Thursday, February 15, 2018

Siap Menjadi Pejuang ASI Lagi Bersama Philips Avent!

Halo temans semua, bagaimana kabarnya?semoga senantiasa sehat dan tetap produktif yah.

Bersyukur sekali Alloh memberikan kepercayaan kembali kepada saya untuk merasakan hamil lagi. Meski diluar rencana antara saya dan akang suami namun saya selalu yakin jika Alloh memberikan sesuai dengan kemampuan dan waktu yang tepat untuk kami.

Saat ini, sudah memasuki usia kehamilan 32 week membuat saya semakin galau. Apa pasalnya?galau tak hanya seputar persalinan nanti dimana?namun juga prepare kebutuhan pra dan pasca melahirkan baik untuk debay maupun untuk saya sendiri.

Baca Lagi Yuk : Melahirkan Di Klinik Bersalin Atau Rumah Sakit?

Sebagai ibu yang sudah memutuskan dengan pilihan menjadi ibu bekerja, maka mau tak mau saya harus me-recall apa saja yang harus saya siapkan next  pasca melahirkan untuk memenuhi kebutuhan asupan anak saya yang kedua. 

Mungkin untuk pembaca setia blog ini *asik* sudah pernah membaca bagaimana pengalaman saya sebelumnya selama bekerja namun tetap menjadi pejuang ASI. Dari ruangan memerah yang tak terfasilitasi di kantor, harus pumping di dalam ruangan yang ada teman laki-lakinya hingga memerah dalam toilet dan mendapatkan cibiran dari yang antri di toilet.

Terhitung sejak 2013 - 2015 saya menjadi pejuang ASI untuk Neyna si sulung, 2 tahun masa-masa indah menyusui sambil bekerja, memerah ASIP sambil dinas keluar kota hingga proses menyapih yang bikin saya panas dingin. 

Bonding bersama Neyna yang terus ada dalam memory saya bagaimana Neyna tertawa hingga terlelap berada dalam pelukan saya selama menyusui. Sungguh kenangan yang indah sekali meskipun saat menyusui tersebut tak selamanya indah.

Saya pernah mengalami iritasi puting akibat gigitan Neyna dan itu sakitnya luar biasa, apakah lantas membuat saya berhenti menyusui?jawaban saya TIDAK. Saya selalu berkomitmen untuk KERAS KEPALA dalam Menyusui, saya yakin tak hanya saya seorang punya komitmen seperti itu semua ibu pasti bertekad selalu untuk bisa menyusui anaknya.



Baca Lagi : Ibu Bekerja Tak Gentar Jadi Pejuang ASI 

Me-recall kembali pengalaman menyusui anak pertama hal ini tentu saja memberikan motivasi kembali untuk saya menjelang detik-detik kelahiran anak kedua. Saya kembali untuk menetapkan janji agar bisa memberikan ASI selama 2 tahun full untuk anak kedua saya ini.

Pokok perhatian saya sebagai ibu bekerja setelah melahirkan adalah bagaimana bisa memerah ASI di sela-sela rutinitas pekerjaan saya. Hal ini menjadi tantangan kembali setelah 3 tahun selepas menyapih Neyna.

Namun terlepas bagaimana cara saya bisa memerah ASI tentunya ada hal lain yang perlu dipersiapkan manakala saya akan menjadi Pejuang ASI. Kali pertama menjadi pejuang ASI, banyak rekan-rekan saya yang support saya sehingga untuk peralatan menyusui dulu sebagian besar adalah pemberian rekan kerja saya. 

Apa saja peralatan menyusui yang saya miliki saat itu?

🎀 Breastpump Manual
🎀 Apron Menyusui
🎀 Botol ASIP Kaca tutup karet 100 ml dan 250 ml
🎀 Cooler Bag
🎀 Icegel 3 buah

Selain cooler bag yang saya beli sendiri sisanya adalah pemberian dari semua rekan kerja yang support agar saya bisa meng-ASI-hi anak saya yang pertama full 2 tahun. Terharu banget dapat support yang begitu besarnya. Sebagai pejuang ASI pastinya ada saja masalah yang harus saya lewati selama menyusui. Tak lantas selama 2 tahun lancar jaya dalam menyusui.



Masalah apa saja selama saya menyusui saat itu?

😭  Setiap pagi saya harus menyikat dan membersihkan botol-botol ASIP yang telah dipakai 
😭 Berhubung ga punya sterilizer maka saya mengandalkan cara lama yakni merebus semua botol ASIP maupun botol plastiknya
😭 Bagian menghangatkan pun harus merebus air panas dulu karena juga dulu belum punya termos 

Kebayang ga sih temans repotnya saya kala itu?bahkan pernah kejadian botol ASIP pecah saat disikat dan tutup botol karetnya memuai saking panasnya pas direbus. Onde mandeh membayangkan kembali kerempongan saat itu bikin saya senut-senut.

Apa saja dampak yang terjadi akibat permasalahan tersebut?

😭 Sebagai ibu bekerja saya jadi sering telat masuk padahal aturannya jam 8 teng uda di kantor 
😭 Banyak waktu terbuang karena menyikat botol dan merebusnya
😭 Bikin emosi takkala anak sudah rewel sementara ASIP belum siap
😭 Bikin anak nangis kelamaan nunggu saat menghangatkan ASIP 
  

Berangkat dari hal ini, sebagai The Urban Mama membuat saya mencari solusi atas semua masalah tersebut. Apalagi kondisinya berbeda, terlebih Neyna anak pertama saya sudah sekolah maka saya pun harus pandai mengatur waktu saat aktifitas pagi hari.

Salah manajemen waktu dalam mengurus anak pertama dan memenuhi kebutuhan anak kedua bisa-bisa saya jadi badmood ujungnya Stress. *ketok-ketok meja jangan sampe terjadi seperti itu. Dan bisa mengakibatkan ASI surut, ngeri bayanginnya juga.

Oleh sebabnya, saya mencari tips jitu atas permasalahan tersebut. Harapan saya agar kelak saat menyusui anak kedua saya yang InsyaAlloh lahir di bulan April 2018 (doakan sehat, selamat saya dan debay yah temans) saya sudah tidak lagi menghadapi 3 masalah tersebut.

Dan ternyata semua masalah yang pernah saya hadapi bisa terselesaikan oleh Philips Avent. Kok bisa?bisa dong! dan begini tips ampuh dari Philips Avent :

💗 Menggunakan Kantong ASI

Setelah diskusi dengan sahabat seperjuangan yang juga pejuang ASI, ternyata mereka tak lagi menggunakan botol ASIP seperti yang saya lakukan dulu. Akan tetapi mereka berpindah menggunakan Kantong ASI. Mengapa lebih baik menggunakan kantong ASI?
  • Menyimpan ASIP didalam plastik khusus ini membuat ASIP relatif lebih tahan lama dibandingkan botol kaca
  • Lebih praktis
Meskipun demikian ada kekurangannya dalam menggunakan kantong ASI ini yakni hanya sekali pakai saja. Hal ini tentu saja membuat  saya tergoda kelak saya pun ingin menggunakan kantong ASI, namun harus hati-hati dalam memilih kantong ASI karena belakangan banyak sekali beredar kantong ASI dengan merk tertentu namun belum tentu kualitasnya sesuai dengan ekspektasi kita.


Adapun harapan saya, saya pengen punya kantong ASI dengan merk Avent Breastmilk Storage Bag. Mengapa?karena ada beberapa fitur sebagai berikut yang meyakinkan saya untuk menggunakan ini. Apa saja itu?
  • Double Zipper, sehingga saya ga khawatir kebocoran ASIP atau tumpah dijamin AMAN
  • Pre-Sterilized, sudah disteril di pabrik so saya bisa tinggal pakai deh tanpa perlu repot cuci
  • Memiliki dua lapis perlindungan sehingga aman dibekukan di freezer
  • Bukaan kantong ASI-nya lebar jadi memudahkan untuk menuangkan ASI tanpa khawatir bleber
  • Didesain bisa berdiri diatas meja
  • Bebas BPA
  • Ukurannya 180 ml
💗 Menggunakan Sterilizer

Beberapa saran dan juga artikel yang pernah saya dapatkan jika merebus botol itu BERBAHAYA.  Memang untuk pengunaan pertama kali dianjurkan direbus 3-5 menit. Akan tetapi penggunaan selanjutnya tidak dianjurkan. Karena bisa melepaskan zat kimia yang ada dalam botol plastik dan itu bisa menggangu kesehatan.


Dengan alasan tersebut saya ingin sekali punya Sterilizer 2 in 1 Philips Avent, beberapa fiturnya menjawab semua solusi dan keresahan saya untuk membersihkan botol ASI.



