Search

Menu MPASI Praktis Buat Working Mom

Tak terasa Rayi sudah memasuki usia 6 bulan sejak 2 minggu lalu, artinya adalah ekstra time buat saya yang bekerja agar menyiapkan MPASI di pagi hari sebelum kerja.

Nambah lagi deh serentetan tugas saya sebagai mamak-mamak yang bekerja. Remvong ga sih? oh tentu saja!jangan ditanya betapa ribetnya hidup ananda Herva kalau sudah memasuki waktu subuh bagian Contong. Dan ini tantangan 

Tapi saya selalu memberikan sugesti positif bahwa saya mampu melewati serangkaian drama kumbara yang akan terjadi dipagi hari walau pada kenyataannya saya lalui selalu dengan suara nada tinggi, teriak-teriak kalahin toa mesjid, lari-lari bulak balik dapur - kamar kayaknya kalau balap sama Dik Zohri ya sebelas lima belaslah :D

menu-mpasi-praktis, Evoo untuk bayi dan unsalted butter Elle Vire, Peralatan MPASI Working Mom, Menu MPASI Praktis Buat Working Mom,  menyiapkan MPASI , manajemen mpasi working mom, mpasi 6 bulan pertama terbaik, solusi mpasi ibu bekerja


Selain masak untuk bekal akang suami, buat bekal saya, (ciyeh sekarang mah bekel euy #2018 anak 2 mamak harus irits!), makan siang Neyna. Nambah lagi jobdesc saya sebagai mamak super buatin MPASI Rayi.

Waktu mau memasuki masa 6 bulan, saya sempat gelisah gimana ya nanti bisa apa ga komit untuk homemade MPASI dan mengulang kembali kesuksesan ((sukses bo!)) dalam menyediakan homemade MPASI buat Neyna.

Bersyukur banget sekarang informasi bertebaran dan sudah banyak juga yang aware dengan homemade MPASI meski jadi ibu bekerja.

Tapi ga semua info yang saya terima langsung saya praktekin yah, milih-milih juga sesuai kemampuan dan ketersediaan bahan serta alat yang ada dirumah.


Persiapan Untuk MPASI 6 bulan Pertama Terbaik




Untuk membuat MPASI Rayi, berikut beberapa hal yang saya siapkan :

Saya masih simpan Slow Cooker merk Takahi bekas MPASI Neyna jadi ga perlu lagi deh beli untuk MPASI Rayi. Bagi saya slow cooker ini solusi mpasi ibu bekerja deh. Sementara untuk food processor saya ga punya, saat ini saya hanya mengandalkan saringan dan bejekan yang tersedia di set peralatan makan yang pernah diberikan sebagai hadiah (ga mau modal) LOL. 

Untuk menghaluskan selain bejek sendiri, saya masih mengandalkan blender saja. Ga perlu dibikin ribetlah so simple begicuh.

  • Bahan Pendukung MPASI

Saya stock Evoo untuk bayi dan unsalted butter Elle Vire yang saya beli online, 2 paket ini harganya dibandrol 100K lebih. Belum coba stock kaldu sama keju karena masih pengenalan dulu.
Udah itu aja yang saya siapin, bener-bener sederhana deh LOL.

Resep MPASI 6 Bulan

Selagi menyusui dan masih terus berkutat dengan meng-ASI-hi yakni cuci breast pump so saya memutuskan untuk memilih beberapa menu MPASI yang praktis namun syarat cukup gizi untuk Rayi.

Beberapa menu MPASI praktis ala saya dari tanggal 04 oktober - 18 oktober 2018 :

  • Puree Pisang + ASIP ini adalah menu pertama yang Rayi coba
  • Puree Kabocha + ASIP
  • Puree Peer Hijau 
  • Puree Ubi + ASIP
  • Puree Pepaya
  • Puree Labu Siam
  • Puree Buah Naga
  • Tepung Beras Merah Organik (saya pake merk GASOL) + Kabocha +ASIP
  • Tepung beras merah + Pisang +ASIP
  • Tepung kacang hijau + ubi
  • Tepung beras merah + Brokoli + Tofu + 1 sendok teh Evoo + 1 sendok teh UB (unsalted Butter)
  • Tofu + Kentang  + 1 sendok teh Evoo + 1 sendok teh UB 
  • Tepung Beras Merah + Labu Siam
  • Telur + Daging Halus  + 1 sendok teh Evoo + 1 sendok teh UB 
  • Tepung beras merah + ASIP

*ga sempat difotoin satu-satu karena keremvongan haqiqi kalau pagi hari*

Gimana cara penyajiannya?

Untuk buah-buahan cukup saya bejek pake saringan, kalau pisang saya kerok pake sendok sedangkan untuk peer hijau saya kukus terlebih dahulu.

Sementara untuk bahan lainnya agar hemat waktu dan gas, biasanya saya kukus barengan saat saya masak nasi. Praktis kan?saya bisa sambi untuk memasak kebutuhan bekal dan sarapan. Praktis bukan?

Oh yah temans bahan-bahannya diberikan secukupnya yah jangan sampe mubazir!awal saya sajikan puree kabocha saya kukus setengah kabocha LOL. Ya kali Rayi perutnya karet kayak emaknya padahal kebutuhan makan Rayi belum banyak.

Jadi biar ga mubazir dikira-kira yah, kalau bikin beras merah juga saya hanya 1 1/2 sendok makan itu sudah cukup untuk makan Pagi + Sore. 

Apakah Rayi Suka?

Alhamdulilah semuanya dilahap habis tanpas drama kumbara, emang anaknya soleh banget sangat mengerti mamaknya yang kalau dah rivet pagi-pagi selalu berubah jadi Tyrex. Mungkin doi takut emaknya melotot kalau ga dimakan :D

Next menu yang akan saya sajikan adalah kukus buncis, jagung manis, ikan patin, keju jadi ga sabar pengen lihat Rayi makan itu semuanya.

FYI, kalau saya sendiri sebelum memberikan ke Rayi saya cobain dulu gimana rasanya karena menurut ahli gizi yang pas event blackmores bilang rasain dulu sendiri sebelum kasih ke anak LOL.

Dikasih makanan campur-campur kita aja enek apalagi bayi kan?makanya saya kasih menu yang saya juga suka. Kalau ga habis kan bisa saya makan LOL.

***

Sekian cerita saya untuk menu MPASI praktis ala ibu bekerja, kasih tau dong varian menu yang favorit teman sajikan buat MPASI apa saja?



mpasi-bayi-6-bulan,Evoo untuk bayi dan unsalted butter Elle Vire, Peralatan MPASI Working Mom, Menu MPASI Praktis Buat Working Mom,  menyiapkan MPASI , manajemen mpasi working mom, mpasi 6 bulan pertama terbaik, solusi mpasi ibu bekerja
Teteh Neyna Suapin Rayi








Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun