Search

Tips Hidup Sehat di Masa Pensiun

"Bagaimana kabarnya Pak?"

"Alhamdulilah, kian hari makin sehat meski tangan kanan tak kunjung sembuh"

Begitulah sepenggal percakapan antara saya dan Bapak yang menjalani hidup berjauhan. Sejak pensiun, Bapak memilih hidup di kampung dan menghabiskan waktunya di sana.

Meski tangan kanan Bapak sudah tak fungsi lagi dari tahun 2017 akibat stroke  berawal dari terpeleset selepas pulang dari mesjid waktu subuh. Namun hal tersebut tak membuat Bapak kecil hati.

Kejadian stroke di masa lalu membuatnya semakin berhati-hati dan mengupayakan kini untuk hidup sehat di masa pensiunnya.

 

tips-sehat-di-masa-pensiun
 

Menjaga Kesehatan di Masa Pensiun

Memasuki masa pensiun memang tidaklah mudah, Bapak sendiri butuh waktu adaptasi untuk menghadapinya. Dari yang tadinya aktif bekerja mobile ke sana kemari lalu jobless membuatnya kadang bosan di rumah saja.

Biasanya ia habiskan waktu dengan bermain catur bersama kawan baiknya yang juga sama menjadi pensiunan. Namun sejak kawan baiknya meninggal, beliau berhenti bermain catur.

Baca yang ini juga : Menyiapkan Masa Pensiun Dengan Bahagia

Meski demikian, Bapak tetap menikmati hari-hari pensiunnya, terlebih kini ia punya binatang peliharaan yang menemaninya sehingga ia tidak merasa kesepian berjauhan dengan anak dan cucunya. Hal ini menjadi booster untuk Bapak tetap ceria dan sehat.

Berikut cara yang Bapak saya lakukan demi menjaga kesehatan di masa pensiunnya :

💕 Konsumsi Makanan Bernutrisi

Beruntungnya Bapak memang bukan tipe yang gemar makan segalanya, ia termasuk picky juga sehingga bisa dikatakan juga Bapak jarang sakit berat kecuali saat ia alami stroke karena terpeleset itu.

Pola makannya juga dijaga dengan konsumsi makanan sehat disertai dengan buah dan sayur.  

💕 Kebiasaan Bangun & Mandi Sebelum Subuh

Alhamdulilah meski usianya tua, tapi beliau masih rutin untuk bangun pagi dan mandi sebelum subuh.

Yang saya salut adalah kebiasannya mandi sebelum subuh menggunakan air dingin. Jika sedang menginap di rumah sayapun, Bapak juga tetap menjalankan kebiasannya ini.

Padahal Cimahi dingin, saya saja ga kuat kalau mandi pagi hahaha. Tapi Bapak tetap rutin menjalankan kebiasaannya tersebut.

Konon yang saya tahu juga, manfaat mandi sebelum subuh itu baik untuk kesehatan maka tak heran juga Bapak keliatan segar.

💕 Olahraga Ringan

Selepas dari solat subuh berjamaah di mesjid, biasanya Bapak keluar rumah lagi untuk berjalan santai. 

Katanya mencari udara segar dan olahraga ringan agar tubuhnya tidak kaku. Bapak masih trauma karena waktu terserang stroke badannya kaku dan sulit gerak sehingga ia rutin untuk jalan santai.

💕  Konsumsi Obat & Vitamin

Semenjak alami stroke, Bapak harus konsumsi obat yang tak boleh lepas. Resep dari dokter agar menjaga peredaran darah di otaknya tidak membeku lagi.

Tak hanya konsumsi obat juga akan tetapi Bapak konsumsi vitamin yang bantu agar tetap sehat.

Nah ngomingin Vitamin, saya jadi ingat vitamin D3 1000  yang merupakan suplemen vitamin D3 yang bermanfaat untuk penuhi kebutuhan vitamin D dengan cepat pada kondisi tertentu seperti Lansia, ibu hamil & menyusui, serta penderita penyakit infeksi, diabetes.

Vitamin D3 1000 ini bisa didapatkan di Toko Online Kesehatan loh temans! Karena saya jauh biasanya saya memang belikan online untuk kebutuhan obat & Vitamin Bapak.


 ***

Demikian temans yang bisa saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat yah! Adakah orang tuanya juga sudah masuk usia pensiun? kuy bisa share juga pengalamannya menjaga kesehatannya yah!

 

 

 

 


34 komentar

  1. Tiga poin diatas bisa mulai kita terapkan sejak sekarang ya mba. Bagus aja sih ya kalau udah terbentuk kebiasaan baik. Semoga kita bisa menua dengan sehat ya...

    BalasHapus
  2. hidup sehat di masa tua itu bisa dicicil dari sekarang ya. mulai jaga pola makan dan gaya hidup yang sehat supaya pas pensiun nanti bisa tetap sehat tanpa penyakit bawaan :)

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah Bapak sehat, semoga dengan kebiasaan hidup sehatnya Beliau menjalani masa pensiun dengan bahagia. Aamiin

    BalasHapus
  4. Aaah pantesaaan... papa saya juga suka banget mandi sebelum subuh. Biasanya beliau bersiap untuk sholat tahajud. Tapi memang pas mandi sebelum subuh itu bisa merangsang syaraf-sayar otak kita. Makanya sehat-sehat ya. Mau ah dicoba biar masa tuanya masih tetap segar dan sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ummi biasanya juga bapak tahajud dulu lanjut deh

      Hapus
  5. Seneng kalo ortu masih tetep sehat di usia pensiunnya ya mba. Papa dan mama ku juga masih aktif jalanin bisnisnya. Dan setelah aku perhatiin memang makanan sangat berpengaruh sbnrnya utk bikin badan ttp sehat sampai tua. Aku inget papa dulu selalu pilih makanannya. Dia ga makan nasi, tapi kentang kukus, dan lauknya kebanyakan ikan, sayur dan buah. Yg lemak tinggi ato gula papa ga nyentuh. Dan papa rutin jalan kaki . Makanya aku pun skr ini mulai nerapin yang sama. Ganti nasi Ama kentang kukus, makanan lebih sehat ,olaharga. Cuma kalo papa strict banget, aku msh ada cheating day nya tiap hari Minggu hahahahah. Di situ bisa makan nasi dikiiit ato jajan yg aku mau :). Sehari itu aja.

    Kalo suplemen kayak vit c, D, E dan lainnya itu sejak pandemi rutin aku konsumsi mba. Utk naikin imun tubuh juga

    BalasHapus
  6. BUnda makasih telah berbagi. Semoga bapak sehat selalu ya. Baru tahu aku kalau obat stroke harus dikonsumsi terus. Nah asik ada rekomendasi tempat beli obat atau vitamin yang terpercaya

    BalasHapus
  7. Hidup di usia pensiun nanti, harus diawali sekarang ya. Biar terbiasa hidup sehat, makan sehat dan kebiasaan sehat.

    Semoga Bapak sehat selalu yaa..

    BalasHapus
  8. Vitamin D3 ini penting ya mbak, saya juga sekarang rutin minum suplemen vitamin DECZ mbak, agar gak gampang sakit. Apalagi usia saya juga udah gak muda lagi, memang harus disiplin menjaga kesehatan dan asupan makanan ya mbak. btw moga bapak sehat selalu yaaa.

    BalasHapus
  9. Kalau di usia mungkin sudah lebih masa pensiun secara saya aja udah lewat beberapa dari kepala empat. Tapi kalau dibilang pensiun tidak juga secara ortu saya bukan pegawai pemerintah hehehe ...
    Alhamdulillah tinggal ibu yang masih ada, meksipun sakit sakitan juga.

    BalasHapus
  10. Ngikutin pola hidup sehat kudu dari sekarang biar pas tua yang jadi kebiasaan. Kumau nanti pas tua tuh fokus ke kesehatan, gak macam-macam pikiran. Jadi lebih bahagia

    BalasHapus
  11. Makasih ya tipsnya, aku mau cek juga bagaimana kondisi mertuaku, sejak pensiun sering rutin cek berobat, kadang kirim juga vitamin, artikelnya sangat membantu.

    BalasHapus
  12. Salut untuk Bapak, Mbak..
    Menjaga kesehatan sejak muda memang sangat penting meski memang, soal ketentuan, siapa bisa memerkirakan ya kan? Sejauh saya kenal, ibu mertua saya sangat menjaga kesehatan. Beliau sangat menjaga makanan juga ikut aktifitas fisik utk lansia. Namun, beberapa tahun lalu beliau terserang stroke dan lumpuh separuh badan hingga sekarang.
    Kondisi ibu bukan membuat saya berpikir, "ngapain ketat menjaga kesehatan, toh dijaga2 tetap kena." Sebaliknya, saya mikir, mungkin ibu bisa lebih parah kalau dulu kurang menjaga kesehatannya.


    BalasHapus
  13. Kesehatan penting dijaga ketika sudah memasuki masa pensiun, tapi tentu lebih penting lagi ketika dijaga sejak sebelum pensiun.Dari yang saya baca dan dengar, penyakit yang timbul di usia lanjut, adalah dampak dari pola hidup termasuk pola makan sejak muda, sejak lama.

    Tulisan ini mengingatkan saya pada almarhum bapak mertua saya yang meninggal tahun lalu (2020), beliau sangat rajin menjaga kesehatan, persis seperti tips yang mbak Herva tulis di atas, dengan tambahan cara2 lainnya juga. Tapi ya itu tadi, diusianya yang ke 76 tiba-tiba sakit, ada penyakit yang baru diketahui,dan ternyata tak bisa sembuh. Telat diketahui karena memang ga keliatan.

    Semoga bapaknya sehat selalu ya mbak :)

    BalasHapus
  14. Orang dulu emang banyak yang suka bangun dan mandi sebelum subuh ya? Bapak Ibu juga juga gitu. Kalau aku sih hiiihhh nggak tahan dinginnya, tp kalau mandi air anget malah ngantuk lagi. Hahahaha.

    BalasHapus
  15. maasyaaallah, aku jadi inget orangtuaku deh, meski bokap masih aktif sebagai dosen dan nyokap guru paud, tapi aku happy melihat mereka sehat dan bahagia di usianya sekarang

    BalasHapus
  16. Tips dari orangtua dulu ini yaa... Mandi sebelum shubuh.
    Prinsip Ibuku banget. Pokoknya kalau sudah lewat tengah malem itu, mandi justru akan memperkuat daya tahan tubuh.
    MashaAllah~
    Sehat dan kuat selalu untuk Ayahanda tercinta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan dibantu suplemen yang tepat, Vitamin D3, tulang dan gigi tetap kuat dan sehat meski usia sudah tidak muda lagi.

      Hapus
  17. Setuju sama semua poinnya. Orang tua dan mertua juga melakukan hal sama. Tambahan lagi, katanya harus tetap rutin beraktivitas. Alasannya supaya gak cepat pikun :D

    BalasHapus
  18. D3 1000 itu berarti vitaminj D ya mbak?
    Ah impian banget punya masa pensiun tetap sehat dan bisa beraktivitas tanpa membebani org lain. Memang yang namanya kesehatan itu investasi terbesar yang kudu dipikirin sekarang juga ya mbak.

    BalasHapus
  19. semoga di hari tua kita sehat dan rajin beribadah ya mak, penting banget menjaga kesehatan termasuk persiapan asupan vitamin D ini

    BalasHapus
  20. Masya Allah sehat-sehat terus ya Bapak, semoga senantiasa diberi kesehatan dan keberkahan di masa-masa pensiun ini.

    BalasHapus
  21. Wah bapak keren ya. Itu tuh mandi pagi sebelum subuh. Wow kuatan. Cimahi gak jauh beda dengan Soreang. Pastinya dingin banget itu mandi jam segitu. Mana pake air dingin pula. Tapi memang iya, mandi pagi pake air dingin itu menyehatkan.

    BalasHapus
  22. olahraga dan jaga makanan itu emang perlu saat pensiun
    kayak aku sama suami skrg dah pensiun wkwk
    sama satu lgi cari kesibukan mau apa gitu biar enak setiap hari tetap beraktifitas

    BalasHapus
  23. Bapak mertuaku juga melakukan beberapa hal di atas, Teh. Kecuali bagian mandi sebelum subuhnya. Malah almh ibu mertua yagn rutin mandi jam 3 pagi, karena konon katanya air jam segitu itu pas hangat-hangatnya. Kalau lebih dari jam 3 pagi, malah udah dingin lagi airnya. Semoga bapak sehat-sehat terus ya Teh Bella.

    BalasHapus
  24. Semua poin di atas bener-bener udah diterapkan kedua orang tuaku Mak. Aku yang masih usia 30an malah masih belum sebaik itu dalam menjaga kesehatan. InsyaAllah mau mencoba istiqomah untuk lebih sehat biar usia pensiun masih bisa jalan-jalan :')

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun