Search

Pada 3 Bangunan Ini, Terlukis Jejak-jejak Masa Lampau di Padang


Apakah hal yang terlintas di benak kita ketika mendengar kata “Padang”? Apakah kuliner khasnya, yaitu rendang dan nasi padang, yang enaknya luar biasa itu? Atau adat istiadat yang unik dengan sistem kekerabatan matrilineal yang masih diterapkan di tengah masyarakatnya? *silahkan dijawab sesuai keyakinan masing-masing 😀.

Padang sesungguhnya sangat menarik untuk dijelajahi loh. Pemandangan alam yang memesona, tradisi yang kental, hingga rasa khas makanan yang kaya rempah-rempah adalah mutiara yang tak ternilai harganya. Nah, untuk mengenal Padang lebih dekat lagi, saya punya rekomendasi tempat keren buat teman-teman. Coba deh berkunjung ke 3 objek wisata sejarah ini akan menolong kita untuk mengisi liburan yang seru. 

Baca Lagi : Asiknya Merekrut ke Pulau Bangka
Museum Negeri Adityawarman
Museum yang terletak di Jl. Diponegoro 10, Padang, ini resmi dibuka untuk umum pada 16 Maret 1977. Berbentuk Rumah Bagonjong atau Rumah Gadang, sentuhan arsitektur khas Minangkabau begitu jelas terlihat pada bangunan ini. Ciri utamanya adalah penggunaan 7 gonjong atau bagian atap yang melengkung seperti tanduk kerbau.



Di dalam bangunan yang berukuran 2.854,8 meter persegi ini, tersimpan berbagai koleksi perhiasan tradisional, instrumen musik, dan aneka perkakas sejumlah 6.000 benda. Ada pula diorama sistem adat di masyarakat Minang dan struktur hubungan kekerabatan yang menggunakan sistem matrilineal di bagian ruang utama museum.
Pada bagian depan, kita akan menjumpai sebuah monumen dan patung yang duduk sambil menggenggam bambu runcing. Di belakang monumen tersebut tertera naskah Proklamasi. Dengan berkunjung ke museum kebanggaan masyarakat Sumatera Barat ini, kita akan diajak untuk lebih mengenal masyarakat Minangkabau dari dekat. 
Rumah Puisi Taufiq Ismail
Jika temans penggemar puisi, nama Taufiq Ismail tentu sudah tak asing. Penyair dan sastrawan besar ini merupakan putra asli Minangkabau. Rumah Puisi Taufiq Ismail dibangun dengan bantuan dana yang berasal dari The Habibie Centre. Letaknya sangat strategis, yaitu tepat di kaki Gunung Singgalang dan Merapi, Jl. Raya Padang Panjang - Bukittinggi Km. 6. 

# Pada 3 Bangunan Ini, Terlukis Jejak-jejak Masa Lampau di Padang #Liburan Lebaran Yuk Ke Padang #Penginapan AiryRoom
sumber : herulegowodotcom


Di rumah ini, pengunjung bisa melihat dan membaca lebih dari 8.000 buku koleksi Taufiq Ismail. Selain menjadi ruang pameran buku, Rumah Puisi juga sering dimanfaatkan sebagai tempat pelatihan guru bahasa dan sastra, pusat kebudayaan, dan sanggar berlatih bagi para siswa. Dengan suasana yang tenang dan hawa yang segar, pengunjung bisa leluasa membaca dan menikmati puisi dengan nyaman di Rumah Puisi Taufiq Ismail. 
Benteng Fort de Kock
Benteng Fort de Kock yang berlokasi di Bukit Jirek ini adalah salah satu warisan bersejarah dari zaman pendudukan Belanda di Sumatera Barat. Benteng ini didirikan oleh Kapten Bouer pada 1825 atau dalam masa kepemimpinan Baron Hendrik Merkus de Kock sebagai Wakil Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Ketika perang Paderi meletus pada 1821-1837, Benteng Fort de Kock digunakan untuk menahan gempuran rakyat Minangkabau.
# Pada 3 Bangunan Ini, Terlukis Jejak-jejak Masa Lampau di Padang #Liburan Lebaran Yuk Ke Padang #Penginapan AiryRoom
sumber : arlisajatidotblogspotdotcom

Setelah mengalami renovasi pada 2002, area benteng Fort de Kock menjelma menjadi Taman Kota Bukittinggi. Meskipun di sekitar tempat ini terdapat beberapa meriam kuno, suasana tetap nyaman, bahkan menjadi tempat bermain favorit anak-anak. Adanya pepohonan yang rimbun juga membuat tempat ini menjadi lebih teduh dan segar. Kita bisa masuk ke Benteng Fort de Kock melalui Jl. Yos Sudarso dengan membayar Rp5.000 pada hari biasa dan Rp8.000 pada hari libur.
Jika temans memiliki rencana untuk berkunjung ke Padang dalam waktu dekat, 3 objek wisata ini pantas masuk dalam daftar destinasi wisata liburan. Supaya bujet travelling menjadi lebih hemat, kita bisa memesan penginapan di websiteAiry Rooms atau menggunakan Android Apps dan Apple Apps. 
# Pada 3 Bangunan Ini, Terlukis Jejak-jejak Masa Lampau di Padang #Liburan Lebaran Yuk Ke Padang #Penginapan AiryRoom


Di Airy Rooms, tersedia banyak pilihan hotel di Padang yang bisa kita pesan. Jangan salah, meskipun harganya murah dan terjangkau, kita tetap akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas kenyamanan, seperti tempat tidur bersih, air minum gratis, WiFi, TV layar datar, dan perlengkapan mandi.
Gimana gaes seru yah Padang?yuk rencanakan liburan panjang lebaran nanti kesini. Semoga bermanfaat yah 💋. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun