Belanja Online : Banyak Suka Atau Dukanya?

Pengalaman belanja online ternyata selain banyak sukanya ada juga dukanya. Bertengkar dengan seller, salah barang hingga salah warna barang yg dibeli

Belanja kebutuhan apapun saat ini saya lebih memilih untuk berbelanja online. Alasannya sebagai kaum santuy dan lebih menikmati rebahan di rumah maka pilihan belanja online menjadi utama. Tinggal buka aplikasi e-commerce di handphone scroll yang dicari udah deh selesai.

Makin berjamur juga e-commerce makin buanyak pilihan buat saya sebagai konsumen dalam memilih belanja apapun.

Ga hanya praktisnya sih yang saya dapatkan tapi juga karena harga yang ditawarkan pada display e-commerce jauh lebih murah dibandingkan saya beli langsung ke toko. 

Tapi kan ada ongkos kirimnya? enaknya lagi pada beberapa e-commerce juga menyediakan potongan ongkos kirim! gimana ga makin happy bukan?

Yang artinya saya bisa menghemat banyak dari waktu hingga ongkos perginya kalau belanja langsung! Apalagi kini daerah Cimahi lagi indah-indahnya macet kalau keluar karena perubahan arah jalan. Makanya mending belanja online.

pengalaman-belanja-online

Pengalaman Belanja Barang Elektronik Hingga Furniture Secara Online

Awalnya sih saya ketakutan sendiri kalau belanja online itu, karena baca pengalaman orang lain yang katanya beli handphone online eh yang datang cuma sabun. Nyesek banget ga sih kalau begini?

Beneran ga sih seller sejahat itu? sepertinya sih memang oknum saja ga semua seller sejahat itu yekan?

Awalnya saya lebih suka belanja online untuk fashion atau kebutuhan belanja rumah tangga karena kalau belanja online jauh lebih murah.

Selanjutnya memberanikan diri beli handphone secara online, alhamdulilah sih sejauh ini ga mengalami hal yang tidak diinginkan.

Dari handphone, TV, kulkas, mesin cuci hingga terakhir saya beli kursi kayu juga online karena harganya jauh dari harga toko.

Seperti mesin cuci idaman saya, waktu itu saya keliling toko mencari mesin cuci 1 tabung dengan merk tertentu dan harganya beda hingga beberapa ratus ribu belum lagi toko minta ongkos antar. 

Akhirnya saya putuskan saja beli online dan dengan harga jauh dari toko sudah plus ongkos kirim, saya bisa dapatkan mesin cuci 1 tabung impian bahkan awet hingga kini sudah usianya 4 tahun.

Pengalaman Menjengkelkan Belanja Online

Dari banyak cerita suka saya belanja online, ada juga nih temans pengalaman menjengkelkan belanja online.

Jadi ceritanya waktu itu saya dan suami mencari cat yang bisa menahan panas matahari hingga beberapa persen gitu. Agar toko kami bisa lebih adem. Sayangnya setelah keliling Cimahi, saya tidak menemukan satupun cat ini dijual.

Mau ga mau akhirnya saya mencari di e-commerce dan dapatlah satu toko dengan rating bagus menyediakan cat yang dibutuhkan.

Tibalah kurir datang ke rumah mengantarkan paket dari toko tersebut. Dan tahukah temans yang datang bukan cat 1 kg tapi hanya selebaran katalog cat.

Waduh saya langsung naik pitam karena harga cat-nya sendiri lumayan mahal saya harus rogoh 1 juta lebih. Tak terima saya hubungi toko tersebut dan terjadilah perang mulut. Namun 3 hari kemudian saya menerima telepon dari kurir yang hendak antarkan cat tersebut. 

Tahukah yang terjadi sebenarnya ternyata kalau belanja online untuk barang luar kota agar tidak terlalu lama biasanya dikirim dulu semacam katalog lalu barang aslinya karena memanfaatkan gratis ongkir sehingga pengirimannya biasanya lama.

Dan hal ini udah disampaikan lewat message di aplikasi sayangnya tidak terbaca karena kuota saya habis wkwk..Sudah suudzon dan marah-marah ternyata salah saya sendiri 😂😂.

Pentingnya Wifi Cepat Saat Belanja Online

Pengalaman menjengkelkan berdebat dengan seller tentunya tidak akan terjadi jika saya bisa baca ketentuan yang disampaikan seller-nya.

Makanya penting banget temans saat belanja online pastikan nih di rumah pake wifi cepat. Saya sendiri di rumah sudah 7 tahun setia menggunakan IndiHome! 

Dengan wifi cepat tentu saja menghindari terjadi tersendatnya pembayaran saat berbelanja, saya pernah alami juga gagal dapat diskon karena pembayaran lama dikarenakan saya berada di luar rumah sehingga melewatkan deh barang incaran dengan harga diskon.

Jual beli online kian berkembang karena kini baik seller dan buyer dimanapun juga bisa berjumpa lewat aplikasi di e-commerce. Sungguh yah Internet Menyatukan Indonesia, beli oleh-oleh khas luar pulau Jawa saja kini bisa mudah saya dapatkan karena belanja online.

***
Well, temans demikian sekelumit pengalaman saya dengan belanja online. Jadi jika ditanyakan lebih banyak suka apa dukanya? tentu saja sukanya!

Dukanya paling pernah alami juga barang ga sesuai ekspektasi sama salah warna! sisanya belanja online lebih banyak sukanya apalagi kalau belanja dengan wifi cepat bah ga sampe 10 menit barang impian bisa langsung bungkus!

Temans punya pengalaman apa nih dengan belanja online? kuy sharing!
 

COMMENTS

BLOGGER: 29
  1. selama pandemi kemarin beberapa kali belanja furnitur online, karena mau gak mau, hanya ketika udah pilih furniture, pas datang ke store -nya bisa liat langsung sih contohnya sebelum diambil bawa pulang.

    BalasHapus
  2. Alhamdulilah so far belanja online memuaskan. Eh pernah sih jaman dulu banget ketipu beli parfum. Abis ditransfer, barangnya nggak dikirim. Nyesek, haha.
    Sekarang lebih selektif dan hati-hati. Tapi memang kalau furniture, sepatu, tas gitu2 belum pernah berani belanja online. Lebih suka lihat dulu barangnya

    BalasHapus
  3. Mbak, boleh ketawa enggak di bagian sudah suudhon dan marah-marah itu...
    Saya pernah tuh, suami di kantor, terus ada kurir yang datang cuma bawa selembar kertas doang. Saya tanya barangnya mana. dia enggak tahu katanya. Untung saya telpon suami duku terus dia jelasin kalau kayak gitu nanti barangnya diantar terpisah...ealah haha, untung saya telpon dia dulu enggak langsung nyemprot sellernya
    Sama saya juga banyak beli online, kadang beda jauh harganya...lebih hemat

    BalasHapus
  4. Aku juga senang belanja online melalui e-commerce. Memang ada suka maupun duka, tapi kalau aku kebanyakan sukanya hahaha :D Banyak promo, big sale dll. Butuh Wifi cepat agar jual beli dan pembayaran berjalan lancar. AKu juga pakai paket IndiHome di rumah yang 3P itu mbak :D

    BalasHapus
  5. Hihihi aku senyum senyum sendiri bacanya teh. Udah marah marah tapi ternyata kita yang salah ya 😂. Aku pernah juga gitu soalnya dan mu minta maaf itu rasanya sambil nahan malu ya 😂.

    Aku penyuka belanja online juga teh apalagi di ecommerce itu pasti tiap bulan belanja di sana. Bener kata teteh menghemat waktu dan tenaga banget kalau belanja online. Apalagi anak anak aku masih kecil. Jadi rempong banget bawa anak kalau belanja keluar rumah. Jadi mending online aja

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, aku banyak sukanya sih saat belanja online. Walopun ada dukanya juga. Tapi bisa dihitung deh dukanya mah. Gak sebanyak sukanya. Mungkin karena aku di rumah sejak pertama pake Indihome sih ya. Kalo pake provider lain bisa jadi tuh banyak dukanya. Dan iya, aku sering deh dapat barang bagus dari flash sale, kayaknya berkat wifi cepat dan ngebut dari Indihome.

    BalasHapus
  7. Belanja online memang praktis ya mbak, aku pun suka belanja di e-commerce. Bener-bener hemat waktu ketimbang keliling dari toko ke toko offline. Kita pun bisa compare harga hanya dari layar HP/laptop, ga perlu jalan kaki pindah-pindah toko buat bandingin harga. Pilihan pun lebih banyak kalau belanja online. Dan memang, internet cepat dan stabil sangat diperlukan untuk mendukung berbagai kegiatan belanja online.

    BalasHapus
  8. Ishhh memang klo belanja online jatuhnya (sering) lebih muraahh. Apalagi klo rezeki ketemu seller yg baik hati. Enjoy bgt! Yg penting kudu ditunjang Wi-Fi nan paripurna ya

    BalasHapus
  9. Kalau aku pribadi sih sejauh ini masih senang belaja online karena lebih mudah dan hemat waktu. Tapi pernah juga sih belanja dikecewain sama barang yang mereka kirim, tapi ya sudahlah.

    BalasHapus
  10. Pengalaman aku nih mba, pernah liat di toko offline dan aku bandingnya dengan di marketplace emang harganya lebih murah di online. Belanja ngepasin jadwal free ongkir adalah caraku menyiasati biaya ongkir yang memang lumayan juga jatuhnya

    BalasHapus
  11. Wkwkwk ngakak aku jadinya kasus katalog cat. Aku pernah juga beli teko kopi online dan nyampe di rumah pecah padahal sudah pakai kotak kayu. Awalnya mereka nggak mau ganti tapi setelah debat panjnag akhirnya diganti deh. Memang belanja online ini ada aja suka dukanya ya buun.

    BalasHapus
  12. kalau emangg pengen banget dan ga ada yang dapat kalau cari offline aku beli onlen aja seh. cuma kalau dapet di kotaku aku beli aja langsung. cuma emang lebih terasa nyaman kalau onlen ya ga usah kemana-mana. untungnya skrg banyak onlenshop dan ecomm bikin hati seneng asal internet kenceng plus saldo ada sat set sat set beli

    BalasHapus
  13. Karena aku tinggal di desa, jadi yang kubeli secara online tuh barang tertentu. Belum pernah beli elektronik karena mikir ongkirnya, hehehe. Btw soal sinyal, kayanya bukan hanya belanja online yang butuh internet jos. Nonton drama pun wajib. Makanya seneng karena udah pasang IndiHome di rumah

    BalasHapus
  14. Kalau selama ini aku banyak sukanya sih mba, karena aku tinggal di desa dan susah juga kalau mau beli barang sesuai dengan trend atau yang aku inginkan jadi paling the best ya memang belanja online. Gampang, ga perlu kemana mana.

    BalasHapus
  15. Belanja online emang banyak suka dukanya tapi buat saya yang mageran sangat membantu banget sih. Apalagi didukung dengan internet yang super lancar belanja online pun juga jadi lancar dong wkwkwk

    BalasHapus
  16. Ternyata ada ya, tipikal belanja online semacam ini.
    HIhii...agak mengkhawatirkan juga, mengingat miss komunikasi dan kaget karena produk yang diterima jauh banget dari bayangan.

    HUhu...aku juga bakalan meraung-raung.

    Alhamdulillah ada keterangan dan komunikasi yang baik melalui jaringan wifi yang cepat. Jadi gak salah paham dan marah-marah lagi.

    BalasHapus
  17. Meski ada dukanya, belanja online ini sangat menyenangkan
    Apalagi kalau banyak promo Dan diskon y mbak
    Belanja online lebih banyak sukanya kalau pakai wifi yanh cepat

    BalasHapus
  18. alhamdulillah selama ini banyak sukanya belanja online. Dukanya ada juga tapi gak banyak sih. Pernah kecewa dengan barang ada, pernah terllau lama dikirim ada juga. Tapi menerima paket itu happy banget ya.

    BalasHapus
  19. wkwkwkw.. jadi belanja juga harus teliti dan rajin cek chat ya mbak, ngakak juga nih :D. sayapun beli apa apa online, udah enak pake banget wkwk..

    BalasHapus
  20. Kalau belanja elektronik aku belum berani huaa takut banget. Tapi belanja kebutuhan rumah tangga dan sekolah anak berani lah. Bener banget butuh internet oke ya kalau mau belanja online

    BalasHapus
  21. Aku kok ngakak baca cerita beli cat, berarti ongkirnya juga kena dua kali ya?
    Baru tahu kalau beli cat itu dikirimin katalognya dulu, siapa tahu mau nambah gitu kali. Wkwk.
    Memang keunggulan belanja online itu lebih murah, karena ngga ada ongkos sewa toko, ongkos kebersihan toko, ongkos pegawai yang jumlahnya banyak.
    Andalan kalau malas keluar bensin, keluat parkir, ngga punya waktu luang .
    Koneksi WiFi kudu kenceng biar belanjanya lancar, jangan tiba tiba putus nyambung pas FlashSale 😅

    BalasHapus
  22. ya ampun lucu banget mbak cerita beli cat itu. ternyata pihak penjual bisa melakukan hal seperti itu ya, mbak biar pembeli bisa gratis ongkir. tapi untuk pengiriman sebenarnya itu siapa yang nanggung ongkirnya jadinya?

    BalasHapus
  23. suka belanja online karena bisa window shopping jadi hemat waktu dan tenaga. dukanya kalo barang yang dikirim tidak sesuai deskripsi :(

    BalasHapus
  24. Mbaaa kocak amat yg beli cat itu 🤣🤣🤣🤣. Aku pernah juga ngomel2 pas barang yg dianter ga sesuai, tapi aku sebelum komplain, biasanya cek lagi pesananku di aplikasi, dan kalo memang ga sesuai, baru deh ngomel. Ternyata di deskripsinya memang udah disebutin, jadi akunya yg salah 😂.

    Aku selalu LBH suka online lah. Jauh lebih hemat . Kalo masalah onkir, udah banyak yg free onkir skr ini, dan banyak juga yg official merchant jualan di Tokped atau shoppee. Jadi tinggal pilih yg official supaya ga ditipu. Kalo disuruh milih beli offline mumpung udah landai pandeminua, aku ttp ga mau. Udah telanjur enak online 😁

    BalasHapus
Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Nama

#Minion (Mommy Opinion),4,Advertorial,35,Assessment Center,3,Beauty,21,Blog Competition,70,Book Review,28,BPNChallenge,75,Breastfeeding,17,Featured,5,Food And Beverages,24,Giveaway,9,Healthy,46,Life Story,8,Lifestyle,88,Movie Review,16,My Experience,115,My Job,35,My Opini,48,Parenting,52,Pengetahuanku,10,PostTematik,41,Pribadiku,18,Product Review,91,Reportase,29,Seputar Psikologi,16,Travelling,34,Wifi Cepat & Internet Menyatukan Indonesia,1,
ltr
item
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger: Belanja Online : Banyak Suka Atau Dukanya?
Belanja Online : Banyak Suka Atau Dukanya?
Pengalaman belanja online ternyata selain banyak sukanya ada juga dukanya. Bertengkar dengan seller, salah barang hingga salah warna barang yg dibeli
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6kXpE5kGUpO0jUf4a390EDvCXWfoScxduED3vlw0nS_4cW9FcFjA0oi8D5y1evBXHrtIGNksqzm2ywj6LWuWaMUn7orUcs4GpozbCd0IoX4M1vqkUxLcDq-4roHtLpar0jjIZuiAHa1vCyjEbiFJ5g7lkCsi0I0ZLnuSalubkWGlcCy5G2IEQIdHd/w640-h454/suka%20duka%20belanja%20online%20(1).png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6kXpE5kGUpO0jUf4a390EDvCXWfoScxduED3vlw0nS_4cW9FcFjA0oi8D5y1evBXHrtIGNksqzm2ywj6LWuWaMUn7orUcs4GpozbCd0IoX4M1vqkUxLcDq-4roHtLpar0jjIZuiAHa1vCyjEbiFJ5g7lkCsi0I0ZLnuSalubkWGlcCy5G2IEQIdHd/s72-w640-c-h454/suka%20duka%20belanja%20online%20(1).png
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger
https://www.bundanameera.com/2022/05/belanja-online-banyak-suka-atau-dukanya.html
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/2022/05/belanja-online-banyak-suka-atau-dukanya.html
true
8935268786364384205
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content