.......... --> Pentingnya Apresiasi Dalam Meningkatkan Engagement Karyawan | Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger

Pentingnya Apresiasi Dalam Meningkatkan Engagement Karyawan

Sebagai atasan harus memberikan apresiasi agar bawahan senantiasa nyaman bekerja dan bisa meningkatkan engagement pada perusahaan

Rasanya suka wow aja apabila saya menemukan seseorang pas interview, lalu menanyakan perihal masa kerja dan yang bersangkutan memberikan jawaban dimana bekerja sudah lebih dari 1 dekade atau bahkan hampir separuh usianya dihabiskan pada perusahaan tersebut.

Kok bisa? tentu saja bisa ada banyak faktor yang bisa menumbuhkan seseorang menjadi employee yang loyal serta berdedikasi pada perusahaan.

Banyak perusahaan yang memang berupaya agar karyawannya selalu loyal dalam bekerja. Istilah ini yang dikenal dengan konsep Employee Engagement.

Saya pribadi sebagai employee dan juga saat ini mengemban amanah sebagai leader, rasanya ga hanya mengandalkan perusahaan untuk bisa membuat karyawan bisa loyal namun sebagai leader tentu saja ada peran penting juga agar bawahan merasakan kenyamanan bekerja.

apresiasi-meningkatkan-engagement-karyawan

Peran Atasan Membangun Engagement Karyawan Dalam Perusahaan

Sering kali saya mendengar dan menemukan banyak kasus dimana karyawan selaku bawahan merasa jengkel kepada atasan, merasakan ketidaknyaman bekerja dengan sikap atasan mereka.

Alih-alih mendapat apresiasi yang ada hanya caci maki, sebagai seorang atasan saya sendiri ga bisa pungkiri menemukan rupa-rupa watak dan kinerja bawahan yang selalu bikin saya naik pitam berujung minum obat sakit kepala.

Namun menyikapi demikian, rasanya kurang elok sebagai atasan jika hanya memuntahkan amarah tanpa sedikit memberikan apresiasi atas jerih payah yang sudah dilakukan oleh bawahan.

Dan dari sini saya merasa peranan atasan juga bisa membangun engagement pada bawahan agar bisa mendorong mereka terus berkinerja positif sehingga bisa mencapai goal perusahaan sesuai harapan.

Saya sendiri tidak menampik jika diberikan kewenangan hingga apresiasi atas kinerja saya maka semakin meningkatkan loyalitas saya sebagai karyawan.

Salah satunya ditandai tidak masalah jika saya bekerja tanpa dibayarkan lembur asalkan tuntutan pekerjaan bisa terselesaikan.

Bahkan rekan kerja saya begitu loyal, datang lebih pagi, pulang lebih lambat dan masih mengerjakan tugasnya meskipun di rumah.

Minim Apresiasi Bawahan Depresi

Jarang diapresiasi, banjir kritik, tuai amarah dari atasan merupakan salah satu dari sekian alasan kenapa si karyawan memilih resign.

Menghadapi atasan macam gini memang harus punya mental sekuat baja. Dihalau badai cacian bisa tetap santuy karena ga pake baper tapi lebih kepada kebutuhan.

Tapi yang namanya bawahan juga punya hati, adakalanya sudah tidak kuat menghadapi atasan model begitu sehingga bukan peningkatan kinerja dan engagement pada perusahaan baik namun malah membuat penurunan kinerja.

Resign selalu menjadi senjata utama untuk mengalah dari atasan seperti itu. Maka peran atasan di perusahaan sangatlah penting.

Perusahaan sudah memberikan kesempatan baik namun jika ada oknum atasan yang malah bersikap tidak sesuai maka justru menciptakan lingkungan kerja yang susah berkembang.

Belakangan saya perhatikan perusahaan di luaran sana benar-benar me-maintenance SDM yang ada dengan baik tak heran jika karyawannya juga memberikan timbal balik dengan memberikan kinerja paling sempurna untuk perusahaannya.

Seperti JNE salah satu perusahaan yang saya kenal dengan upaya dan kerja kerasnya dengan mengusung semangat "Connecting Happines" sehingga dengan semangat ini membuat JNE mampu mengedepankan kualitas pelayanan kepada pelanggan dengan baik.

JNE Bandung Raih Penghargaan Dari Markplus

JNE-Bandung-raih-3-penghargaan-markplus
Buah manis dari upaya JNE kepada karyawannya dibuktikan dengan meraih 3 penghargaan sekaligus dari Markplus dalam acara IMF22 yang bertema Human 5.0 : Creativity, Innovation, Entrepreurship, brand activator dan service person.

Pada tanggal 25 agustus 2022, bertempatkan di Ballroom Aryaduta Hotel Bandung, Founder & CEO Markplus Inc memberikan tiga penghargan kepada 3 karyawan JNE Bandung.

Penghargaan tersebut untuk kategori Sales Person of the Year diraih oleh Ahmad Robel Oge selaku Head Unit Kantor Cabang Rancaekek.

Lalu ada kategori Brand Activator Of The Year JABAR diberikan kepada Jaka Saptawijaya selaku Head Unit Kantor Cabang JNE Garut. Dan Terakhir kategori Service Person Of the Year diraih oleh Ksatria JNE Yusman Heriyana.

Penghargaan bergengsi dari Markplus inc ini tentu menjadi tolok ukur jika JNE memang memiliki kapabilitas perusahaan yang mampu menciptakan iklim usaha yang positif sehingga tak mengherankan juga jika ada 3 penghargaan yang disabet sekaligus.

***
Demikian temans yang bisa saya bagikan kali ini, perusahaan yang sehat menghasilkan karyawan yang positif sehingga engagement perusahaan terjaga.

Dan didalam upaya peningkatan engagement ada peran penting juga sebagai atasan! hayo sebagai atasan udah belum mengapresiasi kinerja bawahannya? 

COMMENTS

BLOGGER
Nama

#Minion (Mommy Opinion),2,Advertorial,35,Assessment Center,3,Beauty,22,Blog Competition,70,Book Review,28,BPNChallenge,75,Breastfeeding,17,Featured,5,Food And Beverages,24,Giveaway,9,Healthy,46,Life Story,8,Lifestyle,89,Movie Review,16,My Experience,115,My Job,35,My Opini,49,Parenting,52,Pengetahuanku,10,PostTematik,41,Pribadiku,18,Product Review,92,Reportase,33,Seputar Psikologi,16,Travelling,35,Wifi Cepat & Internet Menyatukan Indonesia,1,
ltr
item
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger: Pentingnya Apresiasi Dalam Meningkatkan Engagement Karyawan
Pentingnya Apresiasi Dalam Meningkatkan Engagement Karyawan
Sebagai atasan harus memberikan apresiasi agar bawahan senantiasa nyaman bekerja dan bisa meningkatkan engagement pada perusahaan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNja1ra61ldWZo9hlIc9_MZcNh1vdvDo7U41dg0DmO3-vjF0dZZD_YAkAGoA5dQc8Y71xqzWyyI4a-gcx2q4sx87ft8VAuKj8QrGBictuorkRaCFxxyqHD9ZzdrGD4w4xDmgEBLNl_Lwwi12hlRcRMNtzKA_6VI2XAl89OhFP736SJpGFKbt1YiDCD/w640-h454/apresiasi%20atasan%20mempengaruhi%20engagement%20karyawan.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNja1ra61ldWZo9hlIc9_MZcNh1vdvDo7U41dg0DmO3-vjF0dZZD_YAkAGoA5dQc8Y71xqzWyyI4a-gcx2q4sx87ft8VAuKj8QrGBictuorkRaCFxxyqHD9ZzdrGD4w4xDmgEBLNl_Lwwi12hlRcRMNtzKA_6VI2XAl89OhFP736SJpGFKbt1YiDCD/s72-w640-c-h454/apresiasi%20atasan%20mempengaruhi%20engagement%20karyawan.png
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger
https://www.bundanameera.com/2022/09/apresiasi-atasan-dan-engagement-bawahan.html
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/2022/09/apresiasi-atasan-dan-engagement-bawahan.html
true
8935268786364384205
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content