POSTS SLIDER

I'm writing about...

Cara Sederhana Mengapresiasi Usaha Anak

Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan undangan untuk mengambil evaluasi hasil belajar Neyna. Sungguh pagi itu saya tidak berekspektasi banyak karena saya memang tidak lagi menargetkan hasil belajar kepada Neyna.

Saya lebih menekankan kepada usahanya dan bagaimana ia bisa mengerahkan semua kemampuannya yang paling baik dalam mengikuti ujian.


Saya tahu kapasitas saya sebagai ibu yang tidak optimal mendampingi Neyna belajar dan juga saya tahu kemampuan Neyna sendiri maka dari itu tidak ada harapan tinggi yang saya gantungkan kecuali ia mampu mengerjakan ujian dengan JUJUR.

Pagi itu, saya bersama Neyna menemui wali kelasnya. Dan tanpa diduga ternyata evaluasi selama 1 tahun ini Neyna banyak peningkatannya. Alhamdulilah usahanya membuahkan hasil yang baik. 

Sebagai bentuk apresiasi, saya memberikan tawaran kepada Neyna untuk meminta apapun yang ia mau. Anak solehah ini tidak muluk-muluk hanya meminta sekotak puding yang sudah lama ia incar di warung langganan 😍.
cara-sederhana-mengapresiasi-usaha-anak

Mengapresiasi Usaha Anak

Apresiasi pada anak, bagi saya pribadi merupakan hal yang sangat sering saya lakukan. Sebagai suatu bentuk ungkapan atas usaha dan hal baik yang sudah anak-anak lakukan.

Di rumah, baik Neyna dan Rayi akan selalu mendapatkan apresiasi dari saya jika mereka melakukan hal baik yang saya perintahkan.

Seperti Neyna yang sudah bisa membantu saya mencuci piring jika Bibi libur kerja ataupun Rayi yang bisa merapihkan mainannya sendiri. 

Sebagaimana yang saya ketahui, mengapresiasi usaha anak memberikan penghargaan bagi anak dan secara tidak langsung hal ini bisa meningkatkan motivasinya.

3 Cara Apresiasi Usaha Anak

Adapun cara mengapresasi usaha anak diantaranya adalah :

😍 Memberikan Pujian Lisan

Apresiasi yang menurut saya paling sederhana adalah memberikan pujian secara langsung. Biasanya saya selipkan doa baik untuk anak-anak.

Misalnya pada momen Neyna bantu memasak nasi, saya akan mengapresiasi "Terima kasih Solehahku MasyaAllah nasinya enak banget bikinin Teteh..Semoga kelak bisa jadi Chef ya Nak.

Bagaimana reaksi Neyna? tentu saja ia bahagia sekali mendengar pujian dan doa dari saya.

😍 Memberikan Pelukan

Tak hanya sekedar pujian lisan, anak-anak di rumah pasti akan menagih jika saya kelupaan memeluk mereka.

Bahkan si kecil Rayi juga akan menagih cium banyak serta peragakan gaya tangan membentuk love diatas kepala. Rayi bilang "Lope Becal" 

😍 Memberikan Barang/Uang

Pada momen tertentu, seperti ujian atau Neyna berhasil merampungkan Hafalan Quran-nya maka saya selalu mengapresiasi Neyna dengan tawaran barang atau uang.

Dan hal ini tentu saja memotivasi Neyna untuk terus berusaha dengan baik.

Pemberian barang atau uang sebagai bentuk apresiasi tak hanya bisa kita berikan untuk anak di rumah tapi juga bisa untuk siapapun.

Layaknya JNE yang memberikan apresiasi kepada pemain dan official COSMO JNE Futsal Club.

Apresiasi JNE Untuk Pemain & Official COSMO JNE Futsal Club

JNE-memberikan-apresiasi-puluhan-juta-kepada-pemain-cosmo-JNE-FC

Pada tanggal 17 juni 2022 lalu, tepatnya di Rumah Makan Dapur Nusantara Pontianak para pemain yang telah berjuang di ajang bergengsi Vietnam diberikan bonus puluhan juta persembahan dari JNE.

Wow keren bangets yah! JNE memang terus komitmen untuk terus berkontribusi diberbagai bidang salah satunya kontribusi memberikan bonus puluhan juta kepada pemain futsal. 

Para pemain yang mendapatkan apresiasi dari JNE sendiri ada M. Iksan Rahadian selaku Kiper, M. Rizki Xavier, Reza Gunawan, Firman Adriansyah, Dewa Rizki Amanda, Ade Lesmana (pelatih kiper) dan M. Amril Daulay (asisten pelatih).

Harapannya kedepan, para pemain futsal bisa terus memberikan hasil pertandingan yang baik disetiap laganya.

Liga futsal yang akan memasuki putaran kedua ini nantinya para pemain Cosmo JNE FC akan melawan United tim youtuber Atta Halilintar.

Semoga para pemain Cosmo JNE FC bisa maksimal dalam bertandingnya yah sehingga bisa menang kembali.

***

Demikian temans yang bisa saya bagikan, apresiasi memang sangat penting diberikan yah ga hanya bisa memberikan semangat namun juga memberikan penghargaan.

Tidak perlu mewah bisa yang sederhana namun bisa bermakna. Btw kalau temans apa nih cara mengapresiasi anaknya? kuy sharing!




Komentar

  1. apresiasin anak ini salah satu cara pola asuhku, tujuannya agar anak bisa merasakan dihargai atas apapun hal yang sudah diraih

    BalasHapus
  2. Sepakat banget dengan poin2 mengapresiasi anak, meski sederhana tapi manfaatnya luar biasa, terutama memberikan semangat dan pelukan, ahh meleleh deh.
    Sama halnya dengan mereka pemain Cosmo JNE FC semoga bisa maksimal dalam bertandingnya ya, dan bisa menang kembali.
    Nah, kalo reatment sama anak gadis udah beda, apresiasinya kadang suka ngajak ngopi sambil makan, ngobrol santai lalu bilang makasih atas pencapaiannya. Trus ngasih rewardnya melalui norek /dompet digital buat jajan goput.

    BalasHapus
  3. Walau terkesan sepele, hanya sekadar pujian lisan tapi bentuk apresiasi seperti itu pastinya sangat melekat di hati anak yah Teh, semoga kita diingatkan terus untuk bisa mengapresiasi sekecil apa pun kemajuan yang dicapai anak yah

    Keren banget emang JNE selalu memberikan apresiasi juga kepada para karyawannya

    BalasHapus
  4. Pernah ada yang bilang kalau anak gak perlu dipuji, Nanti jadi pamrih. Padahal menurut saya penting banget. Supaya merasa dirinya dihargai. Hal-hal sederhana pun udah bisa bikin anak senang

    BalasHapus
  5. Neyna udah kelas berapa sekarang Teh? Wah hebat ini teteh targetnya bukan pada nilai tapi usaha anak dan kejujuran anak. Semoga aku nanti bisa kayak gitu ya teh kalau Erysha udah sekolah 😊. Oh ya ngomong - ngomong JNE hebat ya sampai beneran kasih apresiasi pada pemain futsal club

    BalasHapus
  6. Nah setuju, setiap pencapaian anak emang harus di apresiasi. Bukan saja tentang hasilnya tapi prosesnya. Keren deh JNE, memang terus komitmen untuk terus berkontribusi dan berinovasi.

    BalasHapus
  7. MasyaAllah, keren bangettt JNE. Kemarin baru baca info kalau JNE berangkatin puluhan karyawannya untuk haji, eh sekarang udah ada berita lagi dia kasih bonus untuk pemain futsal ini.
    Nggak salah sih dari dulu jaman jualan sampai sekarang aku setia pakai JNE

    BalasHapus
  8. Memberikan apresiasi akan menciptakan semangat lagi dan akan memotivasi para pemain Cosmo JNE FC bermain lebih baik lagi

    BalasHapus
  9. Yashh Alhamdulillah dapat ide mantuulll utk bisa mengapresiasi anak.
    Makasiii bgt Bund.
    Apalagi JNE jg inspiring pol yak

    BalasHapus
  10. Apresiasi sesuatu yang kita butuhkan saat tumbuh maupun saat mengusahakan suatu prestasi. Bikin hati hangat dan keinginan untuk jadi lebih baik lagi muncul dengan sendirinya. Mengangkat harga diri anak juga dan menimbulkan perasaan berharga

    BalasHapus
  11. Aku cara mengapresiasi anak saat prosesnya aja. Hasilnya terserah dapat apa. Tidak ngoyo harus juara. Sebab dari porsesnya aja sudah keliatan kalau anaknya super effort.

    BalasHapus
  12. Keren banget sekarang jne punya tim futsal sendiri. Bangga pastinya semoga bisa terus berprestasi ya.

    BalasHapus
  13. Wah iya ya, mengapresiasi usaha anak itu perlu
    Biar anak makin semangat untuk meraih prestasi prestasi selanjutnya
    Salut dengan apa yang dilakukan oleh JNE ini

    BalasHapus
  14. Melihat reaksi anak ketika kita puji atau beri apresiasi tuh sesuatu banget ya teh. Kadang yang bikin kita trenyuh sendiri karena request mereka adalah sesuatu yang sangat sederhana, nggak minta yang macem-macem.

    BalasHapus
  15. Masya Allah JNE makin hari makin kereen, supaya karyawan betah di beri apresiasi berarti JNE memuliakan karyawannya.

    BalasHapus
  16. Mengapresiasi usaha anak atau siapa saja memang akan berdampak baik pada mereka ya. Salut pada JNE yang memberikan apresiasi pada tim Futsal COSMO JNE atas raihan prestasi

    BalasHapus
  17. Anak-anak senang banget ketika kita beri apresiasi. Gak melulu soal hadiah kok, sekadar menyimpan dengan baik karya kecil yang mungkin bagi kita hanya gambar biasa.. itu bisa jadi sesuatu yang luar biasa bagi mereka. Yang percaya atau nggak..bakal ngaruh juga di hubungan antara orangtua dan anak kelak..

    BalasHapus
  18. Setuju banget mengapresiasi org apalagi mengapresiasi anak sangat penting ya mbak supaya anak lebih percaya diri dan mau berkembang atau berkarya lebih lagi

    BalasHapus
  19. kenapa kita sehati banget si ... aku juga mengapresiasi anak dengan cara seperti itu. Dipeluk, dielus, menyebut usaha dan aktivitasnya yang jelas. Kadang sih pakai barang kalau ia achieve something big, itupun udah sepakat di depan.

    BalasHapus
  20. Noted banget nih Mbak. Wajib ya mengapresiasi anak dengan memberi pujian. Biar anak bisa percaya diri.

    Selamat juga buat tim cosmo JNE. Masyaa Allah menang dan dapat bonus puluhan juta. Semoga menang lagi Cosmo.

    BalasHapus
  21. Kalau dapat apresiasi jadi lebih termotivasi untuk meningkatkan kemampuan diri ya. Bener, nggak perlu apresiasi yang gimana banget. Pujian lisan aja udah cukup bikin hati senang dan semangat

    BalasHapus
  22. Memberikan apresiasi atas kerja dan usaha yang sudah dilakukan anak menurutku emang penting ya kak.. Anak jadi makin percaya diri dan tentu saja semangat untuk terus meningkatkan usahanya... Apalagi di dunia kerja seperti yang dilakukan JNE emang udah bagus banget nih...

    BalasHapus
  23. Mengapresiasi usaha anak, buatku juga penting. Dan harus rutin, sekecil apapun hasilnya. Krn aku lebih melihat ke usaha yg mereka lakukan.

    Aku pun paling sering apresiasi lisan mba. Setidaknya dengan begitu mereka jadi lebih semangat buat melakukan lebih. Kalo yg dilakukan lebih besar hasilnya, baru deh aku kasih kado yg mereka mau.anak2 paling semangat kalo udah dpt kado atau uang.

    Jangankan anak2, kita aja kalo dipuji oleh atasan, pasti senang dan semangat kerjanya kan 😄

    BalasHapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun