.......... --> Pentingnya Menentukan Lokasi Sebelum Membuka Usaha | Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger

Pentingnya Menentukan Lokasi Sebelum Membuka Usaha

Penentuan lokasi yang strategis dalam membuka usaha sangatlah penting karena menentukan perkembangan usaha dimasa akan datang. Tidak asal buka usaha

"Buka usaha yuk, di deket kampus sana kayaknya pasti sukses deh soalnya belum ada nih yang jualan kayak gini"

Pernah ga temans punya pemikiran ide seperti itu? jelaslah pasti ada saja bukan yang pengen punya usaha dan bercita-cita usaha berkembang sukses sedemikian rupa.

Tapi perlu temans perhatikan nyatanya buka usaha itu ga semudah yang diucapkan. Bahkan membuka bisnis maupun usaha ada ilmunya.

Jadi saya baru saja mempelajari tentang materi "Strategi Lokasi" untuk membuka usaha. Dalam materi tersebut saya jadi tahu hitung-hitungan bahkan banyak pertimbangan yang harus diperhatikan ga cuman liat pangsa pasar yang rame dengan selayang pandang saja.

Akhirnya jika dirunut pada pengalaman saya yang dulu, benar adanya perencanaan kurang matang serta minimnya ilmu dalam membuka usaha membuat usaha yang lalu menjadi layu sebelum go internesyenel berkembang.

strategi-menentukan-lokasi-usaha

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menentukan Lokasi Usaha

Dulu mikirnya kalau buka di tempat "A" dengan pangsa pasar mahasiswa pastinya akan rame lancar. Pundi-pundi laba akan masuk kantong dengan mudahnya.

Namun nyatanya membuka lahan usaha ga semudah itu temans, makanya jika diperhatikan perusahaan-perusahaan yang maju akan memiliki divisi tertentu spesialis dalam merencanakan pembukaan cabang selanjutnya.

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan sebelum membangun tempat usaha, yakni perlu mempertimbangkan strategi lokasi, diantaranya adalah :

  • Biaya sewa ruko jika ingin menyewa
Lokasi bisnis yang akan kita pilih tentu mempengaruhi pada harga sewa ruko yang akan kita sewa. Belum tentu harga ruko itu sama dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Jangan sampe kekurangan modal bahan baku hanya karena tidak direncanakan untuk modal biaya sewa ruko. jadi temans bisa pertimbangkan dulu biaya diluar modal usaha seperti sewa ruko dan lain sebagainya.

Lokasi yang strategis biasanya untuk harga sewa ruko jauh lebih tinggi maka ini penting untuk diperhatikan. Apakah kedepannya terus sewa, apakah nanti labanya bisa menutupi harga sewa dll. 

Jadi penting diperhatikan yah temans!
  • Biaya tanah dan bangunan 
Sama halnya dengan sewa ruko, biasanya saat kita memutuskan untuk membangun tempat usaha di lokasi yang strategis, harga tanah juga melambung tinggi.

Belum lagi nanti biaya membangun, izin mendirikan bangunan, izin ke pemerintah maupun aparat setempat pastinya biayanya cukup besar.

Maka khusus bagi temans yang ingin memulai dari nol maka baiknya juga menyisihkan modal untuk biaya tanah dan bangunan. 
  • Transportasi
Bisnis berkembang karena adanya kemudahan akses pelanggan untuk bisa datang ke usaha kita. Hingga kemudahan ketika mengirim produk baik dari usaha kita maupun dari supplier.

Perhatikan akses transportasinya, karena lokasi bisnis yang susah untuk transportasi akan sulit juga dijangkau oleh pasar.
  • Kemudahan Sumber Daya
Jangan hanya memikirkan kemudahan dalam bahan baku saja ya temans, tapi juga saat buka lokasi bisnis temans patut perhatikan seperti ketersediaan air, apakah air harus beli atau menggali sendiri kemudian masalah listrik juga.

Pengalaman saya, listrik dan air ini menjadi catatan penting jangan sampe operasional usaha akhirnya berantakan hanya kendala terkait hal tersebut.

Perhatikan Kepuasaan Pelanggan Dalam Usaha 

Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa point dalam menentukan lokasi usaha yang strategis tentu saja ini berdampak pada kepuasan pelanggan.

Pelanggan yang puas tentu saja akan berdampak pada loyalnya pelanggan untuk menggunakan produk/jasa yang diberikan.

Bayangkan saja jika kita hanya asal buka, lalu pada satu momen bahan baku habis dan belum tiba dari pihak supplier sementara pelanggan sudah order.

Bisa dipastikan yah pelangga akan kecewa berat. Atau yang berkaitan dengan jasa, jika pelanggan harus susah payah menemukan gerai yang bisa didatangi maka bisa-bisa pelanggan pindah haluan ke pesaing.

Tentu hal seperti ini yang juga diperhatikan yah, karena bisnis terus berkembang juga karena ada output baik dari pelanggan.

JNE-resmikan-kantor-kepandean-cilegon

JNE Meresmikan Kantor Perwakilan Kepandean

Sebagaimana JNE yang berusaha untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya dengan terus memperluas jaringan dimanapun.

Dan pada tanggal 17 oktober 2022, JNE kembali membuka dan meresmikan kantor perwakilan Kepandean yang berlokasi di Jl. Raya Cilegon No. 1D Pandean, kec. Serang.

"JNE secara konsisten terus berupaya melakukan berbagai program pengembangan terutama untuk usaha kecil dan menengah (UKM) dan turut membangun perekonomian negara. Herry Herbowo Kepala Cabang JNE Cilegon"

Kantor JNE Kepandean ini memiliki lokasi yang strategis serta fasilitas yang representatif juga bangunan yang terstandarisasi disertai lokasi parkir yang luas. Menjadikan keuntungan untuk bisa membantu mengembangkan koneksi bisnis UKM.

Dukungan JNE untuk UKM semoga bisa bantu bangkitkan perekonomian negara nih. Terima kasih JNE dengan program-programnya yang keren selalu senantiasa meningkatkan kepuasan pelanggan.

***

Well, temans demikian yang bisa saya bagikan kali ini yah semoga bisa bermanfaat. Buat temans yang mau buka usaha yuk pentingnya perencanaan yang matang sekali agar bisnis bisa berkembang dan bertahan hingga kapanpun.



COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. Sebenernya kalo masalah bisnis gini, aku hrs banyak belajar dari papa yg memang pengusaha. Tapi aku nya aja yg belum tertarik ikutan terjun mba, makanya belum menguasai strateginya, apalagi ttg pemilihan lokasi. Di pikiranku yg sempit, milih lokasi harus strategis, ga banyak saingan dan ttp yg terpenting rasa. Tapi ternyata memang bukan cuma itu doang.

    Yg aku tau ,kalo papaku, dari awal buka bakery shops sampe skr ada belasan cabang di Medan, itu awalnya beli ruko. Trus berkembang, dan nambah trus beli ruko lainnya. Aku pernah nanya papa kenapa ga sewa aja, LBH murah. Tapi prinsip papa waktu itu, kalo sewa, dan ternyata jualan laku keras, si penyewa bisa aja ga mau perpanjang kontrak pas abis, trus dia jualan yg sama di tempat itu 😅. Makanya papa dari dulu kalo masalah lokasi, bangunannya hrs punya sendiri.

    Mungkin memang aku hrs mulai belajar, apalagi mengingat papa semakin sepuh juga. Dan pernah bilang mau pensiun. Cuma blm tahu bisnis diserahin ke siapa 😅. Ga mudah mba ngejalanin. Aku jujur aja LBH suka kerja kantoran yg lebih stabil soalnya 🤣. Kuatir kalo bisnis aku ambil alih, malah ga sebagus pas papa yg pegang :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba kalau laku si penyewa agak jahat juga kadang suka seenaknya dinaikin

      Hapus
Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Nama

#Minion (Mommy Opinion),2,Advertorial,35,Assessment Center,3,Beauty,23,Blog Competition,71,Book Review,29,BPNChallenge,75,Breastfeeding,17,Featured,8,Food And Beverages,26,Giveaway,9,Healthy,47,Life Story,9,Lifestyle,90,Movie Review,16,My Experience,114,My Job,35,My Opini,50,Parenting,58,Pengetahuanku,10,PostTematik,41,Pribadiku,18,Product Review,92,Reportase,34,Seputar Psikologi,16,Travelling,37,Wifi Cepat & Internet Menyatukan Indonesia,1,
ltr
item
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger: Pentingnya Menentukan Lokasi Sebelum Membuka Usaha
Pentingnya Menentukan Lokasi Sebelum Membuka Usaha
Penentuan lokasi yang strategis dalam membuka usaha sangatlah penting karena menentukan perkembangan usaha dimasa akan datang. Tidak asal buka usaha
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNxlLRXA8IxB3pTaplKS8g9L55OOL3MoHXWG_DTi512lileV5CJaqLEvu6zblzyKGn6qXMhmYFF7Nm9h9MbO4I3d3WhmcXOXD8iJFyjz3LO6EDJr5PRAx9G5oiMHpyq7fP0gkaFYMhuz0HpE9OzImSzUMCFYQuFJNP2SPTRfkrPkkiToGJr3A_2FbG/w640-h454/2865DF50-F880-4267-816D-1111111DFEB8.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNxlLRXA8IxB3pTaplKS8g9L55OOL3MoHXWG_DTi512lileV5CJaqLEvu6zblzyKGn6qXMhmYFF7Nm9h9MbO4I3d3WhmcXOXD8iJFyjz3LO6EDJr5PRAx9G5oiMHpyq7fP0gkaFYMhuz0HpE9OzImSzUMCFYQuFJNP2SPTRfkrPkkiToGJr3A_2FbG/s72-w640-c-h454/2865DF50-F880-4267-816D-1111111DFEB8.png
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger
https://www.bundanameera.com/2022/10/menentukan-lokasi-sebelum-buka-usaha.html
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/2022/10/menentukan-lokasi-sebelum-buka-usaha.html
true
8935268786364384205
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content