Monday, April 10, 2017

#Memesona Itu Membangun Personal Branding Lewat Prestasi

Jika ada yang bertanya arti memesona maka saya memiliki pandangan bahwa seseorang akan memancarkan pesonanya saat ia mampu mengejar targetnya mencapai prestasi sepanjang hidupnya. Alasannya adalah ketika seseorang memiliki target maka ia memiliki KOMITMEN dalam hidupnya untuk tidak berhenti BERUSAHA.

Saya seringkali membaca buku-buku yang dituliskan dari mereka yang telah sukses dalam hidupnya. Satu kunci yang selalu saya garis bawahi adalah mereka selalu "Tahan Banting dan terus berkomitmen" mengusahakan apa yang mereka inginkan.
Hal ini pula yang saya terapkan sedari kecil, terlepas dari keinginan Orangtua namun bagi saya berprestasi merupakan hal kecil yang bisa saya persembahkan kepada kedua orang tua saya yang telah jatuh bangun membesarkan saya. 

Orangtua mana yang tidak bangga saat melihat rapot anaknya bertengger angka 1, Kakak mana yang tidak bangga saat tahu adiknya menjadi Juara Umum disekolahnya, Nenek mana yang tidak terharu saat tahu cucunya menyabet IPK tertinggi diangkatannya, Teman mana yang tidak ingin dekat dengan temannya yang menyabet juara kelas.

Secara fisik saya tidak ada apa-apanya dibandingkan mereka yang memiliki fisik menawan, ribuan pujian membanjiri bagi si Cantik namun ternyata predikat berprestasi jauh lebih abadi dibandingkan dengan predikat si cantik menurut saya.

Beberapa orang yang bertanya perihal saya maka yang diingat adalah "Oh teteh yang IPK-nya tinggi itu yah" *uhuk batuk* atau Ow Herva dari dulu memang Pintar *uhuk batuk lagi* atau ish kamu ih resepnya apa sih bagi-bagi dong bisa juara? *uhuk batuk lalu minum obat* begitulah kira-kira komen yang terlontar dari teman-teman. Bahagia bukan?jelas bagi saya ini mahal banget, Membangun Personal Branding Lewat Prestasi Yang Saya Capai. 



Pernah mendengar istilah "Dulu menanam kini Menuai" begitulah prinsip yang saya pegang. Bukan hal mudah untuk selalu menyabet juara atau membangun citra diri didepan khalayak. Namun saya selalu berkeyakinan jika saya tidak mau berusaha apa yang ISTIMEWA dari saya?. 

Dan tahukah kawan?ketika saya sibuk untuk terus belajar, memikirkan apa Target saya selanjutnya dan selanjutnya. Hal ini membuat saya sibuk untuk terus Menggali POTENSI DIRI, tentunya membuat saya menyadari tidak ada waktu lagi buat menyinyir kehidupan orang lain meskipun terkadang Godaan Lambe Turah selalu bikin saya bagosip *tsaah.

"Orang Besar senang berbicara tentang Ide-ide sementara orang biasa-biasa suka berbicara tentang diri mereka sendiri dan orang-orang kecil suka berbicara tentang orang lain" 

Kalau lihat kutipan diatas jangan sampe saya hanya jadi orang yang selalu membicarakan orang lain hingga saya lupa untuk memikirkan PERUBAHAN diri saya sendiri. Karena itu hingga saya setua ini saya masih terus belajar. "Belajar bukan cuma sekedar mengadopsi cara berfikir baru melainkan juga membuang cara berfikir lama, Learn To Unlearn" (Dikutip dari Buku Change by Rhenald Kasali hal. 428)

Dan untuk mencapai prestasi demi Personal Branding membutuhkan waktu yang panjang tak lantas orang lain bisa mengenal saya seperti ini butuh proses didalamnya karena selalu saya katakan From Nothing To Something itu butuh Effort tidak Instant bahkan Mie Instant saja perlu direbus kok untuk menjadi santapan yang nikmat apalagi diri kita. Bagaimana orang lain mau terpesona dengan diri saya jika saya tidak mau belajar dan berubah sepanjang masa.

Baca Lagi : Indahnya Menikmati Setiap Proses Perkembangan 

Berprestasi sendiri bagi saya tidak hanya yang bersifat formal dimana saya mendapatkan penghargaan, akan tetapi bagi saya pribadi berprestasi itu mengandung makna yang lebih luas yakni mampu merubah diri menjadi lebih baik dengan terus belajar. 

Prestasi Akademik Maupun Ngeblog
Adapun yang saya lakukan untuk terus mencapai prestasi yakni :

1. Menetapkan Tujuan & Target

Setiap individu pasti punya tujuan dan target masing-masing, oleh karenanya kadar kesuksesan akan selalu berbeda nilainya. Mungkin bagi saya bisa membuat akang suami tersenyum karena istrinya mampu masak makanan kesukaannya ini adalah prestasi. Ataupun ketika saya mampu mengajarkan 3 mantra ajaib "Tolong, Maaf, Terimakasih" kepada anak saya ini juga prestasi. Menetapkan tujuan dan target memicu saya untuk terus belajar dan berusaha mencapainya.

2. Tidak Berhenti Belajar

Menjadi istimewa memang perlu meng-upgrade diri. Bagaimana saya mampu memancarkan pesona jika saya malas untuk memperkaya diri dengan belajar. From Good To Be Great begitu istilah yang saya dapatkan yakni dengan terus belajar dan mendevelop diri. Ini salah satu kunci keberhasilan yang akan didapatkan. Saya sendiri berusaha untuk terus menjadi great karenanya saya harus rajin belajar dimulai komitmen membaca, menulis, mengikuti kegiatan sosial, workshop, coaching hingga training.

Baca Lagi : Coaching Bersama Pak Josef Bataona

3. Tahan Banting

Jika tujuan telah ditetapkan, komitmen untuk belajar sudah ada maka yang diperlukan terakhir adalah tahan banting. Hasil kerja tidak serta merta akan langsung terlihat hasilnya maka membutuhkan komitmen untuk tetap berusaha dan tahan banting.

Dan setiap usaha yang saya lewati untuk terus berprestasi akan ada orang-orang yang tidak suka maka akan saya biarkan saja. Saya tetap fokus pada tujuan dan target saya. Ketika hinaan, bully-an menghampiri menjadi cambuk untuk saya memperbaiki diri. Dan membuktikan kalau saya mampu berprestasi. Haters akan selalu ada so yang saya butuhkan adalah tahan banting.

***
Bagi saya 3 hal ini menghasilkan personal branding yang istimewa untuk saya yang akhirnya memesona bagi diri saya?*PD tingkat Dewi* 😆. Apalah istimewanya saya jika bukan karena PRESTASI yang dicapai. Bagi saya "Lebih baik mengejar Prestasi dibandingkan Mencari Sensasi". Demikian kisah saya untuk memesona, bagaimana dengan teman-teman?karena kita semua istimewa jangan mengecilkan diri sendiri dengan keunikan dan bakat yang Alloh berikan kepada masing-masing individu.

Semoga bermanfaat yah 💋



#MemesonaItu

82 comments:

  1. Sudahlah... #MemesonaItu gue, hahaha... Eh dirimu juga salah satu perempuan #MemesonaItu yang saya kagumi kok, Mba. Prestasi jadi istri, ibu, dan di dunia karier juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tentu saja miss semua perempuan memesona istimewa.
      haturnuhun miss 🙏🏻😇

      Delete
    2. Aih, prestasinya itu loh,bikin ngileeer, mbak :)
      Gak salah lagi, #MemesonaItu ... mbak Herva deh ^^
      Saluuuuut!

      Delete
    3. ah mba Roma makasi bnyk mb jg keren 😍😍

      Delete
  2. kecek-kece, bagusss membangun branding dengan prestasi positif gak usah bikin status2 aneh biar terkenal hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nuhun mba Ev 😘 iya mb prestasi takkan lekang oleh waktu dbdg dg sensasi

      Delete
  3. tulisan yang memesona,
    Lebih baik mengejar Prestasi dibandingkan Mencari Sensasi, ini point banget.
    smoga sukses kontesnya

    ReplyDelete
  4. Orang banyak prestasi tanpa banyak ba bi bu memang sudah awesome dan memesona kok, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya betul mba krn orientasinya bkn pujian jd bekerja diam untuk hasil warbiyash makasi mba 😍😘

      Delete
  5. huwaaa achievementnya keren, memesona banget..

    ReplyDelete
  6. Prestasinya semakin memancarkan pesona dirimu, mba Herva. Ngga perlu diobral karena bukti yang berbicara :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba Molly :) sdh mampir juga ^^

      Delete
  7. Setuju banget, lebih mengejar prestasi daripada mencari sensasi. :)

    ReplyDelete
  8. Ahzeg.... Geulis. Berprestasi ini mah :)
    Prestasi aku apa ya 😆 Jadi mikir euy... Goodluck teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadar prestasinya kan beda2 mba say hahaha jgn menyempit semuanya istimewa spt yg aku tulis jgn mengecilkan diri kita sendiri sementara bnyk nikmat yg Alloh kasi bwt kita *masyaAlloh teteh bella kultum hahaa
      aamiin makasi mba Ucig 😍😻

      Delete
  9. Mbk herva emang memesona dah ah,
    Slh satu blogger favorit akuh...
    Terus menginspirasi ya mbk, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Ken jg memesona dg kreatifitas tanpa batas ayo semangat lg y mak 😻😘😘😻
      aamiin smg spt yg aku niatkan blog ini bertujuan agar aku bisa bermanfaat seenggaknya sedikit yg bisa diambil baiknya *apasih hahaha 🙏🏻

      Delete
  10. aku suka sekali itu quote yang orang besar, ih ngena banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi ibu iya aku jg suka quotenya 😍

      Delete
  11. Sippp siipp tipsnya. Pas baca jadi ngerasa aku istimewanya dimana? Jadi motivasi buat aku. Makasih mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. bnyk yg terselubung mb sementara kita ga sadarin ayo semangat mba krn kita semua teristimewa 😍😁 makasi uda mampir mba 🙏🏻

      Delete
  12. Di fotonya agak beda wajahnya ya. Fix banget dagunya serupa Teh Bella
    Kalau dirimu emang memesona lah, udah pasti itu.
    Tu kalau piagam saya di rumah dikumpulkan dari SD bisa gak muat tas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha krn ga pake kacamata mb Bujer 🤣😂
      ish keren bgt mb smg sll berprestasi aamiin dan menularkan kepada anak kita yg nantinya menular lg ke cucu maka jadilah amal jariyah 😇🙏🏻

      Delete
  13. Kece mba, membangun personal branding lewat prestasi. Semoga nular ke si kecil yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin insyaAlloh mba ditularkan biar mjd amal jariyah 🙏🏻😇

      Delete
  14. Prestasinya segudang. Mantap mba, tetaplah rendah hati dan cerdas ya. Dan saya juga lebih seneng dekat dengan orang yg ga gemar nyari sensasi dengan status2 di sosmed.

    *ipeh ngomong sama cermin*

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sedikit mba 😂 alhamdulilah yg ptg bahagia y mba Ipeh.
      nah noted bgt aku ga mau dah kek gtu 🤣😂

      Delete
  15. Luar biasa. Nggak hanya cantih ya Mba Herva ini, tapi juga mempesona. Wow, keren banget IPK tertinggi. Tulisan yang sangat menginspirasi dan memesona. Tulisan ini layak menang. Keren. Semangat mb Hervaaa. Aku padamu *Uhuk* (Batuk batuk)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi ummi :* jadi malu hahaha aamiin usaha sudah klo menang itu rezeki yang takan tertukar ya ummi :)
      *sodorin obat batuk :p

      Delete
  16. Membangun personal branding yang menarik akan menjadi pesona sendiri bagi seseorang ya mbak. :)

    ReplyDelete
  17. Wah, banyak sekali achievementnya. Hebat, mba. Saya sepakat, apa yg kita tuai sesungguhnya itu yg telah kita tanam. Jadi mending nanem yg baik2 aja, moga2 kebaikan pula yg kita tuai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mba uda mampir :)
      iya betul mba kebaikan akan menuai kebaikan, sensasi akan menuai cibiran xixixi

      Delete
  18. Setuju Mbak, semoga terus berprestasi bukan sekedar sensasi. Andien Aisyah aja yang image nya sempurna masih banyak banget yang nyinyirin kebahagiaannya, apalagi kita hueheheh.. good luck Mba semoga menang, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah betul mba San :)
      aamiin makasi mba San :* sehat2 y bumil cantik

      Delete
  19. setuju aekali dg tulisannya..ehm..katanya bapak2 itu suka dengan wanita cerdas ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba :* ehm cerdas mengatur keuangan apalagi y mba pasti tambah suka hahaha

      Delete
  20. Salut lho ibu yg bisa apaaja. Termasuk dikau Mbak. makin sukses ya Mbak, lombanya juga :)

    ReplyDelete
  21. Kaaan mbaak hervaaa memesonaaa bingitss. Daebaak mbaak statement yg terakhir, mending berprestasi yak drpada eksis penuh sensasi tp tidak ada yg berarti 😁

    Kuecee bingits km mbaak, uda cantik, berprestasi, baik hatii pulaa. Proud of you 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. mb Lucky juga memesona dan cetar :) makasi mba proud of you too yg suka menang :*

      Delete
  22. mbaaaa itu prestasinyaaa *aku balik kanan* hahaa

    salut buat yang personal brandingnya ga cm branding via omongan ;)). sukses slalu mbaa, makin panjang list prestasinyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sedikit mba masih bnyk yg lebih xixixi balik kanan lagi mba :)
      aamiin makasi mba, sukses jg bwt mba ^^

      Delete
  23. setuju mba Herva, buat apa cari sensasi kalo nhil prestasinya.

    ReplyDelete
  24. aku sih yesss, banyak2in prestasi positif yah neng bella :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAlloh mba makasi mb 🙏🏻😂

      Delete
  25. Mba Herva memang wanita yang memesona kok! :)

    teruslah memesona dengan menggapai banyak prestasi yaa Mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAlloh makasi mb Ira 😻🙏🏻🙏🏻

      Delete
  26. Ini baru memesona :).. Aku juga lbh seneng liat irg yg kaya prestasi drpd hanya sekedar cantik mba.. Cantik tapi kosong, duuuh malesin ya :p. Ga bakal keinget juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyes mba makasi mb uda mampir 😘🙏🏻

      Delete
  27. Mempesona itu berani tampil apa adanya, bertingkah seperti biasanya dan menikmati hidup tanpa ada rasa iri :-D

    ReplyDelete
  28. Weish mantap bener mbak tulisannya.. Memang bener mbak jaman sekarang kalau kita ga tahan banting susah bersaing dengan orang lain ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mb Vika yuk kita kerja keras dan cerdas biar mampu bersaing secara sehat ^^

      Delete
  29. Wwaaahh, luar biasa banget, Mbak. Prestasimu itu lohhh wowowow.. Sangat memesona. Dan ya, betul banget, kita memang harus dan wajib membangun personal branding positif untuk diri kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. eleuh mba Eri juga mempesona loh :) yes branding positif, menularkan energi positif akan mendekatkan kita dengan orang-orang positif juga :)

      Delete
  30. org yg bekerja keras dlm mengejar apa yg diinginkan, akan tampil percaya diri dan akhirnya pesonanya akan keluar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba komitmennya membuat pancara pesona keyakinannya terlihat..based on mereka yang uda sakses :)

      Delete
  31. Kamuh cantik, cantik, cantik dari hatimuuuh.. :P
    Tapi kaak, kalau cari sensasi itu lebih cepet dapet followernya daripada cari prestasi lho hahahha.. sekarang kan yg diutamakan follower #eh XD plus aku ngga bisa dibanting2.. aku ngga akan tahan kak.. plisss jangan banting akoooh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha nah dg sensasi kita ga bisa bedain yg mau berjuang bersama saat susah mih :p

      Delete
  32. mantap prestasinya....kagum deh, benar2 memesona

    ReplyDelete
  33. Tulisan yang sangat mempesona. :)

    ReplyDelete
  34. Mbak Herva keren ikh achievements nya banyak banget, sangat menginspirasi. Benar sih personal branding itu penting

    ReplyDelete
  35. Suka banget sama quote ini:

    "Orang Besar senang membicarakan ide-ide, orang biasa senang berbicara tentang diri mereka sendiri dan orang kecil suka berbicara tentang orang lain"

    So true, banget!

    ReplyDelete
  36. Ulasannya ttng memesona jleb banget mbak, yg penting selalu berusaha utk mnjadi lbih baik lagi, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih 😀🙏🏻 yup betul sekalih

      Delete
  37. Mengukir prestasi karena sebaiknya kita semua punya prestasi ya mba, siip

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaap mba lewat prestasi lbh abadi dbdg sensasi

      Delete
  38. aduh langsung minder liat prestasi2nya... *trus menggelinding balik ke blog sendiri*

    ReplyDelete
  39. Haha itu diriku Teh yang kepo bagi tipsnya biar menang atau langganan juara ga tahunya udah smart dari orok hahaha. Selamat sudah memesonakan saya dengan artikel kece yang kemaren bisa ngankut pocer juga hehe

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design