Search

Lebih teliti baca info lokernya Please!

Hai temans, siapa yang dulu pernah menjadi job seeker selepas lulus?baik lulus kuliah ataupun sekolah? *Saya ngacung sendiri*. Rasanya menjadi job seeker itu seperti sudah menyatakan cinta bukan? deg-degan banget nunggu langkah selanjutnya kalau udah kirimin cv & lamaran.

Flashback ketika saya jadi job seeker dulu saking pengennya kerja semua info lowongan kerja yang ngegenjreng di layar televisi saya coba apply (lamar). Bahkan untuk kualifikasi yang sudah jelas terpampang nyata di info lowongan kerjanya ga sesuai sama kualifikasi yang saya miliki tapi tetep apply terus dengan alasan "SAPA TAHU LUCKY".

Tak hanya info lowongan kerja yang ada di website pencarian kerja, iklan mini di koran saya jabanin padahal ga jelas juga tuh perusahaannya fiktif apa real. Saking apa? saking "I NEED JOB" sodara setanah airku.

Btw masih adakah lowongan kecil-kecil dikotak-kotakin di koran? soalnya udah lama ga liat koran kalau dulu masih rajin beli buat lingker-lingkerin job yang ditawarkan. 

Awal setelah lulus langkah saya adalah membuat email yang bebas dari sosmed biar bisa apply kerjaan yang ada di internet. Emailnya pun masih unyu banget hervaluvmom dengan id herva lucu masyaAlloh kenapa bisa se-parah itu pemikirannya πŸ˜‚.

Dan kini kalau baca lagi email kantor ada keselip email from Herva Lucu sumpah pengen banget nyelem. Difikir-fikir dulu kalau apply gawean lewat email mungkin recruiternya keburu males dan langsung skip baca email dengan nama email begitu *ngakak so hard* makanya ga pernah kepanggil.

Sebabnya setelah sekarang jadi HRD kalau nerima email dengan id yang aneh suka males duluan *jahat* 😌 jadi terjawab sudah mengapa dulu saya susah dipanggil kerja kalau lamar via email langsung.

info lowongan kerja, cara membaca info lowonga kerja, loker kerja, tips buat pengangguran, budayakan membaca info loker dengan teliti


Sebagai freshgraduated minim skill bahkan sama sekali ga punya pengalaman emang rada susah untuk dipanggil tes, yakin deh susah banget dulu saya cari kerja. Sampe akhirnya saya diajakin kakak kelas dan diterima jadi karyawan disana meski dengan gaji yang jauh dari ekspektasi.
Dan sampe akhirnya saya bisa menemukan job yang sesuai banget, saat ini saya adalah orang yang menerima lamaran yang masuk.

Bahkan saya pulak yang menyeleksinya apakah oke buat gabung atau ga. Ketika saya mem-posting info lowongan kerja di salah satu situs pencari kerja maka voyla tak berapa lama akan muncul puluhan bahkan ratusan CV.

Sebagai info nih padahal waktu saya posting iklan lowongan kerja suatu posisi pasti akan saya jelaskan sedetail mungkin kualifikasi yang dibutuhkan dari mulai minimal pendidikan, jurusan yang dibutuhkan, punya pengalaman atau ga? sampe dengan LOKASI PENEMPATAN.

Saya sudah jabarkan sedemikian rupa kualifikasinya namun yang terjadi bikin jari sama mata lelah karena dari ratusan CV yang masuk hampir 75% itu BELOK πŸ˜ƒ iyah belok dari kualifikasi yang sudah detail terpampang. 


Cape ga teteh bella? jelas cuapek poll, FYI nih sebagai recruiter yang baek saya tuh bukain dulu satu-satu sapa tau memang sebelumnya punya pengalaman tapi sayang sampe CV-nya selesai kadang saya tidak menemukan sama sekali kecocokan hati

Pengen marah? lah marah ke sapa coba? ke leptop? gendeng sendiriπŸ˜‚. Pengen teriak? pengen si teriak ke pelamarnya "Woy Bisa baca ga sih?" tapi kan ga bisa juga akhirnya yah woles sendirian sampe puyeng 😒.

Mungkin temans yang pernah ada diposisi saya merasakan hal yang sama? sebenarnya memang hak setiap job seeker mengirimkan CV-nya terlepas kualifikasi yang ia miliki itu sudah hampir mendekati atau ga cocok sama sekali. 

Apakah mereka membaca dengan teliti setiap info loker yang ada atau tidak? namun balik lagi mungkin para job seeker pernah merasakan frustrasi seperti saya dulu yang akhirnya info loker apapun dimasukin.

Tapi pleaselah hare gene masih suka jaka sembung? bahkan sampe ada loh recruiter yang merong-merong di sosmed saking keselnya nerima pelamar yang ga baca dengan teliti setiap kualifikasi yang dibutuhkan. Untungnya saya termasuk yang kalem 😜.

Tips Membaca Info Lowongan Kerja


Buat temans yang jobseeker saya kasih tips nih membaca info lowongan kerja :

1. Ketahui Jobdesc Posisi Yang Dibutuhkan


Tujuannya biar samain dengan skill yang kita punya lalu gunanya juga biar match sama pengalaman yang pernah didapat. Sekiranya HAMPIR memiliki kemampuan sesuai jobdesc monggo apply meskipun jurusan yang kita tempuh ga sesuai sama jurusan yang diposting. 

Contoh real : akang suami lulusan akuntansi tapi karena bakat jadi programmer akhirnya skill dan pengalamannya bisa mengarahkan ia masuk jadi tim IT. *inilah yang bikin bibit cinta dalam diriku bersemi πŸ˜‚

2. Lokasi Penempatan


Ini yang kadang suka bikin GEMAS recruiter, di info loker sudah jelas disebutkan dibutuhkan posisi untuk ditempatkan di daerah X. Ada yang apply lalu setelah dipanggil bersedia untuk ditempatkan di X?mereka nyengir sorry mba kayaknya ga bisa karena kejauhan. Buang pulsa sama alat tes kan?πŸ˜›

Jadi please sesuaikan saja sama domisili atau kalau memang ingin merantau monggo apply sekiranya ga dibolehin ortulah, kejauhanlah, mau nikahlah, ga bisa jauh sama pasanganlah bo ya jangan apply okeh!Noted yah gaes..

3. Cara Melamar


Kalau sudah posting di Jobseeker saya fikir yang baca info loker ini bisa langsung apply, tapi ada aja yang rajin email dulu dong dengan bertanya "Bu HRD saya tertarik info loker A gimana cara melamarnya?" 

Elus-elus perut baca emailnya 😜 padahal di situs pencari kerja udah memudahkan buat apply entahlah bagaimana bisa ia bertanya kembali demikian. Pengen sih dibales : Udah minum a*ua belum? πŸ˜‚

Minum heula BRAY beh teu LASUT!

3 poin itu yang seringkali muncul dan bikin geregetan bahkan ada juga puluhan email masuk yang menanyakan "Bu benarkah itu info loker B?" suka pengen ketawa bacanya lah kalau ga bener manalah akyu posting 😝. 

Dengan fenomena yang pernah saya pribadi alami dulu saking udah hopeless pengen gawe dengan melamar sesuka hati tapi akhirnya membuat saya pribadi saat ini ketika menerima cv masuk untuk juga membiasakan membaca dulu CV yang dikirim. 

Kalau saya sebagai recruiter yang nerima masuk CV aja mau membaca dengan teliti bagaimana dengan temans sebagai jobseeker? harapannya sih bisa juga membaca sekilas info LOKERnya dengan teliti. 

Demikian yang bisa saya curhat kali ini, temans pernah mengalami hal serupa?hayo ga cuman info loker doang loh yang mesti dibaca teliti apapun kegiatannya biasakan untuk MEMBACA terlebih dahulu. Beli di OLSHOP, Baca berita yang dishare di medsos, dapat info dari WAG biasakan dibaca dulu please!jangan langsung reaktif.

Sekian semoga bisa bermanfaat yah πŸ’‹.

 





Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun