.......... --> Pentingnya Diferensiasi Produk Dalam Dunia Bisnis | Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger

Pentingnya Diferensiasi Produk Dalam Dunia Bisnis

Diferensiasi produk dalam berbisnis itu menjadi penting takkala berbagai produk yang sama ditawarkan kepada konsumen. Bisnis umkm hrs mampu bersaing

Melihat kasus yang sedang ramai dibicarakan oleh khalayak kini tentang produk kecantikan dimana ada 2 kubu terlibat.

Kubu 1 merasa jika produk kecantikan yang kian booming dan dibicarakan dimana-mana merupakan produk yang kali pertama menggunakan merk dagang "X" sementara perseteruan dengan kubu sebelahnya jika kubu sebelah klaim produknya sudah didaftarkan dan sama sekali tidak ada niatan menjiplak.

Kasus ini kian memanas takkala kubu pertama dinilai kalah dan harus membayarkan sejumlah uang hingga angka milyaran kepada kubu kedua. 

Saya sendiri sebagai netizen yang menyimak merasakan keheranan dengan situasi yang terjadi ini. Memang sih kalau sebagai kubu pertama pastinya nyesek banget jika produknya ditiru hingga tidak ada beda dari sisi packagingnya.

Namun dari kasus ini menjadi pembelajaran bagi semua yang berbisnis untuk bisa menciptakan sesuatu yang unik sehingga berbeda dengan yang lainnya.

pentingnya-diferensiasi-produk-dalam-bisnis

Mengapa Diferensiasi Produk Itu Penting?

Belajar dari kasus tersebut, tentunya para pelaku bisnis sudah harus menyadari untuk bisa melakukan diferensiasi produk.

Sebagai konsumen jujur nih yah saya terkadang suka merasakan kegalauan ketika hendak memutuskan akan membeli produk yang mana.

Pasalnya saat ini kian marak produk-produk yang keluar menjanjikan hal-hal yang diinginkan konsumennya.

Sebagai contoh produk kecantikan, untuk memutuskan menggunakan serum saja, saya sampai berkali-kali baca dan cari tahu seputar review produknya terlebih dahulu.

Belum lagi memilih brand hingga kandungan didalamnya, tentu saja seperti ini tuh bikin konsumen suka galau akut.

Oleh karena itu, penting banget untuk penjual agar melakukan diferensiasi produk, hal ini untuk meningkatkan engagement dengan konsumen itu sendiri.

Tentang Diferensiasi Produk

Ngomongin diferensiasi produk, apa sih sebenarnya diferensiasi produk dalam bisnis? jad diferensiasi produk yang saya baca dari beberapa sumber merupakan suatu upaya dan proses yang dilakukan para pelaku bisnis untuk membuat produknya itu unik dan berbeda dibanding kompetitrnya.

Ada banyak yang bisa dilakukan dalam melakukan diferensiasi produk diantaranya temans bisa lakukan segmentasi terlebih dahulu nih kebutuhan konsumennya.

Jika saat ini tren dengan produk yang natural maka diferensiasi produknya bisa berinovasi mengeluarkan produk dari bahan alami.

Kosmetik dari bahan-bahan alami kian meningkat peminatnya karena memang konsumen sudah melek dengan bahayanya kandungan kimia apabila pemakaian dalam jangka panjang.

Maka dari itu, saya perhatikan UMKM khas daerah pun mulai banyak berinovasi dalam mengeluarkan produk yang memiliki kandungan alami.

Salah satunya adalah MOOIPapua yang memproduksi skin care berbahan dasar dari alam Papua.

Pernah dengar tentang Buah Merah maupun Pala Fakfak? bahan alam dari tanah Papua ini ternyata bisa disulap menjadi skincare.

Menurut kacamata saya ini adalah hal yang menarik bagi konsumen, karena tren skincare natural kian digemari ditambah produk skincare hasil produksi MOOIPapua dengan kekhasan tentu saja unik dan menjadi diferensiasi produk yang cakap.

Dukungan JNE Untuk Bisnis Online Kota Sorong

goll-aborasi-jne-bisnis-online-kota-sorong

Para konsumen di seluruh Indonesia tidak lagi berkecil hati sulit menemukan produk-produk UMKM Kota Sorong.

JNE dengan Goll..Aborasi Bisnis Online tak hanya memberikan wadah saling bertukar pendapat untuk bisnis online namun juga memberikan jalan besar untuk mengangkat UMKM Sorong memiliki peminat yang tersebar di kota-kota Indonesia.

