Thursday, October 19, 2017

Pertimbangan Dalam Memilih Tempat Wisata Bareng Teman

Hai temans, kalau menjelang weekend atau liburan panjang biasanya dimanfaatkan buat liburan bukan?walau hanya 2-3 hari yang terpenting bisa menghilangkan penat dari rutinitas yang kita lakukan selama 5 hari kerja.
Berkaitan dengan liburan, kalau bagi saya paling seneng itu yah liburan rame-rame bisa bareng keluarga dekat atau sama teman-teman pasti serunya ga ada matinya. Kalau dengan keluarga biasanya tidak perlu melakukan perencanaan yang jauh-jauh hari paling nentuin destinasinya bisa saja saat itu juga langsung cuss pergi. 
Hal ini berbeda jikalau mau liburan ke tempat wisata bareng teman-teman tersayang. Kalau dengan teman-teman mesti dengan perencanaan yang matang dan banyak sekali pertimbangan yang harus di fikirkan sebelum liburan.
Ngomongin teman-teman sebelumnya sudah pernah saya bahas disini jika saya punya genk yang terdiri atas 6 orang termasuk saya yang sudah menjalin hubungan sejak masa kuliah silam. Nah karena kami sudah banyak yang berpisah satu sama lain antara satu kota dengan kota lain maka akan selalu ada ketentuan untuk bisa saling bertemu meski pada akhirnya pertemuannya tidak lengkap personilnya.
Beberapa hari yang lalu, salah satu teman iseng bertanya tentang tiket masuk ke tempat wisata. Dari pertanyaan tersebut akhirnya mengalir beberapa opini hingga akhirnya memutuskan "bagaimana kalau kami bisa mengajak semua anggota keluarga masing-masing untuk liburan ke tempat wisata". 

Percakapan panjang tersebut membuat saya akhirnya menyimpulkan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika memilih tempat wisata barengan sama teman, diantaranya adalah :
1. Lokasi Wisata
Hal ini menjadi pertimbangan pertama mengapa?karena kita bisa mengalokasikan waktu berapa jam yang perlu disiapkan jika membawa anak-anak. Agar anak-anak tidak lelah dan bosan selama di perjalanan kalau lokasinya memakan waktu yang lama. Lalu lokasi wisatanya bisa dilalui dengan transportasi umumkah?karena beberapa teman memilih menggunakan transportasi umum agar tidak lelah berkendara suaminya. 
Iya juga sih soalnya kalau liburan kan pengen have fun bukan?kalau nanti suami uring-uringan karena cape nyetir bisa gagal nih liburan serunya. Maka lokasi wisata yang terlalui transportasi umum menjadi ceklist pilihan pertama bagi kami.

Selain itu, faktor strategisnya lokasi wisata juga menjadi faktor utama. Terutama strategis dengan pemenuhan kebutuhan MAKANAN. Terlebih bawa anak-anak maka perlu juga memikirkan tempat wisata yang berlokasi dengan restoran ramah anak. 
2. Budget Terjangkau
Faktor budget juga menjadi pertimbangan utama dalam merencanakan liburan bareng teman-teman. Apalagi buat teman yang sudah punya anak lebih dari satu maka budgetnya juga mesti disiapkan. Budget yang perlu disiapkan biasanya dari :
  • Transportasi
  • Penginapan
  • Makanan
  • Tiket Masuk 
Ngomongin tiket masuk biasanya ini juga memakan budget yang lumayan. Makanya salah satu teman mempertanyakan berapa sih kalau tiket masuk ke tempat wisata X. Lalu teman yang lain menyarankan agar dapat tiket masuk yang murah sebaiknya bawa rombongan satu bis. Hola ini mau liburan private sama teman apa sekampung dibawa 😂. 
Untuk alternatif budget tiket masuk yang mahal siy bisa disiasati ga perlu harus bawa rombongan satu RW juga kali tapi bisa dilakukan dengan mencari "Voucher Diskon Tempat Wisata" yang ingin temans kunjungi.   
Buat dapetin kayak voucher itu gimana siy?coba temans manfaatin media online dong. Salah satunya itu saya pernah searching kayak Voucher Bambideal dimana kita bisa dapetin diskon tiket masuk secara langsung ga perlu dah pake syarat yang ribet kayak harus bawa rombongan satu bus hehehe. 
Apabila sudah nemu yang begini otomatis budget tiket masuk yang terpotong bisa dialokasikan buat kebutuhan yang lain deh.  
3. Fasilitas Tempat Wisata
Berhubung membawa pasukan yakni anak-anak maka hal lain yang kami fikirkan untuk mengunjungi tempat wisata adalah banyaknya fasilitas yang ditawarkan disana. Hal ini untuk mencegah rasa bosan pada anak-anak yang tentunya akan jenuh jika hanya ada 1 fasilitas yang ditawarkan.
Misalnya yang ditawarkan hanya kolam renang to ga ada sarana bermainnya, ga mungkin juga anak-anak berenang dari pagi sampe sore 😂 kan sayang banget cuman bisa renang doang beberapa jam lalu pulang padahal rencana yang difikirkan mamak-mamaknya uda mateng pake banget.

Waterboom PIK tak diragukan fasilitasnya, foto by bambideal
Karena hal tersebut, saya dan teman-teman mencoba untuk memilih tempat wisata ramah anak yang menawarkan berbagai fasilitas. Mood mamak senang jika lihat anak-anak juga senang karena ada sarana bermainnya.
***
Kira-kira itu 3 hal utama yang menjadi pertimbangan dalam memilih tempat wisata bareng teman versi saya loh bukan versi on the spot. Temans punya pendapat lain ga?boleh dong kasih masukan lagi agar rencana kami bisa terealisasi ga hanya terencana cuman di chat doank xixixi.
Demikian yang dapat saya share kali ini, semoga kita bisa terus memupuk hubungan baik dengan teman salah satunya dengan merencanakan liburan bareng 💋.

88 comments:

  1. Sudah lama merencanakan wisata bareng temen tapi belum kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa mba kalau sama temen suka gitu :D

      Delete
  2. Sama nih, Teh, soal lokasi juga biasanya aku bahas di awal, soalnya biaya yang akan dikeluarkan bakal ngaruh sama jarak atau tempat yang akan dituju..

    Setuju dengan ini, terlebih fasilitas di tempat wisata, yang terpenting harus ada tempat beribadahnya, biar disaat adzan berkumandang, langsung otw, setlah itu barulah lanjut berliburnya..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya mushala juga harus diperhatikan ya kang Andi ga enak banget uda liburan masa iya ga ibadah :) nice reminder

      Delete
  3. Kalau sama teman2 cari yg low budget soalnya walau murah tapi pasti seru. Pastikan saling buru promo2 dan diskon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Mba ini pas banget BAmbideal ada voucher tiekt masuk diskon :)

      Delete
  4. ini waktunya liburan
    sudha harus direncanakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencanakan tapi siapin budgetnya yak :)

      Delete
  5. Aku ama tmn2 jg lg ngerancanain liburan ni mbk. Tapi ya gt masih bingung nentuin tmpat wisata yg jg asyik klok ngajak kumpul breng klwrga.
    Jd makasih bgd nih udh dikasik pencerahan. Klok slh satu tmpat wisata yg asyik bwt kumpul2 bareng temn2 bserta klwraga itu adalah waterboom. Yeaahhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak Ken di bambideal dapet potongan yang lumayan buat tiket masuk waterboom :) buruannnn

      Delete
  6. Budget itu bahasan utama saat merencanakan liburan...makin murah makin meriah...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin murah semakin senang mamaknya mba Dian :D

      Delete
  7. Sejauh ini jarang banget wisata bareng teman mbak.... Seringnya sama adek atau pacar hehehe... Asik juga tuh bareng temen, direncanain biar berjalan lancar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik dong sama pacar juga apalagi di bambideal lagi ada diskon tiket masuk loh :)

      Delete
  8. Lihat dulu sih mau jalan sama siapa. Yang penting teman perjalanannya sevisi dan sepemahaman, mau ala koper atau ransel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba sepemikiran dulu biar tiada dusta diantara kita :)

      Delete
  9. Semenjak jadi emak, saya kangen bisa hangout bareng sahabat apalagi sampe nginap. Semoga next time kesampaian deh. Thanks for sharing bunda nameera ^^

    ReplyDelete
  10. Iyaa setuju kak, lokasi wisata tuh jadi pertimbangan pertama soalnya mempengaruhi seluruh bujet rencana liburan hehehe :)

    ReplyDelete
  11. Kusetuju teh, kalau liburannya rame-rame, tiga poin di atas memang harus dipertimbangkan biar semua bahagia hehehe

    ReplyDelete
  12. November ini rencananya mau meetup sama ex temen kantor dulu, eee lha kok batal. Ganti awal tahun nanti mau ke Jogja langsung nyamperin tempat usahanya. Yah, anggep aja liburan bareng, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting ada moment buat kumpul ya mba :)

      Delete
  13. Sejak menikah aku nggak pernah liburan bareng teman. Paling dengan keluarga dan keluarga besar. Yang jelas, kita mesti memikirkan wisata seperti apa yang cocok ya. Termasuk lokasi, budget dan fasilitasnya biar satu visi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba aku juga makanya kepikiran pengen liburan bareng sama temen :)

      Delete
  14. jaman masih gadis , paling suka jalan sama temen, kl sekarang sih sama keluarga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga saat masih gadis bu cuman sekarang memang kalau mau liburan mesti banyak pertimbangan y bu :)

      Delete
  15. Huhuuw aku udah lama gak jalan-jalan bareng temen-ten nih teh.. Pernah ngerencanain eh tapinya gak jadi.. Pingin rencanakan lagi dan dijadiin aaah.. Mayan nih kalo ada voucher gitu yaa jadi bisa ngurangin biayanya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mayan mba DIta sok mangga cus ke bambideal :)

      Delete
  16. bener banet itu kak. Jadi kangen liburan sama temen dh

    ReplyDelete
  17. Tambah 1 lagu teh bella. Biar perjalanan terorganisir, buat itinerarynya. Saya sering banget nih kebagian yg ini. Soaknya kan suka kesel yaa kalau ga ada itinerary, teman suka main narik2 aja jalan kesana.. atau berlama2 tanpa mikir waktunya. Kalau ada itinerary kan mereka terschedule.

    Ini efek kerjaan kantor dibawa ke jalan2.. hahaha..

    ReplyDelete
  18. yang paling utama 'budget'. kalo budgetnya ada kemanapun bebasss :D

    ReplyDelete
  19. Kalau aku nih ya Mba. Terlalu banyak di rencanain dan terlalu panjang diskusinya, akhirnya malah nggak jadi. Dan cuma jadi wacana. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk akhirnya cuman chat doank yah :D

      Delete
  20. lebih ke Qty time ya mba,yg penting ngumpul wlwpun limit bugdet, haha
    ngajak anak jg wajib tuh.. suka baper malah kalau ditinggal kan,

    ReplyDelete
  21. Aah, impian banget ini teh, bs jalan bareng sahabat2 lama. Cuma ngepasin waktunya yg sulit ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya waktunya yang harus bener2 diplanning :)

      Delete
  22. Kadang yg nggak pake planning sering kejadian yaa 😆😆 itu cemanaaa..
    Ah tapi renang disitu ku blum pernah 😂😂 cedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk biasa itu hampir sering ya mba :D

      Delete
  23. udah pernah dan ketagihan. pengen bgt liburan bareng2 temen dan kluarga ke tempat yang agak jauhan tp blm brani....ehm blm ada budget maksudnyaa wkwkkw

    ReplyDelete
  24. Emang bener sih segala sesuatunya harus di perhitungkan...
    dulu aku maen dateng ke curug pas musim panas... alhasil curugnya kering...dan disana gak dapet apa-apa deh... tipsnya bermanfaat nih!

    ReplyDelete
  25. Yang penting pas jalan2 sama temen itu ngga egois & saling mengerti (kalau saling setia mah bobogohan) hahahaha... tempat wisata yg tepat kl sama buibu yg banyak tempat belanja murah meriah muntah, biar bisa bawa oleh2 yg banyak buat keluarga... jd yg ditinggalin pun hepi2 joy joy :D

    ReplyDelete
  26. lahhh saya malah beda, giliran di ajak jalan yang lain pada bilang terserah.

    haa, giliran di kasih opsi ada aja alasan a b c, tempatnya bosanin lah, payah penginapan lah, sulit dijangkau, atau apapun itu.

    pas ditanya balik, jadi kita kemana? temen2 jawab terserah lagi,

    ahh, saya ngasur nonton film aja di laptop dari pada terserah mulu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha emang suka begitu makanya perlu planning yang matang

      Delete
  27. Yang jadi kendala selalu budget. Semoga bisa ngerencanain liburan bareng temen nanti. Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  28. Kalau aku pertimbangan waktu juga. Kalau liburan panjang milih tempat agak jauhan. Kalau libur sehari,ya yg dekat2 aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya waktu juga jadi pertimbangan y mba :)

      Delete
  29. Bawa anak2 kalau saya sih gak mau pergi sendiri. Anak dua, yg dewasa juga dua biar bisa diawasi dan liburan nyaman

    ReplyDelete
  30. Yang penting sih mbak teman yang bisa dipercaya :D dan budget juga sih

    ReplyDelete
  31. Saya pernah jalan bareng teman, seru banget. Sayangnya sekarang kami terpisah

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah karena terpisah ajakin lagi buat ketemuan :)

      Delete
  32. Klo bareng teman jujur blom pernah, biasanya bareng teman hidup alias paksu eaaa
    Soalnya klo bareng teman aku anaknya introvert masi mending bareng kakak yang apa apa aku terima beres #tinggal setor duid, itinerary dah jadi hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. eaaa paksu sll jadi partner terbaik y mba Nit :)

      Delete
  33. Aku biasanya nyari yang low budget, mba. biar hemat dan tetep bisa nabung buat trip selanjutnya. hehe. kayak pas ke bromo dulu aku juga paling habis berapa gitu, tapi worth it buat dijalani. Karena perjalanan apapun pasti bikin hati jadi lebih bersyukur dan menikmati hidup yang lebih seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mesti yang hemat y mba biar ga abis travelling menangis :p makasi mb Ila sharingnya

      Delete
  34. Kayaknya kurang satu hal penting yang perli dipertimbangkan, yaitu waktu pelaksanaan. menyatukan waktu luang antara satu teman dengan teman yang lain sangat diperlukan biar bisa berangkat bareng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya waktu juga yah makasi masukannya :)

      Delete
  35. Hahaha saya kalau ngayap bareng temen itu biasanya bertiga atau berempat, pokoknya hitungan satu taksi online atau satu kamar hotel. Voucher2 diskon yang sampai ke mata atau gendang telinga kami, memang seringkali jadi alasan untuk ngayap dadakan, haha... Mumpung diskon, yesss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes klo diskon emang paling diburu miss :)

      Delete
  36. Kalo aku, mau jalan ama temen ato keluarga, ttp sih planning udah jauh2 hari aku bikin, supaya mateng :) . Tp agak rempong kalo jalannya ama temen, krn kdg aku suka ga enakan kalo terlalu boros sementara temen2 lbh hemat tipenya.. Kalo udh gitu, kita cari jalan tengah, wisata yg ga mahal, ato kdg kita sepakat ada 1 hr yg jalan sendiri2 supaya masing2 bisa ngerasain wisata yg dimauin.

    Kalo tiket2 wisata, skr ini aku lg seneng pake klook. Jauh lbh murah. Tp itu utk tiket wisata di LN seih biasanya. Coba deh kalo nanti ada planning traveling domestik, aku cari tiket2nya dr bambi deal ini..

    ReplyDelete
  37. hahaha, aku jg pernah bikin artikel semacam ini... memang penting sih tahu detail kesukaan masing2 sblm traveling bareng... kl yg satu senengnya liat museum & yg satu maunya shopping ya repot... :))))

    ReplyDelete
  38. aku dulu pernah piknik keluarga bareng rekan satu divisi. rame sih acaranya sampai ada acara nyasar segala. heu

    ReplyDelete
  39. Aku udah lama banget gak liburan bareng teman Mb. Udah 7 tahun kalo gak salah. Ya alasan gagalnya biasanya jadwal. Plus sekarang setelah kebutuhan naik. Dia bisa aku gak bisa. Aku bisa dia gak bisa

    Sempet 2 tahun lalu ngerencanain liburan bareng kawan. Nginap keluar kota. Eh, suamiku yang gak mau. Gak enak katanya kalau nginap di luar kota bareng kawan. Pikir-pikir bener juga siy. Soalnya kan cuman 2 keluarga. Lain kalo rame lagi

    ReplyDelete
  40. Aku kalo bareng temen bisa langsung go gak mikirin penginapan, tenda, dll.
    Nekat gitu lebih seru dan menantang wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. klau belum punya keluarga dulu pun kita juga sukanya dadakan mba tp klo skrg dadakan wuih rempong hahhaa

      Delete
  41. teman2ku masih pada sibuk nih mba, hiks :-D
    tapi rencana tetap akan dijalankan untuk liburan bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo rencanakan mba dan nikmati keseruannya :)

      Delete
  42. Lokasi sama bujet biasanya diobrolin di awal kalo jalan sama temen-temen, soalnya itu yang paling krusial..

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design