Search

Pengalaman Memulai Bisnis Online Frozen Food "Bakso ISI"

Pandemi Covid menghantam Indonesia, membuat semua sektor terkena imbasnya tak tebang pilih semua kalangan mendapatkan dampak besar dengan maraknya virus yang satu ini.

Awal pandemi dengan kebijakan dari pemerintah yakni Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) akhirnya melumpuhkan usaha baik kecil maupun besar. Dan kebijakan ini juga mempengaruhi ritme kerja di perusahaan.

Tempat saya bekerja akhirnya memberlakukan karyawan dirumahkan hingga potongan gaji untuk level tertentu, tak hanya kantor saya saja akan tetapi kantor suami juga sama dan akang suami harus dirumahkan juga.

Tentu saja hal ini membuat ekonomi keluarga goyang, alhasil saya mencari cara agar bisa mendapatkan pemasukan lain terlebih saya juga menanggung 1 ART dengan ekonomi jauh dari standar. 

 

pengalaman bisnis online frozen food

 Akhirnya Memulai Bisnis Frozen Food

Bukanlah hal baru bagi saya dalam berbisnis, bisnis besar yang akhirnya alami kerugian besar pernah saya alami ya si Joeragan Ice Cream yang tak bertahan karena minimnya manajemen bisnis didalamnya.

Baca yang ini lagi yuk : 

Bisnis makanan menurut saya pribadi ga ada matinya, karena memang kebutuhan makanan selalu ada. Sehingga tahun lalu akhirnya ditengah pandemi saya mencoba bisnis Frozen Food khususnya Bakso isi. Bisa temans cek instagramnya yah di @bakso_idola_frozen.

Berdasarkan pengalaman pribadi dimana masa pandemi ini, Frozen Food menjadi primadona pasalnya banyak yang memilih diam di rumah serta stock bahan makanan sehingga saya memutuskan bisnis ini.

Bisnis online Frozen Food saya pilih karena bisa dilakukan di rumah saja. Kebetulan juga di rumah punya freezer besar menganggur bekas dari aset Joeragan Ice Cream yang tersisa hingga kini.

Alhamdulilah ternyata usaha yang satu ini bertahan lama, sudah mau 1 tahun berjalan meskipun yah namanya juga usaha ada naik dan turunnya. Kadang banyak sekali orderan namun satu waktu bisa sepi sekali.

Oleh karena itu, saya ingin berbagi buat temans yang ingin menjalankan bisnis online utamanya yang hendak memilih Frozen Food sebagai bisnisnya.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Frozen Food

Berbeda dari jualan pada umumnya dimana penjualan Frozen Food harus memperhatikan beberapa hal sehingga tidak merusak makanan yang dijual dan sampai ditangan customer dalam kondisi baik.

Adapun yang saya lakukan diantaranya :

❤ Memperhatikan Kemasan 

Berhubung yang saya jual adalah bakso isi yang harus dalam keadaan beku maka kemasan produknya menggunakan plastik nylon vacuum yang biasa divacum sehingga kedap udara serta menghindari benda asing masuk ke dalam.

Jadi sebelum masuk freezer itu divacum terlebih dahulu dan setelahnya dibekukan. Hal ini dikarenakan juga produk yang saya jual tidak mengandung pengawet juga.

❤ Pilih Jasa Pengiriman Yang Tepat

Berhubung yang dijual adalah makanan yang harus segera sampai maka saya harus memilih jasa pengiriman yang tepat. Agar bisa sehari sampai dicustomer, jangan sampai terjadi makanannya busuk saat diterima customer duh sedihnya..

Saya pernah alami saat terima makanan yang udah bau huhu padahal requestnya same day tapi keesokan harinya baru tiba di rumah.

❤ Packing Dengan Baik

Salah satu kunci agar bakso isi frozen ini sampai dengan aman sentosa di customer adalah memastikan packingnya dengan baik.

Biasanya saya packing menggunakan plastik lalu didouble tip biar rapi dituliskan secara manual alamat penerimanya. 

Wajib diperhatikan yah temans karena makanan beku, lama kelamaan suka berair bisa jadi alamat yang dituliskan luntur tintanya. Ini pernah saya alami jadi hati-hati yah hehehe..

Ditengah kesibukan saya sebagai ibu bekerja, menyobek kertas lalu menuliskan alamat pake pulpen sungguh kerjaan yang ga praktis makanya saya perlu banget printer kayak printer kantor yang ga cuman bisa ng-print tapi bisa scan dan foto copy.

Di kantor menggunakan HP Laserjet 1536 MFP yang merupakan printer bagus untuk kantor  menemani saya selama menunaikan tugas kantor. Pokoknya semua arsip dan berkas bisa terselamatkan dengan printer ini. 
printer terbaik di kantor

Berbekal pengalaman kantor, saya jadi pengen punya di rumah printer HP juga. Salah satu incaran printer yang saya mau adalah HP Laserjet Pro M404DN.

Laserjet Pro M404DN

Printer HP Laserjet Pro M404DN merupakan printer LASER sehingga bisa melakukan aktifitas cetak dalam skala cepat loh!

Spesifikasi HP Laserjet Pro M404DN : Printer ini dibekali dengan 2 baki yaitu 1 baki pertama merupakan baki multifungsi dengan kapasitas kertas 100 halaman dan baki 2 yang mampu menampung hingga 250 halaman.

Untuk tintanya menggunakan tinta toner, kekuatannya dalam mencetak dimana printer ini mampu mencetak untuk ukuran kertas dari A4, A5, A6, B5, B6, 16K, oficio, postcard hingga envelopes.

Bagaimana dengan kecepatan cetaknya? tidak perlu diragukan lagi temans karena kecepatannya mencetak dalam waktu 6.1 detik untuk 1 halaman! WOW bisa banget nih buat cetak alamat penerima pas lagi ada borongan yah! Dibarengi dengan resolusi yang tajam sehingga tidak diragukan pula kualitas hasil cetakannya.

Biasanya keunggulan printer dipertanyakan soal KONEKTIVITAS-nya, nah printer HP Laserjet Pro M404DN mudah dan nyaman dalam hal konektivitasnya karena banyak pilihannya diantaranya bisa menggunakan sambungan standar melalui Hi-Speed USB 2.0, Host USB, Gigabhit Etharnet network.

Bisa juga dilakukan secara mobile dengan fitur mobile printing bawaan dari printernya dengan Apple AirPrint,  Google Cloud Print, HP ePrint, HP Smart App, Mobile Apps, Mopria Certified, ROAM capable for easy printing.

Bagaimana dengan sistem operasinya? bisa melalui windows dan MacOS. Perlu temans ketahui juga dimana printer ini sudah bersertifikat Energy Star, sehingga printer ini dikenal sangat ramah lingkungan dan hemat daya karena cuma butuh daya 5.5 watt saja loh!

Impian banget bukan bisa menunjang bisnis online di rumah! untuk harganya sendiri saya cek itu kisaran Rp 4.400.000,-

****

Demikian temans yang bisa saya bagikan kali ini, semoga pengalaman bisnis online saya dibidang frozen food bisa bermanfaat buat temans sekalian.

Adakah temans yang punya pengalaman serupa? yuk bisa sharing yah :)

43 komentar

  1. Salut dengan bundaku yang penuh semangat berusaha. Aku dari dulu pengen bisnis tapi bisnis apa ya selain bisa ku bisnis kasih sayang? Itu printernya kece banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi adikku di Surabaya pengen juga mulai usaha frozen food seperti ini bun. COba ntar aku share pengalaman bundaa yaa

      Hapus
    2. makasih ummi iya nih printernya KECE banget

      Hapus
    3. iya ummi frozen food menjanjikan

      Hapus
  2. Thanks for your informative article:)

    BalasHapus
  3. wah mantap bisnisnya nich. semoga sukses ya

    BalasHapus
  4. Wah keren ya mba bisa survive ditengah pandemi.. memangsi jd penggiat bisnis kuliner sepertinya membutuhkan alat cetak untuk mendukung kelancaran usaha, yap printer yang banyak fungsinya sedang jadi incaran dan primadona

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak semoga dengan punya alat mumpuni bisa jadi memudahkan

      Hapus
  5. Sekarang tahun ini rencananya ibu saya mau bikin bisnis makanan usai pensiun dari kerja kantor, btw printernya keren banget dan dulu pingin banget punya printer di rumah supaya bisa ngeprint sepuasnya seperti negprint tugas, sekaligus gak usah buang-buang duit ke luar rumah untuk ngeprint di tempat fotokopian

    BalasHapus
  6. Sangat meninspirasikan buat mulai usaha nih bun, jadi pengen Laser Jet Pro M404DN jugaa tapi mahal huhu

    BalasHapus
  7. Bagus sekali untuk pengalaman berbisnis frozen food yang dikaitkan dengna printer karena keduanya gunakan teknologi. Semoga bisnis lancer karena adanya printer yang mendukung.

    BalasHapus
  8. Printer ini penting sekali dalam menunjang bisnis. Terutama yg memerlukan cetakan semisal kemasan dan ingin mempercatik tulisan di bagian alamat paketan.

    Saya pribadi punya usaha percetakan nih. Pastinya printer yg bagus sangat perlu untuk jadi peralatan untuk mencetak produk.

    BalasHapus
  9. liat harganya sih mnurutku worth it, dengan harga segtu bisa membantu usaha-usaha yg memungkin bisa balik modal cepet ya. sukses deh

    BalasHapus
  10. mumpuni banget ya printernya bisa buat bisnis rumahan nih buat para buibu, apalagi frozen food praktis bgt kan di masa pandemi gini

    BalasHapus
  11. Wah kalo ada printer multifungsi kaya gini aku juga mau buka bisnis ah mba, krn kualitasnya bagus banget sih ini

    BalasHapus
  12. Makasih rekomendasinya printernya, makin mudah ngeprint alamat pembeli, bunda nih super keren ya ada tambahan kesibukan online Frozen food juga

    BalasHapus
  13. Makasih sharing pengalamannya bund. Berbisnis itu nggak mudah ya. Aku beberapakali berbisnis dan gulung tikar, hehe... Kayaknya tekadku kurang kuat bund. Kapan-kapan boleh dong bun, sharingnya gimana menghadapi bisnis kita yang gagal. Apakah perlu dibangun ulang atau pindah ke lain hati. Hiks

    BalasHapus
  14. Prijter HP Laserjet Pro ternyata sudah bersertifikat ramah lingkungan. Memang ya di masa pandemi begini, banyak sekali sendi kehidupan yang terdampak. Semoga bisnis frozen food yang kali ini laris manis ya Mba.

    BalasHapus
  15. Wah hebat, kreatif di saat pandemi
    Sukses ya, terlebih ditunjang printer HP yang mumpuni

    BalasHapus
  16. bunda sukses slalu ya usaha frozen foodnya.
    Wahhh, kalau memilih printer untuk kantor memang harus sekalian yang bagus ya

    BalasHapus
  17. Aku juga kepikiran buka bisnis tapi belum tau apa sih, pengen buka usaha makanan frozen tapi mikirlagi hehe

    BalasHapus
  18. Mantap banget bisnisnya mba, sesuai kebutuhan sekarang ini. Btw, aku jadi naksir deh sama printer-nya, pingin ganti yg dirumah.:)

    BalasHapus
  19. Iya ya, HP laserjet benar2 tidak rugi jika dimiliki. Bisa menunjang bisnis yang ada saat ini.

    BalasHapus
  20. Kemasan sangat penting banget apalagi untuk yang sistemnya frozen food. Agar kualitas dan rasa makanan tetap terjaga. Sukses terus ya teh bisnisnya.

    BalasHapus
  21. Wah enak nih kalo punya printer ini ya mak. Aku juga punya usaha makanan kemasan gini. Pengen punya printernya buat nyetak stikernya

    BalasHapus
  22. Semangat selalu bisnisnya kak. Semoga lancar yaaa.

    BalasHapus
  23. Paling nyaman kalau bisnis di dukung dengan HP, printer keren yang manfaatnya besar.
    Selain pencatatan secara tertulis dan sistematis juga pencetakan yang detil sehingga mudah tracing perkembangan bisnisnya yaa..

    Selamat yaa, teh..
    Sukses sellau untuk bisnisnya.

    BalasHapus
  24. Bisnis perlu didukung dengan pengetahuan luas dan kemauan belajar terus ya, Mbak. Perlujuga dukungan perangkat yang mumpuni seperti printer.

    BalasHapus
  25. aku juga tertarik bgt bisnis frozen food. cuma masih maju mundur nih, karena di sini jarang yg beli online, sementara masih ga memungkinkan jual offline.

    btw aku jg terbantu bgt sama printer gini, jd enak kalau nyetak macem2

    BalasHapus
  26. Aku selalu salut deh sama mompreneur. Semoga sukses terus bisnisnya ya, mom. Untung ada printer hp yang memudahkan bisnis yaa

    BalasHapus
  27. Sukses selalu Teh untuk bisnisnya, apalagi didukung dengan printer yang hasil cetakannya pasti membantu menghasilkan kemasan yang lebih menarik

    BalasHapus
  28. Hi kak salam kenal,
    Bisnis Frozen food dimasa pandemi gini emang sangat menjanjikan banget ya kak. Sebelum memulai bisnis frozen food alangkah baiknya ikuti saran dari kakak ini, manfaat nih buat mama-mama muda selama masih di rumah aja ya kak.

    BalasHapus
  29. Bisnis food frozen di masa pandemi ini emang meningkat pesat, klien2ku berhasil semua sama bisnis satu nih. Omzetnya meningkat dan berkembang.
    Menangkap kebutuhan pasar dimasa pandemi akan kebutuhann food frozen, buibu pun seneng nyetok makanan frozen ini, biar aman kebutuhan di rumah.
    Sukses terus sama bisnisnya

    BalasHapus
  30. wah aku penasaran sama bakso idolanya bunda nameera,jual untuk lokasi mana bun? aku kepoin ig nya ah

    BalasHapus
  31. bisnisnya mba herva cocok sekali dengan kebutuhan yang serba online seperti sekarang ini yaa. tipsnya berguna bgt nih, perlu menjadi kualitas ekstra yaa kalau produk makanan ini. kemarin aku ke frozen food store juga, terus liat dagingnya nggak dibungkus dengan baik jadi ragu dan ga jadi beli juga jadinya...

    BalasHapus
  32. Kece deh mba bisnisnya, semiga makin sukses bisnis online frozennya ya.

    BalasHapus
  33. Makasih sharingnya Mbak. Aku juga pengen bgt jualan frozen food tapi masih maju mundur terus karena mikir soal pengiriman. Kalo ke luar kota, cara menyiasati supaya produknya gak rusak sampai tujuan, gimana mbak?

    BalasHapus
  34. Salfok sama bakso isinya enak banget pasti ya mbak btw emang nih untuk mendukung bisnis online butuh piranti multifungsi seperti printer HP ini ya mbak semoga laris manis usahanya ya mbak

    BalasHapus
  35. Kemasan memang penting ya, Teh. Printer sangat membantu untuk bisnis online :)

    BalasHapus
  36. HP Laserjet emang nggak usah diragukan lagi kualitasnya. Apalagi hemat listrik dan sudah bisa terhubung dengan devices, memungkinkan semua dokumen untuk diprint langsung dari ponsel kita. Semoga usaha bisnis basonya makin lancar ya mbak.

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun