Pangkal Pinang, Tak Kenal Maka Tak Sayang

Kota Pangkal Pinang, Menelusuri Keindahan Pangkal Pinang

Pangkal Pinang, Tak Kenal Maka Tak Sayang

Apa yang terlintas pertama kali di fikiran saat mendengar Pangkal Pinang?

Kota yang merupakan salah satu dari kota yang ada di kepulauan Bangka Belitung (BaBel) sekaligus merupakan ibu kota provinsi Bangka Belitung. Mengingat Bangka Belitung maka reflek fikiran kita akan mengasosiasikan dengan Timah. Ya karena Bangka Belitung merupakan penghasil Timah terbesar di Dunia. Pangkal Pinang sendiri sebagai pusat pemerintahan, kegiatan ekonomi serta menjadi jalur masuk bagi wisatawan yang ingin menjelajahi pulau Bangka Belitung.

Mengenal Bangka Belitung sendiri saya ketahui melalui buku maupun film "Laskar Pelangi" Bang Andre Hirata dengan apik mendeskripsikan keadaan maupun budaya yang ada di Belitong. Awalnya saya berfikir jika Belitong itu sama dengan Bangka Belitung nyatanya dari Kota Pangkal Pinang mesti menempuh beberapa jam untuk sampai kesana. Tak hanya Belitong yang menyimpan surgannya dunia tetapi pesona Pangkal Pinang juga tak kalah menarik dari Belitong.


copy : inditourist.com

Rupa-rupa tempat wisata di Pangkal Pinang

Selama ini Pangkal Pinang familiar dengan keelokan pantainya. Salah satunya Pantai Pasir Padi yang memiliki struktur pantai landai sehingga bisa dinikmati dengan bersepeda atau berjalan kaki. Banyak fasilitas yang mendukung di Pantai Pasir Padi ini sehingga bila kita berkunjung kesana jangan khawatir kehabisan aktivitas karena disana tersedia dari area outbond hingga restoran dengan menu khas sana. 
      
Padahal masih banyak pantai serta pulau yang dapat dikunjungi jika kita wisata ke Pangkal Pinang seperti Pantai Tanjung Bunga yang terletak 2,5 km dari pantai Pasir Padi kemudian ada Pantai Telapak Kaki Dewa, Pantai Sampur, Pantai Batu Berlubang, Pantai Teluk Uber, Pantai Matras dan Pantai Tikus Emas yang berada di kecamatan Sungailiat.

Akhir bulan juli lalu saya berkesempatan mengunjungi Pulau Bangka Belitung tepatnya ke kecamatan Sungailiat dari Bandara Pangkal Pinang ke Sungailiat menempuh sekitar 60 menit perjalanannya. Dan saya berkesempatan mengunjungi Pagoda Vihara Puri Agung dilanjutkan ke Pantai Matras dan keesokan harinya mengunjungi Pantai Tikus.



Doc. Pribadi @Vihara Puri Agung

Pagoda Vihara Puri Agung ini sebenarnya adalah tempat ibadah, dikenal oleh masyarakat sana sebagai Pagoda kuil Shaolin. Memasuki Viharanya saya diharuskan melepaskan alas kaki dan hanya boleh berfoto di sekitar pinggiran patung Budha. Bangunannya begitu kokoh yang katanya menghabiskan waktu selama 12 tahun untuk pembangunannya. Viharanya menghadap pantai sehingga begitu memanjakan mata melihat keindahan pantai yang tersaji sepanjang Vihara. Untuk menikmati fasilitas di kawasan ini tanpa dipungut bayaran sepeser pun. Saat saya mengunjungi banyak wisatawan yang datang sengaja untuk berfoto disana.

Doc. Pribadi @Pantai Matras


Doc. Pribadi @Pantai Tikus Emas

Dari Pantai Matras menuju Pantai Tikus Emas tidak membutuhkan waktu yang lama. Pantai Tikus Emas sendiri yang berada di Kecamatan Sungailiat begitu menawan dengan warna air biru semakin memukau keindahannya. Tempatnya masih alami belum banyak sentuhan tambahan dari manusia. Belum pernah sekalipun saya menemukan pantai yang begitu menawan. Keelokan pantainya membuat saya betah berlama-lama sekalipun hari itu saya baru bisa mengunjungi pantai di waktu senja.

Harga tiket masuknya begitu murah tak perlu merogoh uang dengan kocek besar untuk masuk ke pantai tersebut. Kerang-kerang maupun kepiting kecil bertebaran di pasir putih menambah ramainya suasana pantai tersebut.

Sayangnya karena waktu saya terbatas sehingga tidak bisa mengunjungi tempat wisata lain yang ada di Pangkal Pinang salah satunya seperti Museum Timah yang merupakan satu-satunya museum pertambangan di Asia. Dahulu Pangkal Pinang sudah berkembang dengan tambang timahnya sehingga tak heran ada Museum Timah. Konon katanya museum timah saat ini merupakan tempat bagi para pahlawan dalam melakukan perundingan untuk menentukkan bentuk negara Indonesia ke depan.

copy : pegipegi.com
Selain tempat bersejarah, wajib dikunjungi pula tempat religi di Pangkal Pinang sebagai tempat wisata. Bagi yang muslim ada Mesjid Jami, Bagi umat Budha bisa mengunjungi Vihara Citra Maitreya dan ada pula Gereja Maranatha dan Gereja Katedral Pangkal Pinang bagi umat Kristiani.

Tak hanya wisata sejarah maupun religi tetapi juga ada beberapa taman yang dibangun di Pangkal Pinang. Salah satunya Bangka Botanical Garden yang juga menjadi andalan bagi wisatawan jika berkunjung ke Pangkal Pinang. Letaknya yang strategis bersebelahan dengan Pantai Pasir Padi sehingga mudah dijangkau dari pusat kota. Memasuki Bangka Botanical Garden, kita akan disambut oleh deretan Cemara dan didalamnya berisi 14 kolam ikan dimana pakan ikannya berasal dari kotoran sapi. Jadi jika berkunjung kesana kita akan melihat proses pembuatan pupuk kompos dari kotoran sapi.
 
Kemacetan tidak akan kita rasakan ketika berkunjung ke kota Pangkal Pinang ini. Meskipun udara panas namun tidak menutup hasrat untuk mengenal lebih dalam kota ini.

Ragam Kuliner Yang Menggoda Di Pangkal Pinang

Tak lengkap rasanya wisata tanpa mencicipi kuliner khas daerah di Pangkal Pinang. Saya berkesempatan mencicipi ikan yang dibumbui kuning dan ada nanasnya disana dikenal dengan nama Lempah Nanas. Mengenai rasa tak usah ragu untuk menyantapnya karena rasanya begitu nikmat, saya sangat menyukai kesegaran kuahnya yang berasal dari nanasnya. Terlebih kala itu saya menyantap di siang hari rasanya "Maknyos".

Makanan lain yang saya cicipi dan juga saya persembahkan untuk oleh-oleh di rumah adalah Kerupuk Getas, Kemplang, tak lupa saya membeli terasi Bangka yang memiliki ciri khas dalam rasanya. Empek-empek juga saya nikmati sebagai camilan disana.

Ragam panganan tersebut bisa kita dapatkan di sentra oleh-olehnya. Harganya pun relatif murah untuk satu bungkus. Menurut info, selisih harga antar toko tidak jauh beda jadi kita bebas mau memilih membeli dimana saja. Jadi kita tidak perlu repot-repot untuk menawar. Bahkan packaging untuk oleh-olehnya di kemas dengan apik sama pelayan tokonya sehingga memudahkan kita untuk membawa oleh-oleh yang banyak. Terlebih itu semua gratis tidak dipungut bayaran untuk mengemas seluruh belanjaan kita.

Mall disana tidak terlalu banyak bersebaran seperti di Jakarta. Karena dominasi dengan daerah wisata yang amat keren. Tak heran jika kita pergi ke sana bisa dihitung dengan jari untuk Mall ataupun sekedar tempat makan ala cafe yang modern.

Selain ragam kuliner, ternyata Pangkal Pinang juga menyediakan kain Cual atau Batik Cual sebagai kain khas Bangka Belitung. Ini bisa juga sebagai referensi pilihan oleh-oleh yang bisa kita cari untuk dibawa pulang. Untuk pembelian souvenir khasnya bisa ditemukan di Bangka Trade Center, pasar modern yang menyediakan beragam khas kota Bangka Belitung di pusat kota Pangkal Pinang.

Perjalanan Menuju Pangkal Pinang

Untuk mengunjungi Pangkal Pinang sendiri, saya memilih jalur udara. Waktu tempuh hanya berdurasi sekitar 55 menit dari Jakarta ke Bandara Depati Amir. Pelayanan penerbangannya pun hingga 13x penerbangan setiap hari, bisa dikatakan setiap jam ada berarti termasuk lalu lintas ramai.
Doc.Pribadi 
Jadi bagaimana?masih ragu untuk berkunjung ke Pangkal Pinang?yuk kunjungi Pangkal Pinang sebagai tujuan untuk wisata liburan. Demikian ulasan saya semoga tertarik dengan #Pesona kota Pangkal Pinang ini.

Sumber : wikipedia/kotaPangkalPinang
http://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/bangka-belitung/tempat-wisata-di-pangkalpinang-bangka
http://bangkatour.com/tour-kota-pangkalpinang/#sthash.vBSQMlHb.dpbs
http://wansedeng.blogspot.co.id/

56 komentar

Avatar
Imron Fhatoni Minggu, 04 September, 2016

Salam kwnalcsebelumnnya untuk mba admin.
Jauh banget mba pangkal pinang sama daerah asal saya

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Minggu, 04 September, 2016

Salam kenal juga kang, o kota lahirnya dimana kang emangnya?:p

Reply Delete
Avatar
Imron Fhatoni Selasa, 06 September, 2016

Asal saya sumbawa NTB mba hehe

Reply Delete
Avatar
Amir mahmud Minggu, 04 September, 2016

Pangkal Pinang emang keren. Tapi saya masih kurang paham, Bangka Belitung sama Belitong itu beda atau gimana sih ?

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Minggu, 04 September, 2016

Beda Kang, Kemarin tanya2 siy dari Pangkal Pinang ke Belitong masih 4 jam-an lagi ditempuh dengan kapal laut. Kebetulan saya tugasnya di Sungailiat jadi ga sempat mampir juga :) makasi sdh berkunjung

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Minggu, 04 September, 2016

Wisata yg lengkap ya, ada vihara wisata (saya pun senang masuk pura dan vihara wisata), ada museum, dan pantainya pun cantik. Lempah nanas mengingatkan saya ttg lepah kulat pelawan waktu talkshow di Bassura :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Minggu, 04 September, 2016

Rasanya itu mba seger banget pas sama bumbu dan ikannya ditambah ada pedes2nya bikin endes :)

Reply Delete
Avatar
rita dewi Minggu, 04 September, 2016

Aduuh itu pantainya cantik bingiitts... bikin pengen nyamperin😊 btw.. kok ikannya pada doyan ya maem kotoran sapi. Hihihi

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 05 September, 2016

Iya mba cantik bukan main masih bersih pisan, wah mungkin ikannya lelah hahaha

Reply Delete
Avatar
Levina Mandalagiri Minggu, 04 September, 2016

Wah, sayang ngga kelihatan gambar pagodanya ya? Ngga boleh foto pagodanya? Kalau ke sini serunya berombongan asyik yak...

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 05 September, 2016

Ada mba fotonya cuman akunya yang ga kontrol mukanya wkwkwk jadi malu klo mau di posting :)))
iya mba seru rombongan tp klo bedua pasangan juga seru kok :)

Reply Delete
Avatar
helni Minggu, 04 September, 2016

udah lama pengen ke babel, gara2 laskar pelangi sich :D :D tp blm ksampean sampe skarang :((((

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 05 September, 2016

Ayo mba langsung rencanakan hehehe ubek2 Pulau BaBel :)

Reply Delete
Avatar
Amanda Ratih Minggu, 04 September, 2016

oh mbaknya asli pangkal pinang yak :D jie..jie yg ganti layout, kece loh mba

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 05 September, 2016

hahaha ga mba kebetulan kemarin dinas kesana dan pengen share klo Pangkal Pinang dan sekitarnya itu keren :)

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Senin, 05 September, 2016

cita2 ke sini belum kesampaian, duh mupeng

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 05 September, 2016

Langsung Mba rencanakan hehee

Reply Delete
Avatar
Irawati Hamid Senin, 05 September, 2016

kapan yah saya bisa ke sini?? pengen banget bisa berkunjung ke tempat indah seperti ini

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 05 September, 2016

Ayo mba segera rencanakan ^^ ga nyesel loh buagus pokonya

Reply Delete
Avatar
Santi Dewi Senin, 05 September, 2016

kapan ya saya bisa ke pangkal pinang? hehe... tempat wisatanya ternyata lumayan banyak ya...

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 05 September, 2016

Iya mba banyak dan keren loh yuk segera bikin jadwal buat liburan kesini hehehe :)

Reply Delete
Avatar
Catcilku Senin, 05 September, 2016

belum pernah ke babel. Katanya pantainya memang bagus-bagus ya :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 05 September, 2016

Iya mba syakeeppp n syantikk sekali pantainya :)

Reply Delete
Avatar
RaisaHakim Senin, 05 September, 2016

Jadi pengen kesana, semoga ada kesempatan mengunjungi. Aamiin :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 05 September, 2016

Aamiin..semoga kesampean y mba ^^
MAkasi sudah berkunjung mba

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati Senin, 05 September, 2016

Bener-bener surga tersembunyi deh Pangkal Pinang ini. Huaaah, pengen deh liburan ke situ :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 06 September, 2016

Ayo mba Ery liburan sini Pulau Babel istimewa :)

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian Senin, 05 September, 2016

Waaaah jadi penasaran ih berkunjung ke pangkal pinang. Makasi sharingnya ya Maaaaaak

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 06 September, 2016

Ayo mba berkunjung menghilangkan penasarannya :) sama-sama mba ^^

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 06 September, 2016

Iyes mba masih bening sebening mukaku *dijambak* :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Selasa, 06 September, 2016

Assyikknyaa yang sudah pernah ke Pangkal Pinang :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 06 September, 2016

Hihi iya mba krn DLK kantor hehehe

Reply Delete
Avatar
Nining Selasa, 06 September, 2016

Mulanya saya kira Pangkal Pinang ini Tanjung Pinang, berbeda ternyata ya. Beda pulau bahkan hihihi, trims sharingnya. Jadi tau nih wisata Pangkal Pinang mana saja :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 06 September, 2016

Sama-sama mba semoga bisa jadiin destinasi liburan bersama y ^^ ayuk ke Pangkal Pinang :)

Reply Delete
Avatar
Andi Nugraha Selasa, 06 September, 2016

Wah pantainya keren2,, :)
Btw, salam kenal ya mba..
di tunggu bertamunya :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 06 September, 2016

Iya Kang cakeppp pokonya bnr2 keyenn..
Salam kenal jg, wokey meluncur :)

Reply Delete
Avatar
Izzah Annisa Selasa, 06 September, 2016

Waaaah, bikin mupeng pingin ke Pangkal Pinang... Saya juga tau bangka dari buku Laskar Pelangi, Mbak. Pingin ke pantai yang ada batu besar2nya itu. Moga suatu hari bisa ke sana, aamiin... :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 06 September, 2016

Aamiin semoga tercapai y mba :) pokonya seruuuu

Reply Delete
Avatar
Helena Selasa, 06 September, 2016

Pantainya cakep cakep ya. Pengen deh traveling ke sana. Kalau buat transportasi umumnya gimana mba? apa harus sewa mobil?

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 06 September, 2016

Kebetulan pas kesana krn atasan saya org sana jd saya nebengers mba hahaha. Transportasi umum gampang kok mba dan yg pasti ga ada macet :)

Reply Delete
Avatar
Enny Law Rabu, 07 September, 2016

Terasi bangka kayak apa tuh?

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 07 September, 2016

Khas mba pake sedikit aza ruar biasa menyengat baunya :D

Reply Delete
Avatar
Yurmawita Adismal Rabu, 07 September, 2016

Kepingin kesanaaa...mba herva, pantainya indah sekali ya, ak penasaran sama batu yang besar besar itu

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 07 September, 2016

iya mba syakepp sekali disini, kalo yg batunya besar itu di Belitong mba beberapa jam lagi dari Pangkal Pinang. Klo Pangkal Pinang sendiri juga cakep2 ko mba pantainya :)

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim Rabu, 07 September, 2016

catet ah, ntar kalok ada rejeki lebih, cus wisata ke oangkal pinang, tengkiu sharenya ya mbk
btw selamat atas rumah barunya yak :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 07 September, 2016

Makasi mak :)
ayo mak kunjungi

Reply Delete
Avatar
ikhsan maulana Kamis, 08 September, 2016

udah tempat wisata nyah banyak, di tambah lagi makanan kuliner nya juga.. jadi pengen ke pangkal pinang he he hee ...

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 08 September, 2016

Iya Kang ternyata menyimpan hal indah disini ^^ silahkan berkunjung

Reply Delete
Avatar
qhachan Jumat, 09 September, 2016

yang pertama keinget ya pempeeekk. karena sahabat asli sana dan selalu crita pempek di sana paling uenaaaaaaak. bahkan lbh enak dr yang di palembang katanya *Mupeng*

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 09 September, 2016

Betul mba saya udah nyobain dan nagih bingitssssss :)

Reply Delete
Avatar
Lendy Kurnia Reny Senin, 12 September, 2016

Selama ini hanya suami yang pernah ke Babel.
Ihhiiks...

Semoga saya dan anak-anak bisa wisata ke sana dan menikmati keindahannya seperti yang ada di foto teh Herva.

Kerren.
haturnuhun ceritanya, teh.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 13 September, 2016

Sami2 mba, moga bisa kesana y mba ^^

Reply Delete
Avatar
Ning Ricke Selasa, 27 September, 2016

Waah itu pagoda shaolin nya kece banget ya mbak :D
jadi pingin main2 ke pantai juga he he

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 27 September, 2016

Di Belanda ada pantai kah mba?hahaha
ya adalah *ditoyor :p
makasi dah mampir mba

Reply Delete
Avatar
Anonim Kamis, 19 Juli, 2018

Hello, I enjoy reading through your article.
I like to write a little comment to support you.

Reply Delete