Search

Usia 40 Tahun? Siapa Takut!

Halo semuanya apakabar? semoga senantiasa sehat dan ceria yah..

Kali ini saya mau ajak temans untuk berandai-andai tentang keinginan saya di usia 40 tahun. Usia 40 tahun bagi saya masih terhitung cukup lama masih 9 tahun lagi tapi tiada salahnya dong saya ingin tuliskan saat ini apa saja yang ingin saya lakukan ketika nanti usia 40 tahun 😛.

Kata orang hidup dimulai saat usia 40 tahun? benarkah? namun bagi saya pribadi sih kehidupan sudah berjalan di setiap tahun yang saya lewati. Karena seperti yang saya pelajari dalam psikologi perkembangan bahwa manusia akan terus melewati fase perkembangan yang artinya dia tumbuh dan berkembang.

Setiap fase usia jelas ada tugas perkembangannya, dimulai dari bayi 0 tahun berubah anak-anak kemudian mencapai fase remaja, dewasa awal dan tepat usia 40 tahun itu menginjak fase dewasa madya. 

Setiap individu didunia ini harus bisa menyelesaikan setiap tugas perkembangannya dengan baik. Apabila mengalami hambatan atau tidak dapat menyelesaikan tugas perkembangannya maka individu tersebut bisa saja mengalami gangguan dari aspek Fisik, Kognitif, Emosi Maupun Sosialnya.

Serem yes gaes? so itu sekilas teori yang masih sedikit saya inget kebanyakan lupanya. Tapi terimakasih atas mata kuliah psikologi perkembangan yang saya dapati selama 3 semester sehingga sedikitnya bisa berguna dalam kehidupan saya.

#Komitmen diusia 40 tahun #usia 40 tahun siapa takut? #menjelang usia 40 tahun

So, kembali dengan keinginan saya ketika kelak menginjak usia 40 tahun. Maka saya punya 4 keinginan sesuai 4 aspek saja. Apaan tuh? ini dia temans :

1. Komitmen Bergaya Hidup Sehat


Mengapa? kaitannya dengan aspek fisik. Usia 40 tahun jelas dong akan ada perubahan dari sisi kerat-kerut di wajah, kekencangan kulit muka, perubahan warna rambut yang sedikit demi sedikit memutih terkecuali Bibi Lung dari si Yoko kecil sampe tuwir tangannya buntung sebelah tuh rambut Bibi Lung tetap hitam dan terlihat sehat. *Oh Neptunus di semir apa dari sononya yah tuh Bibi Lung?bikin iri hati 😂.

Melihat beberapa perubahan tersebut saya ingin kedepannya bisa rutin Olahraga meski memang dari sekarang juga saya susah banget buat olahraga tapi next kalau udah masuk usia 40 tahun minimal adalah jalan santai keliling rumah tiap pagi.

Kemudian untuk asupan tubuh, saya mau flashback jadi dulu saya pernah tinggal di rumah Uwa (kakaknya alm.ibu), selama tinggal disana kebetulan Uwa juga udah tua, saya menyaksikan bagaimana mereka berdua komitmen hidup sehat dengan menjaga pola makan serta makanan apa saja yang mereka konsumsi.

Hasilnya? hingga kini mereka masih sehat walafiat. Bagi saya ini adalah contoh real untuk menjaga kesehatan fisik di usia tua dan menginspirasi saya kelak.

Terlepas dari itu semua, harapan saya jika usia 40 tahun nanti saya pengennya masih bisa tetap merawat kulit wajah. Semoga bisa rutin lakukan treatment wajah dan punya budget buat skincare yang bagus biar ga kalah sama artis-artis makin tua makin ciamik 😂. NO OPLAS tapi yah!yang alami pasti lebih baik. Semangat!


2. Komitmen Produktif 


Mengapa? kaitannya dengan aspek Kognitif. Bila melihat tugas perkembangan di usia ini, konon usia 40 tahun merupakan usia kesuksesan karena itu saya punya komitmen untuk bisa tetap menulis. Pengennya seperti salah satu blogger yang saya kenal "Bunda Yati" di usia tua masih aktif, produktif menulis dan ini menjadi inspirasi bagi saya pokonya menginjak usia 40 menulis tetap berjalan.

Keinginan lain saya agar teteap produktif adalah pengen punya Butik, saya yang mendesain lalu akan saya rekrut beberapa penjahit syukur-syukur bisa memberdayakan ibu-ibu penjahit sekitar rumah jadi menciptakan lapangan kerja juga buat mereka. 

Saya pengen banget jadi Ibu Boss LOL..ya selama ini berkutat hanya jadi bawahan semoga 9 tahun lagi saya bisa jadi atasan dengan usaha saya sendiri. Aamiin-kan sodara-sodara :)


3. Komitmen Traveling


Mengapa? saya kira ini bisa menyangkut aspek emosi. Orang bilang traveling tak hanya sekedar memuaskan hasrat jalan-jalan akan tetapi lebih dari itu bisa meninggalkan kenangan manis dan bisa membuat kita belajar.


Saya jadi teringat beberapa kali saya melakukan perjalanan keluar kota dan keluar negeri. Dari perjalanan tersebut memang saya dapati banyak pengalaman. Menerima dengan sabar saat pesawat delay, legowo saat kamar hotel serem, sabar karena tidak mengerti lawan bicara, mencoba sabar dengan menikmati hidangan yang tersedia. 

#Komitmen diusia 40 tahun #usia 40 tahun siapa takut? #menjelang usia 40 tahun
Next kemana yah?

Semuanya saya lewati dan bagi saya ini mengukur sejauh mana emosi saya terbiasa menghadapi hal-hal baru yang tidak saya temui di domisili saya. Oleh sebab itu kelak usia 40 tahun saya ingin lagi traveling ke berbagai kota dan luar negeri.

Terlebih anak-anak pasti sudah besar dan ini bisa saya jadikan bekal knowledge untuk anak-anak kedepannya. 

4. Komitmen Menjalin Relasi


Mengapa? kaitannya dengan aspek sosial. Berbicara sosial sendiri, yang saya fikirkan adalah kelak di usia 40 tahun saya masih bisa menjalin hubungan baik dengan sahabat-sahabat saya. Selama ini saya dan geng memang terus menjalin hubungan meski hanya dalam WAG saja. 


Dan saat ini intensitas pertemuannya masih bisa terhitung jari selama setahun, beda sekali saat kami masih sama-sama kuliah dulu intensitas pertemuan bisa dikatakan setiap hari. Bagi saya tetap menjalin silaturahmi dengan mereka bisa menjaga kewarasan saya. Bersama mereka saya bisa sharing apapun, mendiskusikan hal-hal absurd sekalipun.

#Komitmen diusia 40 tahun #usia 40 tahun siapa takut? #menjelang usia 40 tahun



 "Bagiku teman tak hanya sekedar untuk bersenda gurau lebih dari itu melibatkan ikatan yang dalam untuk bisa mensupport satu sama lain" _Herva_

Mungkin kelak di usia 40 tahun, intensitas pertemuan kami bisa sering dilakukan kembali sama seperti saat dulu. Bisa nongkrong di Mall seharian, bisa sekedar duduk manis di Cafe tanpa adanya anak-anak. Karena saya yakin anak-anak sudah tidak mau ikut ibunya pergi pasti punya urusan sendiri-sendiri.

Saya teringat dengan istilah "Empty Nest" masa-masa tua dimana nanti akan merasakan kesepian, anak-anak tumbuh besar punya aktifitas masing-masing karena itu saya ingin terus memupuk silaturahmi dengan sahabat-sahabat saya karena kelak saya akan membutuhkan pula mereka tak hanya sekedar bersenang-senang tapi lebih dari itu.
***
Itulah 4 komitmen yang kelak ingin saya lakukan jika saya menginjak usia 40 tahun, berandai-andai bolehkan temans? siapa tahu semuanya bisa terealisasi. Aamiin..Kok simple banget sih? yah begitulah saya *ecieh* hidup jangan dibuat ribet biarlah Vicky dengan Angel Lelga yang ribet dan netizen yang rempong 😂.

Kalau temans gimana? sudah siap usia 40 tahun? jangan takut hadepi saja biar ga berat kayak rindunya Dilan 😀.

1 komentar

  1. nggak kelihatan kali udah usia 4o tahun mbak, masih kaya 20an :D stay young ya mbak

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun