.......... --> Monitoring Perkembangan Kognitif Anak Melalui 8 Winning Skills Interactive Assessment | Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger

Monitoring Perkembangan Kognitif Anak Melalui 8 Winning Skills Interactive Assessment

perkembangan kognitif pada anak ternyata dipengaruhi oleh sistem imun. yuk Penuhi nutrisi serta monitoring perkembangan anak melalui 8 winning skills

Beberapa minggu lalu, saya dikirimkan artikel berbahasa Inggris seputar perekrutan dan persaingan di dunia kerja saat ini. 

Bagaimana dunia kerja semakin menuntut kapabilitas seorang karyawannya dengan skills yang mumpuni.

Rasanya langsung khawatir memikirkan bagaimana nanti anak-anak saat sudah besar nanti tentu saja sebagai orang tua perlu menyiapkan anak-anak dalam menyongsong masa depan gemilang.

Oleh karena itu, harus sejak dini nih saya memikirkan bagaimana menyiapkan sejak dini kemampuan kognitif yang kelak akan berguna untuk menghadapi tantangan yang dinamis.

perkembangan-kognitif-anak-dipengaruhi-sistem-imun

Yuk Optimalkan Perkembangan Kognitif Pada Anak

Kekhawatiran saya akhirnya bisa sedikit menurun setelah mengikuti webinar bersama Danone pad tanggal 26 Oktober 2022 silam.

Dalam webinar #BicaraGiziDanone kali ini, bertemakan tentang Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak Dengan Daya Tahan Tubuh Yang Kuat dan Stimulasi yang Tepat. 

Webinar ini dihadiri narasumber yang mumpuni pada bidangnya, diantaranya adalah :

  • Dr. Molly Dumakuri Oktarina, SpA konsultan Alergi Imunologi
  • Ratih Ibrahim Psikolog Klinis, Parenting Expert, CEO Personal Growth
  • Dr. dr. Ray Basrowi MKK, Medical and Scientific Affairs Director Danone Indonesia

Acara seru ini berlangsung dari pukul 13.30 wib - 15.30 wib, senang rasanya mengikuti webinar yang materinya itu serasa menampar saya sebagai ibu untuk terus memperhatikan tak hanya asupan gizi, sistem imun namun juga perlu monitoring perkembangan kognitif. 

webinar-danone-8-winning-skills-interactive-assessment

Korelasi Sistem Imun dan Perkembangan Kognitif Pada Anak

1000 hari pertama kehidupan, selalu digaungkan kapanpun dimanapun hal ini dikarenakan pada sepanjang 1000 hari pertama kehidupan anak akan memberikan konsekuensi yang panjang terhadap masa depan.

Nah pada 1000 hari pertama kehidupan, yuk sebagai orang tua wajib untuk selalu memperhatikan apa saja yang dibutuhkan di 1000 hari pertama. 

Karena pada masa ini, tidak hanya perkembangan berat dan tinggi saja akan tetapi sebagaimana yang disampaikan Dr. Molly, juga masuk pertumbuhan sel-sel otak serta perkembangan sel imun.

Dr. Molly menyampaikan jika perkembangan kognitif pada anak sangat dipengaruhi oleh sistem imun yang sehat karena sistem imun berperan penting dalam perkembangan otak (early life programming theory dan gut brain immune theory).

Apabila terjadi disregulasi sistem imun maka dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak dari kognitif, memori dan perilaku.

Dr. Molly memaparkan jika infeksi maternal, diare dan alergi merupakan gangguan sistem imun yang berhubungan dengan gangguan perkembang kognitif dan perilaku pada anak.

Aduh ngeri ya gaes, sepenting itu sistem imun berpengaruh. Sistem imun sendiri terdiri atas sistem imun alami yang sudah ada dalam tubuh serta ada sistem imun yang didapat dari pemberian nutrisi.

Jadi penting sekali ya temans memberikan asupan makanan yang bergizi untuk memperkuat imun. Karena saluran cerna yang sehat mendorong perkembangan kognitif anak.

Mengenal 8 Parameter Perkembangan Kognitif Anak

Perkembangan kognitif anak pada umumnya dikategorikan lebih kepada kemampuan logika. 

Namun nyatanya kini, sudah mulai dilakukan penilitian dan sepakat jika ada 8 parameter perkembangan kognitif anak.

Mba Ratih selaku psikolog klinis, menuturkan ke-8 parameter perkembangan kognitif pada anak yaitu :

  1. Perhatian
  2. Fokus
  3. Daya Ingat
  4. Kemampuan Berbahasa
  5. Psikomotor
  6. Logika
  7. Penalaran
  8. Membuat Keputusan

Untuk mengukur ke-8 aspek tersebut, berdasarkan Teori Kognitif  Jean Piaget & marotz Allen, ada yang dinamakan The Winning Skills Assessment tool.

Bagaimana cara memberikan stimulasi yang tepat untuk perkembangan kognitif pada anak? Mb ratih menjelaskan ada beberapa latihan stimulasi kognitif anak yang bisa kita coba loh di rumah, diantaranya :

  • Bermain Puzzle
  • Menyusun Balok/Lego
  • Stop and Go
  • Membaca Dongeng
  • Berbelanja

Kegiatan tersebut bisa melatih 8 parameter kognitif untuk anak. Silahkan nanti dikreasikan sesuai dengan usia anak. 

8-winning-skills-interactive-assessment

Yuk Monitoring Perkembangan Kognitif Anak Melalui 8 Winning Skills Assessment

Tak terasa teori perkembangan dan stimulasi menjadikan saya semangat banget untuk mencoba stimulasi di rumah.

Terlebih Dr. Ray juga menambahkan jika ada pertumbuhan pada anak yang bisa diamati namun ada juga yang sulit dipantau.

Pertumbuhan anak yang bisa diamati langsung seperti berat badan, tinggi badan hal ini bisa diamati secara langsung.

Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk pantau dan monitor perkembangan anak yang sulit dipantau seperti kemampuan berbahasa, kemampuan memecahkan masalah, fokus dan lain-lain.

Kini kita dimudahkan dengan perkembangan digital untuk bisa memantau perkembangan kognitif anak melalui cara mudah. 

Yakni dengan mengakses 8 winning skills interactive melalui mynutriclub.

Saya sudah mencoba tes-nya, cukup mudah sekali, dimana tools ini digunakan hanya untuk anak usia 1-5 tahun.

Setelah temans memilih usia anak, nanti dihadapkan dengan 8 pilihan aspek yang hendak temans assessment.

Akan muncul 5 pertanyaan, dengan pilihan jawaban Ya, ragu-ragu & tidak. Dan langsung keluar hasilnya apakah baik atau tidak.

Semudah itu yah kini dengan perkembangan teknologi bisa monitor perkembangan kognitif anak. 

***

Demikian temans informasi yang bisa saya bagikan, yuk sejak dini kita optimalkan perkembangan kognitif anak melalui Nutrisi, Stimulasi dan Sistem Imun yang baik.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat, jangan lupa bagikan yah!


COMMENTS

BLOGGER: 7
  1. seneng deh jadi tahu hal yang baru soal 8 winning skill ini yang ternyata ada kaitannya banget sama kognitif. tengkiu udah berbagi ilmu berharga ini ya, mbak. aku mau coba klik link yg tersemat di atas ah. yuk mariiiiii

    BalasHapus
  2. Sekarang lebih gampang ya kalau mau tes 8 kognitif di mynutriclub tinggal isi aja dan keluar hasilnya

    BalasHapus
  3. Beberapa stimulasi yg disaranin aku sering ngelakuin dengan anak2, mereka paling suka yang membaca dongeng dan main balok. Stop and go apa ya mba?

    Kalo membaca dongeng aku ngerasain sih anak2 jadi lebih berkembang nalar dan imaginasinya. Mereka bahkan udh bisa bikin cerita sendiri saking aku sering dongengin tiap malam. Padahal dulu tujuannya supaya mereka suka membaca mba. Ternyata malah lebih bagus, jadi ngembangin sisi kognitif 👍

    BalasHapus
Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Nama

#Minion (Mommy Opinion),2,Advertorial,35,Assessment Center,3,Beauty,23,Blog Competition,71,Book Review,29,BPNChallenge,75,Breastfeeding,17,Featured,8,Food And Beverages,26,Giveaway,9,Healthy,47,Life Story,9,Lifestyle,90,Movie Review,16,My Experience,114,My Job,35,My Opini,50,Parenting,58,Pengetahuanku,10,PostTematik,41,Pribadiku,18,Product Review,92,Reportase,34,Seputar Psikologi,16,Travelling,37,Wifi Cepat & Internet Menyatukan Indonesia,1,
ltr
item
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger: Monitoring Perkembangan Kognitif Anak Melalui 8 Winning Skills Interactive Assessment
Monitoring Perkembangan Kognitif Anak Melalui 8 Winning Skills Interactive Assessment
perkembangan kognitif pada anak ternyata dipengaruhi oleh sistem imun. yuk Penuhi nutrisi serta monitoring perkembangan anak melalui 8 winning skills
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEja1qqj5E5zY-airBxi-Jipn58sz3dHHcYj17E_gFcFZ0ZgjpaQzmMW27lvBVSCZCo88qT7RY90KywBIT8_PjoE6znOe2ISXcBwqus7g1l1bXFdoW9uDAX1XpgOguD_Cf7243CkvqbgGoqlCwURKuNOPknicohtSpBmG-b-mOeWv1dCFFSvh9cwWVz6/w640-h454/perkembangan%20kognitif%20anak.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEja1qqj5E5zY-airBxi-Jipn58sz3dHHcYj17E_gFcFZ0ZgjpaQzmMW27lvBVSCZCo88qT7RY90KywBIT8_PjoE6znOe2ISXcBwqus7g1l1bXFdoW9uDAX1XpgOguD_Cf7243CkvqbgGoqlCwURKuNOPknicohtSpBmG-b-mOeWv1dCFFSvh9cwWVz6/s72-w640-c-h454/perkembangan%20kognitif%20anak.png
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger
https://www.bundanameera.com/2022/10/pantau-perkembangan-kognitif-melalui-8-winning-skills.html
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/2022/10/pantau-perkembangan-kognitif-melalui-8-winning-skills.html
true
8935268786364384205
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content