POSTS SLIDER

I'm writing about...

Work Life-Balance Ibu Bekerja Dimulai Dari Mata Yang Sehat

"Matanya kenapa Bu? kok merah gitu"

"Iya nih kurang tidur karena anakku sakit semalaman"

Hal seperti ini sudah sering saya alami terlebih jika tugas kantor, tugas rumah maupun tugas si sulung menghampiri dalam waktu bersamaan. Ditambah anak bungsu sakit, wuih Rasanya? "ah mantap".

Bagi saya menjalani dual peran sekaligus tidaklah mudah, semuanya menuntut peran dengan porsi yang berbeda-beda. Dan tidak akan efektif jika saya hanya menjalani satu peran tanpa memperhatikan peranan saya yang lainnya. 

Apabila melihat kehidupan saya saat lajang dengan kondisi sudah menikah tentu masing-masing mempunyai tantangan yang berbeda. Setelah menikah dan mempunyai pekerjaan, kewajiban saya tidak lebih dari sekedar mengurus rumah, memasak, mengajar dan mendidik anak-anak, mengantar sekolah, memastikan Akang suami dan anak-anak  mendapatkan semua yang mereka butuhkan, dan mengurus rumah tangga. Namun juga ada tuntutan pekerjaan yang saya emban sebagai pekerja kantoran.

Sebagai ibu bekerja yang kesehariannya bekerja di depan laptop tak ayal sering membuat mata saya kelelahan meskipun saya sudah mengenakan kacamata dengan lensa blue-ray, dampaknya adalah mata kering.

Ah tentu saja mata kering terjadi karena dampak kelelahan kurang tidur ditambah seharian menatap layar laptop. Yang pada akhirnya bikin saya ga nyaman kalau sudah netra ini meradang maka fokus saya menjadi berkurang.

Huft..mata kering jadi tantangan banget buat ibu bekerja nih!

Work Life-Balance Ibu Bekerja Dimulai Dari Mata Yang Sehat

Mata Kering Tantangan Bagi Ibu Bekerja

Sejak pandemi covid-19, dunia semakin beradaptasi dalam segala bidang termasuk salah satunya adalah bidang pendidikan yang pada akhirnya muncul pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tak hanya dalam dunia pendidikan saja tapi semua lini juga terkena dampak termasuk pada pekerjaan saya sebagai HRD.

Saya biasa handle training di kantor yang lazimnya pelatihan diadakan secara tatap muka namun sejak pandemi covid-19 datang pada akhirnya saya juga beradaptasi dengan melakukan training secara online. Maka saya akan kembali bekerja depan layar laptop dalam waktu yang cukup lama untuk satu pelatihan saja.

Hal yang dulu pastinya "Ga Mungkin" pada akhirnya kondisi membuat segalanya menjadi mungkin. Kemudahan dalam mengumpulkan karyawan melalui media online jelas menjadi dampak positif yang baik namun berdampak juga pada hal negatif salah satunya adalah kesehatan mata. Iya nih mata saya menjadi lebih cepat lelah dan kering!

Mengutip dari penelitian Mendrova, dkk (2022) dalam Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Vol.8 No.2 disebutkan jika mata kering merupakan suatu keadaan ketidaknyamanan dalam penglihatan penderita yang disebabkan karena kekurangan kelembaban pada mata.

Di Indonesia sendiri dilaporkan bahwa wanita lebih banyak terkena sindrom mata kering dari pada pria sebanyak 62%. Alasan untuk hal ini memang masih belum bisa di eksplorasi lebih dalam, namun potensi dari faktor fluktuasi hormon pada saat menstruasi, setelah menopause, penggunaan kontrasepsi hormonal, dan terapi pengganti hormon turut berkontribusi. Juga faktor risiko lain diantaranya adalah adalah lingkungan kerja.

Dan saya termasuk dari bagian 62% wanita bekerja yang terkena sindrom mata kering! Kebayang ga sih fungsi indra yang vital ini terganggu dan hal ini tidak bisa disepelekan karena bisa mengganggu kepada aktifitas baik sebagai ibu bekerja maupun tugas sebagai ibu di rumah.

Nah membicarakan mata kering, temans tahu ga nih sebenarnya seperti apa sih gejala mata kering itu? berbahaya ga sih membiarkan mata kering? lalu apa saja penyebab mata kering dan bagaimana solusi atasi mata kering?

Yuk Kenali Lebih Dalam Tentang Mata Kering

Gejala mata kering masing-masing individu ditandai dengan gejala berbeda, namun secara umum sih yang saya baca dari beberapa sumber, diantaranya ada gejala berikut:

  • Mata terasa pedih
  • Lebih banyak sensitivitas cahaya di mata
  • Terasa gatal atau kesat pada mata
  • Terasa panas 
  • Mata bengkak
  • Penglihatan kabur
  • Tidak bisa menggerakkan kelopak mata
  • Produksi lendir yang berlebihan

Saya sendiri sering alami terasa pedih dan mata lebih sensitif terhadap cahaya. Bagi saya gejala mata kering ini berdampak pada produktivitas dalam bekerja maupun aktifitas lainnya di rumah.

Berasa sederhana namun ternyata apabila tidak diobati bisa mengakibatkan fatal loh! adapun bahaya yang ditimbulkan dari mata kering, diantaranya:

πŸ‘‰ Iritasi dan Ketidaknyamanan

Mata kering dapat menyebabkan rasa gatal, perih, dan sensasi terbakar, yang dapat mengganggu kenyamanan sehari-hari.

πŸ‘‰ Gangguan Penglihatan

 Kurangnya cairan mata yang tidak cukup dapat menyebabkan penglihatan kabur atau mengganggu,     mempengaruhi kemampuan melihat dengan jelas.

πŸ‘‰ Kerusakan permukaan Mata

Kekurangan air mata dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan mata, yang dapat menyebabkan luka atau luka kecil pada kornea.

πŸ‘‰ Infeksi Mata

Mata yang kering dapat menjadi lebih rentan terhadap infeksi karena film air mata berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap bakteri dan virus.

πŸ‘‰ Gangguan Kualitas Hidup

Dikutip dari DR Dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, selaku Dokter Spesialis Mata dan Ketua Layanan Lensa Kontak Rumah Sakit dan Klinik JEC jika Mata kering yang tidak tertangani dengan baik mengakibatkan penurunan kualitas hidup karena penderitanya tidak dapat beraktivitas dengan optimal, dan menjadi bergantung pada obat-obatan. Apalagi jika terus dibiarkan bisa merusak permukaan mata akibat peradangan atau infeksi.

Ngeri bukan? terutama poin gangguan kualitas hidup? dan pada akhirnya ketidaknyaman ini bagi saya pribadi mempengaruhi pada kondisi emosional saya.

Ujung-ujungnya saya jadi darah tinggian, kerjaan ga beres di kantor lalu tiba di rumah dihadapkan menjadi peran ibu yang harusnya baik malah menjadi ibu pemarah dengan kondisi emosional yang tidak seimbang dikarenakan mata kering.

Ibaratnya seperti domino's effect yah temans, akar masalahnya dari mata kering namun merembet ke semua hal. Stress, ga tercapai semua target harian yang ujungnya adalah tidak terbentuknya work life-balance.

penyebab-mata-kering

​Dari bahayanya yang domino's effect bagi ibu bekerja, maka penting banget bagi saya untuk selalu menghindari penyebab dari mata kering. Memang apa saja sih penyebab mata kering yang pernah saya alami itu? penting temans ketahui yah penyebab mata kering itu bisa karena hal berikut:

πŸ‘‰ Penggunaan Komputer dan Gadget

Tidak bisa dipungkiri teknologi makin berkembang dimana semua serba digital sehingga banyak yang terpapar depan komputer, laptop maupun gadget. Salah satu penyebab utama mata kering yang sering saya alami karena terlalu lama menatap laptop.

Jika ada pekerjaan yang mengharuskan diselesaikan hari itu juga maka mau tidak mau saya stay di meja dan berhadapan dengan laptop selama 8 jam. Makanya saya sering terpapar mata kering.

πŸ‘‰ Lingkungan

Lingkungan yang berdebu maupun lingkungan tempat kerja yang ber-AC nyatanya menjadi penyumbang juga buat mata kering loh temans! jadi kudu hati-hati banget dengan lingkungan seperti ini. 

Saya sendiri bekerja di kantor yang menggunakan AC full dari pagi hingga sore hari. Mau sampe mata pedih ya AC tetap dinyalakan terus dan hal ini menjadi penyumbang mata kering pada saya.

πŸ‘‰ Penggunaan Softlense

Zaman saya masih lajang, saya adalah pengguna softlense. Karena dulu saya beneran tidak percaya diri menggunakan kacamata. Namun parahnya softlense itu ga seaman kacamata, saya sering banget terkena iritasi akibat mata kering dari penggunaan softlense. 

Terus gimana dong solusinya? biar tetap aman dan bisa pertolongan pertama jika terjadi mata kering?

Baca juga yang ini: Cerita Persahabatanku Dengan Insto Dry Eyes


#InstoDryEyes #SolusiMataKering

Insto Dry Eyes, merupakan salah satu solusi yang praktis bagi saya untuk atasi mata kering. Insto Dry Eyes merupakan produk yang digunakan untuk meniru air mata, yang mampu meredakan gejala mata kering, meredakan iritasi pada mata akibat berkurangnya produksi air mata (umumnya dialami oleh penderita rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis, dan xerophthalmia), serta berfungsi sebagai pelumas mata buatan.

Saat ini saya pribadi, stock Insto Dry Eyes kemanapun saya pergi, terlebih jika selepas bekerja dan menyetir sendiri kadang mata saya suka pedih sendiri. 

Mengapa saya memilih Insto Dry Eyes? ada beberapa alasan, diantaranya adalah:

πŸ’š Memiliki Kandungan Aman 

Insto Dry Eyes diformulasikan khusus untuk memberikan kelembapan lebih pada mata kering. Produk-produk ini dapat mencakup asam hialuronat, glikol, dan elektrolit, yang digabungkan untuk meringankan gejala mata kering.

πŸ’šMudah Digunakan dan Praktis 

Secara umum, obat tetes mata adalah pengobatan yang berguna untuk mata kering. Mereka tidak memerlukan peralatan khusus dan mudah digunakan serta diterapkan dengan cepat.

πŸ’šTidak Diperlukan Resep dari Dokter

Banyak obat tetes mata yang tersedia namun harus dengan resep dokter, untungnya Insto Dry Eyes ini tidak memerlukan resep dokter sehingga bagi saya pribadi sebagai konsumen akan lebih mudah menggunakan dan mendapatkan barangnya.

πŸ’šHarganya Terjangkau

Saya membeli dengan harga Rp 14.500,- di minimarket terdekat. Selain harga terjangkau yang saya suka dengan Insto Dry Eyes adalah kemudahan didapat. Ga hanya dijual di Apotek namun minimarket juga ada.

Bagi saya #InstoDryEyes  sebagai #SolusiMataKering yang paling ampuh dilakukan untuk pertolongan pertama.

Penting diingat bagi temans apabila iritasi berkelanjutan maka sebaiknya temans bisa langsung konsultasi ke Dokter Mata. Karena setiap orang akan berbeda penerimaan dan penyembuhannya sehingga baiknya apabila ada kekhawatiran bertanya langsung kepada yang ahli.

insto-dry-eyes-solusi-mata-kering

***

Work-Life Balance pada ibu yang bekerja dimulai dari menjaga kesehatan mata yang merupakan aspek penting untuk mendukung keseimbangan optimal antara kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Mata kering akan menjadi hambatan dalam mencapai Work-Life Balance pada ibu bekerja.

