Wednesday, December 7, 2016

Membaca Bagi Saya Lebih Dari Sekedar Hobi

Bercerita hobi bagi saya merupakan suatu kegiatan yang saya sukai bahkan saya sengaja pula sisihkan budgetnya untuk menyalurkan hobi saya tersebut. Apabila ditanyakan hobi maka pasti tegas saya menjawab : "Membaca". Setiap resume tentang saya entah itu yang ada di Curiculum Vitae, Portofolio maupun jenis isian yang mengharuskan saya menulis tentang hobi maka dengan mantap saya tuliskan "Membaca".

Namun tak semua buku saya sukai, sebagian besar saya memilih jenis novel sebagai buku yang disukai. Sempat saya tuangkan disini bagaimana cara saya dalam memupuk dan memelihara minat buku saya. Dengan begitu hobi saya yang satu ini secara khusus saya tanam terus agar tidak pudar. Masing-masing individu tentu memiliki kegemaran dan kesukaan yang berbeda, semuanya yang dipilih sebagai hobi memiliki manfaat dan keuntungan tersendiri layaknya sebuah fungsi benda.

Adapun bagi saya, informasi penting dalam hidup tak hanya saya dapatkan dari bangku sekolah maupun media elektronik akan tetapi dengan membaca buku saya mampu menyerap informasi penting. "Ah baca novel emang apa yang bisa diserap informasinya?" menurut saya pribadi novel ga hanya seputar fantasi atau imajinasi penulis yang dituangkan dalam rangkaian kalimat apik menjadi satu kesatuan cerita yang utuh. Namun selalu dibalik cerita meskipun tergolong fiksi ada makna yang bisa kita ambil, ada hikmah yang bisa kita petik, ada manfaat yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan real.


@Monumen Bom Bali Legian

Demi menyalurkan hobi saya dalam membaca, saya biasa menargetkan untuk membeli buku atau gemar mengikuti giveaway dari para pecinta buku yang ingin terus menebarkan semangat membaca bagi semua orang. Bahkan saya sangat beruntung diberikan sejumlah buku dengan cuma-cuma oleh seorang blogger buku demi menebarkan virus baca kepada saya *so lucky i am*. Meski saya beruntung selalu dapat buku gratis saya juga selalu menargetkan membeli buku.

Tutupnya toko buku yang ada di daerah saya membuat saya hampir menyerah untuk menyalurkan hobi saya. Karena hal ini tentu saja menjadi pukulan berat bagi para pecinta buku di daerah saya termasuk saya sendiri. Bagaimana bisa saya menyalurkan hobi membaca sementara toko buku terdekat tutup karena sepi. Untunglah saat ini banyak beredar toko buku online yang menjawab keresahan saya.

Bisa dibilang saya masuk kategori customer penyuka belanja online. Selain karena saya ga punya waktu ke toko buku yang jauh dari rumah menurut saya belanja online lebih ringkas dan hemat waktu. Dari sekian banyak yang menjual buku secara online, saya lebih banyak searching buku-buku yang ingin saya baca di Bukalapak. Karena memang saya suka novel-novel yang terbitan lama, kemudian pas searching ada di Bukalapak. Selain menawarkan buku yang cocok untuk saya baca, di Bukalapak saya bisa milih varian harga bukunya yang sesuai dengan budget yang sudah saya sisihkan tiap bulannya.

Tahun 2015 silam, ketika saya terobsesi dengan cerita sejarah lalu saya jatuh cinta sama penulisnya mba Laksmi Pamuntjak akhirnya saya mencari novel ini. Susah sekali dicarinya hingga saya menemukan hanya di Bukalapak *gilak harganya murce dan kualitasnya asli* langsung ga pake fikir lama saya beli buku ini dan menjadi rentetan koleksi novel saya dirumah. Berikut beberapa koleksi buku yang saya dapatkan di Bukalapak :


 Bagi yang juga sama kondisinya seperti saya, saya mau kasih tahu tips mudah dan hemat dapetin buku impian kita di Bukalapak. Kebetulan sekali kemarin saya membeli buku dengan judul "Mati, bertahun yang lalu di Bukalapak. Awal mula saya masuk ke laman Bukalapak kemudian saya langsung searching "Judul Bukunya". Kalau ada yang jual bukunya maka akan tampil beberapa lapak yang menawarkan buku-buku dengan judul sama namun varian harga berbeda. Saya pribadi akan memilih yang harganya paling murah serta lokasi pelapaknya ada di sekitar Jabodetabek. Pertimbangannya agar biaya ongkir lebih murah. Kalau sudah memutuskan tinggal klik deh yang mana yang saya suka. Munculnya seperti ini :



Jika sudah muncul tampilan seperti ini tinggal saya klik "BELI" maka akan dilanjutkan dengan proses konfirmasi alamat pengiriman yang saya ajukan. Serta menentukan jasa pengirimannya. Jika sudah kita pilih maka akan ada jumlah total pembayarannya kayak gini. Murahkan bukunya 20ribu ongkos kirimnya 11ribu saja.