Berikut fitur yang dimiliki Sterilizer 2 in 1 Philips Avent :

✔ Membunuh 99,9% kuman berbahaya
✔ Proses steril singkat hanya membutuhkan waktu 10 menit saja
✔ Bisa untuk mensterilkan 5 botol sekaligus beserta aksesorisnya
✔ Desain tutup yang unik jadi tutupnya dapat digantung pada sisi pensterilir setelah digunakan dalam posisi berdiri
✔ Memiliki sistem auto shut off
✔ Mudah dibersihkan

💗 Menggunakan Thermal Bottle Warmer

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya jika dulu ketika ingin memanaskan ASIP saya harus merebus dulu airnya kebayang waktu yang saya buang dengan melakukan hal yang sangat tidak praktis tersebut. Apalagi kalau bepergian repot banget mesti cari air panas dulu kesian kan anak kita udah nangis-nangis.


Akhirnya saya menemukan tentang Philips Avent Thermal Bottle Warmer.  Pada umumnya yang saya tahu kalau termos air panasya cuman buat simpen air panas doang. Namun beda dengan Thermal Bottle Warmee ini, jadi punya 2 fungsi sekaligus yaitu buat simpe air panas dan juga sebagai wadah untuk menghangatkan botol susu/ASIP.

So apa saja fitur yang dimiliki Philips Avent Thermal Bottel Warmer ini?
☑ Proses penghangatan cepat cukup 2,5 menit saja
☑ Menghangatkan susu bayi saat bepergian
☑ Menghangatkan MPASI
☑ BPA Free
☑ Desainnya dibuat agar tidak mudah tumpah dan gampang dituang

 ***

Gimana temans?tips yang oke ya yang Philips Avent berikan untuk saya yang pernah mengalami kerempongan luar biasa. Pokoknya Avent Sahabat Bunda. Dan 3 barang tersebut masuk wishlist saya semoga kelak pas anak kedua saya lahir saya sudah punya ini semua. Aamiin.

Jadi tak ada kata menyerah untuk menyusui selama 2 tahun ya temans, bagi ibu bekerja seperti saya pasti ada yang juga pernah mengalami masalah-masalah yang sudah saya paparkan sebelumnya. Jangan khawatir lagi, perkembangan zaman dan teknologi makin memudahkan kita untuk berkomitmen keras menyusui ASI Eksklusif 6 bulan bahkan hingga 2 tahun kemudian.

Sedikit tips juga nih buat temans agar terus bisa komitmen Meng-ASI-hi meskipun bekerja :

👌 Jangan Gampang Menyerah
 
Ritme kerja yang tidak bisa ditebak, rekan pumping tidak ada please jangan dibuat alasan untuk menghentikan pumping di kantor. Saya juga dulu rutinitas dan ritme kerjanya ga tentu namun tak membuat saya menyerah dan tetap konsisten.

Pun saat saya dinas luar kota, tak menghentikan saya tetap pumping meskipun tak bisa dinikmati karena terbatasnya freezer. Yang jelas saya selalu mengingat prinsip menyusui, asi tetap deras selama terus di pompa.

👌 Minta Support Dari Orang Terdekat

Rutinitas pekerjaan di kantor memang kadang menimbulkan stress nah inilah pentingnya kita butuh support orang terdekat tak hanya dari suami biasanya saya juga mengandalkan sahabat seperjuangan ASI untuk bisa mendukung saya tetap pumping.

👌 Menjaga Asupan Tubuh

Sudah memiliki komitmen, sudah mengantongi support dari yang terdekat maka selanjutnya adalah menjaga asupan makanan yang bisa memicu derasnya ASI yang keluar. Menurut saya ini juga bentuk ikhtiar agar tetap konsisten memerah ASI selama bekerja.

Saya masih ingat bagaimana rempongnya memasak sayur daun katuk yang konon berkhasiat sekali untuk meningkatkan produksi ASI. Sekarang sih udah ga perlu ribet kalau temans pengen yang ringkas sudah tersedia dalam bentuk rupa-rupa ekstrak daun katuknya.

Demikian yang dapat saya bagikan, semoga bisa bermanfaat dan buat saya pribadi "Saya Siap Menjadi Pejuang ASI Lagi Meksipun Bekerja". Teman punya pengalaman serupa?ada tips yang bisa di sharing?monggo kita sharing disini yah 💋.

Tak lupa juga nih saya  mau kasih info buat temans yang kepengen punya Avent dan dapetin gratis, bisa loh nikmatin promonya dan ikutan lomba foto #Apresiasi Cinta Bunda, untuk caranya temans bisa cekidot dan klik disini 👇


 http://www.philips.co.id/ACB

 http://www.philips.co.id/ACB

Artikel ini diikutsertakan dalam #TUMBloggersCompetition #AventSahabatBunda

60 comments:

  1. Semoga lancar yaaa proses melahirkan dan menyusuinya nanti

    ReplyDelete
  2. Semangaaaat terus jd pejuang ASI... Semoga pahirannya lancar ya :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeay tetap semangat semoga wishlist philips avent juga terpenuhi :)

      aamiin makasi y mba doanya

      Delete
  3. Harusnya setiap kantor ada ruangan khusus memerah dan tambahan waktu istirahat untuk ibu menyusui. Hehe itu sih yang ada di kepalaku kalo punya kantor sendiri 😂

    Btw Philips Avent ini bantu banget ya Mba, praktis juga buat urusan menyusui.

    Semoga Bunda dan dedeknya selamat dan sehat selamanya, aamiin ya Robb 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sekarang uda banyak kok kantor yang pro busui jadi disediakan ruangan khsusus yang nyaman sayang nih dikantorku masih belum nyaman hahaha

      Aamiin makasi mb Septi doanya

      Delete
  4. Ternyata botol bayi ada yang merknya Philips ya ? selama ini yang saya tau cuma lampu, blender, sama setrikaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kang alhamdulilah yah sekrang jadi tahu hehehe..

      smeoga bisa jadi referensi buat keluarganya kelak kasih tau ya kang tentang ini jgn lupa ikutan kontes fotonya :)

      Delete
  5. Hpl april samaan kayak anak pertamaku, jgn2 cowo jg nih.
    Sama Mba aku jg keras kepala dalam masalah ASI. Semoga lancar yaa nanti persalinannya mba dan ASI pun lancar Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin iya mba makasi semangat menyusui :)

      Delete
  6. Lungsur langsar sampai hari H nanti neng herva 😘 Semoga ngasih ASI nya jg gampang, merahnya banyak, bayi sehat, bubda na oge tenang ninggalin wkt balik kerja

    ReplyDelete
  7. Avent benar2 membantu para ibu untuk sukses mendampingi kita memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi si kecil ya mba. Alhamdulillah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bantu banget :) alahmdulilah semuanya bisa meringankan jadi sudah ada bayangan buatku next

      Delete
  8. Alhamdulillah, sudah 32W, sehat2 terus ya, Teh Bella. Insya Allah Mommy kuat babynya juga kuat :)

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat jaman dulu bersiap2 buat menyusui tapi ribet ama rebus rebus botol. Hehhee. Skarang udah keren banget ya dan Philips avent masih saja keren. Tulisannya lengkap pula. Good luck ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan Ummi juga alamin keribetan rebus hahaha untunglah sekarang sudah ada yang bisa jawab kebutuhan busui :)
      aamiin makasi Ummi

      Delete
  10. Saya jadi pejuang ASI cuma pas di awal-awal aja. Beli pompa, beli botol, nyetock ASIP. Tapi kesini-kesini pas pompa rusak malah campur sufor, pake dot pula wkwkwk. Gpp lah gak full ASI, yang penting tetep mau nenen ke mamanya sampai 2 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting tetap smeangat menyusui y mba :)

      Delete
  11. Wiii, sebentar lagi launching dong yaa dedek bayinya, semoga lancar dan sehat semua ya^^
    Pas kemarin ponakan lahir aku juga ngadoin se set Phlips Avent nih. Alhamdulillah sampai sekarang hampir dua tahun umurnya masih kepake, terutama botol susunya. Aweeeet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi Nyak :)

      wah mau dong dihadiahin Avnet juga dari Nyak wkwkwk *diketok

      Delete
  12. wah bentar lagi nih Teh lahirannya, semoga lancar dan ibu sama debaynya juga sehat selaluu.. Semangat Teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi teh 😁🙏🏻

      Delete
  13. Semangat bunda. .. !! Semoga segala keinginan dan usahanya tercapai. Bisa jadi pejuang ASI hingga tuntas

    ReplyDelete
  14. semoga lancar ASInya teh buat calon putranya
    sekarang sudah dimudahkan dengan teknologi
    tinggal jaga kondisi dan dukungan orang sekitar ya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes kang philips Avent menjawab semua kegelisahan aku hehehe

      makasi y 😁

      Delete
  15. Wahh persiapannya udah ok nih. Pilihan yg tepat ya pakai Philips Avent.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba aku jg banyak diskusi dulu sama temen2 dan philips avent menjawab semua kebutuhan xixixi

      Delete
  16. jadi makin pengen cepet2 hamil deh, biar bisa ngerasain pakai yang terbaru dari avent..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lekas diberikan momongan y mba May n pake avent deh 🙏🏻😁

      Delete
  17. Semoga dilancarkan proses lahirannya ya, Teh. Dan sehat selalu..aamiin..
    Pasti setelah lahiran nanti bakal banyak cerita sama si dede kecil nya, Teh..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi kang andi 🙏🏻

      Delete
  18. Semangat Bunda, btw Avent makin keren aja saya baba tahh loh, gudlak ya💗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi mb san yuk ikutan apresiasi cinta bundanya mba San hadiah oke bingits 😁

      Delete
  19. semangaaat! ASI is the best indeed...buat anak dan juga sang ibu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mb Indah , aku semangat meng-ASI-hi lagi next 😁

      Delete
  20. wkwkwkwkwk aduh inget panci jadi pengin ketawa, tosss lah neyna dulu pun mada juga kayak gitu tapi sayangnya udah rempong nyiapin asip tapi mada maunya minum dari pabriknya langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya dulu aku berkutat sama itu semua bu aya 😂 semoga next aku punya semua avent ini aamiin

      Delete
  21. Uwaaaa keren baaangeeet
    Bundanya yang susah payah memerjuangkan ASI untuk anaknya
    Philips avent yg meluncurkan produk pendukung untuk ASI
    Juga yang tak kalah keren adalah ibu-bunda yang telah memerjuangkan ASI untuk anak-anaknyaaaa

    Wuah, gak kebayang nanti segimana susah aku terhadap bayiku
    Doain ya, supaya dilancarin, dimudahin

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga selalu semangat y mba untuk berikan yang terbaik buat bayinya salah satu pake avent ini 😁 makasi sudah mampir

      Delete
  22. aku salut banget dengan ibu-ibu pejuang ASI...semoga sehat selalu ya mom :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba aamiin 😁🙏🏻

      Delete
  23. sehat2 bumil cantik, aaahhh gak sabar nunggu debay launching :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi mb des 😁🙏🏻

      Delete
  24. Produk Avent yang pernah saya punya dan pakai itu pompa ASI sama cupfeeder buat anak2 latihan minum dr gelas. Bagus bahannya dan awet :D

    Btw baru tau Avent ada kantung ASIP-nya jg :D

    Lancar2 ya mbak, moga sukses jd pejuang ASI (lagi) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada kantong ASiP juga mba makanya jd wishlist aku 😁 aamiin makasi mba

      Delete
  25. Alat tempurnya komplit, sangat membantu ibu2 bekerja yang ingin mengASIhi buah hatinya ya mbak. Semoga beruntung, dan lancar sampai melahirkan.... Amin.

    Ngomongin daun katuk, inget banget dulu dimasakin emak, satu kresek lumayan banyak dimasak jadi satu dan rasanya bikin saya huek2. Langu banget saking banyaknya. Sekarang alhamdulillah tanpa ASI booster udah melimpah ASInya 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi mba 🙏🏻

      iya dulu juga au dijejelin mulu daun katuk wkwkk

      Delete
  26. Salam kenal Mbak.nyampe ke sini krn sama2 ikutan blog comp Avent 😄.semoga sehat2 dan lancar sampai persalinan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasinmba salam kenal jg 🙏🏻😁

      Delete
  27. Semangat ya mbak. Semoga selalu kuat dan dilancarkan.

    Btw, lengkap banget informasinya. Dulu aku juga sempat lecet puting sampe bikin mastitis. Apalagi aku pake breastpump merek sebelah yang sakitnya luar biasa kalo pas pompa. Insyaallah anak kedua enggak lagi deh, semoga juga bisa nabung nabung beli philipnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi mba Yosa :)

      alhamdulilah semoga berguna y mba ^^ aku juga semoga bisa nih punya Advent selain nabung kali aja aku bisa menang hehehe

      Delete
  28. Semoga lancar persalinannya nanti ya Mbakyu ;*. Akupun juga lagi banyak nyari info ttg pemberian ASI. Soalnya newby, hihi. Ternyata banyak persiapan ya selain persalinan

    ReplyDelete
  29. Breast pump nya philips avent kusuka. Enak bgt nyedotnya gak bikin perih, tp kluarnya bnyk asinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku juga belum nyoba pengen juga nih :) makasi mb April :)

      Delete
  30. Semangat ngeASI mbak
    Buat ibu pekerja memang butuh perjuangan agar dedek tetep ngeASI dg baik. Jangan lupa alat2 tempurnya dan untung ada Philips ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba makasi smeoga wishlistku tentang philips menjadi kenyataan aamiin :)

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design