Dengan Work-Life Balance maka akan tercipta kebahagiaan pada ibu bekerja, dari kebahagiaan maka membantu ibu bekerja untuk menjaga kesehatan mental dan membuat dirinya merasa jauh lebih baik. Dari ibu yang bahagia maka akan menumbuhkan anak-anak yang sehat dan bahagia sehingga mendukung untuk pencapaian Indonesia Emas kelak.

Demikian yang bisa saya bagikan kali ini ya temans, keseimbangan hidup berbahagia bagi ibu bekerja dimulai dari mata yang sehat bukan mata kering! Adakah yang ingin temans sharing yuk bisa sharing di kolom komentar.


Source: 

1. https://insto.co.id/produk/insto-dry-eyes

2.https://www.researchgate.net/publication/349240595_WORKLIFE_BALANCE_PADA_IBU_BEKERJA_STUDI_EKSPLORASI_MENGENAI_KONDISI_MAKNA_DAN_STRATEGI_WORKLIFE_BALANCE_IBU_PEKERJA_DI_PROVINSI_KEPRI

3.https://jurnal.umpalembang.ac.id/syifamedika/article/view/2927/0

4.https://www.researchgate.net/publication/365957137_Sindrom_Mata_Kering


Komentar

  1. Kayaknya dari zaman aku sekolah selalu stok insto πŸ˜„. Apalagi dulu ke sekolah pakai motor kan, mau ga mau kdg kena debu mba. Trus bikin mata iritasi

    Tapi kalo skr, lbh krn debu jalanan dan keseringan gadget memang.

    Kemarin di trip ku yg trakhir, aku bawa insto. Dan bersyukur bawa. Krn angin salju yg banyak dan kalo kena mata perihnya minta ampun jd penyelamat πŸ˜‚.

    Sempet merah tuh, langsung akun Tetesin insto jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang salah satu obat yang wajib dibawa kemanapun ya mba

      Hapus
  2. aku termasuk pemilik mata kering, dan diusahakan bawa insto.
    Tau insto karena dari aku kecil, di keluargaku sudah sedia ini, karena ortuku juga sering pake
    The best sih insto ini

    BalasHapus
  3. aku juga paling ngga bisa kalau mata kering karena sangat mengganggu ya mba.. dan pastinya ngga sehat juga ya

    BalasHapus
  4. Mata kering tuh beneran gangguuu banget apalagi kalau pas lagi banyak kerjaan. Biasa kerja di depan laptop, kalau nggak dirawat juga bisa bikin penghalang produktivitas.

    BalasHapus
  5. kenal insto sejak jaman dulu banget. Bapakku adalah pengguna setianya. Jadiya udah gak asing lagi aku sama tetes mata yang satu ini. Sudah teruji bangetlah kualitasnya.

    Bener banget ini, mata yang sehat mendukung setiap aktivitas kita, termasuk bagi ibu bekerja. Dengan mata sehat, pekerjaan lancar, keluarga bahagia

    BalasHapus
  6. Merk insto sih sudah terjamin kualitasnya karena merk ini sudah ada sejak saya masih muda dan sekarang sudah beranak dua :D Mata saya juga sering perih dan gatal kalau habis begadang tuh. Sepertinya harus sedia insto deh.

    BalasHapus
  7. insto selalu ada di pouch nih karena kerjaaanku emang mostly di depan komputer, berada di ruang berAC dan aku juga lebih sering pakai public transport, jadi punya sesuatu yg bersahabat utk hindari mata kering

    BalasHapus
  8. Iya ya berawal dari mata kering bisa membuat ibu bekerja emosional saat di rumah, karena gak tercapai apa-apa yang sudah direncanakan untuk dikerjakan. Memang kesehatan mata tuh penting banget dijaga ya, Mbak. Alhamdulillah kalau sudah sedia Insto Dry Eyes :)

    BalasHapus
  9. Menurutku pribadi, branding insto ini sudah sampai di level Top Of Mind gitu.
    Kalau ada masalah mata ringan, langsung yang terlintas di ingatan, si Insto ini deh.
    Selain itu, praktis, terjangkau dan gampang ditemukan di apotik!

    BalasHapus
  10. Dampak negatif penggunaan teknologi terhadap kesehatan mata, khususnya mata kering, menjadi sorotan yang sangat relevan dalam konteks kehidupan modern, dalam hal ini untuk ibu bekerja seperti mbak Herva. Dengan adanya solusi praktis Insto Dry Eyes memberikan harapan bagi banyak ibu yang mungkin mengalami masalah serupa. Semoga informasi ini dapat membantu lebih banyak wanita dalam menjaga kesehatan mata dan mencapai work-life balance. Semangat untuk mbak Herva dan seluruh ibu bekerja di luar sana!

    BalasHapus
  11. Insto ini andalan banget pokoknya ya. Saya selalu sedia di rumah karena memang kerjaan saya sepanjang hari di depan laptop dan hp. Trus suami juga hampir tiap hari mengendarai motor jarak jauh. Solutif banget buat mata kering ini mah. Manjur

    BalasHapus
  12. Mata pedih kemudian kering, itu ternyata bisa disebabkan salah satunya berkurangnya air mata dari kelenjar mata. Ibu bekerja yang sering menggunakan laptop, hd dll dan menatap layar dalam waktu lama, sering merasakan mata kering. Insto Dry Eyes menjadi solusi mengatasinya. Insto dari dulu sudah dikenal luas paling andal tentunya :)

    BalasHapus
  13. Mata adalah indera yang sangat penting. Ketika mata terganggu, rasanya nggak nyaman banget. Mata kering termasuk gangguan yang umum kita alami. Apalagi di aman gadget dan polusi seperti skrg ini. Obat tetes mata biasa menjadi "pertolongan pertama" ketika mata kering. Dan Insto adalah brand yang berada di topmind-ku lho mbaa... saking uda lamanya kenal Insto sbg obat tetes mata keluarga.

    BalasHapus
  14. Penting banget menjaga kesehatan mata ibu bekerja, apalagi yang kerjanya sering on screen. Biasnaya emang mata jadi lebih cepet kering. Ya untungnya ada Insto Dry Eyes ini yang mudah digunakan dan praktis apalagi ngga perlu resep dokter.

    BalasHapus
  15. Suka salut deh sama ibu-ibu yang bekerja kantoran, hebat manajemen waktunya... Untuk urusan mata kering, serahkan pada insto dry eyes ya...

    BalasHapus
  16. Pekerjaan jaman now menuntut screen time ya kalau ga hp ya laptop komputer, jaga kesehatan mata jd penting

    BalasHapus
  17. Insto juga menjadi andalan saya ketika mata terasa kering karena kelamaan depan laptop nih

    BalasHapus
  18. Insto solusi mata kering yang harganya terjangkau dan bisa beberapa kali pakai. Saat mata mulai gak enak tinggal tetes aja.

    BalasHapus
  19. Semangat ibuk2 bekerjaaaaa hehe. Apalagi yang sering menatap layar monitor dan sering berangkat melewati jalan raya berpolusi, tantangan sekali yaa.
    Insto ini merek obat tetes mata yang udah terkenal sejak aku kecil. Kudu sedia obat tetes mata kyk gini supaya cegah mata kering dan iritasi ya.

    BalasHapus
  20. Aku nih mba udah punya gejala mata kering jadi harus banget nih. Sedia Insto dry eyes utk pertolongan pertama.. intinya jaga kesehatan mata penting banget

    BalasHapus
  21. ini andalanku sih sejak lama karena mataku gampang kering jadi butuh diteteskan insto dry eyes biar nyaman lagi jadi bisa beraktivitas seperti biasa deh

    BalasHapus
  22. aku juga pake insto, ampuh dan awet :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun