POSTS SLIDER

I'm writing about...

Boiler Biomassa : Inovasi Terbaik Untuk Bumi Yang Sehat

Perubahan iklim saat ini menjadi fokus perhatian bagi semua pihak. Siapa juga yang tidak khawatir dengan adanya perubahan ekstrim yang pada akhirnya kesehatan menjadi taruhan.

Salah satu penyebabnya karena meningkatnya emisi karbon. Sungguh memprihatinkan jika melihat kondisi dimana emisi karbon terus meningkat seiring dengan bertumbuhnya perindustrian. 

Konon katanya peningkatan emisi karbon diiringi dengan pertumbuhan ekonomi? mmm..kalau begini lingkungan yang sehat tentu saja menjadi rawan ya temans?

Ngeri banget kalau lingkungan yang sehat pada akhirnya hanya sebuah impian dibandingkan dengan perekonomian yang baik. Kesehatan terabaikan, lagi menikmati kehidupan yang produktif tiba-tiba drop karena hal ini.

Lalu gimana dong? ya tentu saja butuh suatu inovasi dimana perindustrian mampu menggunakan teknologi yang ramah lingkungan.

boiler-biomassa-berbahan-bakar-sekam-padi

Komitmen Danone SN Dalam Mitigasi Perubahan Iklim 

Melihat dampak besar dari adanya perubahan iklim yang terjadi di Indonesia, Danone sebagai perusahaan yang mengusung "one planet one health" turut serta dalam upaya memitigasi perubahan iklim.

Hal ini dituangkan dalam bentuk komitmen target pada tahun 2050 dimana Danone mengupayakan untuk mencapai karbon netral serta memanfaatkan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030.

Wah sungguh upaya yang patut diacungi jempol sebagai langkah industri mengurangi emisi karbon dan memitigasi perubahan iklim.

Dan ambisi tersebut diwujudkan melalui kolabarasi Danone Indonesia dengan BECIS (Berkeley Energy Commercial Industrial Solution) sebagai penyedia layanan energi terbarukan di ASIA.

Boiler Biomassa Industri Berbahan Bakar Sekam Padi di Jawa Tengah

boiler-biomassa-bahan-bakar-sekam-pada

Pada tanggal 15 juni lalu, saya mengikuti acara Inagurasi Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi di Jawa Tengah.

Dalam acara ini hadir sebagai narasumber yakni :

👉 Ibu Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia

👉 Bp. Edi Wibowo, Direktur Bioenergi, Kementrian ESDM

👉 Mr. Hannu Ikavalko, selaku COO Bioenergy BECIS

👉 Bp. Marzuki Mohammad Rapper, aktivis pertanian

“Sebagai penyedia produk bernutrisi, Danone berkomitmen turut memitigasi perubahan iklim dengan penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050. Kami juga memastikan bahwa selain menggunakan teknologi ramah lingkungan dan bahan baku yang bersumber dari energi terbarukan, fasilitas Boiler Biomassa ini juga berkontribusi untuk menciptakan sirkularitas produk pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian.”, Vera Galuh Sugijanto

Teknologi ramah lingkungan ternyata bukan hanya sekedar wacana, hal ini dibuktikan Danone SN Indonesia dengan peluncuran Boiler Biomassa Industri Pertama Berbahan Bakar Sekam Padi di Jawa Tengah.

Kolaborasi apik ini tak hanya melibatkan pihak BECIS tapi juga bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah sebagai upaya untuk mendukung upaya transisi energi melalui penyediaan energi yang berbasis energi terbarukan dengan menggunakan biomassa sekam padi.

Tentu saja hal ini sebagai langkah nyata mewujudkan net zero emission pada tahun 2060, yang juga mendukung upaya pemerintah dalam pencapaian target bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025.

Boiler Biomassa Sinergi Apik Sektor Industri Dan Pertanian

peluncuran-boiler-biomassa-danone-sn

Boiler Biomassa ini dapat menurunkan emisi karbon sebanyak 8300 ton karbondioksida dan menggunakan sekam padi sebagai bahan bakarnya.

Saya sendiri bekerja di perusahaan manufaktur yang masih menggunakam boiler dengan bahan bakar solar. Semoga dengan kemunculan Boiler Biomassa yang diprakasai oleh Danone SN bisa diikuti oleh industri lainnya.

Mitigasi perubahan iklim tentu menjadi tanggung jawab semuanya, hadirnya Boiler Biomassa ini menjadi solusi pemanfaatan energi terbarukan yang bukan sekedar menurunkan emisi karbon akan tetapi hasil pembakarannya berupa abu sekam bisa dimanfaatkan oleh petani.

Sungguh inovasi terbaik tak hanya untuk bumi yang sehat namun juga sinergi apik antara sektor industri dan pertanian. 

***

Demikian temans yang bisa saya bagikan kali ini, semoga inovasi ini semakin dilirik industri lainnya agar bisa memitigasi perubahan iklim melalui #BiomassBoiler dari #DanoneIndonesia.