Setelah itu saya lanjutkan pembayarannya akan muncul kode invoice serta kode unik pada total pembayarannya. Untuk cara pembayarannya saya lebih sering menggunkan via transfer ATM yang lainnya belum pernah saya coba.
Invoice yang sudah saya terima juga muncul lagi di email seperti ini  :


Terakhir saya langsung membayar via transferan tinggal nunggu cantik email dari pihak Bukalapak maka secara otomatis pembayaran yang sudah dilakukan masuk kerekening Bukalapak. Jadi saya ga perlu repot-repot buat konfirmasi pembayaran tanpa mesti fotoin bukti transferannya.


Selesai deh saya belanja bukunya tinggal nungguin barangnya sampe. Selama jangka waktu pengiriman barangnya saya ga perlu repot-repot mintain nomer resi segala rupa yang bikin ribet. Akan tetapi dari pihak Bukalapaknya memberikan informasi status barang yang kita beli melalui email. Kayak sekarang ini karena saya lagi Dinas luar kota jadi saya tahu posisi keberadaan bukunya sudah sampai apa belum.



Karena saya menggunakan alamat pengiriman ke kantor saya bekerja, maka rekan kerja saya selalu tahu kalau saya semisal baru membeli buku dan biasanya emang saya juga suka pamer kayak Suneo *hahaha* nunjukin ini loh Buku baru saya. Harapannya selain bisa pamer juga biar saya sekalian kampanye yuk kita tumbuhin minat baca lagi dengan cara minjemin bukunya kalau saya sudah selesai membaca. Kalau sudah begitu bagi saya "Hobi jalan Sedekah juga dapat" karena minjemin buku *aamiin. Pokoknya Bukalapak membantu banget memfasilitasi untuk hobi saya dalam membaca.

Balik ke hobi saya membaca, setiap kegiatan yang dipilih tentunya punya manfaat bukan?dan bagi saya hobi membaca buku itu punya keuntungan plus-plus, diantaranya :

1. Menutrisi Otak

Selain menambah knowledge maupun informasi terkait pemecahan masalah ternyata membaca itu seperti yang selalu disebutkan oleh banyak orang bisa memberikan asupan gizi bagi otak. Setiap kali membaca konon katanya dapat memacu otak untuk meningkatkan konsentrasi, mengingat dan berfikir. Berkat dasar ini makanya saya selalu terpicu untuk terus menanamkan minat membaca. Dan itu terasa sama saya, habis selesai saya baca 1 buku maka saya mampu untuk menceritakan isi bukunya mulai dari setting ceritanya dimana?, tokoh-tokohnya siapa saja serta bagaimana karakternya, konflik yang terjadi didalam cerita seperti apa penyelesaiannya yang pada akhirnya ini melatih saya untuk berfikir runtut step by step dan bisa saya aplikasikan dalam penyelesaian masalah untuk berfikir runtut step by step.
 
2. Teman Setia Perjalanan

Kerjaan saya belakangan ini mobile menuntut saya pergi dinas keluar kota. Selama perjalanan biasanya kalau saya ga pusing atau ngantuk saya membaca. Jadi satu buku akan saya bawa sebagai teman setia perjalanan. Ga hanya perjalanan selama dinas lebih dari itu buku menjadikan teman setia selama jenjang kehidupan saya *ihiw berat*. Dikantor juga akhirnya atasan saya memberikan buku secara gratis biar saya baca.

3. Sarana "ME TIME"

Menghadapi rutinitas tentunya membuat saya seringkali jenuh, membaca bisa merefresh kembali saya untuk ceria. Saat kadar hormon kortisol pemicu stress datang buru-buru deh baca buku menurut penelitian melalui membaca bisa menekan perkembangan hormon kortisol tersebut. Tak heran jika saya baca novel apalagi yang genre komedi, saya suka ketawa sendiri yang akhirnya hormon endorfin saya yang mengalir lagi jadinya saya Ceria seperti merasakan hari-hari saat ditransfer gaji *Sejuk tenan..
 
4. Kegiatan Sederhana dan Murah

Membaca buku bisa dimana saja dan kapanpun sesuai dengan keinginan serta kondisi kita. Karenanya membaca itu menurut saya adalah hobi yang paling sederhana namun murah banget. Kalau lagi dirumah saya ga perlu pake baju rapi cukup pake daster, kaki selonjoran diatas kasur ditemani secangkir air putih dan cireng bikinan sendiri lalu baca novel yang ada dirumah mmm nikmatnya sungguh luar biasa bagi saya pribadi.
5. Memberikan Stimulus Untuk Menulis

Membaca selalu berkaitan erat dengan menulis, karena setiap membaca saya akan selalu menemukan kosakata baru. Contohnya saja ketika saya habis membaca novel "AYAH" karya Bang Andrea Hirata. Sebagaimana kita tahu gaya penulisan Bang Andrea itu indah, berirama jadinya setelah saya selesai membaca buku tersebut menambah wawasan saya untuk mencoba menuliskan mirip gayanya beliau namun sayang ternyata sulit xixixi. Sekarang ini saya membiasakan diri untuk menuliskan review maupun resensi dari buku yang sudah saya baca. Supaya bisa semua orang menikmati dan tahu isi buku yang sudah saya baca. Dan blog ini merupakan realisasi dari apa yang selama ini saya impikan. Membaca akan selalu memberikan stimulus bagi pembacanya untuk bisa menulis termasuk saya yang akhirnya bisa menuliskan segala opini dan pengalaman saya disini. Bahkan ketika saya mendapatkan komentar baik dari pembaca blog saya maka disitulah saya merasa menjadi "Pribadi Yang Bermanfaat".


Nah itu lima keuntungan bagi saya dalam menekuni hobi membaca, tak hanya itu saja lewat hobi membaca buku tersebut mengantarkan saya untuk jalan-jalan Gratis ke Kuala Lumpur berkat membaca tuntas satu buah buku kemudian menuliskan reviewnya. Bermimpi ke luar negeri sudah sangat saya dambakan dan semesta mendukung saya menjadi salah satu yang beruntung. 
Pemenang Review Buku Berhadiah Jalan-jalan ke KL
Dengan membaca buku saya bisa menjelajahi dunia, dengan membaca buku saya bisa membayangkan atmosfir dunia, dengan membaca buku saya bisa membayangkan dunia dan dengan membaca saya bisa menulis sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Ada yang mau punya hobi lain?saya rekomendasikan MEMBACA Buku sebagai hobi murah dan banyak manfaat. Demikian ulasan saya mengenai hobi saya dan yang punya hobi lain cobain aja mulai searching peralatan di Bukalapak karena ga hanya buku yang ada di Bukalapak tetapi semua menu komplit ada di Bukalapak.



46 comments:

  1. Aku pengen deh bisa konsisten baca kayak teteh. Gimana sih menumbuhkan semangatnya itu huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kakah pasti bisa xixixi yg ptg niat :p

      Delete
  2. Di al qu'an surat al alaq juga ada kan iqra! (bacalah)
    Dengan membaca, ilmu bertambah ^^
    Semangat terus buat baca2 kak terlebih hal2 yang bermanfaat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba sedari kecil jg kemampuan membaca dan menulis yang kita pelajari diawal :)

      Delete
  3. Membaca memang sangat penting, dengan membaca kita jadi tahu informasi, tahu sejarah dan masih banyak lagi yg lainnya..
    Dengan membaca juga dapat memperlancarkan kita bercerita, terutama dalam menulis blog juga :)

    Btw, salah kenal mba :)
    Follback my blog ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang yg suka nulis klo rajin baca bakalan nambah kosakata :) makasi uda mampir

      Delete
  4. Dulu saya itu males baca banget mbak. Paling saya hanya mau baca komik atau novel teenlit yang ceritanya bagus. Tapi herannya, kalo nulis hobi, eee lha kok malah nulis membaca. Padahal bohong. Hihihi.

    Tapi pelan-pelan saya mulai sadar bahwa membaca itu penting sekali. Saya merasa butuh banget membaca untuk menutrisi pikiran.

    Selamat ya mbak. Semoga perjalanan ke KL-nya lancar. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semanagt mba untuk membaca ^^
      aamiin makasi y mba doanya :)

      Delete
  5. Replies
    1. iya mba pengalaman pribadi sering beli buku di Bukalapak ehehehe

      Delete
  6. Ini lomba diperpanjang kek 😂😂😂 membaca novel, minimal... manfaatnya itu untuk hiburan pengusir jenuh. Nulis novel apalagi, dapet duit 😁 Yang ga ada manfaatnya itu nyinyirin orang yg hobi baca novel ✌✌✌

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha Miss kenapa ga ikutan?padahal miss yang kampanyein :p
      betul miss yang ga ada manfaatnya cuman nyinyir :D

      Delete
  7. Membaca juga bisa jadi mood booster buat nulis.
    Semangat, Mbak Herva, good luck deh.

    Aku malah enggak ikutan, hueheehhe.. Tahu-tahu dah lewat DL 😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mba Ery :)
      yah sayang kelewat deh yah

      Delete
  8. Saya juga suka sekali membaca, asyik bnget za bisa jalan-jalan ke luar negri cuma dg modal membaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba alhamdulilah rezeki banget from reading to traveling :)

      Delete
  9. Membaca jendela dunia ya mba. Jd makin semangat buat membaca deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba semangat ^^ semoga bisa juga kayak saya dari membaca beruntung dapetin jalan2 ke LN :) makasi uda mampir mba

      Delete
  10. Ayooo membaca. Aku masih suka menimbun buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mba ^^ lempariin ke aku mba hahaha klo masih numpuk :p

      Delete
  11. Buku memang harta yg tak ternilai. Sukses lombana ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba :) aamiin makasi y mba uda mampir ^^

      Delete
  12. Sayaa jugaa hobi banget bacaa mbaak 😁 seneng banget kalau ketemu temen yg punya hobi sama suka baca. Hehehe yuk sama" lestarikan budaya membaca ke sekitar 😂 biar semuanyaa jd sukaa baca. . 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba yuk semangat kita tebarkan minat membaca yang sudah makin menurun :)

      Delete
  13. sukses ya mbak ngelombanya, suami ku kapan hari itu juga pernah ngeborong buku dari Bukalapak, lebih murah katanya, dia penyuka buku juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi mba Ev seneng banget dikunjungin :) iya mba emang murah2 di BUkalapak ^^

      Delete
  14. Waaah asiknya bs jayan2 gratis dr review buku. Aku pun pencinta buku berat mba. Dan skrg ngeracunin anak2 jg biat cinta buku banget. Alhamdulillah tiap ke mol mereka ga pnh mnta k playground, mnta nya ke gramedia mlulu. Sukses lomba nya ya.. Smg menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi mba :)
      iya mba aku juga sudah mulai menebarkan virus baca ke anak walau dia blm bisa baca tapi seenggaknya aku yg bacain dan dia suka ^^

      Delete
  15. Iyes, baca buku itu 'me time' banget.
    kayaknya harus ngikuti jejak Mbak Herva deh buat beli online. Di Ponorogo blm ada gramed dan semacamnya. Harus ke Madiun dulu - 1 jam perjalanan. Ada toko buku lokal tp ga lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba daripada hobinya terkubur gegara tobuk tutup mendingan online xixixi selamat belanja mba jangan lupa belanjanya di Bukalapak / Hijup :)

      Delete
  16. Kegiatan mahaaaal kalau sekali beli buku banyak hahahahah... Plus kalau beli buku import, adeeeuh.. nungguin yg diskonan juga lama XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha klo banyak si bikin jebol tapi kan target aja Mamih satu bulan satu buku yang penting target membaca terpenuhi, kalau mau murah kan ikutan giveaway Mamih biar haratis :)

      Delete
  17. dulu aku hobi bgt yg namanya membaca... tapi sekarang malah hobi menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membaca dan menulis bagiku satu paket kang :)

      Delete
  18. sepakat bnaget, baru tau bisa beli buku di BL. mau cobain juga ah

    sukses ya buat lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba cobain :) aamiin makasi dah mampir mba

      Delete
  19. membaca, bisa sampai mengantarkan mba herva terbang ke negeri tetangga. Selamat ya...

    btw aku setuju banget, membaca itu sebagai sarana me time. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba makasi bnyk y mba dh mau mampir 😁

      Delete
  20. Buat saya, membaca juga lebih dari sekadar hobi. Seringkali buat belajar cara nulis yang variatif ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt mb Eva makasi mb uda mampir :)

      Delete
  21. walah kalo dirumah saya novel pada numpuk sangking udah kebaca semuanya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau dilemparin deh satu hehehe :) makasi uda mmapir

      Delete
  22. aku juga punya hobby membaca mbak, tapi kadang tak bisa menyempatkan waktu untuk membaca #curcol. Aku juga pengen terus mumuk hobby baca ini dan konsisten, semoga bisa kaya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba pasti bisa asal komit dalam diri :) makasi uda mampir mba

      Delete
  23. Semoga menaaaaang.. Baru tau kalau buka lapak jualan buku juga.. biasanya beli di toko buku online ajah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi Mamih :* baru tahu kan yuk sekarang milih ke BUkalapak ehhehe

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design