POSTS SLIDER

I'm writing about...

Ada Apa di Minggu Pertama Bulan Ramadan 1445 H?

 Ramadan tiba...Ramadan tiba...

Marhaban Ya Ramadan...Marhaban Ya Ramadan...

Lirik lagu yang diputar-putar di media sosial bermunculan dan ini sebagai tanda juga wah deg-degan memasuki Ramadan 1445 H. Siapa nih yang nunggu-nunggu datangnya Bulan Ramadan? pastinya sih ga cuma saya aja tapi seluruh umat muslim di dunia. 

Bulan Ramadan yang dirindukan setelah menanti berbulan-bulan lamanya, kebayang ga sih jika Ramadan itu bagaikan pasangan yang kita sayangi tapi terpisah jauh berbulan-bulan hanya menatap selama 1 bulan dari setahun. 

So, pas detik-detik mau berjumpa kebayang bagaimana mempersiapkan diri sebaik mungkin agar saat berjumpa dalam keadaan yang paling baik. 

Buat saya pribadi, persiapan berjumpa dengan Ramadan sudah saya siapkan sebelumnya. Dari program yang akan saya ikuti saat Ramadan agar bisa khataman Qur'an, menyiapkan preparation buat masak biar ga makan itu lagi-itu lagi ya ada variasi gitu 😂. 

Pokoknya mempersiapkan diri biar Ramadan 1445 H makin menyala 🔥🔥🔥.

Dan alhamdulilah, kini sudah masuk hari ke-8 loh artinya saya sudah melewati minggu pertama Ramadan 1445 H. 

Ada-apa-di-ramadan-1445-h

Ada Apa di Minggu Pertama Bulan Ramadan 1445 H?

    Nah ngomongin minggu pertama di bulan Ramadan 1445 H ternyata sudah banyak cerita seru loh buat saya secara pribadi! 

💖 Minggu Pertama Puasa Full Untuk si Bungsu

Tahun ini Rayi sudah mulai belajar puasa full, meski diawali dengan 3 hari pertama puasa sampe jam 11.00 wib dulu. Dan akhirnya bisa full hingga adzan Magrib. 

Kejadian lucu adalah saat hari pertama puasa dimana jam 09.00 wib Rayi sudah ga tahan untuk buka, lah begimana ga pengen buka wong abis sahur, subuh di mesjid lalu main lari-larian di luar.

    Untunglah Mamaknya lagi puasa jadi tahan..tahan..tahan..untuk mode Tyrex *alhamdulilah yah lagi puasa* jadi minggu pertama ini jadi ajang belajar buat Rayi agar bisa menahan haus, lapar dan emosinya. 

Belum lagi nih, harus ada reward segambreng yang dipenuhi agar Rayi mau bertahan hingga adzan magrib. Kebayang kan Mamaknya jadi mode Barney Versi Qurus krn menahan diri wkwkwk.

Tapi alhamdulilah akhirnya bisa bertahan meskipun ada adegan India-nya, nangis bombay dulu wkwkwk. 

Ya Allah padahal dulu Neyna ga begini amat tapi emang yah beda-beda tiap anak. Jadi mesti sabar menghadapi minggu pertama untuk anak yang baru belajar puasa. 

Pas puasa di hari ke-8 aja nih, semangat sahur Rayi udah kendor, nih kita semua sahur makan nasi pake sate lah dia sendiri doang pengen makan mie alhasil jam 12.30 wib nelepon saya nangis-nangis karena perutnya perih bener 😂.

💖 Minggu Pertama Solat Taraweh Sampe Ngompol

Berhubung anak-anak ingin Mamaknya ikut taraweh di mesjid maka minggu pertama, saya dan anak-anak taraweh bersama.

Ada kejadian lucu, di taraweh hari 1 Ramadan..Imamnya udah mulai lupa dong, baru 1 rakaat udah langsung duduk tasyahud akhir, jamaah laki-laki langsung berteriak "Subhanallah". Maklum yah mungkin karena sudah lama ga taraweh, imamnya juga sudah tua sehingga lupa deh.

Namun kejadian pamungkasnya adalah di taraweh 8 ramadan, sejak rakaat ke-18 tiba-tiba keinginan untuk pipis. Namun masih bisa saya tahan karena toiletnya itu jauh haru melewati ke ruang makmum laki-laki. Makanya saya bisa tahan toh tinggal 5 rakaat lagi. 

Dan Alhamdulilah malam itu beres juga untuk mengerjakan taraweh hingga witir. Setelah keluar dari mesjid hasrat untuk pipis semakin kuat lagi, berhubung rumah saya jauh akhirnya saya milih untuk lari-lari apalagi anak-anak juga udah duluan lari. 

Pas sudah tiba di rumah...taro sajadah, mukena pas mau ngibrit ke kamar mandi eh lupa belum lepas kaos kaki, karena kelamaan akhirnya pas udah di toilet tak tertahankan wkwkwk.

Sumpah saya ngakak sendiri alami hal ini, dan lebih ngakak waktu Akang Suami nanya "Bun, itu di kamar mandi apaan ya buntelan begitu" 😂😂😂😂. 

"Aku loh ngompol yah" jawab saya sambil ngakak. Lagian di luar dingin banget makanya ga ketahan deh. Apakah sama temans? di Cimahi udaranya wow dingin banget nih makanya bikin beser.

💖 Minggu Pertama Bukber di Luar Gelap-gelapan

Puasa memang identik dengan buka bersama bukan? memasuki hari ke-8 Ramadan ini saya dan Akang suami memutuskan untuk berbuka bersama di warung bakso Mang Uka yang pernah saya sharing sebelumnya itu loh.

Bulan lalu dikunjungi oleh Pak Probowo dan Mayted itu loh karena yang punya ternyata Purn Jend. Dudung. 

Baca yang ini nih : Cobain Makan Bakso di Mang Uka dan Bebek Ali Borme Cimahi 

Letak kedai Mang Uka sendiri ga jauh dari rumah, makanya kami memilih untuk datang 15 menit sebelum berbuka tinggal naik motor serrr langsung sampe. 

Qadarullah sesampainya di sana, ternyata sudah penuh di lantai 1, jadi kami kebagian di lantai 2 yang sudah dipenuhi lilin-lilin.

buka-puasa-di-mang-uka-ramadan 1445 h

Saya kira karena mati listrik semua tapi ternyata memang listrik lantai 2-nya yang bermasalah. Lahdahlah kita makan dah romantis bener. 

Saking penuhnya nih kasian sama pelayannya yang keder bahkan pas anterin pesanan kami ga dikasih sendok wkwkwk. Pengen ngomel tenaga habis karena lemes belum makan, udah gitu kasihan sih mereka pastinya sama puasa tapi duluin pelanggan makan.

Kejadian lebih ngeri lagi adalah saat pas pulang, karen Akang suami ke rumah Ibu Mertua dulu untuk bantu isi token listrik, maka saya yang bawa motor. 

Ga nyangka juga pantesan lantai 1 penuh karena udah dibooking sama Kapolres Cimahi ges! waduh saya ketar ketir karena ga pake helm takut ditilang wkwk.

Kejadian bikin ngakak adalah saat mau ngegas motor saya kagok dong grogol gitu banyak polisi uda mah pake gamis jadi kagok sampe akhirnya Pak Pulici bilang "Bu cepetan Bu"! 😂 mendadak lupa pake motor dong! Astagfirullah..sampe pas udah jalan ketawa ngakak sama anak-anak.

Jangan lupa cepat pulang ya temans kalau udah buka bareng biar ga ada yang tertinggal ibadah lainnya!

💖 Minggu Pertama Istiqamah ODOJ

Dari sekian yang paling saya nantikan adalah saya mengikuti program One Day One Juz (ODOJ). Alhamdulilah tahun lalu saya ikuti dan bisa istiqamah. 

Tahun lalu programnya dari Connecting Mama, tahun ini Connecting Mama (CM) kolab sama Kumpalan Emak Bloger (KEB) yeay makin menyalah dong!


one-day-one-juz-ramadan-1445h 


Sudah hari ke-8, alhamdulilah saya bisa konsisten mengaji, mendengar kajian hingga taraweh. MasyaAllah terima kasih program ini sangat memotivasi saya, menambah ilmu dengan melihat kajian-kajian dari Ummahat sholihah lainnya.

Inilah yang dirindukan, jujur saja kalau selain di bulan Ramadan. Subhanallah berat sekali rampungkan 1 juz dalam satu minggu tapi di bulan Ramadan bahkan saya bisa selesaikan 2 juz. 

Sampe mikir sendiri, kenapa yah padahal ga puasa tenaga banyak tapi membaca Qur'an rada pelit gitu Astagfirullah,,

Semoga selepas nanti, insyaAllah terus istiqamah..Bismillah semoga Allah selalu mudahkan semuanya.

***

Nah temans demikian minggu pertama yang saya rasakan di Bulan Ramadan 1445 H, bersyukur bisa menikmati Ramadan kembali. Semoga selalu semangat hingga bisa meraih Malam Seribu Bulan nanti aamiin..

Temans sendiri punya cerita apa nih? yuk sharing!

Komentar

  1. Hehe, iya nih, aku bacanya seru loh ramadan nya jadi pengen tulis juga pengalaman sramadan selama seminggu. Aku lagi gak sekhusyu tahun2 kmrn say. Mau deh ikutan grup connecting mama sama kumpulan emak blogger, caranya gimana? Duh, kangen Bandung, aku dulu pernah tinggal di Ujung Berung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mba ikutan tulis hahaha...hayu mba gabung biar semangat Ramadan makin menyala, coba dm ke IG Mba lalu minta gabung..hayu mba balik Bandung lagi haha

      Hapus
  2. Minggu pertama puasa masih disibukkan sama urusan kantor seperti biasa dan mengikuti solat tarawih di musola deket rumah. Nggak ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya, dan ajakan buat bukber juga berkurang hehehe, lagian biasanya aku memang jarang datang kalau ada acara beginian, apalagi taun lalu sejak pandemi jadi males juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga undangan bukber paling 1/2 saja tahun ini sepertinya ga akan ikut mendingan di rumah saja dah ahahaha

      Hapus
  3. Hahahahah mbaaa aku pikir tadi yg ngompol rayi ternyata kok malah maminya 🤣. Untung udh sampe rumah ya mbaa 🤭.

    Enaak bgt sih cimahi dingin . Pengen jakarta begitu juga.

    Drama anak2 puasa ini dulu aku alamin juga kok, zaman si adek., kalo kakaknya mah lancar. Untung skr udah pada kuat, jd ga ada drama lagi 😅. Berubah tyrex juga ntr aku nya..

    Aku juga ngerasain yg sama loh. Pas puasa ini lancar aja ODOJ. Tp di luar ramadhan ya ampuuuuun 1 juz bisa 2 minggu 🤣.

    Kalo tantangan odoj di cm dan keb gini, nyetornya gimana mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di grup Mba setornya paling telat jam 20.00 wib setiap harinya

      Hapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun