan dan bejekan yang tersedia di set peralatan makan yang pernah diberikan sebagai hadiah (ga mau modal) LOL. 

Untuk menghaluskan selain bejek sendiri, saya masih mengandalkan blender saja. Ga perlu dibikin ribetlah so simple begicuh.

  • Bahan Pendukung MPASI

Saya stock Evoo dan unsalted butter yang saya beli online, 2 paket ini harganya dibandrol 100K lebih. Belum coba stock kaldu sama keju karena masih pengenalan dulu.
Udah itu aja yang saya siapin, bener-bener sederhana deh LOL.

Menu MPASI Praktis Ala Working Mom

Selagi menyusui dan masih terus berkutat dengan meng-ASI-hi yakni cuci breast pump so saya memutuskan untuk memilih beberapa menu MPASI yang praktis namun syarat cukup gizi untuk Rayi.

Beberapa menu MPASI praktis ala saya dari tanggal 04 oktober - 18 oktober 2018 :

  • Puree Pisang + ASIP ini adalah menu pertama yang Rayi coba
  • Puree Kabocha + ASIP
  • Puree Peer Hijau 
  • Puree Ubi + ASIP
  • Puree Pepaya
  • Puree Labu Siam
  • Puree Buah Naga
  • Tepung Beras Merah Organik (saya pake merk GASOL) + Kabocha +ASIP
  • Tepung beras merah + Pisang +ASIP
  • Tepung kacang hijau + ubi
  • Tepung beras merah + Brokoli + Tofu + 1 sendok teh Evoo + 1 sendok teh UB (unsalted Butter)
  • Tofu + Kentang  + 1 sendok teh Evoo + 1 sendok teh UB 
  • Tepung Beras Merah + Labu Siam
  • Telur + Daging Halus  + 1 sendok teh Evoo + 1 sendok teh UB 
  • Tepung beras merah + ASIP

*ga sempat difotoin satu-satu karena keremvongan haqiqi kalau pagi hari*

Gimana cara penyajiannya?

Untuk buah-buahan cukup saya bejek pake saringan, kalau pisang saya kerok pake sendok sedangkan untuk peer hijau saya kukus terlebih dahulu.

Sementara untuk bahan lainnya agar hemat waktu dan gas, biasanya saya kukus barengan saat saya masak nasi. Praktis kan?saya bisa sambi untuk memasak kebutuhan bekal dan sarapan. Praktis bukan?

Oh yah temans bahan-bahannya diberikan secukupnya yah jangan sampe mubazir!awal saya sajikan puree kabocha saya kukus setengah kabocha LOL. Ya kali Rayi perutnya karet kayak emaknya padahal kebutuhan makan Rayi belum banyak.

Jadi biar ga mubazir dikira-kira yah, kalau bikin beras merah juga saya hanya 1 1/2 sendok makan itu sudah cukup untuk makan Pagi + Sore. 

Apakah Rayi Suka?

Alhamdulilah semuanya dilahap habis tanpas drama kumbara, emang anaknya soleh banget sangat mengerti mamaknya yang kalau dah rivet pagi-pagi selalu berubah jadi Tyrex. Mungkin doi takut emaknya melotot kalau ga dimakan :D



Next menu yang akan saya sajikan adalah kukus buncis, jagung manis, ikan patin, keju jadi ga sabar pengen lihat Rayi makan itu semuanya.

FYI, kalau saya sendiri sebelum memberikan ke Rayi saya cobain dulu gimana rasanya karena menurut ahli gizi yang pas event blackmores bilang rasain dulu sendiri sebelum kasih ke anak LOL.

Dikasih makanan campur-campur kita aja enek apalagi bayi kan?makanya saya kasih menu yang saya juga suka. Kalau ga habis kan bisa saya makan LOL.

***

Sekian cerita saya untuk menu MPASI praktis ala ibu bekerja, kasih tau dong varian menu yang favorit teman sajikan buat MPASI apa saja?



mpasi-bayi-6-bulan
Teteh Neyna Suapin Rayi








67 komentar on "Menu MPASI Praktis Buat Working Mom"
  1. Hah gitu ya, harus dicobain duluk ma mamaknya, wkwkkkk, suka klupaan ngicip uda main sodorin sendok ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Nit, kucoba dulu kalau kata aku ga enak moso iya kukasihihn wkwkwkk

      Hapus
  2. Kujadi ingat film kartun dan bayi itu bilang, kamu gak tau rasanya jadi bayi, makan bubur, makan sayur, dll. Jadi ya kalau buat MPASI kudu nyobain juga. Kita gak doyan masa nyuruh anak makan. Kan gak lucu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya makanya aku juga cobain dulu utamanya kalau ga abis bisa ku makan wkwkwk jadi ga mubazir

      Hapus
  3. Banyak juga nih menu MPASI-nya Rayi. Saya jadi kepikiran nanti gimana ya saya kalau sudah punya anak, iya, pasti akan mengalami hal kerempongan yang seperti Mba Herva dan emak-emak lain pada umumnya.
    Dan ya, soal bawa bekal ke kantor, saya aja yang belum punya anak kadang bawa, Mbak. Ya gitu, alasan simple, hemat. Itu kalau saya lagi waras dan pagi-pagi nyempetin masak, kalau enggak ya, ya sudahlah, di kantin kantor banyak makanan, terus ada abang-abang gofood yang bisa membantu, hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk bener kalau lagi ga bekel berdayakan mamanng go food mb Er

      Hapus
  4. Semnagat mpasi bunda, semoga rayi makin lahap makan yah, salut deh sama working mom btw jadi inget masa awal2 nyuapin GenπŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin moga aku juga konsist tetap homemade :)

      Hapus
  5. Anakku dulu doyannya buah naga buat cemilannya. Kalau makanan pokok, doyannya ikan bawal :D

    Mba, aku aja yg fulltime mom rempong banget nyiapin MPASI homemade, apalagi working mom yg harus pinter2 ngatur waktu. Semoga lancar ya MPASI homemadenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin lancar dan suka dengan menunya hahaha

      Hapus
  6. Menunya enak dan bervariasi. Rejeki Mamanya kalau nggak habis dimakan Rayi hehe

    BalasHapus
  7. Aku pun dulu ngincipi menu MPASI sebelum kukasih ke anakku. Kalo aku sampe nyengir, berarti rasanya kurang pas. Jadi besoknya mesti ada yang ditambahkan atau dikurangi. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba lah kok kita aja ga doyan kenapa maksain ke anak hehhehe

      Hapus
  8. Pasti banyak yang cari informasi soal ini. Termasuk saya dulu sering bingung soal MPASI. Kalau ada artikel seperti ini jadi terbantu.

    BalasHapus
  9. Bundanya Rayi hebat ya, siap sedia menyajikan mpasi untuk buah hati. Sehat sehat selalu ya dedek Rayi dan Teteh Neyna, biar bunda bisa ayem setiap kali sedang bekerja.

    BalasHapus
  10. Saya kalo baca2 resep suka nemu Evoo. Itu apaan sih mbaaak?

    Duh, daku kudet banget soal urusan dapur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba extra virgin olive oil (EVOO) adalah salah satu bahan makanan yang sangat bagus untuk kesehatan bayi. Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal – lemak menguntungkan yang dalam jangka panjang membantu menurunkan kolesterol 'buruk' dan meningkatkan kolesterol 'baik'demikian mba xixixi

      Hapus
  11. Menu MPAsinya enak dan bervariasi, bakalan suka ni anaknya.

    BalasHapus
  12. Seneng ya mbak kalau sekali suap langsung lahap gitu. Saya melewatkan momen2 itu, karna si adek langsung muntah (makan sesuap muntahnya banyak) kalau dikasih mp asi.

    Sekarang udah 13 bulan, baru sebulanan Tak kasih menu keluarga diblender. Lumayan, sudah ga muntah lagi meskipun masih susah makannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kenapa mba?semoga sehat2 selalu adek :)

      Hapus
  13. Wah Rayi udah makan, nyaaammm selamat makan ganteng :)

    BalasHapus
  14. Mantap Mbak, tetap ngASI. Semoga sehat selalu, ASInya lancar, Mbak dan dedeknya sehat selalu yaa :*

    BalasHapus
  15. Rayi makan yang banyak ya Rayi. BIar makin cepet gede trus kuat dan sehat. Bunda semangat juga untuk menyediakan MPASI yang tepat dan lezat untuk Rayi. Ingat, jangan lupa diincip dulu ya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ummi kalau aku pingsan berarti ga enak wkwkwk

      Hapus
  16. Wuih jadi inget masa-masa kasih MPASI, kalau dulu pas MPASI anak-anak aku males bikin bubur halus, jadinya aku kasih finger food gitu, biar diemut-emut hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah aku ga berani kasih finger food takut kelolodan teh

      Hapus
  17. Jempoool utk mamahnya Rayi... Bisa dicontek nih menu2 MPASInya bagi yg juga punya baby seumuran Rayi

    BalasHapus
  18. Wah jadi ingat masa2 MPASI lina anak saya. Penuh perjuangan juga. Semangat, Mbak. Rayi pasti seneng deh klo bundanya kreatif bikin menu MPASI nya 😍

    BalasHapus
  19. Salut sama teteh Bella meuni rajin pisan, hihi aku nggak sanggup kayaknya bagi waktunya

    BalasHapus
  20. Reminder nih buat ntar kalo punya anak lagi. Soalnya yang anak pertama kemarin salah nerapin MPASInya. Walhasil kena sembelit deh dianya.

    BalasHapus
  21. Wkwkw jadi salfok sama meme adik Laki2nya,

    MPASI kayaknya cocok banget buat aku yang gak mw ribet di dapur nih, tapi belum jadi ibu-ibu 😁 kayaknya seru yah jadi ibu-ibu sambil ngeblog 😍 thanks sharingnya kak

    BalasHapus
  22. Kalau saya spy praktis menu mpasinya sm ky menu keluarga, cuma beda tekstur & bumbu aja... Misal menu keluarganya sayur asem + tahu goreng + ikan goreng... Menu mpasinya jd labu kukus + tahu kukus + ikan panggang terus disaring deh :D

    BalasHapus
  23. Membaca postingan ini jadi teringat masa2 memiliki tugas2 yg dimiliki oleh Herva nih, semuanya sama. Eeiits ada sih yg beda yaitu nyuPinnya gak kayak gitu-gifu amat kLi, hahaha...#becanda

    BalasHapus
  24. Nah, totally agree pas di bagian ini:

    "... kalau saya sendiri sebelum memberikan ke Rayi saya cobain dulu gimana rasanya karena menurut ahli gizi yang pas event blackmores bilang rasain dulu sendiri sebelum kasih ke anak!"

    Kalau kita aja ga doyan, apalagi anak ya, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes mba ni pesan dari ahli gizi juga

      Hapus
  25. Keren mbak, bisa konsisten memberi MPASI homemade pada anak. Jadi inget masa2 ngasi MPASI untuk anak2 dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga semangat dan kreatif dlm penyajiannya hehhee

      Hapus
  26. Haha..jadi inget juga. Dulu saya juga suka ngerebusin telor dan kentang sekalian masak nasi wekekeke

    BalasHapus
  27. harus dirasain dulu makannya sebelum dikasih bayi, kalau kita aj amerasa gak enak jangan paksa bayinya ya:)
    kasih makan MPASI aku udah berlalu lama mbak

    BalasHapus
  28. Lhaa.. mama Bella rajiin pissan euuii...
    Aku yang ga kerja aja kerasya ribetnya nyiapin MPASI.

    Jadi aku #timBLW hiihii..
    BLW awal pake pisang, lanjut ke buah-buahan yang banyak airnya kaya melon.

    Alhamdulillah...
    Lewat masa BLW, buah jadi gak asing di lidah anak.

    BalasHapus
  29. Kalo anaknya suka makan sih asik banget yaaa.Anakku dulu sukanya ASI aja jadi susah ngasih MPASI wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya asik banget anaknya lup lep makannya mba

      Hapus
  30. Wahhh baby Rayi udah makan MPASI ajah nih, udah semakin besar dan ganteng :*

    Senang yaa kalo bayi kita lahap makannya, Mba. Mama gak stres jadinya mikirin anak yang susah makan :)

    Sehat selalu Rayi, sayang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alahmdulilah iya mba makasih banyak mb Ira

      Hapus
  31. Akuh juga suka mpasi praktis. Hanya lebih banyak makai peralatan manual dan old kayak disaring diparut hehehe

    BalasHapus
  32. Masa MPASI itu nano2. Kebanyakan emak seneng dan ga sabar belanja printilannya, tapi trus galau kalau si kecil GTM hihi. Saya juga mengalami.

    BalasHapus
  33. Lihat menu MPASI kok mupeng, kayak enak banget MBa. Jadi pengen cepet punya momongan.

    BalasHapus
  34. Saya masih kesusahan nyari tekstur yg tepat mba, huhu. Hasan baru 3 hari ini mpasi. Klo ngga banjir pasti kyak mau muntah terus, hiks.. Jadi klo pk saringan kawat dianya ngga mau..

    BalasHapus
  35. Wah bagus tulisannya mbak. Moga banyak working mom yang menemukan tulisan ini ya. Bisa jd panduan buat makan babynya hehhe

    BalasHapus
  36. Wah, ini sih gak cuma praktis buat working mom, buat emak fulltime juga bisa.

    BalasHapus
  37. Wah, ini sih gak cuma praktis buat working mom, buat emak fulltime juga bisa.

    BalasHapus
  38. Bikin makanan sendiri buat si kecil ini rada2 susah kalo aq wkwkwk... Dulu pas anak masih 1 rajin banget, sekarang rada2 males pas anak ada 2. Suka direcoki nih sm kakanya

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Auto Post Signature

Auto Post  Signature