Pada 3 Bangunan Ini, Terlukis Jejak-jejak Masa Lampau di Padang

# Pada 3 Bangunan Ini, Terlukis Jejak-jejak Masa Lampau di Padang #Liburan Lebaran Yuk Ke Padang #Penginapan AiryRoom

Pada 3 Bangunan Ini, Terlukis Jejak-jejak Masa Lampau di Padang


Apakah hal yang terlintas di benak kita ketika mendengar kata “Padang”? Apakah kuliner khasnya, yaitu rendang dan nasi padang, yang enaknya luar biasa itu? Atau adat istiadat yang unik dengan sistem kekerabatan matrilineal yang masih diterapkan di tengah masyarakatnya? *silahkan dijawab sesuai keyakinan masing-masing 😀.

Padang sesungguhnya sangat menarik untuk dijelajahi loh. Pemandangan alam yang memesona, tradisi yang kental, hingga rasa khas makanan yang kaya rempah-rempah adalah mutiara yang tak ternilai harganya. Nah, untuk mengenal Padang lebih dekat lagi, saya punya rekomendasi tempat keren buat teman-teman. Coba deh berkunjung ke 3 objek wisata sejarah ini akan menolong kita untuk mengisi liburan yang seru. 

Baca Lagi : Asiknya Merekrut ke Pulau Bangka
Museum Negeri Adityawarman
Museum yang terletak di Jl. Diponegoro 10, Padang, ini resmi dibuka untuk umum pada 16 Maret 1977. Berbentuk Rumah Bagonjong atau Rumah Gadang, sentuhan arsitektur khas Minangkabau begitu jelas terlihat pada bangunan ini. Ciri utamanya adalah penggunaan 7 gonjong atau bagian atap yang melengkung seperti tanduk kerbau.



Di dalam bangunan yang berukuran 2.854,8 meter persegi ini, tersimpan berbagai koleksi perhiasan tradisional, instrumen musik, dan aneka perkakas sejumlah 6.000 benda. Ada pula diorama sistem adat di masyarakat Minang dan struktur hubungan kekerabatan yang menggunakan sistem matrilineal di bagian ruang utama museum.
Pada bagian depan, kita akan menjumpai sebuah monumen dan patung yang duduk sambil menggenggam bambu runcing. Di belakang monumen tersebut tertera naskah Proklamasi. Dengan berkunjung ke museum kebanggaan masyarakat Sumatera Barat ini, kita akan diajak untuk lebih mengenal masyarakat Minangkabau dari dekat. 
Rumah Puisi Taufiq Ismail
Jika temans penggemar puisi, nama Taufiq Ismail tentu sudah tak asing. Penyair dan sastrawan besar ini merupakan putra asli Minangkabau. Rumah Puisi Taufiq Ismail dibangun dengan bantuan dana yang berasal dari The Habibie Centre. Letaknya sangat strategis, yaitu tepat di kaki Gunung Singgalang dan Merapi, Jl. Raya Padang Panjang - Bukittinggi Km. 6. 

# Pada 3 Bangunan Ini, Terlukis Jejak-jejak Masa Lampau di Padang #Liburan Lebaran Yuk Ke Padang #Penginapan AiryRoom
sumber : herulegowodotcom


Di rumah ini, pengunjung bisa melihat dan membaca lebih dari 8.000 buku koleksi Taufiq Ismail. Selain menjadi ruang pameran buku, Rumah Puisi juga sering dimanfaatkan sebagai tempat pelatihan guru bahasa dan sastra, pusat kebudayaan, dan sanggar berlatih bagi para siswa. Dengan suasana yang tenang dan hawa yang segar, pengunjung bisa leluasa membaca dan menikmati puisi dengan nyaman di Rumah Puisi Taufiq Ismail. 
Benteng Fort de Kock
Benteng Fort de Kock yang berlokasi di Bukit Jirek ini adalah salah satu warisan bersejarah dari zaman pendudukan Belanda di Sumatera Barat. Benteng ini didirikan oleh Kapten Bouer pada 1825 atau dalam masa kepemimpinan Baron Hendrik Merkus de Kock sebagai Wakil Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Ketika perang Paderi meletus pada 1821-1837, Benteng Fort de Kock digunakan untuk menahan gempuran rakyat Minangkabau.
# Pada 3 Bangunan Ini, Terlukis Jejak-jejak Masa Lampau di Padang #Liburan Lebaran Yuk Ke Padang #Penginapan AiryRoom
sumber : arlisajatidotblogspotdotcom

Setelah mengalami renovasi pada 2002, area benteng Fort de Kock menjelma menjadi Taman Kota Bukittinggi. Meskipun di sekitar tempat ini terdapat beberapa meriam kuno, suasana tetap nyaman, bahkan menjadi tempat bermain favorit anak-anak. Adanya pepohonan yang rimbun juga membuat tempat ini menjadi lebih teduh dan segar. Kita bisa masuk ke Benteng Fort de Kock melalui Jl. Yos Sudarso dengan membayar Rp5.000 pada hari biasa dan Rp8.000 pada hari libur.
Jika temans memiliki rencana untuk berkunjung ke Padang dalam waktu dekat, 3 objek wisata ini pantas masuk dalam daftar destinasi wisata liburan. Supaya bujet travelling menjadi lebih hemat, kita bisa memesan penginapan di websiteAiry Rooms atau menggunakan Android Apps dan Apple Apps. 
# Pada 3 Bangunan Ini, Terlukis Jejak-jejak Masa Lampau di Padang #Liburan Lebaran Yuk Ke Padang #Penginapan AiryRoom


Di Airy Rooms, tersedia banyak pilihan hotel di Padang yang bisa kita pesan. Jangan salah, meskipun harganya murah dan terjangkau, kita tetap akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas kenyamanan, seperti tempat tidur bersih, air minum gratis, WiFi, TV layar datar, dan perlengkapan mandi.
Gimana gaes seru yah Padang?yuk rencanakan liburan panjang lebaran nanti kesini. Semoga bermanfaat yah 💋. 

62 komentar

Avatar
Nefertite Fatriyanti Selasa, 30 Mei, 2017

Padang itu kota yang lekat di ingatanku, mekipun aku belum pernah ke sana, hehehe. Sejak kecil banyak sekali bacaan yang kubaca, tentang kota Padang. semoga satu saat sampai ke sana

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 30 Mei, 2017

sama mba semoga nanti kita kesini y mba terus ketemuan di sana aamiin :)

Reply Delete
Avatar
Evrinasp Selasa, 30 Mei, 2017

Semoga aku bisa ke padang someday, soalnya pingin foto di bangunan khas minangkabaunya

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 30 Mei, 2017

Aamiin ajakin aku y mba Ev :p

Reply Delete
Avatar
Fely Ina Selasa, 30 Mei, 2017

Kunantikan cerita museum negrinya Cyn.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 30 Mei, 2017

ditunggu saja y mba klo aku kesana pasti kutulis insyaAlloh :)

Reply Delete
Avatar
Djangkaru Bumi Selasa, 30 Mei, 2017

Saya lebih suka musemu negeri, terasa lebih indah, bisa mengenang sejarah asli Padang. Saya heran tu, rumah Taufik Ismail bisa semegah itu, apakah itu bentuknya masih asli seperti sedia kala ? ATau hanya sekedar nama?

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 30 Mei, 2017

wah udah pernah kesana ya kang sayangnya aku belum jadi nda tahu seperi apa :)

Reply Delete
Avatar
Irly Selasa, 30 Mei, 2017

kalau disebutin padang saya jadi inget Mas Boy..Lha kenapa coba? Karena Mas bOy dari Padang.. Hehe..

Belum pernah ke Padang dan pengen ke sana, selain wisata alam juga pengen rasain Nasi padang langsung dari kotanya. :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 30 Mei, 2017

Mas Boy anak jalanan mb?hahahaha
sama aku juga belum mba >>loh kok iso nulis?makanya aku catet someday smg bisa sini :p

Reply Delete
Avatar
Mutia Faridah Selasa, 30 Mei, 2017

Kalo orang jawa kayak saya denger kata "Padang" berarti "terang" hehehe. Tp sebagai orang yang belum pernah ke Padang, maka saya pasti ingat nasi padang. karena itu salah satu kuliner favorit saya :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 30 Mei, 2017

Oiya padang rembulan >> terang bulan berarti y mba?
klo padang rumput >> rumput terang hahaha
sama aku juga mba smg bisa janjian disana y mb :p

Reply Delete
Avatar
Sandra Nova Selasa, 30 Mei, 2017

Bokap masih tinggal di Padang tp trakhir ksana tahun 2009 hahaha... Pengen kesana lagi tapiii, panas XD #naooon

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 30 Mei, 2017

wah ajakin atuh mih mun kaditu wioslah aku duduknya nyencle da haratis tea :D

Reply Delete
Avatar
Rani Novariany Selasa, 30 Mei, 2017

hWaaa, padang masuk wishlist banget! Mudah2an suatu saat bisa sampai ke Padang :D Aku catet deh 3 bangunan bersejarahnya :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 30 Mei, 2017

sok dicatet mba ntar kesana yah hehehe

Reply Delete
Avatar
Ardiba Sefrienda Selasa, 30 Mei, 2017

Bentengnya namanya mirip2 sm Vrederburg yg di Jogja, tp model bangunannya agak beda. Apa udah renov kali ya?

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

wah iya yah sama kek di Jogja, mungkin mba soalnya aku juga taunya begini hahaha *ga menjawab banget pertanyaannya :p

Reply Delete
Avatar
fajar herlambang Selasa, 30 Mei, 2017

padang itu, tetangga kota palembang. ehh tetangga provinsi sumatera selatan. yang terkenal dengan nasi padang. sejarahnya juga terkenal dengan cerita malin kundang

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

ngomongin Padang tadi malam buka sama masakan Padang hahha *penting banget diumumin :p

Reply Delete
Avatar
fajar herlambang Rabu, 31 Mei, 2017

hahahah, nasi padang oo nasi padang

Reply Delete
Avatar
Novarina DW Selasa, 30 Mei, 2017

Rumah adat khas minangkabau ini tiada yang menyamai ya mbak. Kagum aku akan gaya arsitekturnya. Moga kelak bisa kesana. Aamiin :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

iya bener khas banget y mba aku juga suka sampe pakaian adatnya juga klo nikahan mahkotanya khas dan katanya berat :) aamiin smg terealisasi suatu hari

Reply Delete
Avatar
cii yuniaty Selasa, 30 Mei, 2017

kapan yaa bisa ke padang,...foto2 didepan rumah adatnya....hehehe. nabung...nabung...

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

yuk nabung mba sapa tau libur lebaran taun depan bisa keliling Padang :)

Reply Delete
Avatar
deddyhuang.com Selasa, 30 Mei, 2017

Aku belum pernah ke padang. Tapi suka sama arsitektur rumah gadangnya yang masih pinya ciri khas. Pakai airy ternyata asik juga ya mbak. Aku belum punya pengalaman di airy.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

Ntar klo ke pAdang solek y kang sapa tau kopernya gede bisa nymepil hahaha

Reply Delete
Avatar
Anisa Ae Rabu, 31 Mei, 2017

Belum keturutan juga melancong ke Padang. :'D Pengen lihat rumah Gadang :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

semoga ntar keturutan y mba :)

Reply Delete
Avatar
Ajar Masak Rabu, 31 Mei, 2017

Pengen tahu rumah puisi Taufik Ismail. :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

yuk kesini :) jgn lupa pke airyroom

Reply Delete
Avatar
enci harmoni Rabu, 31 Mei, 2017

sering ke padang mbak, tapi 3 tempat ini malah belum di kunjungin..

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

ajakin aku y mb klo ke Padang lagi 😂

Reply Delete
Avatar
Maya Rabu, 31 Mei, 2017

Padang kota kelahiran ayuk iparku hehe
pengen banget ke kota Padang, sudah buat plaining tapi belum kesampaian

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

klo gtu disampaikan biar sampe sana hahaha

Reply Delete
Avatar
Ria fasha Rabu, 31 Mei, 2017

Padang memang punya banyak cerita mbak..
Keluargaku asli padang semua hehe.. Cm aku lahir d bengkulu.. Wisata dan makanannya bikin kangen

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

semua masakan padang memang inda ada duonya mba aku klo ga takut kolesterol tiap harilah makan padang hahaha

Reply Delete
Avatar
zata Rabu, 31 Mei, 2017

aku juga mampir ke sana pas lagi di Padang, jadi pengen balik lagiii..

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

asik ikut donk mba 😍😍

Reply Delete
Avatar
Reni Novita Sari Rabu, 31 Mei, 2017

Bapakku orang sana, kebetulan aku juga lahir disana. Tapi terakhir ke Padang tahun 2007. Udah lama banget! Hahaha Kangen juga sama tempat wisata disana :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

10 tahun mb blm 20 tahun sambil kepala zool in zoom out hahaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Rabu, 31 Mei, 2017

Aku pernah ke Padang tapi kurang punya waktu berkeliling, lebih lama di Bukittinggi. Asik banget nih kalau bisa ke Padang lagi dan menginap di Airy Room :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 31 Mei, 2017

asik bgt ummi apalagi haratis hahaha

Reply Delete
Avatar
Lendy Kurnia Reny Kamis, 01 Juni, 2017

Kalau disebut Padang, ingetnya Rumah Gadang.
Dan rendang.

Favoriitt aku banget, karena aku suka makan daging.

Airy rooms ini ada di setiap kota destinasi wisata yaa..
Menarik syekalii...

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 02 Juni, 2017

aku jg mba favorit bgt padang tuh 😂 iya airy room keren 😍😍

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya Kamis, 01 Juni, 2017

klo inget padang, inget sambel ijonya, penasaran sambel ijo di daerah aslinya rasanya sama gak kayak di rumah makan padang di sini ... pernah ke padang 3 hari waktu tugas kantor, karena berangkat sendirian, gak plesiran kemana2 hahaha

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 02 Juni, 2017

keknya lebih nampol bu Ayya 😂🤣 sama kek aku klo sendiri suka takut

Reply Delete
Avatar
monda Kamis, 01 Juni, 2017

aku penasaran jalan2 di kota tua pecinan Padang, banyak bangunan masih cantik ya

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 02 Juni, 2017

yuk ah nabung mb biar bisa kesna dan gunain airy room 😆

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Jumat, 02 Juni, 2017

Tempat2 yang belum pernah saya datangi ini, terlepas saya memang jarang pulang kampung sih.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 02 Juni, 2017

wah miss ayo kesini ntar ceritai di blog ☺️

Reply Delete
Avatar
Nur Rochma Jumat, 02 Juni, 2017

Belum pernah ke Padang. Tapi kalau menyebut kota ini jadi ingat teman kost yang asli sana. Dan tentu saja makanannya.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 02 Juni, 2017

iya mba makanannya itu enak benar hahaha

Reply Delete
Avatar
Ranny Minggu, 04 Juni, 2017

Kalau aku pengin banget malah ke Bukittinggi :D karena kampung mertua di sana kan dan belum pernah mengunjungi. Dan pengeeen banget ke rumah Bung Hatta :D itu top wishlist dah hehehe

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Minggu, 04 Juni, 2017

semoga bisa kesana y mba aku pun pengen bgt ☺️

Reply Delete
Avatar
Johanes Anggoro Minggu, 04 Juni, 2017

padang sepertinya gak kalah sama tempat lain soal peninggalan bersejarah. selain banyak, juga ternyata masih dalam keadaan sangat baik ya mbak. jadi pengen ke padang.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 05 Juni, 2017

sok atuh ke Padang jangan lupa ya pake Airy Rooms :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri Selasa, 06 Juni, 2017

Ga kebayang ada 8.000 buku karya Taufik Ismail di sana....wah takjub kayaknya nih. Bisa baca sampai puas namanya..aku belum pernah ke Padang 😄😃

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 13 Juni, 2017

sok atuh mba ke Padang hehehe

Reply Delete
Avatar
Wahyu Widyaningrum Sabtu, 10 Juni, 2017

Ada rumah puisi juga? keren deh. Bener2 literasi ditegakkan nih Mbak. Mau dong ke sana :)

Reply Delete
Avatar
Ibu Dila Selasa, 13 Juni, 2017

Emang Padang ama Sumbar tuh cakep banget, mb. Apalagi pas dipamerin foto sama suami. Tambah pengen kesana aja 😱😱

Reply Delete