Pada tanggal 15 Juli 2022 silam, JNE adakan webinar yang dihadiri oleh 100 UMKM setempat. Dalam webinar tersebut hadir sebagai pembicara diantaranya adalah :

1. Bp. Fredi Luhukay selaku BM JNE Kota Sorong

2. Teguh Hidayat Iskandar Alam selaku CMO MooiPapua

3. Ratna Sari selaku Owner Nami Craft

Tukar fikiran serta pendapat dari pelaku bisnis dalam Goll..Aborasi JNE ini memberikan banyak insight bagi pelaku UMKM yang hadir. 

Salah satu yang disoroti adalah diferensiasi produk, jika Mba Ratna Sari dalam upaya diferensiasi produknya lebih fokus pada pengemasan seperti Korean Wrapping menjadikan produknya makin diingat oleh konsumen bukan?

Semoga adanya Goll..Aborasi Bisnis Online menjadikan satu wadah pelaku bisnis UMKM terus berinovasi dan bisa memasarkan produknya tersebar ke seluruh Indonesia.

Tentu saja JNE menjadi satu jalan dimana pelaku UMKM manapun bisa menyebarluaskan produknya dengan program-program apresiasi JNE yang bisa dinikmati bagi pelaku UMKM maupun Konsumen.

Sebagai tambahan juga nih temans jika Kota Sorong menjadi kota ke-28 dalam acara Goll..Aborasi Bisnis Online ini.

Next ke kota mana lagi yah?

webinar-jne-goll-abaorasi-bisnis-online

***

Demikian temans yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa bermanfaat yah terutama buat temans yang memiliki bisnis. Bisa melakukan diferensiasi produk agar konsumen mudah mengenali dan terus mengingat produknya.


COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. Eh aku ketinggalan berita kayanya ttg 2 brand skincare yg bermasalah itu 😅. Jadi penasaran mba.

    Naah iyaa, kalo punya bisnis sendiri, penting memang diferensiasi produk, biar bisa tampil beda dan keinget Ama konsumen. Kalo sekedar mirip aja, jujur malesin yaaa. Aku sendiri ga suka tuh mba Ama produk2 yg bisanya niru. Biasanya ga akan aku coba

    BalasHapus
Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Nama

#Minion (Mommy Opinion),2,Advertorial,35,Assessment Center,3,Beauty,23,Blog Competition,71,Book Review,29,BPNChallenge,75,Breastfeeding,17,Featured,8,Food And Beverages,26,Giveaway,9,Healthy,47,Life Story,9,Lifestyle,90,Movie Review,16,My Experience,114,My Job,35,My Opini,50,Parenting,58,Pengetahuanku,10,PostTematik,41,Pribadiku,18,Product Review,92,Reportase,34,Seputar Psikologi,16,Travelling,37,Wifi Cepat & Internet Menyatukan Indonesia,1,
ltr
item
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger: Pentingnya Diferensiasi Produk Dalam Dunia Bisnis
Pentingnya Diferensiasi Produk Dalam Dunia Bisnis
Diferensiasi produk dalam berbisnis itu menjadi penting takkala berbagai produk yang sama ditawarkan kepada konsumen. Bisnis umkm hrs mampu bersaing
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjL8YR0n_H6ZSDq9jZOAgLFDbLBXmFzqc-GQ4HhCjQq0AzO9fRXdvLG4WH5imo5QNxtETq0SDwwitBnlralYfO5-8BiUOtCdT-WF42BJ6DqaUJ85i4IAINZS29wZiMFplRmQJjD4noAXH-BaJaQOn6-pNx1vCOawd5PRsQvzLIZf1x3MDJ32ojlKkT8/w640-h454/pentingnya%20diferensiasi%20produk%20dalam%20bisnis.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjL8YR0n_H6ZSDq9jZOAgLFDbLBXmFzqc-GQ4HhCjQq0AzO9fRXdvLG4WH5imo5QNxtETq0SDwwitBnlralYfO5-8BiUOtCdT-WF42BJ6DqaUJ85i4IAINZS29wZiMFplRmQJjD4noAXH-BaJaQOn6-pNx1vCOawd5PRsQvzLIZf1x3MDJ32ojlKkT8/s72-w640-c-h454/pentingnya%20diferensiasi%20produk%20dalam%20bisnis.png
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger
https://www.bundanameera.com/2022/07/diferensiasi-produk-dalam-dunia-bisnis.html
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/2022/07/diferensiasi-produk-dalam-dunia-bisnis.html
true
8935268786364384205
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content