Beberapa Hal Yang Saya Temui Ketika Naik Angkot

Rabu, 25 April 2018
Halo temans, siapa yang suka naik angkot?saya rasa semua pernah yah jadi angkoters. Naik angkot sendiri sudah saya lakukan sejak SD kelas 5 kalau tak salah ingat hehehe. Bagi saya naik angkot itu seperti uji nyali, kalau tayangan uji nyali apesnya ketemu setan! kalau naik angkot gimana?banyak yang bisa saya temui loh.

Kali pertama naik angkot sendiri ke SMP itu bikin saya diketawain seisi angkot, pasalnya saya takut dibawa kabur mang angkot makanya saya hanya fokus melihat jendela ke sisi kiri dan berharap segera plank bertuliskan SMPN 3 muncul.

Tak lama setelah saya melihat plank bertuliskan SMPN 3 saya ketukkan duit logaman yang ada digenggaman tangan ke jendela karena saya malu mau bilang kiri 😜. Cepat-cepat saya turun dan lupa memberikan ongkosnya sampe beberapa langkah kemudian saya balik lagi setengah berlari memberikan ongkos kepada mang supir yang hampir copot bola matanya. Dulu seingat saya bayar angkot cuman Rp 150 dengan jarak yang lumayan. *murah yah* kalau sekarang sih udah mahil.

Begitulah kisah pertama naik angkot yang masih terukir dalam ingatan saya, setelah itu jadilah saya #teamAngkoters. Naik angkot tak hanya sekedar memudahkan saya untuk bisa sampai ke satu tujuan tempat yang saya mau akan tetapi lebih dari itu meninggalkan banyak hal yang bisa saya jadikan pengalaman dan ingin saya share kali ini.



Apa sajakah hal yang saya temui selama naik angkot?

🚌 Kategori Supir 🚌

Semasa menjadi angkoters seringkali saya mendapati beberapa tipe supir angkot diantaranya ;

👨 Supir Pikarunyaeun 

Jadi saya pernah naik angkot dimana supirnya dekil, udah tua. Pagi itu saya lupa mau kemana dan bapak supir isi bensin dulu lalu sesampainya di pom bensin, ia menghitung lembaran duit lecek Rp 2000 dan ternyata belum mencukupi buat beli bensin. Dengan sopannya ia meminta saya untuk membayar ongkos dimuka agar bisa beli bensin.

"maaf ya neng, bapak minta ongkos duluan biar bisa beli bensin dan bisa narik hari ini" ucap bapak supir. Saya jadi speechless, kalau ketemu supir begini jadi pengen ngangkot terus pake angkot si bapak.

👨 Supir Ugal-ugalan

Saya pernah mau ke daerah pasir koja gitu agak lupa, sebagai angkoters dulu saya itu demen banget duduk paling pojok lalu senderan dan tidur. Entah apa yang merasuki si mamang supir bawa angkotnya ga pake rem saya kepental sampe goleran dilantai angkot. Beruntungnya penumpangnya tinggal saya doang da si mamang angkot ngakak liat saya jatoh *astagfirullah*.

👨 Supir Darting

Pernah juga nemuin mamang angkot dikit-dikit marah bari ngelakson tea terus ngomel-ngomel aja sepanjang jalan. Ya ampun sakit kuping dengernya saya mah, kalau penumpang lelet turun atau naiknya dia ngomelin. Apalagi kalau ada yang bayar ongkosnya kurang wuih merepet terus dah tuh si abang. Entahlah si mamang doyan garem kali atau emang uda galak dari sononya.

👨 Supir Suka Ngetem 

Dan yang paling sakses bikin saya bawa batu kecil dalam perjalanan itu karena nemuin mamang angkot yang doyannya NGETEM. Yang jalannya ngalahin Syahrini maju - mundur terus aja begitu sampe pernah nih saya ketiduran dan bangun masih ditempat saya naik. Kuingin berkata kasar apalagi kalau dah kebelet banget wkwk..

🚌 Kategori Penumpang 🚌

Dan untuk kategori penumpang, saya pernah menemui penumpang macam begini :

👱 Penumpang Rese

Tau kan yah slogan angkot 4-6 untuk kursinya?nah seringkali saya nemuin yang kalau duduk ga mau geser, kekeh banget diem ga melihat kerempongan penumpang lain eh giliran keinjek melotot dah kek apaan tau KZL dah nemu yang begini. Pernah juga saya uda diposisi pojok ada yang rempong dan akhirnya kaki saya diinjek sampe merah dan dia samsek ga minta maaf. Rese kan?

👱 Penumpang Mesum

Waktu itu saya mau ke MOI, pas naik angkot apes banget harus depan-depanan sama om-om tengil. Saking penuhnya jadi bagian tengah angkot sama si abangnya dikasih kursi lagi. Tuh si om mepet-mepet terus dan aksinya yang bikin mual pake nulis di HP dy segala panjang x lebar gombal recehan kesel banget pokoknya. Tapi itu ga separah waktu saya naik bis.

Saya pernah naik bis Agramas dari Bekasi hendak ke Cikokol kantor saya yang dulu. Berhubung dari rumah abis solat subuh, jadi saya suka tidur di bis. Biasanya aman dengan tas gemblok saya peluk didada. 

Satu kali ketika saya tidur, tiba-tiba ada tangan yang nempel dipaha, saya terbangun dan shock karena itu tangan laki-laki yang duduk disebelah saya. Waktu itu tiba-tiba mulut saya terkunci dan susah banget buat teriak, saya cuma bisa melotot dan laki-laki itu langsung turun. Saya nangis saat itu juga, makanya kalau ada yang dilecehkan lalu netizen bilang kenapa ga teriak sih?emang kondisinya karena shock jadi kayak blocking gitu otak. 

Temans sumvah itu saya kesel karena harusnya tuh orang bisa bonyok secara penumpang Agramas penuh gitu. Pokoknya hati-hati ya temans!jangan sampe kejadian seperti saya.

👱 Penumpang Berisik

Paling ga demen naik angkot pas nyang naik anak-anak sekulah segerombolan lalu di angkot ngobrol dan bahasanya keluar semua isi kebon binatang, deuh kuping pengeng dengernya pokok'e malesin kalau nemu penumpang berisik utamanya sih saya ga bisa bobo syantiek di angkot.

👱 Penumpang GTD

Iya tipe penumpang ga tahu diri adalah udah penuh dalam angkot lah dia nyalain rokok onde mandeh pernah saya akting batuk tapi tuh anak muda bener-bener kagak peka alias lempeng aja. Padahal dalam angkot juga ada anak bayi, bahkan saya sampe ngomel dan colek tuh orang. Reaksinya adalah pas dia turun dia bilang ga usah naik mobil umum kalau ga mau kena rokok. Pengen bet sleding tuh palanya 😡.

***
Selain ketemu tipe supir dan penumpang yang unik, saya pernah juga hampir kecopetan jadi ceritanya ada bapak-bapak naik dia duduk sebelah saya. Waktu itu saya masih SMA, padahal selama di angkot saya ga keluarin HP. HP saya simpen di saku tas bagian depan.

Tiba-tiba tuh si bapak-bapak akting mual dengan kaki kiri yang berdampingan dekat saya diselonjorin ke depan. Saya kok curiga lalu saya pegang tas dan benar aja saku depan resleting dah melongo tapi HP masih ada. Saya langsung turun aja meski bukan di tempat tujuan.

Pokoknya naik angkot emang banyak sekali kejutan yang saya temui dan pengalaman yang akhirnya bisa buat saya banyak belajar. Belajar sabar saat angkot ngetem, belajar ikhlas saat duduk di kursi 4 dan sebelahan sama ibu-ibu yang bodynya aduhai lalu saya kebagian duduk seupil, belajar menghargai untuk tidak melakukan hal yang bikin penumpang lain ga nyaman, belajar untuk jujur takkala uang di dompet kurang buat bayar, jangan sampe bayar sambil lari hahaha karena saya pernah lakuin itu maaf yah mang angkot dulu keur zaman kuliah mah kudu irit 😆.

Demikian kisah saya sebagai ANGKOTERS, temans punya pengalaman serupa?sharing yuks 💋

Tulisan ini sebagai Respon Trigger #KEBloggingCollab dari kelompok Najwa Shihab yang ditulis oeh Idah Ceris.
Baca Juga Punya Ketua Kelompok Rini Soemarno 5 hal ketidakjujuran ketika naik angkot

52 komentar on "Beberapa Hal Yang Saya Temui Ketika Naik Angkot"
  1. KAMUH LUTJU MAK !!! EL O EL (capslock jebol)

    pengalaman paling konyol naik angkot waktu SMP, pertama kali banget naik angkot waktu pulang dari acara ultah temen, supir telat jemput, aku sok aja naik angkot yg lewat depan rumah temenku ... setelah naik, pede dong itu angkot bakalan lewat komplek rumahku juga, ternyata udah muterin 2x aku salah naik angkot ... akhirnya turun di depan rumah temenku trus ceurik hahahaha

    endingnya, tetep dijemput supir sama ibuku

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang bu aya, aku ga direkrut jadi asisten sule wkwkwk

      Hapus
  2. Hahaha... iya nih kalau naik angkot ada aja sih ketemu yang beginian:)))

    Nah itu yang tipe GTD ngerokok di dalam angkot itu yang nyebelin sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang mba pengen mites yang ngerokok diangkot

      Hapus
  3. Ya ampun serem banget. Saking kagetnya sampe mulut terkunci dan ga bisa ngapa2in. Semoga ga terulang lagi, Teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh da sekarang uda jarang nek angkot hehehe

      Hapus
  4. Kalo pengalamanku kurang enak saat naik angkot ... ngetemnya lama banget.
    Padahal waktu udah mepet.
    Jadinya begitu sampai tujuan,buru2 lari ngejar jam jangan sampai terlambat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah emang biasa gitu supirnya kadang terlalu kang

      Hapus
  5. Sudah lama banget gak naik angkot, terakhir kali tuh pas ke sekolah si aa bawa anak 3 kan sama baby ya alloh rempongnya kebetulan lagi gak ada yg bisa antar. Bawa tas, gendong baby, nuntun batita sama aa dan dapat supir pikasebeleun. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk ya ampun teh 3 anak?keren teteh :p

      Hapus
  6. Mpo udah jarang naik angkot, karena ada busway. lebih murah dan nyaman untuk transportasi di jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di Jakarta mah ada busway y mpo disini adanya getek wkwkwk *boong ding*

      Hapus
  7. Pertama kali naik angkot sendirian itu pas jaman udah masuk SMP, teh. Pura-puranya kan SMP dulu ada di kota. Nah, jauhlah itu. Otomatis kudu ngangkot. Tapi pas pulang doang sih, kalau berangkat sering dianter biar ngga telat. Secara angkot dari kampung saya tinggal sampai kota itu cuma ada 3. Iya 3. Jadi kalau pas jam - jam berangkat sekolah pasti bakal penuh dan sering nggak kebagian tempat duduk.

    Itu baca kata yang kategori sopir angkot pertama itu, gimana kah? Susah, saya mah bukan urang sunda, Jadi enggak bisa ngejanya. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah perjuangan nih kang wisnu :)

      itu supir yang dikasihanin kang wkwkwk hayu atuh ke bandung beh bisa sunda :p

      Hapus
  8. Saya paling sebel sama supir yang suka ngetem dibandingkan yang ugal2an xD Soalnya PHP banget, pura2 maju taunya mundur lagi.

    Btw, saya pernah lho hampir kecopetan di angkot. Saya bisa ngerasain tangan si pencopet masuk ke tas saya yang saya simpen di pangkuan. Begitu saya sadar, dia langsung sadar. Terus saya langsung turun. Pas turun, kelihatan seleting tas udah kebuka. Syukur dia belum sempet ambil apa2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang yang ugal2an penyelamat disaat genting mba :)

      Hapus
  9. Hahahaja, ngakak deh baca ini. Iya banget, aku pengalaman Naik angkot sejak SMA sampe kuliah. Yang bikin nyebelin itu penumpang mesum. Aku pernah jadi korban eksebisionis. Huhu... Geuleuh! :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. deuh geleuh nyak teh banjur kuduna ku cai got eta :p

      Hapus
  10. Saya juga ngerasain suka dukanya naik angkot, bun. Soalnya jaman sekolah emang angkot is my best friend hahaha. Tapi gara-gara banyak dukanya jadi nekat belajar motor. Semenjak udah bisa motoran sendiri jarang lagi naik angkot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekarang karena uda punya juga kendaraan sendiri jarang nek angkot :D

      Hapus
  11. Saya dulu anak angkot banget, dari SMP berangkat n pulang sekola naik angkot, paling sebel sih sama yang ngerokok di dalem angkot. Bete banget.
    Trus karena pas kuliah merantau keluar Jakarta, jadi beberapa kali naik isusu (sebutan angkot/bis kecil di beberapa daerah di Jawa), penuh sama orang-orang yang bawa hasil bumi berkarung-karung, bahkan ayam, hehehe ini jadi pengalaman yang tak terlupakan :)

    BalasHapus
  12. Hihi,,jadi inget kisah naik angkotku..:) Mulai dari SD sampai SMA saya pengguna angkot sejati hehe.. Banyak lah kisahnya..Kecuali zaman kuliah aku mah ngekost jadi cukup jalan kaki saja ke kampus kecuali kalao pas pulang ke rumah.. Eh itu SMP 3 mana...Kalau Bandung, kita sealmamater lho.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMP 3 ada aja hahahaha bisi aku tambah femes teh :D

      Hapus
  13. Hahahaha, trakhir naik angkot pas aku blm nikah, tp kalo angkot aku blm pernah nemu kejadian ga enak. Skr sih udh males naik angkot krn udh ada gojek :p.

    Pengalaman ga enak naik angkutan umum, itu pas naik bis metromini mba. Kecopetan. Mana uangnya lumayan gede :(. Utk renov rumah pula. Nyesek tp memang hrs ikhlasin. Sejak itu sampe skr aku ga mau lg naik bis umum begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh nyesek banget untung sekarang mah tergantikan y mb Fan

      Hapus
  14. Hahahaa..Angkoter, jadi inget dl pas sekolah sd, smp, sma dah kadang pake motor. Inget pertama kali pake angkot sd kelas 5 gara2 rumah pindah, teganya2 si mama dan bapakku, bari jeung mewek pas naik angkot olangan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk nanti dibuatin FTV aku menangis seorang diri diangkot

      Hapus
  15. Semuanya dh sy temui d bus, pernah kapok tapi bingung krn cuma.itu yg anter aktivitas jd y kudu d jalanin

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapok ketemu yang begitu bingung da ga ada fasilitas lain ya mba

      Hapus
  16. supir dikintilin anak istrinya
    supir yang sayang banget sama anak istrinya sampai2 foto mereka dipajang di depan, bagian kaca
    dua hal yang saya alami ketika naik angkot di balikpapan, mba
    selebihnya, pengalamannya sama dengan mb xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya amppun aku jarang nemu supir dikinitil anak istri itu sweet amat sampe pajang foto mba :D

      Hapus
  17. Sebel banget kalau ada yg tiba - tiba pegang paha gitu ya Teh. Emang bikin shock. Pernah juga kalau naik bis yg berdiri, ada yg coba nempel-nempel ke kita. Dan itu nyebelin banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh beneran da pengen nampol banget :(

      Hapus
  18. hohohoooo aku jarang naik angkot
    aku kemana-mana pake sepeda motornya
    jadi tau keseruan naik angkot ya dari baca ini sih
    hahaha

    BalasHapus
  19. Pengalaman naik angkot yang aku inget tuh pas abis pulang dari mendaki gunung, kondisi udah capek dan ngantuk banget.
    Tapi karena si abang supir bawa angkotnya udah kayak adegan di film-film, mata yang ngantuk pun jadi segar dan dalam hati cuma bisa berdoa agar selamat.

    Pengalaman naik gunung jadi nggak ada apa-apanya kalo dibandingin ama pengalaman naik angkotnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yasalam bikin sport jantung ya kang :(

      Hapus
  20. Pernah mba saya tuh ketemu sama pencopet di angkot, ya ampuun tampilannya mah rapih banget, bawa tas laptop gitu tapi tangannya nyelusup ke bawah mau buka tas sampingnya, heuheuu...

    BalasHapus
  21. Penumpang me*** itu pernah aku temui di angkot, gak nyaman banget pengen terjun dari angkot deh, walaupun mereka suami istri ya kan gak pantas aja di tempat umum ihiyyy

    BalasHapus
  22. Duh Teteh Bella, tidur di angkot sampe jatuh gitu dah, huhuhu... Saya udah lama nggak naik angkot semenjak ada ojol. Karena sekarang udah private sih, dan rumah muridnya jauh2 dari yg 1 ke yg selanjutnya, haha...

    Yang masih saya ingat dari naik angkot, pernah dari terminal yang naik cuma saya. Saat itu habis hujan memang dan abis Maghrib. Sampai di pertengahan pun cuma saya yg naik. Si supir sampe bilang, "Pasrah deh..." Nggak lama kemudian, naik 1, lantas naik lagi, dan angkot pun hampir penuh. Rezeki siapa yang tau ya, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalau supirnya baik gitu pasti ada aja penumpang y miss coba klo nnyebelin kita diturunin tambaha aja dah sepi angkotnya :D

      Hapus
  23. Waah...ini bisa masuk soal unbk mbak. Sebutkan Kategori sopir, kategori penumpang :)

    Pagi2 terhibur bacanya ^'^

    BalasHapus
  24. hahahahahha, aku pernah naik angkot dan kondekturnya marah2 melulu...Cewek lg PMS juga kalah juteknya... Yg baru naik dibentak2 disuruh masuk ke dalam. Yg mau turun dibentak2 disuruh cepet. Legaaa rasanya pas turun barengan sm ibu2 lain. Kl cuma sendiri kayaknya kaki belum turun tuh kopaja udah langsung melaju dan alamat jatuh. Udah jatuh masih dibentak2 pulak... tobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan ketemu juga yang begitu y mba :D

      Hapus
  25. sopir sering nemukan yang 1, 2 dan 3... kalau penumpang paling sering itu yang ribut gak jelas... rasanya kalau kenal sudah tak jiatk tuh orang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk begitulah lika liku nek angkot :p

      Hapus
  26. Wah jadi kangen suasana naik angkot saya mah, udah jarang bgt naik angkot dari beberapa tahun yang lalu. :D

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Auto Post Signature

Auto Post  Signature