POSTS SLIDER

I'm writing about...

Hoala & Koala : Hidupkan Kembali Dunia Lagu Anak Indonesia

"Australia negeri wool (katanya.. katanya..)
Aborigin sukunya (katanya.. katanya..)
Bumerang senjatanya (wow.. wow..)
Kangguru binatangya
Amrik negeri Paman Sam (katanya.. katanya..)
Super power namanya (katanya.. katanya..)
Challenger pesawatnya (wow.. wow..)

Indonesia negeriku, orangnya lucu-lucu
Macam-macam budayanya
Indonesia tercinta, orangnya ramah-ramah
Gemah ripah loh ji nawi"

Hayo siapa yang baca lirik di atas sambil nyanyi? lirik lagu ini merupakan salah satu lagu favorit saya waktu masih kecil. Ga cuman nada yang seru akan tetapi dari lirik ini saya belajar juga karena terselip informasi ciri khas negara lain serta gambaran kondisi negara Indonesia.

Zaman dulu memang penyanyi cilik masih bertebaran bukan? bahkan saya masih ingat pencipta lagu anak-anak yang hits di zaman dulu Papa T. Bob. Yang tahu berarti kita satu server angkatan hahaha...

Bagaimana dengan kondisi sekarang? jujur saya ga lagi menemukan penyanyi cilik yang menelurkan lagu-lagu anak. Memang zaman sekarang, ada kompetisi pencarian bakat penyanyi cilik akan tetapi yang disayangkan adalah lagu yang dibawakan tidak sesuai umurnya. Anak usia berapa malah lagunya anak dewasa.

Masih 8 tahun yang dinyanyikan kisah cinta putus dan serupanya, weleh ga cocok jreng...

Sedih sih lihatnya..

Berbeda dengan zaman dulu tuh bertebaran lagu-lagu anak Indonesia mengandung makna tersirat yang bisa diambil pesan moralnya sehingga bisa dijadikan sebagai media belajar.

channel-youtube-hoala-koala

Anak Belajar Melalui Lagu


Sebagaimana yang diketahui ada beberapa tipe kecerdasan dalam teori Howard Gardner, salah satunya adalah kecerdasan musikal. Di rumah saya memperhatikan anak-anak utamanya Neyna yang sudah besar dimana ia lebih mudah menyerap ingatan jika disampaikan dengan nada atau berirama sehingga memudahkan Neyna untuk menghafal.

Menurut artikel yang saya baca, ada pendapat psikolog yang menyatakan jika pengenalan nada, irama, dan ritme serta koordinasi dengan gerak tubuh pada usia dini akan mengembangkan kepekaan dan kemampuan logika matematis anak.

Oleh karena itu, saya mencari cara agar mencari lagu-lagu yang bisa menjadi media belajar buat anak-anak di rumah. Melalui lagu ga sekedar bernyanyi saja tapi diharapkan juga bisa belajar hal lainnya.

Sayangnya ga seperti zaman saya kecil yang bertaburan bintang cilik dengan lagu-lagu tema sesuai dengan usia anak-anak, saat ini sebagai orang tua jadi PR banget buat milihin mana yang bisa anak-anak dengarkan atau ga?

Padahal lirik-lirik lagu yang tertanam bisa mengedukasi bahkan di bangku sekolah jenjang PAUD masih menggunakan lagu dan irama sebagai media pembelajaran buat anak-anak. 

Beruntung banget nih pada akhir tahun 2020, akhirnya muncul channel youtube Hoala & Koala yang menghidupkan kembali dunia lagu anak Indonesia.

Berkenalan Dengan Hoala & Koala


hoala-dan-koala

Jujur di rumah itu saya ga berlangganan saluran TV nasional, entah sudah berapa lama gairah menonton TV nasional sudah padam sehingga di rumah akhirnya memutuskan untuk membeli Smart TV yang bisa menayangkan channel youtube.

Anak-anak di rumah juga tidak sembarangan bisa menonton channel youtube secara bebas tentu saya butuh pengawasan saya sebagai orang tua. Salah satu channel youtube yang boleh dinikmati anak-anak adalah Hoala & Koala.

Dari namanya aja gemes banget kan yah? pas anak-anak buka channel Hoala & Koala, mereka happy liat karakter Koala-nya.

Hoala & Koala ini merupakan youtube lagu dan animasi anak yang menceritakan sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi, sehingga karakter ini akan terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya. 

Selain karakter Hoala & Koala juga ada karakter lainnya seperti Ayah, Ibu, Miss Jeruk dan lainnya yang juga mampu bernyanyi seperti Hoala & Koala.

Dengan adanya berbagai karakter tokoh diharapkan lagu-lagu yang disajikan di Hoala & Koala juga bisa menjadi hiburan buat orang tua. 

Alasan Hoala & Koala jadi  Favorit


channel-youtube-hoala-koala
 
 
Buat temans yang bingung cari channel youtube yang ramah anak, saya rekomendasikan Hoala & Koala menjadi channel favorit anak-anak, berikut alasan saya menjadikan Hoala & Koala menjadi favorit :

❤ Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak, sehingga ga bosan jika hanya mendengarkan lagu itu-itu saja.
❤ Karakter didalamnya 3D dimana karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia music anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.
❤ Melibatkan musisi internasional dalam pembuatan arransemennya yang berarti Hoala & Koala sangat memperhatikan kualitas seluruh musiknya.
❤ Kualitas vokal didalamnya juga sangat diperhatikan sehingga kualitas vokalnya bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.
❤ Bisa dinikmati ga hanya di Youtube saja tetapi bisa diakses di Spotify maupun Itunes.
❤ Genre musiknya juga tidak hanya Pop childern akan tetapi ada genre lainnya seperti Jazz, big band, swing, Jpop hingga etnik.
❤ Lagu-lagunya yang diberikan juga related sama kehidupan sehari-hari jadi bisa memudahkan anak-anak belajar melalui lagu.

***

Well, temans demikian yang bisa saya bagikan kali ini yah. Semoga bisa bermanfaat, penasaran sama Hoala & Koala? temans bisa langsung search aja yah! 

Ada yang sudah nonton Hoala & Koala? kuy bisa sharing yah pengalamannya!


Komentar

  1. Karakternya lucuuu, jadi Hoala dan Koala ini channel lagu anak-anak aja ya mbak, saya berharap Hoala dan Koala dijadikan semacam acara khas anak seperti Sopo Jarwo supaya konten tontonan mereka banyak pilihan.

    Saya belum pernah nonton, habis ini saya cari di YouTube deh penasaran dengan lagu-lagunya. Banyak juga ya sudah 5 album!

    BalasHapus
  2. Sepakat, Mbak. Ajang pencarian bakat menyanyi anak-anak di Indonesia memang nyanyiannya lagu orang dewasa. Prihatin juga sih. Mudah-mudahan dengan adanya channel Hoala & Koala ini bisa membantu anak-anak belajar lewat lagu, ya. Biasanya kalau belajar pakai lagu lebih cepat nyantolnya. Hihi

    BalasHapus
  3. Aku baru tau lagu2 anak2 ini
    Ternyata banyak banget albumnya jugaa
    Ini bs jadi referesni lagu pilihan kalau asa ajang bakat nyanyi anak.
    Atau jg bs beli licensi channelnya biar jd backsound youtube video para youtuber anak gitu..
    biar gak ambil lg dari luar negeri kan ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun