Monday, December 12, 2016

Delay 5 Jam Bersama Wings Air di bandara Adi Soemarmo Solo

Pagi itu pukul 06.00 wib saya sudah check out dari Hotel Syariah Solo, bergegas untuk breakfast namun perut rasanya udah ga bisa kompromi karena saking senangnya hari itu adalah hari kepulangan saya setelah 6 hari melanglang buana menjalankan tugas kantor di 2 cabang sekaligus cabang Bali dan Solo semacam roadshow kek artis-artis saja mengejar deadline.

Setelah breakfast sekedarnya, saya langsung menuju mobil yang sudah disiapkan oleh pihak hotel Syariah Solo mengantarkan saya menuju Bandara Adi Soemarmo Solo. Jam menunjukkan pukul 06.20 wib dan tiba di Bandara 06.35 wib tidak terlalu jauh juga jaraknya antara hotel dan bandara sehingga saya sudah tiba tanpa kebut-kebutan pula tanpa menghadapi kemacetan lalu lintas juga.

Rasa rindu sudah semakin membesar sehingga saya yang sudah berada di waiting room tak sabar menunggu panggilan untuk segera ke pesawat. Penerbangan Solo-Bandung hanya ada maskapai Wings Air yang ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam. Karena saya memilih penerbangan 07.25 wib maka estimasi saya tiba di rumah sekitar pukul 09.30 wib.

Hari itu pula, Neyna akan check up ke dokter sehingga planningnya dari Bandara saya segera menuju rumah sakit menjemput Neyna. Koordinasi dengan suami bahkan dengan tukang taksi langganan sudah dilakukan. Benar-benar rasanya saya ingin segera sampai Bandung coret a.k.a Cimahi. Sambil menunggu panggilan, saya memainkan HP dan menjadi narasumber buat salah satu survey yang dilakukan oleh restoran siap saji. Dengan mendapatkan 2 gantungan sebagai balasan informasi yang digali dari saya.

Waktu sudah menunjukkan pukul 07.30 wib namun belum juga ada panggilan penumpang segera bersiap menuju pesawat. Akhirnya pukul 08.00 wib diumumkan bahwa penerbangan ke Bandung mengalami penundaan untuk waktu yang tidak dapat ditentukan silahkan mengambil snack sebagai kompensasinya di gate tersebut. Lemas Hayati dengernya, udah gagal semua planning yang tersusun rapih, begitulah memang manusia hanya bisa berencana.

Selama menggunakan tranportasi pesawat baru kali ini saya mengalami namanya keterlambatan penerbangan atau lebih dikenal dengan Delay. Masih ada untungnya karena delay selama 5 jam. Pihak Wings Air menginformasikan jika pesawat yang hendak menuju Bandung ada sparepartnya entah yah diganti atau apa yang jelas spare partnya ada di Batam. Solusi yang diberikan penumpang menunggu pesawat Wings Air lain yang akan mendarat di Bandara Adi Soemarmo. Tambah sempoyongan dengerin informasi yang diberikan.

Jujur saya udah badmood banget, cuman liat ada satu keluarga yang hendak ke Bandung artinya satu pesawat dengan saya nanti begitu ceria. Terdiri atas 4 orang, ayah, ibu dan 2 anak lelaki. Mereka ga keliatan bete atau kecewa justru tetap hepi. Bahkan kedua anaknya malah belajar berhitung serta mengisi PR. Pemandangan yang bikin saya meleleh, sebenarnya saya pun bisa have fun jika saya tidak punya janji sana sini. Namun kadung buat janji ealah malah batal ini yang bikin kecewa.

Memperhatikan keluarga tersebut seolah biasa saja, malah satu anak lelakinya tidur-tiduran, tertawa feels like home hahaha. Saya akhirnya mengobati kekesalan berjalan keluar kebetulan mau ambil uang akhirnya cari angin keluar waiting room. Lumayan bikin mood balik lagi. Tak lama saya keluar, bapak dari keluarga tersebut menyapa saya dan menginformasikan bahwa kita akan menggunakan pesawat Wings Air lain dan akan diberikan kompensasi berupa uang juga.

Jam menunjukkan pukul 10.30 wib, pengumuman untuk para penumpang  Wings Air menuju Bandung kembali disuarakan. Kali ini saya segera menuju sumber suara, dan ternyata ada beberapa kompensasi yang diberikan perihal keterlambatan penerbangan ini :

1. Makan Siang

Saya bersyukur ternyata dapet juga makan siang secara tadi di hotel makan ga bener saking ngebet pengen pulang ke Bandung. Walaupun makan siang dengan menu seadanya lumayanlah meredam emosi juga daripada ga dapet sama sekali hahaha.

2. Uang

Nah ini yang bikin saya kaget, ternyata memang sudah aturannya jika delay lebih dari 4 jam akan mendapatkan uang kompensasi sejumlah 300ribu rupiah. Caranya ke bagian informasi, di fotocopy tiket check-in plus KTP kemudian mengisi form yang dibubuhi tanda tangan saya plus petugasnya. Hal ini ditujukan ketika hendak menaiki pesawat ditukar dengan uang.

bentuk form-nya
Menunggu memang membosankan akan tetapi ini berada diluar kendali kita. Nah ada beberapa tips yang bisa dilakukan selama menunggu pesawat yang delay ala saya :

1. Tidur

Sebagai upaya meredam emosi, setelah perut kenyang memang larinya ke mata. Maka saya memutuskan untuk tidur di kursi. Hal ini lumayan membantu untuk merileksan tubuh yang tegang dan capek karena menunggu. Tapi harus tetap pasang kuping ya jangan sampai kebablasan kayak ibu yang ada disebelah saya ini begitu terlelap sampe-sampe saya bangunkan karena tiba waktunya untuk naik pesawat. Selepas dibangunkan si Ibu tiada henti mengucapkan terimakasih kepada saya karena betul-betul ia tidak mendengar pengumuman keberangkatan. So waspadalah jika terbang sendiri kalau tidur jangan terlalu pulas, minimal minta sebelah kita untuk dibangunkan kalau-kalau ada pengumuman.

kenalan baru yang tertidur

2. Baca Buku

Untunglah buku selalu menemani perjalanan saya. Sehingga membunuh waktu bosan di bandara terobati dengan menutrisi otak lewat buku. Jika tidak membawa buku minimal pergi ke tobuk yang ada di bandara karena disitu juga menjual aneka ragam buku.

3. Kenalan

Daripada ngegerutu ga jelas, mengutuk maskapainya yang juga ga bisa mengubah keadaan mendingan coba mencari kenalan baru sesama penumpang. Tak hanya menambah relasi akan tetapi kita juga bisa mendapatkan pengalaman baru dari orang lain perihal kota yang telah kita singgahi. Sapa tahu juga di lain waktu bisa bertemu kembali sehingga ga ada salahnya kita mencoba sok kenal sok dekat. Ampuh bin sukses cara ini bikin waktu tak terasa lama.

4. Keliling Bandara

Suntuk sudah pasti jika kita menunggu saja ditempat duduk, jika ketiga cara diatas sudah dilakukan dan masih saja terasa badmood coba lakukan untuk berkeliling bandara. Sapa tahu ketemu artis hahaha. Dan beneran loh saya ketemu artis jadul pemain band yang udah tua lupa namanya tapi banyak cowok yang kenal minta foto ke beliau. Saya mah lempeng aja deh cukup memperhatikan diam-diam *padahal dalam hati juga mau foto bareng* :D

5. Main HP

Bagi sebagain orang pasti lebih memilih cara ini untuk menghilangkan bosan, badmood yang melanda. Saya pun terakhir hanya bisa main HP, update status, kasih kabar ke keluarga lumayan siy bikin emosi kembali stabil.
 ****
Dari kejadian ini saya belajar "Tak selamanya rencana indah yang saya buat berjalan dengan mulus, menyadarkan saya sebagai manusia bahwa memang kita hanya bisa berencana dan hanya Alloh yang bisa memastikan serta menentukan maka menerima dengan legowo setiap kejadian itu adalah obat mujarabnya".

Jika ditanya kapok terbang dengan Wings Air?ga juga siy selama ini kalau ke Solo ya cuman pake Wings Air doank dan kejadian ini juga baru sekali saya alami dan ga merubah saya untuk menggunakan yang lain *ecieee kayak iklan* bukan iklan loh :p. Gimana ada yang pernah mengalami delay juga?semoga kita ga menjadi penumpang sumbu pendek yang cuman bisanya marah-marah ga jelas, tetap berpositif thinking, keep kalem dan terima segala kompensasi yang memang sudah diatur oleh pihak maskapai. Selamat menunggusyantiek jika mengalami delay.

48 comments:

1. Aku jg pnh delay pas naik 'kaka'nya wings alias lion, akhirnya milih ke refleksi buat mijit drpd stres. Tp bru tau klo diatas 4jam dksi uang..

1. Iya si ada mba2 nawarin mari refleksi dulu hahaha tp males :p

Delete
  2. Gimana rasanya mbak delay 5 jam?

ReplyDelete
  3. Delay 5 jam bagi emak2 rumahan kayak saya enak banget wahahaha.. Setelah berkecimpung dengan tugas monoton, mungkin waktu 5 jam itu bsa jd ajang me time buat saya, bsa ngetik, baca, nonton pasti ga kerasa banget dah

1. wkwkwk sayangnya pas dibandara ga dapet wifi jadi ga bisa nulis mba :p

Delete
  4. Kalau udah delay bete banget yaak...kalau ada internet lain cerita ..bisa ngobrol di skype, wa, sama fban..Tapi pas nggak bisa ngapa2in ..maak nangis dipojokan

1. Iya mba ga dapet wifi-nya akhrinya 5 kegiatan diatas yang saya lakukan :p

Delete
  5. Duh smoga kita nggak ngalami delay 5 jam ya mbaa. Terasa sekali sangat membosankan. Palingan aku keliling bandara trus baca buku n nyanyi nyanyi #EH :))

Replies
    1. ketok2 meja mba Lid jangan sampe ahahaha...5 jam lumayan banget bisa kelilingin KL loh bahahaha

Delete
  6. Hebat lah si eneng sabar banget! Waktu pulang dari Yogya pake Lion dan telat 1 jam aku rasanya dah mangkel, belum lagi staff Lion yg jutek banget pas ditanyain masalah delay ini. Kapok ? Tentuuuu hahahahha, next time ngga mau lagi pake Lion kecuali kefefet XD

1. wkwkwkwk nothing to do Mamih yo wes legowo sajah :p

7. Huaa udah kangen tapi delay ya mba...oh ada kompensasi uang yaa aku baru tau

ReplyDelete
  8. Tapi syukur maskapainya ngasi kompensasi gitu.
    Kadang ada yang malah penumpangnya dicuekin.

1. Wah iya termasuk beruntung aku y hahaha

Delete
  9. Wah, mbak Herva dari Solo....kelililing Solo dulu mbak pas delay, ada sekaten kemaren itu.

Replies
    1. Hari Rabu aku jalan sendiri mba ke Klewer mampir ke Mesjidnya terus ada yang gamelan juga xixixi hari rabu aja uda rame apalagi pas kemarin y mba :)

Delete
  10. wahn mba keliling solo ya seru bnget kayanya.. thank ya mba sharenya :)

1. hehehe ga keliling cuman main ke Klewer doank :p smaa2 makasi uda mampir

11. Wooo
    Jd ada kompensasi ya. Baru tau

Replies
    1. iya mba aku juga baru ngalamin dan baru tahu juga dapet kompensasinya uang dan makan hahaha

Delete
  12. nulis, dan ngaji, itu yang biasanya saya lakukan saat bete menunggu. :)

Replies
    1. Mau nulis ga jadi aku mba karena blocking haahaha..
      Iya mba ngaji bikin tenang jga :)

Delete
  13. Delay kok sampai 5 jam, huhuhu.. betapa lamana Mbak..

14. Kalau saya biasanya dengerin musik sampai ngaji hehe

1. Biar moodnya kembali y Kang :)nice sharing

Delete
  15. Untung mbak nya sabar ya, lama banget 5 jam itu, bisa 3 ronde tidur siang :D

ReplyDelete
  16. wah kalau aku kena delay ngomel melulu dan bolak balik jalan duduk, jalan duduk, kayak setrikaan, apalagi kalau sudah capai

17. Kalo dinikmati, menunggu beberapa jam pun serasa nggak lama ya mbak. Biasanya kalo saya lebih enjoy sambil mengamati lalu lalang orang. Kalo sambil main hp, paling yang penting saja karena sering lupa ngeletakin sembarangan.

Betul mbak, kita kudu positif thingking, gak perlu pake marah-marah segala. Barangkali pesawat delay ada hikmah di belakangnya. :)

1. Iya mba hikmahnya bisa dapet makan n uang hahaha :p makasi uda mampir mba

18. main hp memang bisa mengusir bosan mbak kadang2

1. kadang bikin kesyel jg mba klo dah liat status geje hahaha

19. Wah dapat uang?Saya bbrp kali delay dapatnya snack hehe
    eh tapi gak pernah sampai 5 jam sih mbk
    TFS

1. iya mba sampe jamuran nunggunya hahaha...sama2 mba makasi uda mampir

Delete
  20. Lama yaa..dudu.. tapi biasanya saya sudah sedia berbagai macam persiapan kalau sudah urusan naik pesawat gini. Banyakin file film di HP.Hihi..

1. iya mba lama pisan hahaha...sayangnya HP-ku jadul ra iso simpen2 film :p

Delete
  21. Rempong emang kalo udah bikin agenda ini itu tiba2 pesawat delay, apalagi kalau itu liburan 😂 300rebeng ga ada apa2nya ketimbang agenda buyar 😂

ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

23. Jadi menurut mbak, pesawat delay adalah? Hehehe
    Kayaknyanya seneng delay, dah dpt makan juga dpt uang, apalagi kalo sampe dpt hotel, enak bgt itu tapi buat orang yang nggak ada urusan, hehehehe

Replies
    1. hahaha ya klo ga ada urusan si bisa santey tp klo dah janjian mah bikin bete :p

2. Hahahha, iyya mba
      Semoga nggak ngalami lagi ya mba
      Kalo kesolo kabar2 ajj mba, barangkali saya bisa bantu.. Hehe

24. Alamak..baru tahu dapat tambahan uang saku 300 ribeng kalau delay
    4 jam. Kalau lagi ga keburu buru sih mungkin no roblem delay yak .. lah kalau pas jadwal padat mah pusing kepala barbie..

Replies
    1. Iya mba aqu juga baru tahu dapet kompensasi uang ahhaha yah sebenarnya ga bisa bayar waktu yang hilang cuman mau gmn lagi y ga?

Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^